Tips Cerdas Kredit Mobil

by - Jumat, Maret 03, 2017


[Lifestyle] Saat ini kebutuhan akan kendaraan pribadi sudah meningkat. Apalagi dengan gaya hidup di era sekarang ini. Bagi saya sendiri mobil penting sekali, birpun digunakan hanya untuk pulang kampung. Mengingat setiap sebulan sekali ke kampung, dan suka bawa barang banyak. Maka, membeli mobil adalah solusi terbaik, supaya memudahkan pulang kapan pun juga saat ada keperluan yang urgent sekali. Misalnya neh, saat orang tua sakit beberapa waktu lalu, saya jadi bisa langsung pulang ke kampung dengan aman dan tenang, biarpun sampai tengah malam. Karena, di kampung itu susah sekali kendaraan kalau sudah malam.

Dan pasti semua orang memikirkan membeli mobil, pasti ada alasannya. Sekarang ini membeli mobil juga bisa semakin mudah dengan adanya kredit kendaraan roda empat. Dalam acara blogger gathering beberapa hari lalu (28/01) di bahas tentang "Tips Kredit Mobil Yang Menguntungkan" di Jakarta, bersama Mobil123.com Portal Otomotif No. 1.


2  narasumber (Betty Anjarini dan Indra Prabowo)
Dalam acara Mobil123 ini hadir 2 pembicara, yakni Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com dan Betty Anjarini, selaku Regional Manager dari MPM Finance). Selain 2 narasumber, hadir juga Irwan dari Mobil123 yang mengungkapkan bahwa acara blogger gathering ini, supaya semuanya bisa tahu, bagaimana cara kredit yang menguntungkan.

Seperti yang diungkapkan Indra Prabowo selaku pemateri pertama, bahwa saat ini pasar otomotif semakin meningkat. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu pasar otomotif terbesar di Asia dengan 1.03 juta unit, setelah China, Jepang, India dan Korea Selatan. Kenapa Indonesia bisa menjadi pasar otomotif terbesar? Itu karena Indonesia menjadi negara terbesar di Asia Tenggara. Selain itu pendapatan kotor per kapita nasional terus meningkat dan tentu saja Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Indonesia dianggap pasar otomotif yang potensial, itu karena menjadi ekonomi terbesar kesepuluh berdasarkan paritas daya beli.

Tidak salah, kalau sekarang ini di Indonesia, hampir masyarakatnya membeli mobil. Saya perhatikan pula dalam satu rumah bisa ada 2 atau 3 mobil. Sebenarnya ada sejumlah alasan orang-orang beli mobil, seperti:


  • Investasi. Sebagian orang masih mengganggap, bahwa kendaraan bisa juga menjadi investasi.
  • Menjadi sebuah kebutuhan. Dan ini sepertinya cocok sekali dengan saya, yang memang membutuhkan kendaraan untuk pulang kampung.
  • Sistem transfortasi publik dirasa oleh sejumlah masyarakat masih kurang nyaman. Apalagi kalau kesana kemari sambil bawa barang atau desak-desakan ya.
  • Demonstration effect.
  • Lifestyle. Nah ada juga loh mobil sebagai gaya hidup, baik itu di lingkungan pekerjaan atau sekitar.
Dan untuk membeli mobil pada sekarang ini bisa mudah, mau kontan atau kredit juga bisa. Dalam acara ini, Betty sebagai narasumber kedua, menjelaskan bagaimana kredit mobil dengan cara menguntungkan. Ada Tips Cerdas yang bisa dilakukan dalam kredit mobil, seperti:
  • Yang pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja dana, kira-kira neh kalau beli mobil secara kontan, dana sudah terkumpul atau belum? Atau kalau dana masih sedikit, bisa digunakan untuk DP.
  • Pastikan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, bukan karena keinginan. Misalnya neh, inginnya mobil ukuran kecil, tapi ternyata butuhnya mobil keluarga.
  • Pilih juga perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik. Nah ini penting, supaya tidak tertipu ya.
  • Pastikan angsuran disesuaikan dengan kemampuan finansial. Nah coba deh hitung-hitung sebelum kredit mobil, misal hitung dulu pengeluaran tiap bulan, cukup atau enggak buat kredit. Kalau itu dirasa cukup, bisalah 30% dari penghasilan buat kredit mobil, itupun sudah dikurangi dengan biaya-biaya.
  • Pastikan kendaraan anda di cover asuransi dengan skema comprehensive (all risk) selama masa pembiayaan. Nah ini penting banget, dengan asuransi kita bisa melindungi kendaraan dari segala resiko yang tidak diinginkan.
  • Pelajari isi perjanjian. Untuk yang satu ini menurut saya sangat penting sekali, supaya bisa terhindar dari kerugian di masa depan dan semuanya sudah jelas.
Nah itulah tips cerdas kredit mobil. Gimana, mau pilih kontan atau kredit? Kalau menurut Betty lebih enak melakukan kredit mobil saja, daripada kontan. Nah, seperti yang dijelaskan di atas sebelum kredit mobil supaya lebih menguntungkan, tentu saja memilih perusahaan pembiayaan yang tepat. Karena perusahaan pembiayaan yang aman itu harus berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik, memiliki pelayanan yang baik, hingga memiliki keamanan yang baik untuk penyimpanan BPKB kendaraan. 


Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah MPM Finance yang sudah berpengalaman lebih dari 26 tahun, melayani kebutuhan pembiayaan modal kerja, multiguna, dan investasi. Memiliki 82 cabang di Indonesia, yang didukung 2500 karyawan. MPM mempunyai lini bisnis, seperti pembiayaan konsumen (melayani pembiayaan mobil baru dan bekas, motor baru, multiguna)  dan korporasi (alat berat, mesin, dan kapal). MPM Group ini memiliki 4 pilar bisnis utama, antara lain distribusi dan retail, suku cadang otomotif, layanan kendaraan bermotor, dan layanan keuangan.

Betty juga menjelaskan, kenapa seh kredit mobill itu bisa menguntungkan dan lebih enak? Itu karena, terasa lebih ringan. Artinya kita yang ingin punya mobil tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah lebih besar, 20% bisa bisa bayar di muka (DP), dan 80% harga kendaraan bisa di kredit sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan. Lebih ringan bukan?

Dengan kredit mobil, cashflow tetap terjaga, artinya kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau menghabiskan tabungan untuk membeli kendaraan, semua bisa dilakukan secara kredit. Selain itu, kalau kita menjadi orang yang susah menabung, dengan kredit mobil bisa menjadi pilihan tepat untuk memiliki kendaraan idaman. Untuk kredit mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya kredit disetujui, seperti:

Dokumen foto by Mobil123
  1. Tidak pernah masuk blacklist APPI dan BI checking.
  2. Dokumen persyaratan harus lengkap dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
  3. Besaran angsuran yang diambil harus sesuai dengan kapasitas.
  4. Penuhi minimum syarat uang muka.
  5. Memiliki tempat tinggal tetap yang jelas.
  6. Tujuan pembiayaan jelas, produktif atau konsumtif.
  7. Jadilah calon konsumen yang kooperatif dalam memberikan jawaban, ketika proses survey.

Dengan begini kredit mobil jadi jauh lebih menguntungkan. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan sebelum kredit, supaya disetujui. Dan mobil yang diinginkan bisa di bawa pulang. Kalau kredit mobil dirasakan lebih menuntungkan, tentu kita pun harus bisa cerdas dalam memilih perusahaan pembiayaan. Kalau bingung mau cari mobil baru dan bekas bisa cek saja MObil123.com atau kredit mobil di MPM Finance.

Kalian sendiri, kalau ingin punya mobil, pilih kredit atau kontan? 

You May Also Like

27 komentar

  1. Agar cash flow tetap terjaga dan tetep bisa nabung, bisa lah ambil cicilan mobil ya Mbakk..

    BalasHapus
  2. Kini beli mobil gak cuma impian. Saya sering cek harganya di priceza.co.id cashnya uwow. Tapi kalau kredit DP 20 juta ajah, cicilannya lumayan dan bisa ada jatah buat nyicil lainnya juga. Hehe

    BalasHapus
  3. kalo aku pilih kredit mba Lis, apalagi kalo buat usaha, biar sebagian dananya bisa dipakai untuk keperluan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mba, kredit juga lebih menguntungkan ya

      Hapus
  4. Sebenarnya pengen. Biar kalau mudik nggak bingung cari sewaaan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, biar nyaman saat mudik

      Hapus
  5. Nggak ada ruginya kredit mobil, asal bijak. ^_^

    BalasHapus
  6. DP nya maksimal 70 persen ya mak. Jangan lebih dari itu.hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau DP memang segitu biasanya, 20 minimal, maksimak 70

      Hapus
  7. Mba,,,, Pelayanan nya mmg bagus,,, ada pengalaman tersendiri dgn mbil 123 soalnya^^

    BalasHapus
  8. Pengennya kontan, mba. Tapi ini pengen bisa segera melunasi :)

    BalasHapus
  9. Mak Liswanti nyaris ada selalu di acara blogger..keren euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kebetulan aja mba, karena ga setiap event aku ikutan mba hehe

      Hapus
  10. Apalagi sekarang kalau punya mobil, bisa untuk dijadikan taksi online ya. Dengan bisa kredit jadi mempermudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mba, sekarang segalanya jadi mudah ya

      Hapus
  11. kalo punya duit banyak mah, pgnnya kontan lah mba :D.. apa daya msh blm bisa begitu ;p.. jdnya kredit deh... tapi krn aku dan suami sama2 karyawan bank, dan di kantor kita ada fasilitas car loan dengan bunga sangat rendah dan dipotong lgs dr gaji, ya jdinya kita manfaatin itu sih :).. ga usah mikir tagihannya, krn memang udh otomatis dipotong ama kantor.. jd gajinya udh bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh asyik dong ya kalau begitu mah mba, segalanya jadi mudah dan menguntungkan ya.

      Hapus
  12. iya aku beberapa bulan yang lalu juga baru tahu tentang mobil 123 mak, jadi lebih efektif yaa untuk mereka yang mau jual mobil bekas maupun baru ^ ^

    Tanks for sharing ya, Mbak

    Tabik, ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba, semoga bermanfaat ya

      Hapus
  13. Penginnya kalau beli apa2 itu kontan ya, Mbak :-)
    Saya juga butuh mobil, Mbak. Jadi enak bolak balik kalau mau ke rumah mertua :-)

    BalasHapus
  14. Wah iya bener ya, skrg mobil uda jadi salah satu kebutuhan, karena memang diperlukan ya :)

    BalasHapus
  15. tinggal memenuhi persyaratan dan ngumpulin DP ya kakak..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.