Memulai Aktivitas Harian Dengan Konsumsi Pisang Cavendish Dari Sunpride

by - Kamis, Agustus 31, 2017


[Lifestyle] Agustus telah berlalu, menjadikan bulan ini penuh kebahagiaan. Selain seru dan bahagianya ikut serta menyemarakkan kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun, bulan Agustus ini saya memperingati ulang tahun pernikahan yang ke 9. Tak terasa waktu cepat sekali berlalu, saya dan suami bisa melewati masa-masa sulit dan bahagia bersama. Membangun rumah tangga dari titik nol, hingga akhirnya bisa meraih mimpi bersama.

2 anak telah kami miliki, tentu ini melengkapi kebahagiaan rumah tangga saya dan suami. Biarpun di rumah tidak ada asisten rumah tangga, saya dan suami bisa bersama-sama membagi tugas. Aktivitas saya dan suami yang padat, tidak membuat anak-anak kehilangan kasih sayang orang tuanya. Mungkin saya termasuk beruntung, sebagai seorang freelance, pekerjaan masih bisa dilakukan di rumah. Sehingga pekerjaan rumah, anak dan pekerjaan lainnya bisa saya pegang sendiri. Apalagi bisa menemani anak bermain dan belajar setiap harinya.


Dimas yang lahap makan Pisang Cavendish
Biarpun semua pekerjaan bisa saya pegang sendiri, saat sakit semuanya menjadi berantakan. Tahun lalu kesehatan saya sedang turun, yang mengharuskan menjalani perawatan di rumah sakit selama 3 hari. Sakitnya saya bukan karena kelelahan beraktivitas, melainkan pola makan yang kurang sehat. Sehingga ada sedikit masalah pada pencernaan. Saya akui, kalau sedang ada aktivitas di luar selalu jajan sembarangan, mulai dari banyak makan gorengan, junk food, es atau minuman dingin bersoda hingga makan baso dengan cabe yang ekstra pedas. Tentu ini membuat pencernaan saya bermasalah, yang akhirnya membuat kesehatan semakin menurun.

Bukan itu saja, saya juga suka ngemil malam, baik itu gorengan atau martabak saat sedang bekerja depan laptop. Sudah pasti banyak lemak masuk ke dalam tubuh, yang membuat berat badan semakin bertambah. Mana saya kurang olahraga, akhirnya membuat berat badan terus naik. Tahun kemarin berat badan saya sampai 80 kilo lebih, seperti balik lagi ke moment kehamilan anak kedua. Maka dari itu, saat sakit tahun lalu, saya seperti disentil untuk mengubah pola makan dengan konsumsi makanan sehat dan banyak berolah raga.

Memulai hidup sehat

Makanan sehat itu penting
Kejadian sakit itu membuat saya kapok, karena pekerjaan menjadi berantakan, anak-anak pun terlihat sedih, karena tidak ada ibu yang mengurusnya. Sejak saat itu, saya memulai hidup sehat, diantaranya dengan:
  • Rajin berolah raga, minimal 30 menit setiap hari atau dengan berjalan kaki. Dalam berolahraga saya langsung diawasi oleh suami, dan anak-anak sebagai penyemangat.
  • Istirahat yang cukup dan mengurangi waktu bergadang.
  • Konsumsi air putih 8 gelas setiap harinya.
  • Mengurangi konsumsi gula pasir dan garam.
  • Mengganti nasi putih dengan nasi merah.
  • Mengurangi makanan yang di goreng. Dan membuat makanan dengan cara di rebus, atau kukus.
  • Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah.
Dengan banyak konsumsi sayur dan buah, ternyata ampuh mengembalikan kesehatan badan saya. Banyak konsumsi buah, membuat saya tidak cepat lapar. Bahkan kalau pengen ngemil, saya memilih makan buah atau membuat juice, yang bisa mengembalikan kondisi badan menjadi segar kembali. Demi mendukung saya memulai hidup sehat, suami dan anak-anak jadi terbiasa juga konsumsi nasi merah. Bahkan anak-anak yang memang sudah suka buah-buahan, semakin rajin saja konsumsi buah. Saat saya konsumsi buah, mereka akan minta juga.

