Ingin Beli Mobil Bekas? Perhatikan 5 Hal Ini

by - Minggu, April 02, 2017


[Lifestyle] Mobil itu sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Apalagi perkembangan industri otomotif semakin berkembang. Banyak sekali merk mobil keluar di pasaran Indonesia. Mobil menjadi sebuah kebutuhan, yang bisa memudahkan kita menjangkau berbagai tempat. Tapi, ketika ingin membeli mobil baru uangnya tidak cukup, salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan itu adalah dengan membeli mobil bekas (MobKas).

Mobil bekas bisa di beli dengan harga terjangkau. Bahkan di pasaran kita bisa semakin mudah menemukan Showroom mobil bekas. Berbagai produk bisa kita pilih. Mau itu mobil bekas Xenia, Mobil bekas Toyota, hingga mobil bekas Honda. Bahkan, sekarang ini banyak sekali situs jual beli mobil bekas secara online. Yang sangat membantu konsumen untuk memilih mobil bekas dengan harga terjangkau, tapi tetap berkualitas, salah satunya di Mobil123.com yang menyajikan lebih dari 200.000 mobil bekas dan telah terverifikasi dengan baik.


Membeli mobil bekas juga tidak boleh asal, harus bisa memperhatikan banyak hal. Seperti akhir bulan kemarin (31/03) saya menghadiri event Mobil123.com Portal Otomotif No. 1 yang membahas tentang "Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda" di The Hook Jakarta. Dalam acara ini hadir juga tamu spesial dari iCar Asia, yakni Hammish Stone (Chief Executive Officer dari PT. iCar Asia) dan Joe Dische (Chief Finance Officer dari PT. iCar Asia).

Pembahasan tentang mobil bekas, solusi kebutuhan anda menghadirkan 2 pembicara, yakni Halomoan Fischer Lumbantoruan, selaku Chief Operational Officer dari Mobil 88 dan Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia, dengan moderator Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com. Menurut Fischer membeli mobil bekas memang ada benefitnya, seperti harga yag lebih murah, kendaraan bisa langsung dipakai, dan tingkat depresiasi (penurunan harga) lebih rendah dibandingkan mobil baru. Tapi, kalau tidak jeli dalam membeli mobil bekas, konsumen bisa rugi. Maka, ketika konsumen ingin beli mobil bekass, perhatikan 5 ini, yang juga menjadi resiko membeli MobKas, seperti:


  • Mobil disita. Jangan sampai neh ketika ingin membeli mobil bekas, ternyata sedang bermasalah. Maka, konsumen harus jeli dengan hal yang satu ini. Penting untuk membelinya ditempat yang terpercaya dan aman.
  • Kerugian material. Namanya juga mobil bekas yang sudah digunakan, pasti ada saja kondisi mobil yang mengalami peurunan, bisa dari mesin dan lainnya.
  • Ancaman keselamatan. Ini yang harus diperhatikan, apalagi kalau mobil bekas itu pernah mengalami kecelakaan. Beberapa kondisi mobil pasti ada yang rusak. Dan kalau tidak jeli, ini bisa berdampak buruk pada keselamatan.
  • Tidak bisa BBN (Bea Balik Nama). Ini juga mengeriakan neh, dan harus diperhatikan oleh konsumen yang ingin membeli mobil bekas. Apabila mobil itu bermasalah, wasalam deh ga bisa balik nama di SAMSAT. Biarpun mobil aman, ternyata butuh proses untuk balik nama.
  • Ancaman pidana 6 tahun. Duh, ini benar-benar kudu diperhatikan. Maka dari itu, penting banget membeli mobil bekas ditempat yang terpercaya, baik itu Mobil123 atau bisa juga Mobil88. Karena bisa banyak penjual nakal, atau bahkan mobil itu pernah bermasalah, atau juga hasil pencurian. Kan ngeri banget ya kalau semua itu terjadi.
5 hal di atas harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Teliti dengan baik dan benar sebelum membeli barang. Seperti halnya yang diungkapkan Hendrik, bahwa konsumen harus benar-benar memperhatikan semua hal dengan jeli dan teliti sebelum akhirnya memutuskan membeli mobil bekas tersebut.

