Tips Memilih Kulkas Yang Sesuai Kebutuhan

by - Kamis, Maret 09, 2017


[Keuangan] Dulu neh, setelah saya menikah dan pindah rumah, banyak banget peralatan rumah tangga yang harus disiapkan. Mulai dari kulkas, mesin cuci, hingga AC. Belum lagi perabotan yang dibutuhkan juga banyak banget. Tapi, saya memilih mencicilnya satu demi satu, karena disesuaikan dengan budget yang saya miliki.

Memulai mandiri dan jauh dari orang tua, saya belajar banyak hal, termasuk hemat dan bijak dalam menggunakan uang. Mulai dari membeli barang kebutuhan rumah tangga, makan sehari-hari, dan biaya lainnya. Awalnya memang ga mudah, tapi lama kelamaan terbiasa juga. Saya jadi ingat setelah menikah dan pindah rumah, saya hanya memiliki perabotan seperti piring dan lainnya hanya ada selusin. Terus ada kasur, TV, lemari dan karpet saja. Selebihnya masih kosong, mesin cuci dan kulkas ga punya.

Nah, setelah saya mulai bekerja dan menerima gaji, saya mulai beli kulkas tuh, karena bagi saya kulkas itu peting banget ketimbang AC atau mesin cuci. Kenapa? Karena sayakan bekerja, jadi bisa stock belanjaan untuk beberapa hari dan menyiapkan sarapan dan makan malam buat suami setelah pulang kerja.

Buat yang baru menikah neh, usahakan punya dulu kulkas, karena stock makanan bisa hemat waktu juga, apalagi kalau sama-sama bekerja.

Terus enaknya pilih kulkas 1 pintu atau 2 pintu?


Kalau saya pasti jawab sesuaikan dengan kebutuhan. Misal neh memang pengen stock bahan makanan yang banyak dan cemilan, enaknya 2 pintu. Ada beberapa tips memilih kulkas yang sesuai kebutuhan, seperti:
  • Sesuaikan budget yang dimiliki. Kalau memang baru pertama menikah dan banyak kebutuhan lain, lebih baik keinginan kulkas dipendam dulu. Tapi, kalau dana tersedia bisa tuh di beli.
  • Kulkas 2 pintu lebih baik. Nah, kalau menurut saya seh enaknya memilih kulkas 2 pintu. Supaya bisa menyimpan bahan makanan sseperti daging di freezeer, sedangkan sayuran dan lainnya di bawah. Apalagi kalau berencana punya anak, dan ASI (Air Susu Ibu) melimpah, bisa di peras dan simpa di kulkas.
  • Pilihlah kulkas dengan kapasitas yang luas. Kan sekarang ini banyak tuh jenis dan model kulkas, bisa tuh di pilih-pilih.
  • Cari referensi harga kulkas di berbagai tempat. Misalnya neh harga kulkas LG 2 pintu di Toko A sekian juta, di Toko B sekian juta. Kalau ada yang sesuai budget bisa tuh di pilih.
  • Pilihlah toko penjual kulkas yang dekat rumah, supaya ongkos kirimnya ga mahal. Ini berlaku online dan offline, syukur-syukur free ongkir ya. 
Dengan tips di atas bisa disesuaikan tuh kulkas yang sesuai kebutuhan, supaya bisa dimiliki. Apalagi kalau bisa sesuai anggaran keuangan, bisa hemat deh pengeluarannya. Bagi saya memiliki kulkas di awal pernikahan itu untung banget. Jadi ga repot terus menerus bikin cemilan, seperti puding atau kue. Karena bisa stock untuk beberapa hari.


Selain itu, saya kan kerja, jadi bisa stock bahan makanan lebaih banyak dan hemat waktu. Misalnya neh, besok pagi mau masak sup dan ikan, pulang kerja saya bisa langsung potong sayuran dan bumbuin. Lalu simpan dengan baik dan masukkan kulkas, paginya sudah bisa di olah. Dengan begitu, bisa hemat waktu dan tugas saya terpenuhi untuk menyiapkan makanan yang akan disantap suami.

