Punya AC Di Rumah, 4 Hal Ini Yang Saya Rasakan

by - Senin, Agustus 07, 2017


[Lifestyle] Tinggal di Jakarta dengan cuaca yang panas memang bikin lelah. Apalagi kalau seharian di luar rumah, pasti pengennya cari tempat adem untuk sekedar menghilangkan keringat. Terbiasa tinggal di kota yang sejuk, tentunya kita harus mampu beradaptasi di tempat yang panas, apalagi dengan kemacetan yang setiap hari menghiasi Jakarta.
Pertama kali hijrah ke Jakarta bersama suami, di rumah tuh belum punya AC (Air Conditioner). Kebayang banget deh, setiap hari saya mengalami kulit gatal, dan merah-merah. Mungkin belum terbiasa juga dengan cuaca di Jakarta, padahal dari kecil sering berlibur ke kota ini. Selama beberapa bulan saya harus bertahan dengan kipas angin, karena waktu itu belum bisa beli AC. Padahal AC sangat penting sekali, supaya suhu udara di dalam rumah menjadi terasa sejuk, sehingga kita pun menjadi nyaman.
6 bulan setelah menikah, pertama kalinya juga saya dapat bonus besar dari kantor. Dari situ, saya langsung sepakat sama suami untuk membeli AC. Supaya rumah pun menjadi lebih sejuk, dan nyaman. Tentunya tidur pun akan lebih nyenyak lagi. Sebelum memutuskan membeli AC, ada 3 hal yang harus saya dan suami perhatikan dalam memilih produk AC untuk rumah yang kita tempati bersama, seperti:

Sumber foto:  https://www.facebook.com/daikinindonesia/?fref=ts
1. Menentukan besaran atau kemampuan AC
Kalau mau beli AC pasti ditanya berapa PK? Nah PK ini maksudnya kemampuan atau besaran dari AC. Sebelum membeli AC tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Mau AC untuk kamar atau ruang tamu. Waktu itu saya memilih untuk kamar dulu, supaya tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Untuk kamar, saya memilih AC yang ½ PK. Ada banyak pilihan kok, semua tergantung ruangan yang akan dipasang AC, mau yang ½, ¾, 1, hingga 2 pk.
2. Hemat listrik
Sebelum membeli AC, yang harus saya pertimbangan adalah dalam hal hemat listrik. Produk AC yang bisa menghemat listrik? Tentu ini di lihat dari teknologi yang digunakan. Kalau ingin hemat listrik, tentu kita bisa memilih produk yang sudah berteknologi inverter. Dengan hemat listrik, berarti kita pun bisa hemat energi. Bahkan saat ini banyak produk AC dengan teknologi yang mampu menjaga kesehatan, sehingga selalu membuat nyaman saat tidur.
3. Membeli AC di tempat terpercaya
Ini sih penting banget buat saya sebelum menentukan membeli AC. Jangan sembarangan juga. Supaya kita sebagai pelanggan yang membeli barang mendapat kepuasan. Dengan membeli AC di tempat yang terpercaya, kita jadi nyaman juga untuk bertanya. Mulai dari pemasangan, service, dan lainnya. Membeli di toko atau tempat yang terpercaya, akan leluasa buat kita bertanya tentang produk mana yang benar-benar berkualitas.


Setelah banyak informasi yang saya dapatkan, baik dari produk, kualitas dan harga, tentu saya langsung membeli AC untuk rumah mungil saya. Ada rasa nyaman yang saya rasakan dengan memiliki AC di rumah. Apalagi pas saya sedang hamil anak pertama. 8 tahun memiliki AC di rumah, ada 4 hal yang saya rasakan, seperti:

  • Alergi berangsur membaik, karena saat pulang ke rumah, saya bisa mengatur suhu di dalam rumah sesuai kebutuhan. Ga ada yang namanya kepanasan lagi. Kalau habis beraktivitas di luar, saya biasanya langsung mandi, dan ngadem di dalam rumah sambil bercengkraman dengan anak. Jangan lupa pake lotion, supaya kelembaban kulit tetap terjaga.
  • Mengerjakan pekerjaan di dalam rumah menjadi lebih nyaman. Sebelum punya Ac, membawa pekerjaan kantor, jadi susah konsentrasi, karena seringnya kegerahan.
  • Anak-anak menjadi nyaman saat bermain di dalam rumah. Apalagi anak pertama saya ini tidak kuat dengan cuaca panas. Kalau AC lagi bermasalah, gerah sedikit akan mulai sakit.
  • Dengan suhu rumah yang sejuk, menjadikan udara lebih segar. Yang pada akhirnya asupan oksigen lebih banyak, membuat tubuh menjadi nyaman. Saat memulai aktivitas pun akan lebih bersemangat. Karena tubuh menjadi segar, pikiran fresh dan tentunya hati selalu nyaman.
Biarpun banyak manfaat yang saya rasakan dalam penggunan AC di rumah, saya tetap memperhatikan beberapa hal lainnya. Karena berlebih-lebihan menggunakan AC juga tidak baik. Yang saya lakukan seperti:

