4 Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan

by - Kamis, Juli 13, 2017


[Review] Semua orang pasti ingin sehat, supaya bisa menikmati kehidupan sehari-hari dengan lebih baik dan menyenangkan. Dengan hidup sehat, menjalani aktivitas tanpa gangguan sedikit pun. Selain memperhatikan nutrisi dan gizi seimbang, supaya badan selalu sehat, kita harus rajin olah raga serta selalu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Sebagai penikmat kopi dan teh, saya sudah mulai memperhatikan takaran yang pas, supaya tetap aman dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Menikmati kopi ataupun teh sudah menjadi sebuah kebiasaan, supaya bisa mengembalikan rasa rileks setelah menjalani padatnya aktivitas. Minum kopi bisa menjadi me time yang paling menyenangkan. Apalagi kalau kopi itu adalah kopi hijau yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Ini yang harus diketahui tentang manfaat Kopi Hijau.




Sekarang ini kita mengenal beragam jenis kopi, dari white coffe, hingga green coffe. Apalagi menurut beberapa teman yang suka mengkonsumsi kopi hijau mengatakan bahwa, kopi ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan cocok untuk diminum oleh siapapun yang sedang menjalani program diet. Tentu saja ini semakin membuat saya penasaran untuk bisa menikmatinya.

Perlu kita ketahui nih, bahwa kopi hijau berasal dari biji kopi yang diolah tanpa adanya proses pembakaran. Kopi hijau ini memiliki kandungan asam klorogenat yang lebih kuat dibandingkan dengan kopi yang lainnya, dimana telah melalui proses pemangangan. Sedangkan kopi hijau ini biji kopi yang belum melalui proses pemangangan.

Konsumsi kopi hijau saat ini semakin digemari masyarakat, apalagi dengan kandungan asam klorogenat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi menurunkan berat badan (dokumen pribadi) 
Tentu kita inginkan menikmati beragam minuman kesukaan tanpa takut berat badan naik. Mengkonsumsi kopi hijau sesuai takaran tetap aman. Apalagi khasiat yang dimiliki asam klorogenat yang ada pada biji kopi berguna sebagai pembakar kolestrol dengan sangat cepat. Tentu ini menjadi solusi buat saya, mengingat ngopi sambil me time sering saya lakukan di rumah. Karena ini cara sederhana saya untuk mengembalikan semangat dalam menjalani beragam aktivitas yang sangat padat.

Dalam sebuah penelitian pun diungkapkan bahwa ekstra kopi hijau mampu mengurangi lemak pada badan, dan berat badan. Bahkan berdasarkan beberapa laporan penelitian, ekstrak kopi hijau lebih efektif mengurangi berat badan dibandingkan dengan obat lainnya.

2. Meredakan sakit migrain

Sakit migrain saat menstruasi membuat saya sulit konsentrasi. Pernah suatu hari saya sedang mengalami migrain yang begitu sakit, teman saya datang ke rumah membawakan kopi hijau dari sebuah cafe. Entah kenapa ada rasa rileks dan nyaman setelah meminumnya. Migrain yang saya rasakan pun mulai mereda. Ternyata asam klorogenat ini juga bisa bertindak sebagai obat penawar sakit kepala (migrain), karena dalam kopi hijau ini memiliki manfaat kafein yang bisa meredakan sakit kepala.

Ilustrasi meredakan sakit  migrain dan meningkatkan mood (Photo by Canva)
3. Meningkatkan mood dan memperbaiki kinerja otak

Perlu kita ketahui juga neh, bahwa kopi hijau ini mempunyai kandungan yang berguna untuk kesehatan. Bahkan efek positif kafeinnya mampu menormalkan dan meningkatkan mood kita. Serta mampu meningkatkan kinerja otak. Sehingga bisa membantu meningkatkan reaksi otak, mulai dari fokus, waspada, dan faktor lainnya dari aktivitas otak kita.

4. Mengurangi radikal bebas

Manfaat dari kopi hijau bukan saja untuk menurunkan berat badan, tapi ada hal lainnya, yakni mengurangi radikal bebas. Karena biji kopi hijau mengandung zat antioksidan yang bisa berguna untuk mengurangi efek kerusakan sel akibat radikal bebas. Bahkan asam klorogenat dari biji kopi hijau ini sangat baik untuk cegah 4 jenis sel kanker.


