Tips Memilih Catering Pernikahan

by - Sabtu, Juli 15, 2017



[Wedding] Memilih catering itu memang gampang-gampang susah, apalagi dalam sebuah keluarga yang baru pertama kali mengadakan pesta. Pasti banyak pertanyaan yang muncul. Yang bagus dimana ya? Menunya apa saja ya? Budget harus berapa? Kalau tidak banyak informasi yang dimiliki, hasilnya pasti kurang memuaskan. 

Menggunakan jasa catering untuk pesta pernikahan jangan sembarangan. Karena catering ini menjadi bagian penting dalam pernikahan. Kesuksesan acara pernikahan, juga dilihat dari makanan. Kan kita akan menjamu para tamu yang hadir, tentu harus memberikan yang terbaik. Sehingga saat tamu pulang akan merasa puas dengan sajian makanan. Bagi saya sendiri, saat melihat makanan di piring para tamu habis, berarti makanan/catering itu enak dan sukses.


Kebiasaan saya neh kalau dari undangaan pernikahan, terus merasakan makanannya dan terasa enak, pasti langsung cari petugas catering untuk minta kartu nama. Soalnya bisa menjadi rekomendasi buat para pasangan yang akan menikah. Ada beberapa tips mudah neh untuk memilih catering pernikahan, seperti:

1. Menentukan budget dan tanggal pernikahan

Saat memutuskan untuk merencanakan pesta pernikahan, dan memikirkan masalah catering, harus berpikir pula tentang tanggal yang tepat. Menurut saya neh, kalau memutuskan menggunakan jasa catering, supaya maksimal hasilnya, pilihlah tanggal pernikahan yang bulannya tidak banyak pernikahan. Supaya budget pun tidak terlalu mahal. Kalau musim pernikahan neh, apalagi habis lebaran, semua pada naik. Selain itu kita bisa booking tanggal dengan mudah di catering yang kita inginkan. Kalau musim nikah, biasanya catering pernikahan banyak kliennya. Jadi, harus tepat menentukan tanggal, supaya budget pun tidak membengkak. Usahakan pesan catering jauh-jauh hari, jangan mepet.

2. Perbanyaklah survei catering

Ilustrasi: Catering
Kalau pernikahannya tidak pake WO, dan pengen pake catering, coba deh survei sebanyak mungkin. Kalau perlu datang ke pameran-pameran pernikahan, biasanya catering-catering wedding banyak banget. Bisa langsung test food lagi. Selain itu coba tanya sama teman deh yang sudah pernah melakukan pesta pernikahan. Dimana cateringnya, budgetnya, paketnya, dan rasa makanannya. Dengan survei sana sini, jadi bisa banyak informasi yang kita dapatkan. Sehingga bisa menentukan catering mana yang akan dipilih.


3. Menu makanan dan sistem pembayaran

Saat memilih catering pernikahan, suka banyak tuh beragam paket A, B, C dari menu-menu yang disajikan. Saat memilih menu ini, usahakan memilih makanan yang memang sesuai dengan selera para tamu. Jadi jangan karena ini selera kita, lalu disajikan. Misal neh, suka makanan barat, tapi kebanyakan tamu suka makanan tradisional. Pasti deh tamunya akan merasa aneh atau asing dengan makanan tersebut. Selain menu, kita itu harus jeli dan detail masalah sistem pembayaran. Jangan langsung bayar semua. Bisa bertahap dulu, DP dulu berasa persen, lalu pembayaran kedua dan terakhir.

4. Lokasi

Nah, ini neh, kalau saya seh biasanya sarankan pasangan untuk memilih catering yang memang lokasinya dekat dari rumah. Supaya tidak ada biaya tambahan kalau jauh, apalagi kalau ujung ke ujung ya. Misal nikah Tangerang, pesan catering di Bekasi. Selain jauh, jarak tempuhnya lumayan banget. Ini untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan, seperti kemacetan. Dengan lokasi yang dekat, otomatis catering akan datang tepat waktu.

Itulah beberapa tips memilih catering pernikahan. Oh iya, bicara tentang lokasi neh. Di Jakarta sendiri sudah banyak banget catering, salah satunya adalah Jakarta Catering.

