4 Manfaat Tabungan Pernikahan

by - Sabtu, Agustus 12, 2017


[Keuangan] Seorang teman bertanya kepada saya, pentingkah memiliki tabungan pernikahan?

Kalau menurut saya ini penting untuk yang masih single (baik perempuan ataupun laki-laki). Biarpun rencana pernikahan itu masih jauh dari pikiran, apa salahnya menyisihkan uang untuk rencana masa depan. Tentu setiap orang itu memiliki rencana untuk membuat resepsi pernikahan impiannya. Baik itu yang sederhana, hingga mewah. Tentunya menikah itu perlu dana khusus yang dipersiapkan.

Kok ribet ya menikah, kan yang penting sah?

Yup bener banget, menikah itu jangan dibikin ribet, yang penting sah. Biarpun begitu, menikah sesederhana mungkin, tetap saja ada uang yang harus keluar, baik itu beli mas kawin atau biaya syukuran di rumah. Tabungan pernikahan bukan bertujuan untuk pernikahan yang mewah, tapi digunakan untuk kebutuhan menikah, sekalipun hanya akad nikah saja. Kalau tabungan biasa, pasti digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.  


Ilustrasi tabuungan pernikahan (dokumen pribadi)
Tabungan pernikahan ini dibuat berbeda dengan tabungan biasanya. Karena tabungan ini digunakan untuk urusan pernikahan. Saya sudah melakukan cara ini pada suami saya, yang saat itu masih berstatus pacaran. Pikiran saya mau jadi menikah atau tidak, yang penting dia sudah memiliki tabungan khusus untuk menikah. Selama 3 tahun pacaran, suami bisa mengumpulkan dana pernikahan. Sehingga bisa melaksanakan pernikahan sederhana sesuai rencana. Dan sisa tabungan kami pakai untuk mencicil perabotan rumah.

Setiap tabungan pasti memiliki manfaat di masa depan, sesuai dengan rencana yang ingin dilakukan. Begitupun dengan tabungan pernikahan. Ada 4 manfaat dari tabungan pernikahan, seperti:

1. Melatih diri untuk berhemat

Tabungan pernikahan, bukan berlaku bagi yang sudah memiliki calon istri/calon pasangan saja. Tapi untuk para single yang masih belum tahun siapa jodohnya. Karena ini bisa melatih siapapun untuk mulai berhemat. apalagi kalau memiliki tabungan lainnya. Jadi bisa menyisihkan sedikit demi sedikit untuk biaya nikah di masa depan. Yang diperkirakan akan naik setiap tahunnya. Untuk tabungan pernikahan minimalnya bisa 5-10% dari penghasilan bulanan. Dulu, suami memilih 20% tabungan pernikahan, 25% tabungan biasa.

2. Meringankan biaya pernikahan


Ilustrasi wedding (photo by canva)
Kalau jodoh itu belum datang, tabungan pernikahan masih bisa terus berlanjut. Tapi, kalau jodoh itu sudah hadir, tentu saja bisa digunakan. Yang paling enak, kita tidak perlu pusing mencari biaya menikah, apalagi sampai berhutang. Karena semua menjadi lebih mudah adanya tabungan pernikahan ini. Kalau dirasa masih kurang, karena baru menabung beberapa tahun, tentu ini bisa meringankan biaya pernikahan. Dengan begitu calon pegantin tinggal menambah kekurangan itu.

3. Bisa mengontrol rencana pernikahan

Dulu neh saya merencanakan untuk menikah di gedung, karena ingin menggunakan upacara adat. Tapi setelah ayah tiada, saya mulai mengubah semua rencana yang sudah saya susun. Mengurangi budget untuk hal yang tidak penting, dan membuat pernikahan sesederhana mungkin. Apalagi setelah melihat tabungan pernikahan suami, paling enak digunakan untuk kebutuhan lainnya yang bisa bermanfaat di masa depan. Dengan begitu bisa mengontrol rencana pernikahan. 

Selain itu kalau memiliki rencana resepsi pesta pernikahan yang indah, calon pegantin bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Mulai dari memikirkan konsep pernikahan seperti apa dengan budget yang dimiliki? Hingga berapa undangan yang akan hadir. Sehingga rencana indah itu bisa diwujudkan sesuai tabungan pernikahan yang dimiliki.

4. Bisa bermanfaat untu kebutuhan lainnya

Seperti yang sudah saya ungkapkan di atas, saat melihat tabungan pernikahan suami. Ada rasa sayang menggunakan semua dana tersebut untuk pernikahan. Akhirnya mulai memangkas dana gedung, upacara adat dan lainnya. Dan memilih melaksanakan pesta di rumah saja. Dan sisa tabungan saya gunakan untuk kebutuhan setelah menikah. Yakni untuk kebutuhan berumah tangga.

Apalagi tabungan pernikahan ini bukan saja digunakan untuk pernikahan atau resepsi. Tapi bisa untuk yang lain. Bisa untuk membeli peralatan rumah tangga, atau bahkan membeli rumah. 