4 manfaat kopi hijau di atas hanya sebagian dari manfaat kopi hijau, karena masih banyak sekali manfaatnya. Seperti diabetes, mengingat penyakit ini sering diderita oleh orang yang mempunyai berat badan berlebih. Sehingga penting sekali untuk berdiet, untuk mencegah dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Selain itu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal Of Toxicological Research di tahun 2011, menunjukkan bahwa kafein dalam kopi yang dikonsumsi secara teratur menunjukkan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Dan kopi hijau ini juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Jadi semakin banyak sekali manfaat dari kopi hijau. Tapi yang pasti konsumsi kopi pun tidak boleh berlebihan dan harus sesuai aturan. Maksimalnya konsumsi kopi hijau adalah 200 mg. Perlu dingat juga, kalau tubuh mulai terasa tidak enak, cobalah untuk datang ke dokter atau petugas kesehatan untuk memeriksakan diri.

Enaknya Nescafe Green Coffe Blend

Nescafe Green Coffee Blend
Melihat banyaknya manfaat kopi hijau, tentu membuat saya semakin penasaran. Biarpun pernah mencobanya beberapa kali, penasaran juga ingin menikmatinya lagi. Apalagi saya suka kopi yang bisa dinikmati sambil me time di rumah. Kan ga mungkin ya terus-terusan datang ke cafe untuk menikmati kopi hijau, untungnya neh kemarin pas datang ke mini market nemu Nescafe Green Coffe Blend.

Ternyata ini adalah inovasi terbaru dari Nescafe yang menghadirkan produk terbaru, dengan ekstrak biji kopi hijau. Dalam satu kemasan mini (200g), ada 10 sachet kopi hijau (berat bersih persachet 20g). Produk terbaru Nescafe ini tentu menjadi pilihan saya untuk menikmati kopi hijau di rumah. Yang paling penting neh, buatnya pun ga ribet, karena cukup ambil 1 sachet, dan tambahkan 150 ml air panas. Dengan begitu kita bisa langsung menikmati enaknya Nescafe Green Coffe Blend.


Perlu diketahui juga neh, Nescafe selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup petani kopi dengan memberikan pengarahan pengelolaan kebun kopi yang lebih baik. Serta membeli biji kopi robusta langsung dari petani kopi di Lampung.

Dengan kehadiran inovasi terbaru Nescafe, yakni Nescafe Green Coffe Blend, akan selalu asyik untuk dinikmati dengan cara mudah dengan harga terjangkau. Serta mudah ditemukan di mini market atau bahkan supermarket manapun yang dekat dengan tempat tinggal. Apalagi ada beragam manfaat kopi hijau untuk kesehatan, sudah pasti membuat saya happy untuk menikmati minuman yang enak ini.

Rasa kopi hijau dari Nescafe ini juga sama enaknya seperti kopi hijau yang pernah saya cicipi sebelumnya. Jadi, kalau mood saya lagi turun atau migrain lagi kambuh. Bisa me time dan rileks sejenak dengan menikmati enaknya kopi hijau di rumah dari Nescafe Green Coffe Blend. Karena Nescafe Green coffe Blend adalah kopi nikmat dan nyaman.



Sumber tentang manfaat kopi:
  • http://www.newsmax.com/FastFeatures/Green-Coffe-Extract-Benefits-Health-Benefits-Alzheimers/2015/03/20/id/631155/
  • https://googleweblight.com/?lite_url=https://www.bersosial.com/threads/kegunaan-dan-akibat-dari-kopi-hijau-untuk-kesehatan.41556/&ei=KQgtNaZ9&lc=id-ID&s=1&m=312&host=www.google.co.id&ts=1498196097&sig=ALNZjWnk3rC4OSiZB02zKH_o8NRcOIVZmg 
  • http://jualkopihijau.com/manfaat-kopi-hijau-untuk-kesehatan/       

You May Also Like

80 komentar

  1. sekarang banyak ya macam2 kopi. dan saya udah pernah nyobain kopi ini, lumayan enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, banyak banget kopi sekarang ini. Toss ah suka kopi ini ya

      Hapus
  2. aku pernah nyobain coffee ini, enak banget dan cocok banget buat diet menurut ku..

