Merencanakan Liburan Ke Makassar Bersama Keluarga

by - Selasa, Juli 18, 2017


[Wisata Indonesia] Merencanakan liburan bersama keluarga selalu saya inginkan sejak lama, tapi selalu gagal. Tahun lalu sempat merencanakan liburan sambil menjenguk teman yang lahiran di Solo. Tapi, rencana tinggallah rencana, karena aktivitas saya lumayan full tahun lalu, begitu pun dengan suami.

Tahun ini suami ngajak saya buat ke Makassar bertemu temannya. Kebetulan suamikan sering bertugas ke Makassar, tapi tidak bisa mengajak keluarga. Jadi akhir tahun ini suami berencana mengajak saya liburan ke sana sambil membawa anak-anak. Apalagi Makassar menjadi tujuan liburan saya sejak lama. Ke Manado sudah, Pangkalpinang sudah, jadi tahun ini ingin mewujudkan liburan ke Makassar.

Perhatikan 3 hal dalam Merencanakan liburan Ke Makassar


Mumpung masih beberapa bulan lagi, saya ingin liburan ini sangat berkesan. Terutama buat anak-anak yang memang belum pernah pergi jauh. Berikut adalah 3 hal yang harus saya perhatikan dalam merencanakan liburan ke Makassar bersama keluarga, seperti:


1. Siapkan budget

Saat pergi liburan tentu butuh dana yang tidak sedikit. Kalau liburankan pasti banyak godaannya, pengen berkunjung ke tempat-tempat yang belum kita kunjungi. Apalagi membawa anak-anak yang pastinya butuh dana yang lumayan. Maka dari itu budget ini sangat penting saat liburan. Harus mulai direncanakan berapa biaya makan, penginapan, tiket, hingga dana tidak terduga. Itu benar-benar harus diperhitungkan jauh-jauh hari sebelum merencanakan liburan.

2. Cari informasi tentang wisata di Makassar

Saat memutuskan liburan ke Makassar, kita harus mulai perbanyak informasi tentang wisata di sana yang bisa kita kunjungi nantinya bersama keluarga. Apalagi Makassar ini merupakan kota metropolitan di kawasan Indonesia Timur yang menawarkan sejumlah pesona wisata yang sangat menarik. Bagi saya berlibur bukan hanya bersenang-senang saja, tapi ingin mendapat pengetahuan tentang adat istiadat hingga kebudayaan dari daerah yang kita kunjungi. Sekaligus memberikan pengetahuan kepada anak-anak.

Baca juga tentang Liburan ke Sukabumi

Photo By Evrina Budiasturi
Selain itu di Makassar ditempati beberapa suku, mulai dari Bugis, Jawa, Toraja, hingga Tionghoa. Sehingga Makassar kaya akan keragaman budaya. Ini yang membuat saya ingin mengunjungi Makassar. Ada beberapa tempat wisata Makassar yang ingin saya kunjungi, seperti Pantai Losari, Benteng Rotterdam, hingga Taman Nasional Bantimurung. Dengan cari informasi tempat wisata seperti ini, saya dan keluarga akan semakin mudah memutuskan keman hari pertama akan pergi. Begitu pun selanjutnya. Apalagi saya pengen banget makan Pisang Ijo dan Coto Makassar di kotanya langsung.

3. Hunting tiket pesawat dan hotel

Setelah menyiapkan budget dan cari informasi tempat wisata. Tips yang paling penting, tentu saja adalah hunting tiket pesawat dan hotel. Supaya tahu berapa tiket PP sekeluarga dan hotel. Biarpun di Makassar ada teman, ga enakkan kalau ikut nginep, jadi saya memutuskan untuk mencari hotel saja.

Selama ini kalau saya hunting tiket pesawat dan hotel buat klien biasanya kan selalu terpisah. Ternyata ini bikin ribet dan menghabiskan banyak waktu. Tapi, pas kemarin saya hunting tiket dan hotel ke Makassar, ternyata sekarang ini di Traveloka sudah menyediakan paket tiket pesawat dan hotel ke Makasaar yang bisa kita dapatkan dengan harga yang lebih murah daripada membeli tiket dan hotel secara terpisah. Tentu saja ini menguntungkan buat saya dan bikin happy, sehingga bisa menghemat dana akomodasi.

Paket ini sempat membuat penasaran, akhirnya saya coba-coba utuk booking tiket dan hotel di Traveloka. Ada beberapa point yang saya dapatkan, seperti:


  • Mudah dan mengehamat waktu. Jadi dengan paket tiket dan hotel ini memudahkan siapapun yang akan berpergian untuk urusan bisnis atau liburan. Dan tidak perlu lagi pesan tiket dan hotel secara terpisah.
  • Harga lebih murah daripada pesan terpisah. Biasanya neh kalau bayar tiket dan hotel terpisah, lumayankan harganya. Nah saat mau membayar, harganya jadi jauh lebih murah. Dengan begitu uangnya bisa disimpen buat kulineran atau beli oleh-oleh selam di Makassar.
  • Saat pembayaran semuanya juga menjadi lebih mudah dengan banyaknya metode pembayaran. Ini menjadi kemudahan buat saya yang memang ga mau ribet.
Dengan Paket Tiket Hotel Traveloka ini, membuat saya semakin dimudahkan dan tidak dipusingkan lagi dengan urusan tiket pesaawat keluarga dan hotel. Semuanya sudah beres dan tinggal menantikan liburan seru bersama keluarga ke Makassar. Semoga saja apa yang direncanakan tahun ini bisa berjalan sesuai rencana. Kalau pengen serba mudah dan nyaman saat booking tiket dan hotel, langsung cek saja Traveloka. Karena ada banyak sekali point yang memudahkan siapapun yang ingin berlibur ke berbagai daerah dalam mengurus tiket dan hotel. Dengan begitu liburan pun akan semakin seru dan menyenangkan.

