Resep Siomay Ayam Kuah

by - Senin, Juni 26, 2017


[Resep Masakan] Di bulan ramadan dan idul fitri menjadi moment yang pas untuk selalu menghadirkan beragam kreasi masakan di meja makan. Karena, kalau makan itu-itu saja, keluarga akan mudah bosan. Membuat makanan di bulan ramadan dan idul fitri pun tidak usah yang ribet, karena banyak makanan yang bisa di buat secara mudah, cepat dan praktis. Salah satu makanan yang disukai keluarga adalah Siomay. Mau itu diolah dengan cara kukus dengan saus kacang, atau berkuah, semuanya pasti disukai.

Nah, kalau bulan ramadan, siomay ini saya buat untuk menu berbuka puasa supaya lebih beragam. Sedangkan saat lebaran tentu saja untuk makanan selingan, supaya tidak bosan dengan makanan bersantan. Jadinya di meja makan semakin bervariasi lagi. Siomay ini saya buat dengan cara mudah dan prktis, sehingga tidak perlu waktu berjam-jam. Bahkan saat membuatnya untuk berbuka puasa sangat cepat. 

Siomay ayam kuah



Seperti ramadan di hari terakhir kemarin, saya membuat siomay kuah, dan lebaran juga sama masaknya ini. Untuk membuat siomay ini tidak harus ikan, saya malah membuatnya dengan daging ayam. Untuk membuat Siomay Ayam Kuah ini sangat cepat sekali.

Bahan membuat isi Siomay:


Bahan-bahan membuat Siomay Ayam Kuah
  • Siapkan 3 dada Ayam Potong, lalu cincang dan haluskan.
  • 3 siung bawang merah dan putih, lalu haluskan.
  • Wortel 2 buah, iris dadu ukuran kecil.
  • Daun Bawang iris.
  • 1 buah telur
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Lada bubuk secukupnya.
  • Air es 1/2 gelas kecil.
  • 175 gram sagu.
  • 2 sendok makan tepung terigu.
  • Kulit pangsit (bisa beli di pasar atau membuat sendiri)
Cara membuat Isi Siomay:




Adonan Siomay yang sudah jadi
  • Campurkan 3 ayam potong yang telah di cincang, bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan, irisan daun bawang, wortel, penyedap rasa, dan lada bubuk. Aduklah sampai rata.
  • Setelah itu tambahkan garam dan telur, aduk kembali sampai tercampur.
  • Kalau semua sudah tercampur, tambahkan sagu dan terigu, tambahkan air es sedikit demi sedikit.
  • Setelah isinya siap. Ambillah satu lembar kulit pangsit, tambahkan isi siomay dan bentuklah sesuai keinginan.
Cara membuat kuah Siomay



  • Haluskan 3 siung bawag merah dan putih, garam dan lada bubuk. Setelah itu gorenglah bumbu yang telah dihaluskan.
  • Rebuslah air, setelah mendidih masukkan siomay yang telah di buat.
  • Setelah masak, Siomay kuah Ayam siap disajikan dann jangan lupa taburkan irisan daun bawang. Bisa dinikmati selagi hangat, serta ditambahkan saus dan kecap sesuai selera.
Caranya membuat siomay kuah ini sangat mudah, dan tidak memerlukan banyak waktu, dan sangat praktis. Siomay kuah ini juga bisa dilengkapi tahu dan baso sapi. Selain itu siomay ini juga bisa ditambahkan sayuran lainnya sebagai isian, supaya lebih bergizi lagi.



Siomay kuah sudah siap
Siomay ayam kuah ini telah menjadi favorit keluarga sejak dulu. Siomay tidak boleh absen saat ramadan dan idul fitri, daripada terus beli malah boros, mending membuat sendiri. Bahkan isi siomay bisa selalu saya kreasikan, baik itu dengan ikan, udang dan daging. 

Berikut ini adalah cara membuat Siomay Ayam Kuah.   