Photo by Canva (ilustrasi wedding)
Jadi tabungan pernikahan ini bukan selalu tentang impian pesta pernikahan yang mewah, tapi bisa bermanfaat untuk hal-hal lainnya. Kalau menabung biasa bisa untuk kebutuhan lain, tabungan ini khusus untuk pernikahan atau pasca menikah. Karena semua orang pasti memiliki keinginan untuk menikah dan melangsungkan pernikahan yang sesuai keinginan.

Baca juga Tips Menghemat Dana Pernikahan

Nabungnya nanti saja, nikahnya masih lama?

Nah, hindari hal-hal seperti ini. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan jodoh itu akan datang. Daripada dihambur-hamburkan, karena merasa masih sendiri, kita bisa mulai memikirkan masa depan. Yang namanya tabungan. Apapun jenisnya, baik itu tabungan anak, tabungan rumah, hingga tabungan pernikahan. Akan selalu memiliki banyak manfaat yang bisa selalu berguna di masa mendatang. Dengan menabung, hidup ini akan selalu untung.

Yuuuk menabung.  

You May Also Like

34 komentar

  1. Betul banget. Tabungan pernikahan memang sangat bermanfaat. Beban dana juga jadi berkurang karena udah disiapkan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Kalau gada persiapan suka pusing sendiri ya. Kecuali, memang uangnya udah ga kehitung, saking banyaknya hehehe

      Hapus
  2. Setuju ma point terakhirnya. Jangan suka menunda2 untuk menabung. :v

    BalasHapus
  3. nah ini nih harusnya laki2 makassar yg mau nikah sama perempuan makassar mmg dari awla harus punya tabungan pernikahan ya biar gak kaget2 gitu klo mau nikah biayay mahal hihihihihi nice share mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, biaya apa itu namanya, aku lupa. Katanya memang besar ya.

      Hapus
  4. Menabung itu harus. Buat banyak keperluan yang terkadang mendadak datang. Apalagi nabung buat nikah. Perencanaan keuangan untuk pernikahan penting banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali. Supaya saat menikah udah tenang

      Hapus
  5. Wah trimakasih tipsnya, pas banget buat saya

    BalasHapus
  6. Wah ini penting banget buat jomblo2 kaya aku untuk persiapan pernikahan dengan cara menabung. Itung2 nyicil buat hari H nanti. Terima kasih Mba buat sharenya

    BalasHapus
  7. yup.. menabung dari sekarang tahu tahu nanti kita dapat untung.

    Seringnya nabung kalau ada yang mau dibeli, ini yang harus dikurang-kurangin ya mba lis jadi gaya hidup yg konsumtif.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, supaya gaya hidup yg konsumtif bisa berkurang

      Hapus
  8. Dulu sebelum nikah, saya selalu menyisihkan uang utk ditabung di celengan ayam yang saya tulisi di bawahnya, "nggo rabi". Hehehe

    BalasHapus
  9. Setuju mbak..dengan tabungan pernikahan acara pernikahan jadi lebih terkontrol dan pengeluaran jadi nggak terlalu berat karena sudah "dicicil" sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, pernikahan jadi aman ya

      Hapus
  10. Setujuu banget! Nggak boleh mikir nikahnya kan masih lama, ntar ajaaa...Terus mau kapan nabungnya? :D. Btw, nice share Mbak..

    BalasHapus
  11. Jujur aja kalau tabungan pernikahan g ada kepikiran, cuman kalau nabung itu pasti, pokoknya selalu menyisihkan uang setiap bulan untuk tabungan, karena hukumnya wajib!

    BalasHapus
  12. Setuju mba...
    Klopun gak kepake semua untuk biaya pernikahan, kan bisa jadi tambahan biaya utk beli rumah supaya nggak gabung sama ortu atau mertua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba. Jadi asyikkan punya tabungan pernikahan.

      Hapus
  13. Aku juga nabung buat persiapan pernikahan. Alhamdulillah dari tabungan itu bisa kepakai buat bantu ortu ngurus undangan, foto dan video pernikahan. Jadi ortu juga bebannya tidak terlalu berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah nikmat banget ya rasanya kalau ada tabungan pernikahan

      Hapus
  14. Ya Allaaahhh, baca ini jadi sadar. Hixhixhix.
    Makasih Teh Lis udah nulis tentang ini, jadi membuka pikiran banget. Ayla view Teh Lis.

    BalasHapus
  15. Bermanfaat sekali kak. Ini pulalah yang sedang saya lakukan saat ini.

    BalasHapus
  16. Bener bgt. Tabungan pernikahan sangat membantu nantinya..

    BalasHapus
  17. Seharusnya memang begitu ya mbak. Saya dulu mau mulai kerja dan nabung buat nikah, eh malah diajak nikah duluan.
    Jadinya sebagian besar biaya pernikahan suami deh yang menanggung.
    Prinsip ini kelak ingin saya ajarkan ke anak-anak pas dewasa nanti

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.