Interlac Probiotics, Sahabat Anak Untuk Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

by - Minggu, Oktober 15, 2017


[Dunia Anak] Selamat siang semua. Saat weekend memang waktu yang pas kumpul sama keluarga, menikmati kebersamaan, hingga membangun bonding dengan anak. Banyak cara bisa dilakukan, menemani anak bermain, memijat anak, sampai membuat cemilan bersama. Bagi saya sendiri menghadirkan makanan di meja makan ataupun cemilan haruslah memilih yang sehat. Supaya tubuh anak pun selalu terjaga kesehatanya.

Kesehatan anak-anak sangat penting sekali, apalagi di masa tumbuh kembangnya. Bukan saja menjaga kesehatan badan saja, tapi juga saluran cernanya. Di usia 1 tahun putri pertama saya pernah mengalami diare, dengan demam yang sangat tinggi, yakni 41 derajat. Dia kehilangan nafsu makan, lemas, dan sangat pucat. Anak saya sempat kritis, karena diare terus menerus dan demam yang tidak turun, sebagai ibu tentu saja saya panik sekali dan sangat resah. Setelah beberapa hari di rumah sakit, akhirnya putri saya bisa pulih.


Saluran anak sehat, anak pun akan selalu kuat dan ceria
Sejak saat itu, saya selalu berhati-hati dalam memberikan makanan kepada anak. Apalagi mengingat rata-rata bayi berusia 0-2 tahun terserang diare bisa 3 kali per tahun, yang menyebabkan bayi dehidrasi kronis, gangguan pencernaan dan malnutrisi. Maka dari itu, diare tidak boleh dianggap sepele. 

Ada beberapa fakta yang perlu diketahui, dimana diare itu menjadi penyebab kematian pada anak nomor 2 tertinggi di Indonesia dan ini sejalan dengan data Riskesdas 2013 mengenai prevalensi kejadian diare pada anak di Indonesia sebesar 17%. Bahkan dalam sebuah riset nasional menunjukkan bahwa 31.4% dari kematian bayi dan 25.5% dari kematian balita di Indonesia disebabkan oleh diare yang menyebabkan dehidrasi tingkat berat dan telat mendapatkan penanganan. 


Jagalah kesehatan saluran cerna

Saat anak terkena diare harus segera mendapat penanganan yang tepat. Karena diare berisiko menganggu tumbuh kembang anak, seperti kekurangan gizi, berisiko lebih pendek 3.6 cm ketika berusia 7 tahun dibanding teman-teman seumurannya, dan berisiko memiliki IQ lebih rendah. Ada banyak sekali penyebab diare yang terjadi pada anak-anak, seperti infeksi bakteri-bakteri jahat dari benda-benda kotor di sekitarnya, alergi, susu formula yang tidak diolah dengan tepat, keracunan makanan, flu, hingga infeksi rotavirus. Bahkan 60% diare di Indonesia disebabkan oleh infeksi rotavirus.


Ilustrasi. Saat anak sakit diare, dia akan lemas dan tidak semangat bermain
Maka dari itu ketika anak kena diare jangan dibiarkan begitu saja, penting sekali menjaga kesehatan anak, terutama saluran cernanya. Faktanya neh, 80% dari sistem imun kita itu terletak di saluran cerna yang merupakan organ terbesar di dalam tubuh tubuh manusia. Selain itu, para ahli medis sepakat, bahwa kesehatan saluran cerna manusia adalah cerminan kesehatan tubuh secara umum. 

Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik atau disebut sebagai probiotik, yang turut mendukung sistem imun. Namun, saluran cerna juga dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat, diakibatkan oleh hygiene yang buruk, kebiasaan makan yang buruk, stress, hingga diare. Maka dari itu jagalah kesehatan saluran cerna dan melindungi anak dari diare sebagai langkah penting dalam menjaga sistem imun. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi suplemen probiotik, yang merupakan bakteri baik yang efektivitas dan keamananya sudah terbukti secara klinis dan diakui oleh BPOM. 