    BalasHapus
  3. Wah saya suka bgt nih minum kopi. Tapi belum pernah nyobain yg nescafee ini.

    BalasHapus
  4. seriues meredakan migran mba?? mesti dicoba nih kopi hijau :)
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya rasakan itu mba, setiap migrain, apalagi pas datang bulan, minum kopi hijau saja terus tidur.

      Hapus
  5. belum pernah minum kopi hijau nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ini mba, ga terlalu manis. Pas banget buat saya.

      Hapus
  6. Yang kebayang pertama pas Baca judulnya kirain pas udah diseduh bakal berwarna hijau hehe..

    Tp yg paling menarik perhatian mata dari manfaat kopi hijau ini adalah bs untuk diet. Mantaap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mba, warnanya tetap sama, rasanya yang beda. Yuup lumayan neh buat diet hehe

      Hapus
  7. Saya baru tahu jika ada kopi hijau neskafe. Ditempat saya sepertinya belum ada. Saya baca manfaatnya untuk obat migrain, rasanya cocok sekali buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada di Alfamart mas, coba dicek deh.

      Hapus
  8. wah, yg nescafe enak ya? soalnya temanku jual kopi hijau paiiittttt minta ampun :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nescafe enak banget mba, pas banget rasanya

      Hapus
  9. Saya baru tahu kalau ternyata ada kopi hijau, tak kira adanya cuma teh hijau.

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada green cofee, jadi pengen coba. Apalgi kaya manfaat. Bisa untuk menangkal radikal bebas juga

    BalasHapus
  11. Nah! Ini dia kopi sachet favorit saya sekarang. Rasanya ngangenin! Makasih infonya ya mbak, ternyata kopi hijau itu banyak manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba semoga bermanfaat ya

      Hapus
  12. Wah saya baru tau ada kopi hijau bun. Jdi brtambah nih pngetahuan saya jadinya. Maksih ya

    BalasHapus
  13. Saya pertama kali baca ada kopi hijau dari Blog Mbak Liswanti.. Jadi pengen coba juga nich. Thanks yaa Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba mba. Sama-sama semoga bermanfaat.

      Hapus
  14. Varian baru ya ini mbk, baru tauuuu, njajal njajaaalll, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ini varian baru, ayo dicoba

      Hapus
  15. kopi hijau baik bagi kesehatan. Tapi tetap jangan berlebihan ya. Karena sesuatu yg berlebihan biasanya tidak baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas pastinya ga boleh berlebihan. Saya saja sehari secangkir saja

      Hapus
  16. Banyak banget ya mbak khasiat kopi hijaunya, setahu saya adanya kopi hitam ini hijau ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sekarang ada yg namanya green coffe

      Hapus
  17. Banyak ya khasiat kopi hijaunya, setahu saya adanya kopi hitam aja.

    BalasHapus
  18. Wah banyak sekali manfaatnya kopi hijau. Awalnya saya berpikir, takaran maksimalnya betapa, eh sudah mbak cantumin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya itu sudah ada dan lengkap kok. Supaya konsumsinya juga tidak berlebihan. Jadi harus sesuai takaran.

      Hapus
  19. Saya baru tahu kalau green coffee punya banyak manfaat! Baru tahu juga kalau Nescafe punya varian baru (kemane aje, neng) soalnya selama ini cuma pernah nyobain kopi hijau daerah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ayo dicoba varian barunya mba dan rasakan manfaatnya

      Hapus
  20. sudah sering dengar dan baca tentang salah satu manfaat kopi hijau utnuk menurunkan berat badan, dan jadi semakin yakin. YES!!! aku pengen nyobain kopi hijau keren ini untuk dapetin manfaat kedua dan ketiganya:, enak dan ngopi dengan gaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ini kopi juga aku banget hehehe. Green coffe banyak manfaatnya.