Manfaat Pisang yang luar biasa untuk kesehatan  

Manfaat pisang sangat banyak sekali untuk kesehatan
Saya dan keluarga sangat menyukai buah-buahan, baik itu nanas, jambu, apel, melon, anggur, hingga pisang. Saat sakit, bukannya tidak konsumsi buah, itu karena saat di luar atau lingkungan baru suka bingung nyari tukang buah, jadi cari yang mudah, ya ketemunya junk food lagi, baso lagi, dan seterusya. Tapi kini, kalau ada kegiatan keluar rumah, saya usahakan membawa bekal makanan sehat, termasuk buah. Yang paling mudah, saya selalu bekal pisang, jambu atau jeruk. 

Pisang menjadi buah yang sering saya bawa, karena bisa bikin kenyang. Apalagi pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Bahkan, banyak yang memilih diet pisang untuk mengembalikan berat badannya ke angka normal. Bukan karena diet juga saya suka pisang, dari dulu memang suka banget dengan pisang, apalagi saat hamil. Apapun jenis pisang, saya pasti suka. Pisang juga sangat mudah ditemukan. Di kampung halaman, saya juga punya pohon pisang. Kalau sedang berbuah pasti deh itu pisang saya bawa ke Ibukota.

Rasa pisang yang manis, dan daging yang lembut sangat disukai semua keluarga, termasuk anak-anak. Sering banget satu sisir pisang habis dalam satu hari, dari pagi hingga malam. Pisang juga selalu saya olah menjadi aneka cemilan yang disukai anak-anak. Mulai dari puding pisang, cake pisang, es piscok, hingga salad.


Salah satu olahan saya, membuat buah pisang, jambu kristal dan yoghurt
Pisang menjadi salah satu jenis buah yang paling digemari masyarakat, dari usia anak-anak hingga orangtua dan mudah ditemukan. Karena buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi. Dalam satu buah pisang terdapat kandungan serat, folat, kalium, magnesium, zat besi, protein, vitamin A, hingga vitamin B12. Tidak salah kalau saat saya hamil, buah yang sering saya konsumsi adalah pisang, itu karena kandungan folatnya baik untuk perkembangan janin di dalam rahim. 

Selain itu, kandungan beberapa jenis mineral pada buah pisang sangat baik dalam membantu sistem-sistem dalam tubuh. Sebut saja kandungan mineral yang pasti ada dalam pisang seperti kalium, folat, sodium, hingga magnesium. Kandungan mineral sangat penting dan dibutuhkan manusia. Selain mineral, kandungan 3 gram serat yang ada pada Pisang, dapat membantu menjaga proses pencernaan tetap lancar dan kenyang lebih lama. Pisang juga sebagai sumber energi, karena kayanya kandungan karbohidrat pada pisang yang dapat membantu tubuh, baik untuk kesehatan, maupun saat sedang diet. Makan pisang saat sarapan bisa memberikan energi untuk melakukan aktivitas harian sampai jam makan siang.



Dan bicara tentang program diet yang sedang saya jalankan hingga kini, pisanglah yang selama ini membantu saya menurunkan berat badan dari sebelumnya 80 kilo, kini bisa 70 kilo. Itu karena Pisang mengandung 110 kalori, jadi ga bakalan menganggu diet. Saat ini saya masih harus berjuang 8 kilo lagi untuk bisa mengembalikan berat badan ke angka normal. Pisang pun sangat baik dikonsumsi saat sarapan, makan siang dan malam, tentu ini akan memberikan cukup kalium. Selain itu kandungan fruktosa dalam pisang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehinngga baik sebagai penyimpan energi, maupun cocok dikonsumsi saat diet.

Kandungan Viitamin C pada Pisang juga banyak, dari satu pisang ada 10 mg vitamin C, yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain Vitamin C, Pisang juga menjadi sumber Vitamin B-6 (pyridoxine). Dimana dalam satu buah pisang menyediakan sekitar 35% kebutuhan harian yang berguna memproduksi sel baru. Pisang juga menjadi sumber zat mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Dalam satu buah ukuran sedang Pisang ada sekitar 3 mg mangan.

Sebagai penderita maag dan anemia, kandungan zat besi pada pisang sangat baik untuk kesehatan tuubuh. Tidak salah kalau akhirnya saya dan keluarga memilih pisang untuk dikonsumsi secara rutin. Selain baik untuk kesehatan, juga baik dalam membantu saya menurunkan berat badan. Banyak jenis Pisang yang saya konsumsi, dan yang paling setia menemani aktivitas harian saya adalah Pisang Cavendish dari Sunpride dengan daging buah yang putih kekuningan dan rasanya manis serta lunak.





