Tips Ringan Merawat Motor Yang Semudah Senyuman

by - Kamis, April 27, 2017


[Lifestyle] Semenjak duduk di bangku kuliah, atau tepatnya setelah ayah tiada, saya harus berusaha untuk mandiri. Kemanapun sendiri tanpa rasa takut. Termasuk membawa kendaraan roda dua. Yang tadinya takut bawa motor, sekarang sudah biasa. Semenjak berani bawa motor, saya juga harus pintar merawatnya, apalagi motor itu adalah peninggalan almarhum ayah. Awalnya saya pikir susah, merawat motor ternyata semudah senyuman.

Kalau motor tidak di rawat duh apa jadinya ya, apalagi setiap hari digunakan. Bagi saya sendiri, motor menjadi teman setia, yang selalu ada menemani kemanapun. Bahkan menyiapkan pernikahan sendiri, sampai mengejar dosen pembimbing. Sekarang saja motor masih mennjadi teman saya, biarpun hanya berani sampai area Halim saja, karena kalau keluar sudah lumayan takut, pengendaranya ngebut-ngebut semua.

Bicara tentang motor, seperti selasa kemarin (25/04) yang bertempat di The Hook Jakarta, Mobil 123 Portal Otomotif No 1 kembali mengadakan talkshow, yang kali ini membahas tentang "Merawat Motor Semudah Senyuman". Dalam acara ini hadir Indra Prabowo dari Mobil123 dan Intanis Prionggo selaku Public Relation PT. Pertamina yang memberikan sambutan. Sedangkan yang memberikan materi, ada Agung Prabowo selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT. Pertamina, Syafudin selaku Sales Region 3 PT. Pertamina Lubricants, dan Ipoet Kusumonegoro selaku Lady Biker.


Memang benar ya, bahwa saat ini sudah banyak yang menggunakan roda dua, apalagi harganya sudah lebih terjangkau. Orang-orang lebih suka menggunakan motor, apalagi kalau situasi jalanan yang macet. Kalau motor ingin tetap prima dan tahan lama, tentu saja butuh yang namanya perawatan berkala, selayaknya kesehatan diri sendiri. Tapi, faktanya tidak semua pemilik kendaraan, mendatangi bengkel untuk melakukan perawatan. Padahal melakukan perawatan untuk motor itu tidak susah.

Nah dalam acara ini, dibahaslah tentang tips ringan merawat motor yang semudah senyuman, seperti:

1. Check Kondisi Oli 

Yang pertama neh, yang harus diperhatikan tentu saja adalah kondisi Oli. Apalagi pemilik harus rajin dalam pergantian oli pada mesin motor, mengingat di dalam mesin itu ada berbagai macam komponen yang bekerja. Usahakan mengganti oli dilakukan secara rutin. Pelumas mesin perlu diganti, supaya kondisi motor yang kita miliki tetap prima. Karena fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung.

2. Check Kondisi Aki

Yang kedua neh kita harus selalu check kondisi Aki. Jangan sampai air accu melewati batas maksimum atau minimum. Bisa ditambahkan pada pagi hari, jangan sampai biarkan aki lemah, karena bisa berefek negatif terhadap kelistrikan. Apalagi dengan motor saat ini yang menggunakan teknologi injeksi, yang bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan boros bahan bakar.

3. Periksa Rantai dan Gir

Nah yang ini juga penting neh, jangan sampai rantai dibiarkan terlaalu kendor atau bahkan kekencangan. Usahakan untuk selalu check kodisi gear, jika sudah tajam segera diganti, karena rantai bisa lepas atau putur. Apalagi itu berbahaya buat pengendara.


4. Periksa Kabel Koil dan Busi

Sebenarnya untuk yang satu ini saya kurang paham, tapi alangkah baiknya coba cek ke bengkel. Jadi kabel koil yang hubungkan arus listrik ke busi, harus cepat diganti jika sudah terlihat retak dan berumur. Perhatikan busi, jika sudah kotor segera bersihkan. Pokoknya yang ini juga harus diperhatikan ya, supaya motor tetap terawat.