      Hapus
  21. Ini salah satu varian nescafe yang saya suka..Dan, ternyata banyak manfaat kopi hijau...trims infonya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah suka varian greem coffe ini juga ya. Asyik

      Hapus
  22. Wah seru nih kopi hijau.. patut dicoba. Biasanya teh hijau aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba, biar sama-sama diet hehe

      Hapus
  23. Kopi hijaunya Nescafe lumayan enak. Tapi kalau disuruh milih, aku lebih suka Nescafe Strong 3 in 1, lebih nendang:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kalau kopi ini cocoknya malah sama aku. 3 in 1 belum nyoba malah aku hehe

      Hapus
  24. Aku belum pernah coba kopi hijau. Habis baca-baca manfaatnya jadi tertarik nih :)

    BalasHapus
  25. wahh kopi yg ini manfaatnya smaa aja ya dengan yang lainnya ? kirain baru ada manfaatnya kalo murni ekstraknya gitu, thanks infonya ya lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba. Udah pernah nyoba jugakah?

      Hapus
  26. wahhh ada ya sekarang kopi hijau, gak hanya teh..

    BalasHapus
  27. Aku mau nyobain kopi ini maju mundur. Besok beli ah pas belanja bulanan.....aku suka kopiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa maju mundur mba? Ini enak kok. Eh lagi ngaseh ASI kan ya.

      Hapus
  28. Wah, perlu coba ini, baru tahu kalau ada kopi hijau.

    BalasHapus
  29. Aku suka kopi... banget... tapi belum nyobain yang green coffee

    BalasHapus
  30. Aku penasaran sama kopi ini walaupun bukan peminum kopi sejati. Maju mundur mau beli..hahaha. Tapi ntar nyoba ah.

    BalasHapus
  31. ohhh baru tau akoooh ada kopi ijooo ... hmmm ternyata yg ada ijo2nya bukan cuma teh aja, kopi pun ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong, dari mulai white coffe hingga green tea ada semua

      Hapus
  32. Sebagai penggemar kopi sachet, diminum dingin enak banget. Terus ini bungkusnya ada ijo-ijo-nya, ngebayangin jadi kopi alpukat, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Neh aku juga ingatnya alpukat hehehe. Green coffe ini enak banget kok.

      Hapus
  33. Sering banget lihat produk ini di minimarket dekat rumah cuma selalu urung beli karena kuatir rasanya tidak cocok di lidah.

    Tapi kalau bisa bantu nurunin berat badan mau laaah beli nanti. Sambil ngopi dapet bonus badan langsing. Uhuuuy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini enak kok mba. Aku dan suami juga suka banget. Manisnya pas

      Hapus
  34. Sekarang sudah banyak Kopi Hijau beredar ya, untuk Nescafe saya belum dapet nih, Teh. Yang kemasan ini. Semoga bisa segera dapet biar bisa icip2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok mba, ada di Alfamart, Carrefour, online juga banyak.

      Hapus
  35. Saya penasaran banget ma rasa kopi hijau. Pernah sempat mau beli tapi masih ragu. Ntar kalau belanja lag, coba beli deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok mba Green coffenya, saya saja jadi suka banget

      Hapus
  36. Aih, baru tahu nih kalau kopi hijau bisa buat nurunin berat badan. Mau nyoba ah yang Nescafe ini mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, aku aja lagi nyoobain neh, ga terlalu manis, jadi pas banget buat aku

      Hapus
  37. kopinyaaa enyakkk <3 banyak manfaatnya ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak enak banget dan beragam manfaat buat kesehatan

      Hapus
  38. aku pun minum ini mba Lis.. pas pertama mliat penasaran dan bertanya2 enak atau gak ya, ternyata oke kok..

    BalasHapus
  39. Lho baru tau ada green cofee segala haha. Patut dicoba nih kl ketemu di supermarket :)

    BalasHapus
  40. Teh asam klorogenat itu aman gk buat lambung, soalnya aku gk minum kopi, punya maag, jdi suka parno sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga punya maag mba, dan selama ini aman-aman saja. Tapi kalau pengen tenang, lebih baik konsul dulu

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.