Pisang Cavendish 100% Buah Nusantara yang temani aktivitas harian

Memulai aktivitas yang padat, harus diimbangi dengan makanan bergizi dan bernutrisi supaya tetap berenergi, sehat, dan bersemangat. Trauma dengan sakit, tentu saja saya memulai aktivitas harian dengan makanan sehat, salah satunya dengan konsumsi Pisang Cavendish dari Sunpride.

Sunpride sendiri merupakan salah satu produsen buah-buahan lokal seperti Nanas Honi, jambu Kristal, Jeruk Baby, Melon, Buah Naga, Pepaya Callina, pisang emas dan Pisang Cavendish. Sunpride juga selalu menjaga kualitas buah-buah nusantara dan menjaga kualitas buah agar kandungan gizi dalam buah tidak hilang bahkan berkurang.

Pisang Cavendish ini merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, karena pisang jenis ini banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Adapun keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan yang terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.



Awalnya saya berpikir kalau Pisang Cavendish ini adalah buah import, karena memiliki kulit pisang yang mulus, rasanya yang manis dan warnanya yang kuning cerah. Ternyata saya salah besar, karena buah ini asli dari tanah Indonesia, yang tentunya 100% buah Nusantara. Pisang Cavendish Sunpride ini ditanam di kebun milik group Gunung Sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya. Sudah sangat jelas bahwa Pisang Cavendish ini benar-benar 100% buah lokal Nusantara. 

Saya memang tidak salah pilih dengan Pisang Cavendish dari Sunpride, karena PT. Sewu Segar Nusantara pemegang merk Sunpride meraih sertifikasi Internasional ISO 9001 untuk standar sistem manajemen mutu dan sertifikat Global Good Agricultural untuk perkebunan Pisang yang dikelola oleh PT. Nusantara Tropical Farm. Bahkan pada Desember 2016, PT. Nusantara Tropical Farm mendapatkan sertifikat Global GAP (standar sistem pertanian yang mengadopsi praktek budidaya yang aman dan berkelanjutan) untuk perkebunan Pisang Cavendish.

Dengan begitu, semakin yakin dengan buah-buah dari Sunpride yang 100% buah Nusantara, apalagi Pisang Cavendish yang selalu menemani aktivitas harianku. Tentunya saya berterima kasih kepada sahabat baik saya yang pertama kali memperkenalkan buah-buah Sunpride. Karena pada saat sakit tahun lalu, datang membawa buah-buah lokal yang segar dan sehat dari Sunpride untuk dikonsumsi. Dari mulai jambu kristal, apel, nanas honi, hingga pisang Cavendish. Jadinya saya semakin ketagihan untuk beli lagi dan lagi. Untungnya Pisang pasti Sunpride ini mudah ditemukan, karena bisa didapatkan di toko buah langganan, mini market dan supermarket. 


Harga Pisang Cavendish sangat terjangkau
Pisang Cavendish Sunpride ini memiliki beberapa jenis yang dijual dipasaran, yakni cluster, finger, dan single. Cavendish cluster ini merupakan buah pisang yang terdiri dari 3-8 fingers, Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers, dan Cavendish single itu hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur. Nah, yang cavendish single ini saya sering banget lihat di mini market dekat meja kasir, kadang kalau lupa bawa pisang, saya beli satuan saja, harganya pun sangat terjangkau. 

Untuk harga Pisang Cavendish cluster dan finger harganya juga sangat terjangkau sekali. Karena seringnya saya beli, Pisang Cavendish ini sudah ada dalam anggaran bulanan saya, jadi ada budget khusus untuk membelinya. Maklumlah sayakan sedang proses pemulihan dan program diet ☺☺☺. Apalagi jenis Pisang Cavendish ini cocok sekali untuk menghasilkan diet yang maksimal. Itu karena buah pisang yang manis dan lunak, kulit buahnya juga tebal dan kuning cerah. Sehingga bisa memberikan efek positif untuk kesehatan dan program diet.