5. Perhatikan selang bensin

Selang bensin juga harus diaperhatikan. Karena selang itu juga rawan bocor, dan kita harus perhatikan jika sudah ada retakan. Ini neh yang harus diperhatikan, kalau sering menggunakan bensin bukan dari SPBU, itu tidak baik yang menyebabka pembakaran tidak sempurna, karena rawan buntu.

6. Panaskan motor secukupnya

Panaskan motor juga penting loh, yng penting jangan terlalu lama, paling lama 2 menit, ini supaya bensin tidak terbuang percuma. Kalau motor jarang dipakai, lakukanlah pemanasan rutin, agar oli tidak mengental.

7. Jangan lupa cuci dan salon motornya

Sebagaimana kita yang harus mandi supaya badan bersih, motor juga harus di cuci supaya tetap terlalu baru terus. Saat mencuci harus bisa perhatikan bagian elektrik jangan disemprot kenceng, termasuk bagian karburasi jika masih pakai , serta knalpot tidak masuk kedalam airnya.

Itulah beberapa tips ringan dalam merawat motor yang disampaikan pemateri, yakni Agung Prabowo. Karena dalam merawat motor, oli itu sangat penting, kita juga jangan sampai sembarangan memilih oli. Kita bisa memilih salah satu produk dari Pertamina Lubricants. Produk dari Pertamina ini juga bermacam-macam, salah satunya Enduro Matic G SAE 20W-40 API SL JASO MB.

Enduro Matic G dengan spesifikasi SAE 20W-40 API SL JASO MB adalah pelumas yang didesain khusus untuk penggunaan sehari-hari pada mesin sepeda motor dengan transmisi otomatis (CVT) seperti Yamaha (Mio, Aerox, N-Max), Honda (Vario, BeaT, Scoopy, PCX), dan Suzuki (Adress, NEX). Memiliki keunggulan, seperti:

  • Kualitas di atas genuine oil pada umumnya dengan harga lebih bersahabat.
  • Bahan baku semi sintetik.
  • Wangi.
  • Telah didesain untuk perlindungan terhadap keausan, konsumsi BBM dan akselerasi optimal.
Memang benar sekali, saya merasakan betul, bahwa memiliki oli berkualitas untuk kendaraan memang penting sekali. Karena kendaraan bisa selalu terawat dan tahan lama. Dengan kendaraan yang terawat dengan baik, rutin di bawa ke bengkel, sudah pasti motor akan selalu dalam kondisi baik. Dengan begitu kita penggunanya juga akan terasa aman dan perjalanan selalu lancar. 

Untuk perempuan yang suka menggunakan motor, berbagai tips di atas sangat penting sekali, karena kita bisa mendapatkan wawasan tambahan. Jangan sampai senang menggunakannya, tapi malas merawatnya. Karena kendaraan juga harus terus terawat dengan baik.

You May Also Like

39 komentar

  1. aku rutin servis 3 bulan sekali, rantai dan gir itu penting, kalau kendor gak enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju teh, service aja ya. Berarti teh Ev ini cinta kendaraan juga ya

      Hapus
  2. wahh oke banget nih tips-nya karena hampir semua keluarga pasti punya motor ya Lis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, semua punya motor, jadi kudu merawatnya juga

      Hapus
  3. Biasanya saya ngikut suami aja soal motor. Maksudnya, suami yang mengingatkan. Karena saya termasuk males nungguin di tempat servis, kami sering tukeran motor, jadi suami saya deh yang nyervisin. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu enak ya, biar suami sekalian yang bayarin hehehe

      Hapus
  4. Ini tips yang aku butuhin banget buat rawat motor kesayanganku. Makasih

