Ini Dia Mitos Red Days Yang Harus Perempuan Tahu

by - Rabu, Juni 14, 2017


[Kesehatan] Kalau bicara tentang red days atau menstruasi, saya selalu bersemangat untuk sharing. Mengingat red days yang saya rasakan ini membuat saya takut dan kesakitan. Kenapa? Karena sudah 4 tahun ini, setiap kali menstruasi datang, saya akan mengalami kondisi yang membuat badan menjadi drop, bahkan saya pernah transfusi darah dan rawat inap karena masalah ini. Duuuh.

Setiap perempuan memiliki keluhan yang berbeda saat red days atau menstruasi datang, begitu pun dengan saya sendiri. Bahkan, saya mengalami kondisi berbeda dengan waktu masih gadis yang tidak pernah ada masalah sedikit pun. Ketika sudah melahirkan anak kedua dan sesar kedua kalinya, red days yang saya alami selalu bermasalah. Yakni seringnya sesak napas, migrain, sakit perut bagian bawah, sakit ulu hati, kekurangan darah dan paling nyebelin tidak sadarkan diri atau pingsan. Kebayang ga kalau pingsannya di depan umum, sadar-sadar sudah masuk UGD. Ini ga enak banget. Maka dari itu, di hari pertama sampai ketiga red days, saya tidak berani keluar rumah, daripada malu-maluin.

Perempuan juga harus tahu tentang mitos dan fakta seputar Red Days


Saat sedang mengalami red days seperti ini, terkadang membuat saya selalu khawatir dan takut. Apalagi, kalau lagi mengalami menstruasi suka pengen makan dan minum yang seger-seger, eh ada saja mitos yang selalu bikin tambah pusing. Ada beberapa mitos dan fakta red days yang harus perempuan tahu, sehingga kalau pengen ini dan itu tidak terlalu khawatir, seperti:


1. Jangan minum air dingin atau es saat red days nanti darahnya tersumbat atau lambat.

Ini yang sering banget jadi ocehan teman-teman saya. Badan lagi lemes, pusing, pengen dong yang seger, ditambah es, emmm nyess banget deh. Akhirnya gagal diminum, karena katanya neh kalau lagi red days, darahnya akan tersumbat atau lambat. Faktanya neh minuman dingin atau es itu ga bakalan bikin memperlambat red days. Kalau terlambat itu biasanya karena adanya ketidakseimbangan hormon, dan itu bisa dari beberapa faktor. Bisa karena lelah atau stres.

Jadi, kalau lagi red days pengen minum es jeruk, es cendol, ataupun es kelapa, silahkan saja. Ga bakalan bikin red days terlambat atau darah tersumbat.

2. Jangan berenang saat Red Days, karena bisa mandul

Pernah dengar mitos ini ga? Saya pernah banget, tepatnya saat masih gadis. Waktu itu mau berenang, eh sama nenek dilarang, karena katanya kalau lagi red days ga boleh berenang, nanti ga bisa punya anak atau mandul. Faktanya neh, ga ada hubungannya antara berenang dengan kemandulan di masa red days. Yang paling penting neh, kita sebagai perempuan harus bisa menjaga dan memperhatikan kebersihan area kewanitaan. Supaya selalu terjaga dengan baik, bersih, dan sehat.


3. Tidak Red Days Hamil

Nah ini neh yang selalu bikin panik. Ada saja yang beranggapan bahwa tidak red days itu pasti hamil. Bisa dibayangkan kalau terjadi pada anak remaja, gimana ga panik tuh, padahal tidak pernah melakukan hal-hal aneh. Faktanya tidak red days itu karena adanya berbagai faktor yang membuat keterlambatan. Jadi terlambat red days belum tentu hamil loh. Supaya tidak khawatir dan panik, langsung saja cek ke dokter atau petugas kesehatan ya.

4. Jangan olah raga saat red days

Jangan salah, mitos seperti ini juga selalu ada loh. Katanya kalau olah raga saat red days itu tidak baik. Faktanya neh dengan berolah raga akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Badan menjadi bugar dan sehat. Saat red days saya pun selalu usahakan untuk olah raga, tidak perlu lama-lama seh, 30 menit bagi saya cukup. Perlu diketahui juga neh, dengan berolah raga yang tepat, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat membantu meredakan rasa nyeri saat red days.

Bahkan dengan berolah raga saat red days, memiliki manfaat yang luar biasa. Apalagi kalau memilih yoga, itu bisa membuat kita semakin tenang, rileks, dan mampu melepaskan stres. Dan selama berolah raga jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan area kewanitaan juga ya.