Memulai aktivitas harian dengan Pisang Cavendish
Untuk memulai aktivitas harian yang sehat dan bersemangat, saya mulai dengan konsumsi Pisang Cavendish 2 buah saat sarapan, 2 buah saat makan siang dan 1 buah saat malam. Karena saat malam saya sudah mengurangi makanan berat, jadi saya ganti dengan buah-buahan segar. Saat sarapan, saya campur 2 pisang cavendish dengan satu mangkuk oatmeal dan buah segar lainnya. Ini bisa membuat saya kenyang dan bertahan hingga makan siang. Aktivitas yang saya lakukan pun selalu berjalan dengan lancar, selalu sehat dan bersemangat dengan 100% buah Nusantara, seperti Pisang Pasti Sunpride.


Jangan lupa konsumsi Buah Pisang Cavendish dari Sunpride
Memulai aktivitas harian dengan makanan sehat sangat penting sekali. Jangan pernah anggap enteng penyakit, baik itu sakit perut, konstipasi, sakit lambung dan lainnya. Karena bisa jadi itu semua berawal dari makanan yang kurang sehat dan kurang serat. Jadi, mari awali dengan makanan bergizi dan bernutrisi, konsumsi air putih, dan konsumsi buah-buahan segar, seperti Pisang Cavendish. Karena pisang memiliki berbagai kandungan vitamin yang bisa meningkatkan kinerja sistem imun. Sehingga sistem imun kuat, dan badan selalu sehat, serta terhindar dari segala macam penyakit.


Dengan begitu aktivitas harian semakin sehat dan bersemangat. Nah, gimana dengan kalian, sarapan tadi konsumsi buah Pisang Cavendish tidak?

Sambil makan Pisang Cavendish bisa loh tonton video yang satu ini.

Sumber tulisan tentang manfaat pisang:
1. http://manfaatsehat.id/manfaat-buah-pisang/
2. http://www.sunpride.co.id/product/100-buah-nusantara/
3. http://www.sunpride.co.id/2012/11/13/10-manfaat-pisang-untuk-kesehatan/
4. http://www.sunpride.co.id/PT.+Sewu+Segar+Nusantara+dan+PT.+Nusantara+Tropical+Farm+Mengukuhkan+Komitmen+akan+Keamanan+Pangan+Buah+Nusantara+Bermerek+Sunpride+Berstandar+Internasional
5. http://www.sunpride.co.id/2016/09/29/pisang-cavendish/

You May Also Like

93 komentar

  1. Pisang Cavendish itu mau dibikin menu apapun selalu enak ya?
    Lihat menu yg lis tulis di atas enak banget kayaknya.
    Dimas tambah kasep ih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh enak banget, aku paling suka sama oatmeal atau di bikin salad buah hehehe.

      Nuhun teh, itu Dimas suka Pisang juga

      Hapus
  2. yah jadi pengen makan pisang nih..haha
    udah lama gak makan, lihat ini ko jadi mupeng ya.. coba siang hari jam sgini mana ada kalau cari..wk
    salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah buruan deh cari pas tar siang ya, mini market banyak kok.

      Salam kenal juga

      Hapus
  3. Wah, Mbak Liswanti udah publish aja. Keluarga kami termasuk pecinta pisang. Dan p[isang cavendish adalah salah satu yang paling disuka. :)

    BalasHapus
  4. Anak2ku juga pecinta pisang mba. Gak terpaku sama satu jenis pisang sih. Semua jenis pisang mereka doyan. Dan ini jadi obat mual aku selama hamil dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, anakku suka banyak jenis Pisang. Dan Pisang Cavendish ini yang paling favoriit.

      Pisanga memang banyak manfaat ya, makanya banyak yang suka.

      Hapus
  5. Yang pasti bisa jadi alternatif untuk yang mau diet. :p Hehehehe

    BalasHapus
  6. Pisang memang banyak manfaatnya. :D Anakku juga suka sekali pisang.

    BalasHapus
  7. Saya nonton videonya, dan ketawa dengerin suara narasinya Mbak Lis. Melengking-lengking di ujung terus turun curam gitu. Hahahaha.

    Saya juga senang pisangnya Sunpride ini. Sebab saya tahu perusahaan itu selalu mensertifikasi buahnya supaya bebas dari pestisida organoklorin, heavy metal, dan formalin. Nggak semua perkebunan buah di Indonesia ini bisa mendapatkan sertifikat seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja mba hehehe

      Mantep banget dong ya Sunpride ini, memang pilihan keluarga ya.