Tips memilih kulkas yang sesuai kebutuhan bagi saya sendiri sangat penting, karena bisa menyesuaikan uang yang dimiliki. Dan itu adalah tips yang sudah saya lakukan. Nah, kalau kalian sendiri, pilih kulkas seperti apa?   



Note: Ilustrasi gambar kulkas dari www.mataharimall.com

You May Also Like

30 komentar

  1. Kulkas saya yang sekarang 1 pintu, tapi ada freezer-nya sih. Yang terpenting ada freezer-nya buat bikin es batu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe yang terpenting es batu selalu ada ya

      Hapus
  2. Hai mba Liswanti. Kulkas emang skarang jadi barang wajib drumah makanya harus djaga baik-baik. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga mba. Setuju banget, harus dijaga dengan baik, supaya awet.

      Hapus
  3. Jadi ingat dulu waktu awal menikah, dan tinggal berdua dengan suami (setelah 2 tahun di pondok mertua indah #nggak ada yg nanya), perabot rumah tangga yang dibeli saat awal-awal ya kulkas dan kompor gas. Semampunya beli waktu itu. Merk LG juga. Satu pintu. Beli sejak tahun 2008 dan sampai sekarang fibe-fine ajah. Belum terpikir buat ganti dan beli kulkas baru hehe.

    BalasHapus
  4. jadi teringat kulkas saya dirumah yang di anggurin, duh eman-eman rek :)

    BalasHapus
  5. Aku lagi cari kulkas nih mbak. Kulkasku yang skrg mulai bocor. Mungkin bisa dibenerin sih, tapi belum aja. Lagi menimbang-nimbang mending benerin atau beli baru

    BalasHapus
  6. Iya, saya juga lebih suka kulkas yang dua pintu :)

    BalasHapus
  7. Biasanya kalau kita udah kenal pengiriman barang nya malah gratis ya mba ;)
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  8. Terima Kasih nih tips nya bund, d rumah masih pake yg satu pintu sih. Next kl memang perlu beli kulkas lagi, tips nya pasti kepake nih bunda.

    BalasHapus
  9. Saya juga sregnya sama kulkas 2 pintu, mbak. Apalagi sekarang punya bayi. Lebih bagus yang 2 pintu katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa menyimpan ASIP mba, kalau memang ASInya melimpah.

      Hapus
  10. Emang paling penting diingat tips nomer 1 :sesuaikan budget. Jangan maksa punya seperti yang diiklanin Dian Sastro kalo yang harga dibawah itu jg sudah lebih dri cukup buat nyimpan sayuran,buah,telur dsb. Kalau aku sih gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe nah jangan terlalu mahal juga mba, yang penting mah bisa nyimpen bahan makanan ya

      Hapus
  11. Baru kmrn bl yg satu pintu merk si A,, huhu bunga esnya ternyata banyak banget jd gk simpel naro lauk d prezzer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga gitu satu pintu cepet banget ada bunga es.

      Hapus
  12. Aku juga..pertimbangannya sellau nyari yg 2 pintu atau lebih dan besar..secara aku suka mager ke pasar dan nimbun bahan mentah di kulkas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh tos kalau begitu mb, sama seperti aku

      Hapus
  13. Enaknya 2 pintu karena nggak perlu mbersihin bunga es..☺ tapi punyaku masih 1 pintu mbak..udah mulai error, semoga segera ada rejeki buat nuker ke yang 2 pintu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, kalau bunga es udah banyak males banget buat bersihin ya

      Hapus
  14. Saya kalau beli kulkas yang pertama jadi pertimbangan adalah kapasitas listriknya, termasuk boros atau gak. maklum orang desa listrik cuma 450watt jadinya harus berhemat. Masalah harga bisa di nego

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu bisa jadi pilihan tepat juga, kalau borors listrik bisa jebol pengeluaran ya

      Hapus
  15. aku mah milih kulkas ttp yg 2 pintu, tp jgn gede2 mbak ;p.. lah akunya ama suami jg kerja... dan ART ku lbh suka belanja per hari, jd jarang stok makanan di masukin kulkas :).. makanya beli kulkas gede buatku sih sia2 aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung pilihan dan kebutuhan ya mba.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.