Photo By Jakarta Catering


Beragam Layanan Jakarta Catering

Buat yang di Jakarta neh, Jakarta Catering bisa menjadi pilihan para pasangan dalam menyiapkan pesta pernikahan. Karena di Jakarta Catering ada banyak sekali layanan yang diberikan. Apalagi adanya paket dengan harganya yang sangat terjangkau, disertai kualitas pelayanan yang sangat memuaskan. Tentu ini yang harus dipikirkan para pasangan dalam menentukan atau memilih catering pernikahan. Selain rasa makanan, harga, kualitas dan pelayanan pun sangat penting sekali.

Jakarta catering ini bukan saja melayani acara pernikahan, tapi juga khitanan, ulang tahun, dan juga catering kantoran. Ini bisa menjadi solusi buat semuanya. Bukan saja pernikahan, tapi ada juga layanan lainnya. Bukan itu saja Jakarta Catering ini juga melayani daerah Depok, Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Ada banyak sekali berbagai pilihan makanan yang disediakan Jakarta Catering, dengan rasanya yang enak, lezat, dan higienis. Mulai dari:

Photo By Jakarta Catering
  • Buffet (Prasmanan). Untuk prasmanan ini Jakarta Catering menyediakan beragam menu sesuai keinginan untuk pesta pernikahan dan lainnya. Ada paket Prasma I, II, III, dan IV. Untuk setiap paket ada menu makanan yang berbeda, jadi pasangan yang menikah tinggal pilih menu mana saja yang diinginkan.
  • Stall (Gubukan). Untuk gubukan ini juga bisa menjadi pilihan, di Jakarta Catering menyediakan aneka makanan, mau itu siomay, serabi, lontong sayur, hingga takoyaki semuanya ada. Selain itu ada aneka minuman banyak pilihan, es campur, es cendol, es dawet dan lainnya juga ada. 
  • Nasi Kotak. Ada 3 pilihan nasi kotak, mulai Paket nasi kotak I, II dan III. Yang isinya sangat sesuai sekali dengan selera kita.
  • Tumpeng (Ada pilihan menu paket tumpeng, seperti nasi kuning/nasi uduk, ayam goreng/ayam bakar, Telur Balado, Tahu + Tempe Bacem, Sambel Goreng Ati Ampela/Sambel Goreng Ikan Asin, Urap Sayur/Lalapan, Peyek Kacang/Bakwan Udang/Perkedel, Kerupuk Udang, lalapan dan sambel).
  • Aneka Nasi. Nah ini neh yang paling asyik juga, ada banyak pilihan nasi, mulai dari nasi liwet, nasi bakar, dan nasi uduk dengan beragam lauk yang enak.
  • Snack Box. Kalau pengen ngadain acara di kantor, atau ada pengajian di rumah, bisa jadi pilihan neh. Karena snack boxnya lengkap banget. Ada brownies, wajit, hingga lontong isi.
  • Dessert. Dalam perikahan neh, dessert selalu jadi incaran. Apalagi di Jakarta Catering ini dessertnya enak-enak. Ada aneka puding, aneka es, ice cream, hingga crepes.
Dengan menu yang lengkap begini, semakin memudahkan pelanggan atau bahkan pasangan yang akan menikah untu menentukan makanan apa saja yang diinginkan. Bahkan kalau butuh snack box untuk pengajian sebelum menikah, semuanya juga tersedia di Jakarta Catering. Ini solusi buat siapa pun yang tidak mau ribet mencari makanan sesuai kebutuhan untuk suatu acara. Mencari jasa catering di Jakarta yang berpengalaman dengan pelayanan yang memuaskan, semuanya ada di Catering Jakarta.

Photo By Jakarta Catering
Untuk informasi, pemesanan dan lainnya, bisa kunjungi:
  • Website: jakartacatering.com
  • Email: info@jakartacatering.com
  • Telpon, SMS, dan WA: 081291220070/021-22855368
  • Alamat: Batu Ampar 1 No. 10 RT/RW 013/02, Sebelah Ayam Bakar Larasati- Rumah Bp. Muhammad Gedu, Batu Ampar Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13520.