      Hapus
  8. anak-anakku juga suka pisang nih mbaaa..memang enak yaaa

    BalasHapus
  9. Pisang kesukaan aku dan keluarga nih mba. Suka karena rasanya enak dan teryata baru ngeh ya kalau ini produk lokal indonesia. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba,100% buah Nusantara. Jadi semakin cinta Indonesia

      Hapus
  10. Mampir di artikel inih setelah liat pisang yang kayaknya wuenaaaaaak banget deh kalau dimakan .... beli ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas, bua Pisang banyak manfaatnya

      Hapus
  11. Udah lama gak makan pisang, aku suka banget pisang, harus beli ini lah..he
    Bikin pengen aja..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe boleh mas, beli, kan buah Pisang mudah ditemukan

      Hapus
  12. Aahhh... Pisang memang enak untuk di buat kreasi apapun....

    BalasHapus
  13. Lahap banget mas Dimas makan pisangnya... Smg sehat selalu ya mas. Amin. :)

    BalasHapus
  14. Suka banget sama pisang ini mbak, tiap ke swalayan pasti beli :D

    BalasHapus
  15. Pisang plus Yogurt wih enak banget mbak apa lagi dimakan pas siang siang hehehehe

    BalasHapus
  16. aku pisang juga carinya brand ini, manis dan anak-anak juga suka banget lis

    BalasHapus
  17. Aku suka sama pisangnya, makan sebiji aja kenyang!

    BalasHapus
  18. Yuhu, aku juga penyuka pisang. Buah yang praktis tinggal hap-hap, nda perlu dipotong/dicuci haha. Bisa dibawa kemana2 buat bekal sarapan pagi di kntor juga :)

    Btw aku suaka sama suaranya ceu lis deh hehe, kui dimas lahap banget ngunyah pisangnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisang banyak disukai ya.

      Makasih, padahal itu suara belom maksimal hehe

      Hapus
  19. Pisang cavendish memang enak dan bisa diolah apa saja. Saya juga suka menyantapnya dengan dikupas atau dibuat kolak.

    BalasHapus
  20. Semoga program dietnya lancar dengan makan pisang ya mbak..

    BalasHapus
  21. Pas banget kemarin baru aja stok juga. Buah penambah tenaga yang gampang banget dapatnya. Kalau ibu sehat suka dibuat cake pisang juga. Ini. Karena lagi sakit ya buat camilan ibu & keluarga juga lis. Enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba dibikin apapun Pisang enak banget ya

      Hapus
  22. sama mbak.... pisang itu menu wajib sarapan buat aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sering konsumsi pisang juga ya mba. Toss

      Hapus
  23. Setiap anakku belajar makan. 6 bulan lepas asi. Pisang Cavendish jadi andalan. Itu berarti 17 tahun kami sudah bersama pisang mulus ini.
    Pencernaan mereka tidak terganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeh dah lama dong ya konsumsi pisang cavendishnya.

      Hapus
  24. Aku sukaa banget sama pisang. Tapi dengan syarat pisangnya nggak boleh bonyok entah itu karena jatoh atau kebentur dan pisangnya nggak mau yang kematengan. Hahaha. Saking gak mau makan pisang bonyok aku sampai bela2in nitip bule di kantor pas dia pulang kampung untuk beliin kotak makan khusus pisang. Jadi kalau bawa pisang kemana2 nggak kuatir lagi deh.

    Waah, aku sering denger info tentang diet pisang tapi masih maju mundur mau cobain. Kayanya perlu deh badanku udah semakin melar. Huhuhu. Makasih ya tips sehatnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya kalau di luar ada tempat khusus pisang ya. Tar nitip sodara ah.

      Ayo semangat diet.

      Hapus
  25. Wah ternyata ceu pernah sampai 80 kg. Ternyata pisang bisa untuk terapi diet juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan pernah lagi, nyiksa diangka 80 hehe

      Hapus
  26. Lengkap banget Lis, plus rajin euy dibikin olahan, aku mau nyontoh yg makan pisang, jambu kristal sama yogurt, selama ini langsung dimakan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh dibikin olahan biar ga bosen, suoaya tambah berenergi juga hehe

      Hapus
  27. Pisang ini jadi buah rutin aku di rumah ^^

    BalasHapus
  28. Keluarga saya juga termasuk penggemar pisang mbak, kalau belanja bulanan mesti beli pisang candevish ini.
    Anggapannya sama, tak kira juga produk import. Eh gak tahunya ternyata buah lokal ya.
    Makin senang deh belinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah suka juga ya.
      Iya mba aku pikir buah import, ternyata dari Indonesia.

