3 Cemilan Yang Paling Dinanti

by - Selasa, Juli 04, 2017


[Wisata Kuliner] Tradisi mudik lebaran memang selalu dinanti dan memang ngangenin. Karena saat lebaran banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya wisata kuliner. Kalau pulang ke kampung halaman, pasti tidak pernah absen untuk kulineran. Apalagi di Garut banyak banget tempat kulineran asyik yang bikin kangen. Mulai dari Baso M. Imu, kupat tahu, es goyobod, es cendol, Mie Ayam, Cilok, Seblak, nikmati dodol dan kuliner lainnya.

Cemilan Yang Selalu Dinanti Saat Lebaran

Kuliner Garut memang selalu menjadi tujuan paling menarik saat pulang kampung, maklumlah lidah saya sudah terbiasa sama makanan sana. Apalagi kalau lebaran tuh pasti banyak cemilan atau kue tradisional yang selalu dinanti oleh saya. Abaikan diet deh kalau sedang pulang, karena banyak makanan enak yang ga boleh terlewatkan.

Baca juga tentang Kuliner Garut

Nah, kalau lebaran di Garut ada beberapa cemilan yang pasti akan dibuat oleh keluarga. Dan memang selalu dihadirkan oleh keluarga dalam acara-acara khusus, seperti lebaran, khitanan dan nikahan. KAlau hari biasa cemilan ini ga pernah ada, kecuali di pesan dan dipaksa dulu buat bikin ☺☺☺ *sadis banget ya harus diapaksa hihi*. Kenapa seh cemilan ini jarang dibikin? Karena proses pembuatannya yang cukup lama, makanya hanya acara khusus saja, seperti lebaran. Ada 3 cemilan yang paling saya nanti, yakni:

Ladu yang nikmat dan manis
1. Ladu

Ladu ini adalah makanan atau cemilan yang jarang sekali dibikin oleh keluarga. Sekalinya dibikin saat lebaran, pasti berkilo-kilo dan dibagikan kepada saudara yang hidupnya merantau. Nah, sayakan merantau, pasti selalu dapat jatah hehe. Ladu ini memang enak dan manis, lidah saya selalu mencicipinya sejak masih kecil. Makanya ladu ini selalu bikin kangen dan dinanti banget. Ladu sendiri dibuat dari ketan (disangray), kelapa dan gula merah. Apabila sudah diolah dan jadi, wangi dan rasa khasnya begitu terasa. 

Saroja atau orang menyebutnya kembang goyang
2. Saroja

Kue yang satu ini juga dinanti banget, kalau dikampung saya pasti pada sebut saroja. Nah, kalau di daerah lain ada yang bilang kembang goyang dan lainnya. Kue yang satu ini cemilan paling asyik, apalagi kalau dinikmati dengan kopi atau susu hangat di pagi hari. Biasanya keluarga saya hanya membuatnya saat lebaran dan acara khusus. Ada 2 rasa, yang asin dan manis. Kalau saya seh sukanya yang asin. Nah, kalau di foto ini yang manisnya.

Dodol kacang hijau
3. Dodol Kacang

Sebagai orang Garut asli, ga afdol kalau ga nikmatin dodol. Sebenarnya bisa dibeli dimana saja. Salah satunya dipusat oleh-oleh Garut yang tersebar diberbagai daerah Garut. Bahkan sekarang banyak rumahan yang membuat dodol Garut, dengan cara pembuatannya yang masih tradisional banget. Nah, kalau di keluarga saya, pasti bikin dodolnya saat ngikutin acara khusus. Maklumlah bikinnya lama. Kalau di pusat oleh-oleh sering cicipin. Nah, kalau di keluarga ada rasa yang khas. 

Saat lebaran saja, keluarga pasti bikin beberapa jenis dodol, mulai dari dodol kacang, angleng dan wajit untuk nanti dibagikan kepada keluarga. Saya paling menantikan dodol kacang hijau, kacang merah dan wajiit tipung. Yang rasanya enak banget.

Itulah 3 cemilan yang paling dinanti saya saat lebaran. Kalau bukan lebaran, dijamin deh ga bakalan ada. Kecuali di keluarga ada yang nikahan atau khitanan. 

Nah, kalau kalian sendiri paling menanatikan apa saat lebaran?

You May Also Like

34 komentar

  1. Oooh itu namanya ladu, sepertinya aku pernah makan tapi gak tau namanya hihi

    BalasHapus
  2. Wah ladu? Namanya seperti saya pernah dengar makanan orang India, tapi mungkin namanya aja yg sama :). Asik jg ya mbak, pulang kampungnya. Mau donk main ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, namanya sama, tapi rasa dan bentu berbeda. Ayo mba main ke kampung saya

      Hapus
  3. Saya sering dibawain kembang goyang saat ibu mertua dtg berkunjung ke rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyik banget ya ampe di bawain mertua

      Hapus
  4. Unik banget, penasaran sama ladu

    BalasHapus
  5. Ladu kalo di daerah saya disebutnya kembang goyang. wkwkwkw
    kan bikinnya pake cetakan terus digoyang-goyang...

    okapinote.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah namanya kembang goyang, tapi samakah bentuknya ladu begitu

      Hapus
  6. Apa yaaa yg paling dinantii? Banyak banget sih makanan yang kusuka hihi. Kacang mete kali ya jarang kan ada kalo selain lebaran mahal soalnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sama, kacang mete itu mahal bingits ya. hihi

      Hapus
  7. Unik-unik ya makanannya. Kalau garut saya tahunya cuma dodol. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya masih banyak makanan Garut, bukan dodol saja hihi

      Hapus
  8. OOh jadi dodol kacang ijo teh asli garut yak? aku baru tau dah.. enak tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget mba. Dodol Garut itu aneka rasa. Kalau saya lebih suka dodol kacang daan angleng. Apalagi wajit

      Hapus
  9. Jadi penasaran ama ladu. Dari namanya sih kayak makanan india ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba namanya aja ya sama. Ladu Garut ini enak kok mba.

      Hapus
  10. Dodol kacang paling sering kubawa utk oleh2 karena banyak yg suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya teh Leyla juga di Bojong ya. Aku sering beli ke daerah situ juga

      Hapus
  11. Belum pernah makan ladu..saroja sama dodol kacang udah..enaak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah penasaran ya, ayo dicobain laduya

      Hapus
  12. Aku jarang nemu ini hehe. mungkin karena di Magelang khasnya bukan ini yah!

    BalasHapus
  13. kalau garust amh dodol ya terkenalnya , dan aku mah suka dodol coklat , lupa namanya teh apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu dodol coklat ada banyak merknya mba, dodol piknik, delima, dan lainnya

      Hapus
  14. Ladu kesukaan mamah sayaaaa, apalagi kalo ladu duren, beuuuhhh bisa diabisin sendiri. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ternyata banyak yang suka ladu ya

      Hapus
  15. Dodol kacaaaaaang , itu kesukaan saya! Soalnya kalo dodol kacang rasa manisnya suka pas. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, dodol kacang memang selalu pas rassa manisnya

      Hapus
  16. Saroja sama dong, semacam wajib hadir gitu kalo lagi Lebaran di daerah saya juga. Hehe.Kalo ladu sama dodol kacang adanya kalo sanak saudara yang pulang merantau, mereka biasanya beli itu dari Garut, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh mantep, seroja memang harus selalu ada ya, soalnya enak banget

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.