3 Resep Masakan Sederhana Untuk Keluarga

by - Senin, Agustus 21, 2017


[Resep Masakan] Pulang ke kampung halaman memang selalu menyenangkan. Apalagi kota Garut sedang dingin-dinginnya. Kalau cuaca di Garut semakin dingin, perut akan mudah sekali lapar. Dimas saja yang biasanya makan 3 kali, bisa sampai 4-5 kali, belum ngemilnya. Alhasil membuat Dimas cepat sekali gemuk. Kalau mamanya gimana? Bisa ditebak sendiri bagaimana mamanya, sudah pasti ikutan makan terus.

Di kampung halaman tuh, pengen apa-apa selalu mudah didapatkan, Alhamdulillah. Termasuk mencari bahan makanan, dari mulai cabe bendot, sayuran, kangkung, hingga ikan. Tinggal ke kebun, pasti menemukannya. Harga ikan juga tidak seperti di Jakarta, disana 20 ribu saja sudah dapat 1 kilo. Apalagi kalau itu ikan kecil, yang digoreng renyah banget, sekilo 10 ribu saja. 

Pulang kampung kemarin, serasa dimanjakan dengan banyaknya bahan makanan. Udah dikirimin kentang dan wortel oleh sahabat baik saya, eh dikirimin banyak ikan sawah dan hurang yang segar dan enak. Ikan sawah rasanya memang beda, dengan ikan yang biasa kita temukan di pasar. Rasanya lebih gurih dan ada manis-manisnya gitu. Semanis sayakan #eaaah ☺☺☺. Kali ini, saya ingin berbagi resep masakan sederhana yang bisa disajikan untuk keluarga dengan cepat dan mudah. Saya memasak dengan menggunakan bahan-bahan yang ditemukan di kebun dan sawah. 


1. Lotek Asak

Sebagai orang Garut yang asli sunda, saya pasti suka dengan makanan ini. Yakni lotek asak atau di jakarta disebutnya gado-gado. Bedanya ini hanya sayuran saja, tanpa tempe dan lontong. Lotek ini ada 2 macem, yang sayuran mentah dan mateng. Lotek asak di olah dengan cara di rebus, untuk membuatnya sangat mudah.

Bahan: Sayuran (kangkung, labu siam, kol, timun dan tauge), cabe rawit, kacang tanah yang sudah di goreng dan haluskan, kentang atau ubi rebus, gula merah, garam, asem jawa, bawang putih dan kencur. 

Cara Membuat: Potong sayuran, lalu kukus atau rebus selama beberapa menit. Siapkan cobek, lalu haluskan bumbu (bawang putih, cabe rawit, garam, kencur dan asem), tambahkan gula dan ubi rebus. Setelah itu, tambahkan sedikit air. Saat bumbu sudah terasa pas, masukkanlah sayuran yang telah direbus. Aduk rata dan sajikan dengan nasi hangat, serta kerupuk sebagai toping.

Semua bahan lotek ini saya ambil dari hasil menanam sendiri, dan dari kebun saudara juga. Apalagi kalau membuat loteknya selalu rame-rame dengan seluruh keluarga.


2. Hurang goreng manis

Hurang atau kebanyakan orang menyebutnya udang kecil ini adalah hasil tangkapan saudara saya di sawah. Kalau di kampungkan suka banget mai di sawah atau ranca-ranca. Biasanya banyak sekali ikan atau hurang ini. di keluarga saya, sangat suka mengolahnya dengan cara di goreng. Nah ini pas juga buat temen makan dengan lotek tadi. Cara membuat hurang goreng manis sangat mudah.

Cara membuat: Hurang yang sudah ada dibersihkan dari kotoran. Lalu haluskan bumbu seperti garam, bawang merah, bawang putih, kunyit gula merah. Setelah bumbu dihaluskan, lalu gorenglah dengan sedikit minyak sampai mateng. Sajikan dengan nasi hangat.


3. Goreng mujaer

Mujaer kecil ini adalah hasil tangkapan saudara juga. Saya tidak mau mengambil yang besar, karena sudah pasti keluarga akan meminta dimasak degan cara dipindang. Maka dari itu saya memilih ikan-ikan mujaer yang kecil untuk bisa digorang garing. Cara membuatnya juga sangat mudah, seperti biasanya kita membumbuinya. Tentunya resep yang sederhana, supaya cepat memasaknya.

Cara membuat: Bersihkan ikan, lalu haluskan bumbu seperti garam, kunyit, bawang merah dan bawang putih. Bumbu yang telah dihaluskan lalu baluri ke ikan, dan diamkan 5 menit. Setelah bumbu meresap, gorenglag ikan sampai matang. Ikan kecil yang renyah, siap disajikan untuk makanan keluarga. Jangan lupa buat sambal sebagai teman makan ya.