Membeli mobil bekas Hyundai juga bisa loh. Sekarang ini ada Hyundai Autosafe yang memiliki visi memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada pelanggan akan resale value used car Hyundai. Dengan misi meningkatkan resale value used car Hyundai, mendukung penjualan kendaraan baru, sebagai price setter untuk harga pasar used car HYundai, dan memberikan pilihan alternatif yang baik bagi konsumen yang menginginkan used car Hyundai. Hundai Autosave ini adalah Divisi Mobil Bekas PT. Hyundai Mobil Indonesia. Yang sudah memiliki 5 showroom, cabang Simprug, Cibubur, Kalimalang, Soekarno Hatta Bandung, Gatot Subroto Bali. 


Mobil88 dan Hyundai Autosave menghadirkan kendaraan-kendaraan yang berkualitas dan tidak pernah menjual mobil bekas kecelakaan, banjir, atau bekas kriminal dan kejehatan. Bahkan Hyundai memberikan garansi tiga tahun uang kembali, jika membeli mobil bekas di Hyundai Autosafe. Sama halnya dengan Mobil88 yang memberikan garansi uang kembali mobil yang dijual tidak bekas tabrak. Dengan begitu membeli mobil bekas juga aman dan terpercaya.

Ingin beli mobil bekas bukan masalah lagi ya, apabila kita membelinya di tempat aman dan terpercaya. Sehingga konsumen bisa aman dan tenang. Maka dari itu, konsumen yang ingin membeli mobil bekas, penting untuk memperhatikan 5 hal di atas ya. Mari menjadi pembeli yang cerdas.

You May Also Like

55 komentar

  1. Paling enak klo mo beli 2bd, kenal dengan pemilik 1st. Nanti klo ada kenapa2 gmpng bilangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, itu sangat penting

      Hapus
  2. bener, kuncinya pilih tempat terpercaya jk bukan beli punya teman atau kenalan hehee..... jadi gak was2 kena tipu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, kalau punya kenalan, jadi ga was-was dan sudah tau ya

      Hapus
  3. membeli pada saudara atau tempat terpercaya, menjadi solusi bagi konsumen awam kaya saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar, dengan beli punya saudara atau tempat terpercaya akan membuat tenang

      Hapus
  4. Kalau membeli mobil bekas harus di agen terpercaya, mba. Biar urusan berkendara jadi aman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, agen terpercaya lebih bikin tenang ya

      Hapus
  5. Waaaah jadi kalo mau cari-cari mobil bekas bisa langsung ke mobil123.com aja ya maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, bisa langsung cek mobil bekass dan baru di Mobil123.com

      Hapus
  6. Baik.. saya perhatikan 5 hal ini. #catet

    BalasHapus
  7. Mobil bekas atau second itu ibarat sang mantan yah Ceu. Tak selamanya, mantan itu cewek. Uhui, Ceu Lis susah move on dari sang mantan. 🏃🏻🏃🏻😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeeeh kok jadi ke mantan, ga asyik ah. Mendiang fokus ke Mobil123

      Hapus
  8. beberapa kali bertransaksi di mobil123, karena sesekali juga berbisnis mobil seken, bukan untuk dipake sendiri sih...lumayan labanya, dan pelayanan situs ini sepertinya sangat berusaha untuk menjadikan kita sebagai raja banget sih...pokoknya mah makjleb deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh ini neh ada pelanggan setia Mobil123 ya, waah mantep

      Hapus
  9. kalau boleh saran, mohon akun disqusnya di pasangin URL blog ini, soalnya tiap kali bw saya kudu kops namanya ke browser, barulah bisa bw...kan udah banyak blog yang pake kolom komentar disqus...kasihan kan kalau admin komentar nggak di bw-in balik, gegera nggak ada linknya...caranya ada kok di rumah saya DESA CILEMBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu makanya, jangan pakai kolom disqus, pakai kolom bawaan blospot saja, biar sama-sama enak :)

      Hapus
    2. Terima kasih informasinya, nanti saya coba tambahkan ya

      Hapus
  10. hmm jadi merasa aman untuk beli mobil bekas kalo gini caranya :)

    BalasHapus
  11. Lima tips yang bikin mobkas semakin dilirik semakin berjaya di darat.
    Keren dah.