5. Coba deh minum soft drinks red days lancar

Pernah ga denger mitos ini. Saya seh sering, malah sudah kemakan mitos ini. Malah teman-teman juga sama, ingin memperlancar red days, pasti deh minum soft drinks. Faktanya sampai saat ini tuh belum ada bukti ilmiah, bahwa red days bisa lancar karena minum soft drinks. Yang pasti seh jangan minum soft drinks terlalu banyak, ga baik juga buat kesehatan. Saat ini saya sudah tidak pernah minum soft drinks lagi kalau sedang red days, karena saya pernah mengalami badan yang semakin lemass. Jadi lebih memilih minum air putih yang banyak, hinga jus buah segar.

6. Tubuh selalu lemas saat red days

Untuk hal ini sepertinya sudah biasa dirasakan, tapi bukan berarti lemaas itu disebabkan kekurangan darah. Makanya, kalau terlalu lemas yang seperti saya rasakan, langsung saja periksa ke dokter. Sebenarnya neh, rata-rata darah yang keluar dari tubuh selama red days sebanyak 50-150 ml, atau sama dengan 4-6 sendok makan. Jadi ini pun bisa beberapa faktor ya.

Yang terpenting neh, selama red days jangan selalu percaya mitos dulu, akhirnya membuat kita menjadi tambah pusing. Kalau dirasa badan selalu drop seperti saya saat red days, usahakan untuk selalu periksa ke dokter atau petugas kesehatan. Untuk menjaga kesehatan selama red days, ada beberapa hal yang saya lakukan.

  • Konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.
  • Minum air putih untuk menjaga kesehatan.
  • Hindari makanan junk food dan soft drinks.
  • Istirahat yang cukup.
  • Olah raga secara teratur.
  • Minum suplemen dan vitamin
  • Selalu menjaga kebersihan area kewanitaan.

Yang paling penting neh, selama red days itu bukan masalah mitos, tapi risiko infeksi kewanitaan yang semakin meningkat. Maka dari itu menjaga kebersihan area kewanitaan itu penting. Bisa dimulai dengan ganti pembalut setia 3-4 jam sekali, gunakan pembersih kewanitaan. Dalam memilih pembersih kewanitaan juga jangan sembarangan, kita bisa memilih pembersih dengan antiseptik, seperti Betadine Feminine Hygiene yang dilengkapi Povidone lodine yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan, gejala iritasi ringan, gatal, dan bau tak sedap. Dan untuk membersihkan yang benar adalah dari arah depan ke belakang.



Kalau mitos sudah dibuktikan dengan fakta yang sesungguhnya, saatnya kita sebagai perempuan untuk selalu menjaga kesehatan area kewanitaan selama red days. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi kesehatan seputar red days dan lainnya bisa langsung cek:

You May Also Like

16 komentar

  1. Betadine ini juga direkomendasikan pas papsmear. Jauh lebih baik ketimbang pembersih kewanitaan yang mengandung parfum. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ternyata pilihanku tepat dong ya mba

      Hapus
  2. Ada juga mitos gini. Kalau lagi red days jangan keramas. Ntar berhenti. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku pernah denger ii. Mitos ada-ada aja ya

      Hapus
  3. mitos minum softdrink itu, Teh. Temenku ada lho yang sampai segitunya. Awal haid minum, pas mau tiris minum, dia bilang biar tuntas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah. Padahal terlalu banyak minum softdrinkkan ga baik ya

      Hapus
  4. Eh jadi itu mitos ya minum soft drink? Aku sampe sekarang percaya lho bisa mempercepat kalo minum soft drink, ternyata mitos, beklah dihentikan kalo gitu, thanks infonya ya lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya miyos itu teh. Jangan dipercaya dulu. Apalagi kalau kebanyakn minum softdrinkkan ga baik ya

      Hapus
  5. Kalau lagi Red Day memang gak berani renang, bukan karena takut mandul atau mitos tapi takut kalo mencemari air kolamnya, ntar malah berwarna warni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah ga bisa berenangnya hehehe

      Hapus
  6. Ternyata minum es itu mitos ya? Duh, padahal saya udah merasa bersalah aja kalau melanggar pantangan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba itu molitos jadi tenang aja

      Hapus
  7. Mitos minum softdrink itu sering banget kudengar
    Ada alagi mitos, saat mens tak boleh tidur siang
    Aya aya wae ya mitosnya
    Padahal kalau rajin jaga kebersihan pastinya organ intim kita sehat tanpa harus terpengaruh mitos2 yang aneh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba mitos tidur siang bisa bikin mata rabun yak, nah bikin pusingkan ya.

      Hapus
  8. Kayaknya dulu percaya mitos pertama, Mbak. Kalau minum es bisa lambat, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jangan panik mba karena itu mitos saja

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.