      Hapus
  29. buah favorit saya ini. Selqin sehat juga bagus buat 'ngangkat' mood :)

    BalasHapus
  30. Aku sering sarapan pisang aja, gara-gara pernah baca artikel soal diet pisang di Jepang gitu. Tapi emang pisang tuh enak sih, manis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bacaannya sama neh, amkatanya dietnya berhazil ya.

      Hapus
  31. Wah aku termasuk yang jarang makan buah nih, tapi emang sih, lbh enak kl diolah jadi apa gitu ya. Kayak yg teh Lis tuh kayaknya sedep deh!

    Ngomong2, cemilan martabaknya kirim ke sini aja kl udah ga mau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gampang tar foto martabak aku kirim hehehe.

      Ayo makan Pisang, biar sehat

      Hapus
  32. ENak tuh, mbak, liat menu sarapannya pakai pisang
    udah sehat, bergizi pula ya

    BalasHapus
  33. Naaaah ini, salah satu yang sedang saya usahakan, mengubah pola makan, karena mulai dari pola makan, kita bisa jadi lebih sehat

    BalasHapus
  34. Laper? Makan pisang aja....sarapan? Makan pisang....butuh cemilan? Makan pisang.

    Pisang ini andalan banget.

    BalasHapus
  35. Pisang Cavendish ini memang pisang yang enak. Lebih lembut, mengenyangkan dan cocok untuk diet. Saya pernah coba diet pisang ini hasilnya mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa dong ya diet Pisang. Semakin semangat

      Hapus
  36. Aku termasuk orang yg nggak doyan pisang, tapi lain cerita kalau Cavendish dari Sunpride ini sih. Enaaak dan manisnya pas alias nggak blenyek gitu loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disukai banyak orang neh Pisang Cavendish.

      Hapus
  37. Melihat pisang yang bagus seperti sunpride, banyak yang mengira import. Tahunya, asli buah nusantara. Enak lagi, jadi semua suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, tenang ini 100% buah Nusantara

      Hapus
  38. pengen banget ada pisang sunpride tiap hari dirumah ni. Katanya bisa memperkecil perut ya kalau diet pisang dengan makan pisang di pagi hari. Kandungannya pun bergizi dan bikin kenyang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Bisa bikin perut kecil hehehe

      Hapus
  39. Buah-buah Sunpride itu enak-enak semua, selain suka pisangnya saya suka banget sama nanas dan jambu bijinya

    BalasHapus
  40. Wuah Saya juga termasuk penggemar buah sunpride. Klo liat segernya sunpride di supermarket suka ga tahan utk masukin keranjang belanjaan

    BalasHapus
  41. Haduh komen yang dibuat dari android belum tayang ya. Baiklah komen lagi :)

    Suka sama pisang ini bikin kenyang dan baru tahu mbak kalau ini pisang asli dari Indonesia, kira buah impor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan import mba, perkebunannya aja di Lampung, jadi ini 100% buah Nusantara

      Hapus
  42. Pisang itu buah murah meriah sehat... makan 1 pisan sunpride kenyang di perut

    BalasHapus
  43. ini artikel tahun berapa ya neng...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada tanggalnya mas, 31 Agustus 2017

      Hapus
  44. unik ya....batang pisang nya ada stiker logonya...pasti pisang dari fruetmarket ya neng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisang ini bisa ditemukan dimana saja kok mas, saya biasanya beli di Alfamidi, Carrefour dan penjual buah langganan.

      Hapus
    2. oh Carrefour, kalau gitu deket dengan Gang tempat tinggal saya neng, alfamidi malah jauh, memang sih banyak nutrisi serta vitamin yang terkandung dalam buah pisang , cocok untuk pendorong mud pada waktu pagi hari

      Hapus
  45. Sy juga suka banget pisang cavendish

    BalasHapus
  46. Aih mantap bener ini pisangnya
    Aku ngiler liat Dimas mamam pisang. Rasanya pengen minta
    Kami sekeluarga juga pecinta pisang. Bisa dibilang dirumah ini hampir selalu tersedia pisang

    Btw videonya lucu hehe

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.