    BalasHapus
  12. Benar sekali, membeli mobil bekas harus sangat-sangat hati-hati. Jangan sampai mobil bermasalahd dengan perbankan atau masalah pencurian, itu yang menjadi poin penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau masalah pencurian yang sangat gawat ya mas

      Hapus
  13. Beli mobil bekas, kudu cek re cek ya mba, baik kondisi mobilnya, maupun dealernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, dengan cek ricek semua bisa aman

      Hapus
  14. Kalo cuman ngendelin beli mobil bekas dari iklan di koran berarti kurang aman yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu tetap harus cek ricek lagi mba.

      Hapus
  15. namanya barang bekas memang tak sebaik baru yaa Mbaa, makanya penting banget bagi calon pembeli untuk memperhatikan kondisi barang yang hendak dibelinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, calon pembeli memang kudu pinter untuk selalu cek mobil bekas sebelum membelinya

      Hapus
  16. Wahh infonya bermanfaat nih. Makasih infonya ya. Kebetulan aku lg nyari mobil 2nd nih.
    Btw ada typo sedikit diatas tuh Lis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat mba.

      Siap mba terima kasih infonya, segera saya perbaiki typonya

      Hapus
  17. aku juga pernah jual di mobil123 cepat banget jualnya hehehe gratis pula senangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ini ada pelangan setianya juga, asyik neh

      Hapus
    2. Waah ini ada pelangan setianya juga, asyik neh

      Hapus
  18. siap, udah di catet nih mba lis, hehehe

    BalasHapus
  19. Wah sangat menarik, makasih pembahasannya mba kebetulan aku lagi mau beli mobil nih.

    BalasHapus
  20. Datang ke acara kemarin bermanfaat banget, bisa tau tips beli mobil bekas, sama baru tau ada program AutoSafe Hyundai

    BalasHapus
  21. Kalo suka barang antik pasti pilih Mobil bekas Mbak. Tapi gak juga sih. Hihihi

    BalasHapus
  22. Acaranya seru bangt ya tiap mobil123 ngadain gathering, sayang kita ga selpih2an dulu.. pada anteng ngetwit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya ya teh, udah lama ga selfie-selfie. Semua anteng tweet. Tapi ini acara keren banget deh. Banyak tipsnya

      Hapus
  23. Ngeri kalau beli mobkas terus di sita....hhiiihhhh...!
    Btw Xenia itu pabrikannya Daihatsu teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu jangan sampe ya.

      Hehehe iya mas, itu sengaja aja nulisnya begitu, hehehe

      Hapus
  24. Thanks banget infonya mba, sangat bermanfaat tentunya :)
    Semoga kalau kelak beli mobil bekas nggak ada masalah deh...

    BalasHapus
  25. Kdg emang org kl beli mobil baru, suka khawatir sama resale value-nya ya. Untung ada buyback guarantee dr Hyundai ya :)

    BalasHapus
  26. Seram juga ya Teh jika salah beli mobil bekas, bisa masuk penjara juga, sampai 6 tahun lagi, makanya benar2 kudu hati2 nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, beli mobkas harus hati2, makanya beli di tempat terpercaya

      Hapus
  27. Wah terima kasih ya mbak sangat bermanfaat sekali, beli mobil bekas memang harus mengetahui secara detail apa yang harus diperhatikan apalagi tentang riwayatnya juga tuh.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.