    BalasHapus
  5. oli sering telat ganti.. gir dan rante selalu terpantau.. kondisi aki sekarang lagi soak :p belum ada duit buat ganti yang baru.. pake aki MF udah 3 tahunan memang selayaknya ganti.. koil dan busi aman.. selang bensin aman, karena kadang air masuk karbu kalo abis ujan, jadi sering lepas selang bensin untuk cek air di filternya.. panaskan motor? nyalakan 1 menitan, langsung cush jalan.. sedangkan salon dan cuci motor? nggak pernah.. bisa setahun sekali dicuci selain oleh hujan, karena seringkali abis dicuci salon motor malah susah idup mesinnya :p itulah kisah si cemonk, motor kesayanganku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kisahnya menarik sekali tentang si cemonk ini ya. Semoga cemonk selalu bertahan ya.

      Hapus
  6. Saya kalo urusan motor serahin aja sama abang. Lha saya gak ngerti harus digimanain.. Yang saya tau juga bensin mulai habis, tuh bar bensin nya kelip2. hihihi

    theamazingjasmi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba belajar dan harus banyak tahu juga, kan kita sendiri yang pake hehehe

      Hapus
  7. tips yg bermanfaat layak disharingkan.....
    btw teteh dah siap ngelapin mobilnya mpe kinclong dong yaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mobil mah belum siap ah, kalau motor mah hayu aja hehehe

      Hapus
  8. Aku bukan pengguna aktif motor dijakarta, serem teh, yaa alloh pengguna jalannya bringas semua.
    tp kalo pulang kerumah pasti kemna2 bawa motor dan bln kmrin pas terakhir pulang aku coba si beat kok stangny agak singkang(apa ya bahsa indonesianya?) dan bannya gk enak, ternyata emang Ade jarang bawa ke bengkel, harus segera di service.
    Emang harus rutin ya perawatannya, kasian kalo sampe rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku berani jauh kalau bawa motor, paling sekitar Halim dan pondok gede aja.

      Hapus
  9. Duh,jangankan motor hubungan aja kalo gak pernah dipanasin lama-lama pasti rusak #eaaaa

    BalasHapus
  10. ia mbak, pentong sekali memperhatikan kondisi motor. Aku tuh hobi make motor aja, tapi merawat masih kurang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mulai belajar merawat motor mba

      Hapus
  11. Padahal cara merawatnya sederhana aja ya, mbak tapi kadang kitanya suka abai. Saya sendiri baru ke bengkel kalau motornya mulai berasa nggak enak. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, usahakan seh 3 bulan sekali mas

      Hapus
  12. Infonya aku langsung transfer ke suami hehehehe

    BalasHapus
  13. Kalau bawa mobil berani kan? Bisa sambil senyum senyum bawanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom mas, mobil aku mah ampun-ampunan.

      Hapus
  14. Kalau rutin diservis pasti jalannya lancar dan gak mudah karatan :)

    BalasHapus
  15. Naah... Sama kan kayak merawat keluarga. Jadi simbiosis mutualisme antara merawat kendaraan sama merawat keluarga.

    BalasHapus
  16. Ringan ya Ceu tipsnya, semudah kita tersenyum. Wah bener-bener mandiri yah Ceu Lis, makan dan minum sendiri heu heu heu 😂

    BalasHapus
  17. Kalau kata ayahku yg terpenting jangan sampai lupa ganti oli, soalnya kendaraan yg gak diganti olinya berasa bgt gak enak dipake heheh

    BalasHapus
  18. Asik juga nih tipsnya mba Lis, Sebagai pengguna motor dgn tips ringan ini, jadi malu sndiri udah dingetin, kadang suka males ke bengkel

    BalasHapus
  19. Suamiku perlu baca ini. Dia kalo disuruh service aja males banget >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo suruh baca suaminya, biar rajin service

      Hapus
  20. Aku tuh mba yang malas kalau service motor. Biasanya langsung bawa aja. Akhirnya pernah deh mogok :(
    Kalau aku cuci motor masih lumayan sering sih soalnya wilayah yang dilewati berdebu

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.