You May Also Like

35 komentar

  1. Aku waktu itu pakai catering usaha sodara jauh, mba. Tapi sebelumnya sudah survey dan mencicipi aneka makanan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh asyik mba, apalagi kalau saudara ya

      Hapus
  2. Lumayan nih, ada referensi catering buat pernikahan nanti. Secara tamu undangan kan harus dijamu dengan baik yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, makanya makanan itu penting dalam sebuah pernikahan

      Hapus
  3. Makasih mbaaak sharing tipsnyyaaa 😄 bermanfaat banget bsa nambah list cathering yg oke punyaa hehehe

    BalasHapus
  4. Meskipun saya masih lama nikah, tulisan mbak perlu dijadikan referensi bagi saya.

    BalasHapus
  5. Kalau saya dulu sih pakainya sistem prasmanan gitu. Biar para tamu mengambil makanan sesuka hati mereka. Kita tinggal ngontrol aja deh, lau yang mana yang udah mau habis. kemudian diisi ulang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakan catering ini menunya prasmanan hehehe.

      Hapus
  6. Harus terencana banget, ngeri kalau stok makanan dari catering sudah habis sementara tamu masih banyak, saya masih belum pakai catering waktu pernikahan dulu, soalnya ada ibu2 yg masak kalau di kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh sama kalau di kampung ga pake catering, masak sendiri. Urusan makanan saat pernikahan memang ga boleh dianggap enteng, perhitungan harus tepat.

      Hapus
  7. Selain makanan, memang lebih baik pesan catering yang jaraknya dekat dari rumah. Kalau cateringnya telat, bisa gaswat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, yang cateringnya memang strategis sama lokasi resepsi

      Hapus
  8. walllllllaaaahhh ribet juga ya. berhubung masih jomblo jadi belum mikirin beginian wkwkwk.
    hayoo hayooy yang mau nikah..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mba, bisa juga bermanfaat buat nikahan saudaranya loh. Hehe

      Hapus
  9. Wah patut dibookmark nih artikel. Btw, cara Mba minta kartu nama petugas catering perlu ditiru nih. Terima kasih Mba ilmunya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba saya sering itu kalau kenikahan minta kartu nama catering, bisa buat rekomendasi ke klien juga hehe.

      Hapus
  10. Emang ya yg biasanya paling jadi bahan percakapan tamu tuh soal makanan yg dihidangkan di pesta nikahan. Bisa saja tentang rasanya, variasi menunya, bahkan kuantitas makanannya yg acap kali kurang. Jadi emang sudah bener banget klo kudu pake jasa catering yg profesional macam Jakarta Catering ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau enak tuh pasti tamu bisa senang juga

      Hapus
  11. aku senenggnya yang sesuai budget dan enaaak..plus ngga pelit mba, jadi ngga ngepas bangeeet makanannya hehehe. Ada ngga tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, kalau makanan buat resepsi jangan ngepas, maka dari itu perhitungan penting banget

      Hapus
  12. kalau di daerah saya, makanan saat nikahan itu jadi yg nomer 1, kalau gagal dan gak enak sering jadi guneman ketimbang hal2 lain semisal riasan pengantin, kuade
    bisa dipilih nih katering semoga saya bisa pesan segera
    amiiin

    BalasHapus
  13. Asik, buat referensi catering.

    BalasHapus
  14. Makasih teh tipsnya, kalau Cathering yang dipilih pas dari segi rasa, kebersihan dll pasti para tamu puas ya mba. Ga ada yang mem- ngomel sepulang kondangan hehheeh biasalah ibu-ibu suka nyablak kalau pulang kondangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener jangan sampe seperti itu, maka dari itu harus memilih catering yang pas

      Hapus
  15. Iya, katering pernikahan harus dipilih baik2, mengingat makanan adalah hal yang paling diingat para tamu hihihihi

    BalasHapus
  16. Pas nikah dulu, pesta yg di jkt cateringnya yg milihin mertua.. Pesta yg di medan orangtuaku :D. Tp untungnya enak2 kok yg mereka pilihin :).. Aku jg kalo udh dtg ke nikahan dan menunya enak, pasti deh nanya vendornya siapa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba biar bisa buat referensi keluarga nikahan ya

      Hapus
  17. Wah bisa pesan ketring juga nih, jadi gak perlu repot masak masak, tapi pimilihan nya juga harus baik, apalagi untuk pesta pernikahan gitu ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, pemilihan catering harus pas, supaya disukai tamu

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.