You May Also Like

32 komentar

  1. Aku suka makasaaar :D. Makanannya ga bosen2, dan ga ada yg ga enak :D.puaslah pas kmrn kesanaa.

    Kalo traveling ini, mau dgn keluarga ato ga pun, aku memang slalu rencanain jauh2 hr mba. Krn masalah cuti dikantor jg.. Jd harus dipastiin aku ada pengganti saat cuti. Krn kalo ga, ga bakal bisa pergi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, duuh suami sering bikin ngiler dengan cerita-ceritanya. Makanan disana enak banget.

      Hapus
  2. Setelah hunting tiket pesawat dan hotel, jangan lupa di booking haha...3 hal diatas sudah jadi kewajiban untuk liburan sepertinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pasti booking. Nah justru itu dapet cerita dari temenku, dia suka ada yang lupa mau ngapain saja selama liburan, pikirannya berangkat aja dulu. Padahal ngelist wisata mana saja lumayan lama hehehe

      Hapus
  3. Kalo nomer satu tidak dipersiapkan, nomer dua dan tiga bisa tidak terlaksana.... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, saya udah cobain, liburan sambil kerja hehehe. Cuma bawa diri ga mikirin dana, dan lainnya hehehe

      Hapus
  4. Waaahh seru kayaknya ke Makasar. Yang paling sering denger sih Pantai Losari itu. Oya, baca coto makasar jadi ngiler wkwk pengen ngerasain juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku engen makan coto Makassar di kotanya langsung

      Hapus
  5. Pantai Losari tempat wisata impianku, semoga suatu hari nanti aku bisa sampai ke sana juga. Aamiin..

    mudah ya Mba semua-semua kalo pake traveloka

    BalasHapus
  6. Traveloka emang superhero bngt buat yg mau traveling tanpa rempong
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  7. Wah asyik nih jalan-jalan ke Losari dan benteng. Dulu pengin banget sekalian ke Toraja dari Makassar, belum kesampaian. Ayo Sis sekalian ke Toraja (ngompori)

    BalasHapus
  8. wihhhh, dimas mau ke makassar, semoga segera ya mbak

    BalasHapus
  9. Senangnya liburan ke luar pulau Jawa.apalagi ini di ujung timur, saya baru kesampaian ke kalimantan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba aku jadi ketagihan neh kalau liburan jauh, pengen menginjakkan kaki di Makassar juga

      Hapus
  10. Saya senang banget beli tiket di Traveloka, Mbak. Harganya sesuai dengan yang tertera di hasil pencarian, selalu ada promo, dan yang paling penting pas sampai ke halaman pembayaran akhir, nominal rounding-nya ke bawah bukan ke atas, jadinya lebih murah. Hehehehe.... Semoga liburannya menyenangkan nanti Mbak, dan jangan lupa tulis hasil liburannya di blog, biar jadi referensi kalau-kalau punya kesempatan ke Makassar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba harganya sesuai banget ya. Apalagi sekarang ada paket tiket dan hotel, jadi ga usah ribet nyari lagi

      Hapus
  11. Asik ya mba liburannya seringnya ke luar pulau jawa, sekali2 pengen jg kayak ke belitung. Tp ntah kapan deh, coz aku msh takut naik pesawat. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya juga takut naik pesawat mba, tapi saya berusaha tenang. Alhamdulillah sekarang ketagihan hehe

      Hapus
  12. cussss ... ke makasar aaaaah ... wisata kuliner nya aaaaapah? mau dong referensinya?! Pleaseeee? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak di Makassar, coto Makassar, es pisang ijo dan lainnya. enak-enak banget.

      Hapus
  13. Wah boleh juga nih. Dah lama pungin ke makasar.

    BalasHapus
  14. hmm.. tau aja nih lagi penasaran sama makassar, terutama pantai losarinya :)

    BalasHapus
  15. Traveloka memang terkenal OK ya mbak. Bisa jadi rekomendasi buat keluarga yang mau membeli tiket pesawat

    BalasHapus
  16. Perencanaan budget ini sangatlah penting. Biar jalan-jalannya aman dan nyaman. Pengen ini dan itu bisa terbeli.

    BalasHapus
  17. Selamat datang (nanti) di Makassar ya mba. Yakiin deh, Makassar adalah kota yang ramah dan banyak spot cantik untuk dikunjungin. Makanannya mmmm.... harus coba! mulai dari menu sarapan yang di makannya pagi hari, tengah hari, siang, sore, sampai menu tengah malam, semua ada. Ayo ke Makassar.

    BalasHapus
  18. Waktu itu sempet disuruh dinas ke Makasar sayangnya aku uda keduluan ke Pekan Baru jadi Makasar masih misteri hehehe penasaran si apalagi pantai n makanan khasnya mba :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.