Ilustrasi  konsumsi buah sayur (supaya tidak berlebihan menggunakan AC)

  • Menggunakan AC sesuai kebutuhan. Kalau sudah tidak digunakan, bisa dimatikan, supaya kita semakin bijak dalam menggunakan listrik.
  • Banyak minum, biarpun suhu dalam ruangan sejuk.
  • Pakai pelembab atau lotion selama di dalam ruangan yang berAC, supaya kulit tetap terjaga.
  • Konsumsi buah dan sayur, dan jangan lupa berolah raga.
Maka dari itu, di rumah tidak terus menerus menggunakan AC, jadi ada waktu tertentu saat digunakan. Seperti saat anak tidur siang, dan malam hari. Jam 4 subuh AC sudah dimatikan semuanya. Buka pintu, supaya udara pagi yang masih bersih bisa masuk dan membuat rumah selalu segar.


Ngobrolin tentang AC nih, kepikiran juga buat beli yang baru, mengingat satu AC sudah rusak dan tidak bisa digunakan. Kalau tidak ada cadangan repot juga, kalau sewaktu-waktu yang satu lagi juga rusak. Karena bagi saya AC ini diperlukan sekali, untuk mendapatkan rasa nyaman dan suhu yang sejuk dalam rumah di tengah ibukota yang panas.

Banyak sekali produk AC, salah satunya adalah Daikin yang merupakan perusahan Jepang yang memproduksi pendingin ruangan. Memiliki performa stabil dan hemat energi. Karena AC Daikin Inverter memiliki performa yang mampu hadirkan kesejukan lebih cepat dan konsumsi energi bisa menghemat listrik hingga 50%. Dengan begitu Daikin bisa menjadi spesialis AC pilihan keluarga. Sudah hemat, berkualitas dan akan membuat nyaman.


Bicara tentang kesejukan dan rasa nyaman, Daikin mengadakan kompetisi #BeyondComforting, yang berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 21 Agustus 2017. Dengan mengusung tema “Bagaimana AC membuat Rumah Anda Menjadi Sejuk dan Nyaman” di Instagram. Foto yang diikutsertakan dalam kompetisi ini bisa merupakan interior atau sisi nyaman ruang dari rumah kita.

Jadi, jangan sampai ketinggalan buat ikut serta dalam kompetisi ini, karena ada hadiah e-voucher jutaan rupiah yang bisa dimiliki. Tentunya dengan foto dan cerita yang terbaik. Seperti halnya saya yang sudah merasakan nyamannya memiliki AC di rumah, yang membuat hari-hari menjadi lebih menyenangkan. Kerja di dalam rumah pun menjadi lebih asyik dan nyaman. Jangan sampai terlewatkan ya untuk ikut serta dalam kompetisi ini.

Informasi lebih lanjut tentang kompetisi #BeyondComforting, langsung cek Facebook Daikin Indonesia.

You May Also Like

36 komentar

  1. DAIKIN de best.. aku semenjak kenal daikin nggak pernah namanya kelain hati pake yang lain mba.. udah pernah nyoba ini itu merek, semua umur nya cuma sampe 2th doang.. Beda deh dengak DAIKIN..

    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep banget ya AC Daikin mba. Pilihan berkualitas.

      Hapus
  2. Jadi nggak setiap waktu AC nya dinyalain ya mbak. Biar bijak juga masalah energi dan listrik :)

    Nice share mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba. Jangan dinyalain terus. Biar hemat energi juga.