Itulah 3 resep masakan sederhana untuk keluarga dari kampung halaman yang cepat dan mudah untuk diolah. Waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama. Makanan siap disajikan di meja makan, dan dinikmati bersama keluarga tercinta.


You May Also Like

58 komentar

  1. Menu sederhana tapi bikin hepi, mbak Lis. Meskipun tidak menyicipi langsung, kelihatannya lezat banget :)

    BalasHapus
  2. Waktunya makan siang nih jadinya lapar lihat makanan di atas. Salam hangat Lis (@puspa)

    BalasHapus
  3. ngiler sama hurang manisnya... aduh mana liatnya pas jam makan siang lagi

    BalasHapus
  4. Resep masakan sehari-hari yang terjangkau. Jadi ingin hurang asam manis. Terima kasih Berbagi

    BalasHapus
  5. wah mbak tanggung jawab hayo, saya baca pas makan siang
    itu udangnya ya allah mana tahan
    loteknya juga duhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggung jawab, tar ditambah lagi gambarnya yang bikin ngiler hehehe.

      Hapus
  6. aduh etaaaa lotek sareng mujaer meuni ngabibita ... Ditambih lalaban sareng sambel dadakan nu rada lada ... aduh meuni ngalimed eta mah geura :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok atuh ah urang tuang sareng di sisi sawah. Bari ditambihan asin sareng sangu liwetnya.

      Hapus
  7. Amel kalo pulkam pasti jajan lotek sama Tutug oncom ,,ini makanan palinggg endesss yang jangan kelewatbkalau pulkam.

    BalasHapus
  8. Sederhana bagi emak-emak, hhehe

    BalasHapus
  9. aduh aku ngiler sama hurang goreng manis, biasanya udang kecil-kecil seperti itu memang lebih manis rasanya, kriuk-kriuk gurih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, udang kecil memang manis, apalagi kalau nangkepnya di sawah

      Hapus
  10. Boleh dicoba deh tar buat makan siang or malam.

    BalasHapus
  11. wuih ini enak... udang kecil itu biasanya saya masak dicampur kangkung sama saos tiram...

    BalasHapus
  12. Waahh tiada duanya mak makan langsung hasil panen *slurrpp... Aku pernah ke garut dan makan langsung ikan mas tangkapan dari balongnya, mantap :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakkan ya kalau makan ikan yang dari balong mba hehehe

      Hapus
  13. Yang kaya gini nih yg dibutuhin emaks. Resep masakan yang simpel dan enak.

    BalasHapus
  14. Masakkan sederhana, gampang buatnya, enak pastinya ya..mau coba ah..

    BalasHapus
  15. Sederhana tapi tetap aja bikin ngiler.

    BalasHapus
  16. AH enak banget ini ceu
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  17. Loteknya keliatan sedap, pengen coba bikib deeh. Thanks for sharing ya mba :)

    BalasHapus
  18. Hurang enak juga kali ya dibuat peyek. Ikan mujair+sambal terasi+lalapan. Hhhmmmm

    BalasHapus
  19. iya mmg ada waktunya butuh masakan simpel dan enak ya lis, tfs lis

    BalasHapus
  20. Hurang gorengnya mau teh... Ada sambel bawangnya tidak?

    BalasHapus
  21. issssssshhhh mantap bener..langsung di coba nih resep menu tradisional dari mba..yang pling suka lotek sama mujaer..jadi laperr..yummyyy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lotek memang selalu enak dinikmati mba ama mujaer

      Hapus
  22. wah udangnya menggoda banget, mbak

    BalasHapus
  23. Ikan mujaer digoreng kering, ditotol sama sambel, makan sama nasi hangat ououuooo ...

    BalasHapus
  24. sederhana pun tetap bikin kenyang

    BalasHapus
  25. aku pilih lotek asaknya, duh dimakan siang hari pastinya enak, lotek ini sayur yang paling disukai anakku

    BalasHapus
  26. Aku baru tau kalau udang itu namanya Hurang wkwkwk selama ini mah anggepnya ya sambal goreng udang aja wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di kampungku udang kecil disebutnya hurang hehe

      Hapus
  27. aku sukaaa udang, apalagi kalau disambelin, makyussss

    BalasHapus
  28. Tiga2nya kesukaan saya bgt #ngilerrr

    BalasHapus
  29. Eta hurang jeung mujaer goreng teh meni loba lisahna, Ceu.
    Kumaha ngimbangan kolesterolna, atuh?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.