You May Also Like

50 komentar

  1. Lebaran ini ibuku nggak masak santan, Mbak. Malah bikin bakso. Suegeeer. Ini lagi mudik, jadi kepikiran untuk buat siomay kuah ini ntar kalo sudah pulang. Kalau bikin kayak ginian itu nyenengin Kak Ghifa, suka banget dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kalau terus-terusan opor jadi bosen ya. Baso dan siomay mantep itu mba

      Hapus
    2. Lebih nyenengin lagi jika saya dikasih hasilnya biar lebih tahu rasanya.

      Hapus
  2. yuhu dapat resep baru nih, makasih banyak udah di share resepnya.

    BalasHapus
  3. Ceu besok aku ke rumah yah. Sediain siomay nya

    BalasHapus
  4. sueegeerrr....kirim dooong siomay kuah nyaa...

    BalasHapus
  5. Hadeuh siomaynya bikin kepengen aja nih ceu

    BalasHapus
  6. Hwaaa siomaynya tampak lekoh sekali Mbak. Makasih resepnya, aku jadi pengen bikin langsung hahahaha

    BalasHapus
  7. Siomay kuah buat menu Lebaran itu uenaaaak. Serasa nemu oase di tengah lautan ketupat :D

    BalasHapus
  8. Seger ini teh,,, rasanya,,, apalg klo d mkn hangat trs again pedas dikit bkalan nambah trs noted resepna,,, nti d Coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi sambelnya yang banyak ya

      Hapus
  9. Musim lebaran makannya itu2 aja, kayaknya enak nih bikin siomay... buat alternatif menu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget, biar ada menu pilihan lebaran ya

      Hapus
  10. Lebih sehat kalo buat sendiri dirumah.
    Makasih inpo nya :))

    BalasHapus
  11. leker nih, kalau tinggal akan sih lebih enak lagi kayaknya, hrs mampir ke rumah mbak

    BalasHapus
  12. Wahh.. ternyata ada juga siomay kuah.. duh, jadi pengen nyoba... hihi. Salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siomay kuah atau bahkan batagor kuah juga enak loh. Salam kenal juga

      Hapus
  13. daripada yang bersantan, aku lebih suka yang seger2 gini.
    apalagi kalau banyak sayurnya
    eh so good ayam potong yg segitu berapaan ya sekarang, lama gak beli #kepo
    eh lagi, minal aidzin wal faidzin mbak, maaf lahir batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok So GOOD ayam potong di Supermarket. Mohon maaf lahir bathin juga ya

      Hapus
  14. hmmmm..seger2 kuahnya...berasa, asyik dimakan saat cuaca dingin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sangat asyik di makan saat cuaca dingin atau panas.

      Hapus
  15. Aku belum pernah nih mencoba yang siomay kuah nih mba.
    kebayang segarnya makan pas panas-panas, mba. Hehhehe

    BalasHapus
  16. Kalau ditotal itu berapa budget pengeluaran untuk membuat siomay kuah ?
    Bener-benar bikin ngeces. Ada kuahnya, rasanya pasti kaya sop ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mahal kok, dan bisa di stock. Rasa kuahnya kayak baso aja mas

      Hapus
  17. Wah info kece baru tau ada ayam potong So Good begini, praktis ya

    BalasHapus
  18. Mbak.. Fotomu itu loh.. Bikin ngiler kemecer.. Seger tenaaaann...

    BalasHapus
  19. mbak bener bener kreatif ... fotonya juga behhh bikin ngiler mbak pasti uenak

    BalasHapus
  20. Duh siang gini lihat makanan gini. Belum makan pula. Jadi pengen nih..
    Satu hal yang aku suka kalau bikin sendiri itu enak, bisa makan puas..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bikin sendiri akan membuat kita puas dan kenyang

      Hapus
  21. Duh... duh... duh... rasanya udah ga sabar kepengin mencoba ini, Mbaaaak.....

    BalasHapus
  22. waah... sedap banget apalagi pake sambel rawit :)

    BalasHapus
  23. adududu jadi siomay...mantap!

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.