      Hapus
  3. hehehe..kebetulan di kantor aku ACnya DAIKIN..
    sejukk banget...

    nice post

    BalasHapus
  4. Sebenarnya pakai AC kan bikin jadi sejuk ya. Cuma kadang kalau AC yang terlalu dingin malah aku gampang flu dan gak bisa tidur karena kedinginan hihihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah berarti volumenya ya ditingkatin biar ga terlalu dingin mba hehehe

      Hapus
  5. Dirumahku aja dipasang AC sharp daripada daikin karena lebih sejuk dan semakin nyenyak pas tidur malam2 cocok banget buat yang tinggal di cuaca panas

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Dirumaah ku cuman ada 1 AC mbaak, tp ndak pake daikin, hehehe jd pengen beli yg baru. yg hemat energi. tfs mbaak yaaa :D

    BalasHapus
  7. aku pakai air cendelo aja mbak, hehe

    BalasHapus
  8. Saya tinggal di bandung jadi ngak pasang ac. malah hari cukup buka jendela dan dapat ac alami. tapi waktu dijakarta pake ac karena puanas banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga asli Garut, disana ga pake AC. Kalau di Jakarta nyerah sama panasnya.

      Hapus
  9. Pilih yang hemat listrik..setujuu banget Mbak, secara hari giniii bayar litriknya hadehh. Btw, tips mengurangi ACnya siip, Mbak..Thanks. Selain itu, aku juga nanam pohon dan bunga di sekitar rumah. Jadi efektif, adem rumahnya, di Jakarta hanya malam saja nyala AC-nya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat ya. Jangan lupa ikutan lombanya mba

      Hapus
  10. AC yg hemat listrik itu yg saya cari. Karena tarif listrik tiap 3 bulan naik maka harus perketat pengeluaran.

    BalasHapus
  11. waktu ke Paragon Semarang sekitar dua minggu lalu ada promo AC Daikin mbk. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  12. Anak saya kalo tidur gbs kalo g nyalain ac. Pdhl bpk biyunge kedinginan....

    BalasHapus
  13. nah ini, saya nyari AC yang hemat listrik. Dirumah ada sih tapi model lama dan terlalu banyak makan listrik juga. akhirnya malah jadi pajangan di dinding

    BalasHapus
  14. Lamongan juga kota yang sangat panas, pengen pasang AC juga cuma listriknya gak kuat

    BalasHapus
  15. Jadi ingin beli hape nih, Ibu Kota memang terasa panas. Siang malam kipas angin tidak pernah berhenti berputar. Adem pastinya jika bisa punya AC, DAIKIN.

    BalasHapus
  16. Daikin bisa jadi pilihan nih buat beli AC yg di rumah nenek udah mulai rusak. Akun jg kalo nyalahin AC gak setiap waktu, paling malam saja menjelang tidur biar lebih hemat listrik..

    BalasHapus
  17. butuh beli AC lagi nih yg lama dah low performance. gak kerasa dinginnya...

    BalasHapus
  18. Dulu awal pindah dari Malang ke Surabaya, astaga panasnya. Hawa panas bikin mudah ngantuk dan energi seolah terkuras. Pasnya sih di rumah itu berhawa sejuk sehingga bisa nyaman dalam beraktivitas, bisa pakai kipas angin atau AC.

    BalasHapus
  19. dirumahku juga pakai AC tapi hanya dinyalakan malam saja.supaya hemat listrrik

    BalasHapus
  20. Belum pernah coba produk ini. Iya se7 pengaturan penggunaan perlu ya nggak on terus. Next boleh juga coba merk ini.

    BalasHapus
  21. Akuuuu gak bisa hidup tanpa AC *lebai. Setiap nyampe rumah, pasti tujuan utama lgsg le kamar dan nyalain AC. Rasanya nyeeesss segeeerr.
    Gak all day long juga sih mba nyalanya. Lebih utama nyala pas mau bobo, sama pas pulang kantor. Sisanya dimatiin.

    BalasHapus
  22. Wah aku juga pakai AC Daikin dan emang bandel ac ini, awet dan mudah perawatannya.

    BalasHapus
  23. Aku kalau bobo entah kenapa kudu dan harus pakai AC. Kalau enggak, pasti bawaannya badan nggak nyaman T_T

    BalasHapus
  24. aku udah ikutan nih lombanya semoga bisa menang

    BalasHapus
  25. Daikin itu sdh merk terjamin
    udah gak diragukan lagi deh pokoknya
    tinggal kita menyesuaikan dg tipe yg sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  26. Di rumahku baru pengen pasang AC, tapi galau sama besar watt-nya, mgkn pakai Daikin oke juga ya

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.