Probiotik untuk kesehatan saluran cerna


Sebenarnya apa ya itu probiotik? Probiotik ini bukan obat. Probiotik memiliki makna for life atau untuk kehidupan. BPOM Indonesia juga mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Menurut WHO, probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.

Bicara tentang probiotik ini, pada 30 September 2017 lalu, saya menghadiri event bersama Interlac dengan tema acara "Healthy Tummy Happy Baby with Interlac". Dalam acara ini hadir dr. Intan Diana Sari selaku Head of Medical PT. Interbat. Banyak sekali yang dibahas dr. Intan, seperti probiotik yang ternyata ada beberapa syarat probiotik baik menurut WHO, seperti:


Event Interlac
  • Berasal dari manusia.
  • Dapat bertahan hidup di saluran cerna.
  • Jumlahnya harus cukup dan yang baik jumlahnya 107 10hingga 1010    
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu.
  • Menghasilkan zat antimikroba.
  • Mampu melawan bakteri jahat.
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik.
  • Menguntungkan bagi kesehatan tubuh. 
Selain itu probiotik juga idealnya jenis bakteri sampai level strain (spesifik). Penggunaan probiotik juga tidak sembarangan, karena beda jenis probiotik, beda pula dosisnya. Sehingga setiap probiotik memerlukan penelitian yang baik agar diketahui manfaatnya. Ada beberapa jenis probiotik yang menambahkan zat tambahan, tapi kadar probiotik tetap terjaga. Dan uji klinik dilakukan untuk menjamin efikasi dan keamanannya. Ada banyak sekali jenis probiotik, tapi tentunya berbeda manfaat. Suatu probiotik dikatakan dapat memberikan manfaat kesehatan apabila terdokumentasi secara strain (bukan hanya spesies).


Probiotik memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa indikasi yang akhirnya membutuhkan probiotik, sepert diare (viral, bakteria), diare akibat penggunaan antibiotik, diare akibat intoleransi laktosa, diare traveler, susah buang air besar (konstipasi), kolik pada bayi baru lahir, regurgitasi pada bayi, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dan mengobati kejadian alergi, serta mencegah NEC pada bayi prematur.

Maka dari itu, jika ingin mendapatkan saluran cerna yang sehat dan imunitas yang baik gunakan probiotik. Karena probiotik mampu menjaga keseimbangan mikroflora saluran cerna agar sehat. Pemilihan probiotik juga tidak boleh sembarangan dan harus sesuai kriteria WHO, dan probiotik yang dipilih sebaiknya memiliki strain. Serta terbukti bermanfaat dan aman dari hasil uji klinik. Ada banyak probiotik, salah satu yang bisa menjadi pilihan dan direkomendasikan adalah Interlac.

Interlac Probiotics sahabat baik saluran cerna anak


Interlac adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Melalui kerjasama BioGaia dengan PT. Interbat, Interlac dipasarkan di Indonesia. Interlac menjadi satu-satunya produk suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus Reuteri Protectis, yang ternyata merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia. 

Berbeda dengan probiotik lain di Indonesia penggunaan Interlac praktis dan ekonomis, karena cukup hanya 1 kali sehari, apapun variannya. Interlac sendiri memiliki manfaat dan keamanan yang sudah teruji klinis di lebih dari 160 penelitian pada 13.000 pasien. Termasuk diantaranya adalah lebih dari 2.000 bayi prematur, 5.000 bayi di bawah usia 3 tahun, 2.500 anak dan remaja berusia 4 sampai 18 tahun, dan 3.600 pasien dewasa. Bukti keamanan Interlac sendiri didapatkan dari FDA Amerika Serikat, dengan pemberian predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan di Amerika.



Selain itu formulasi Interlac tidak mengandung laktosa, sehingga sudah terjamin aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran. Termasuk bayi yang lactose-intolerant. Dengan keamanan yang sangat baik inilah, Interlac menjadi probiotik pilihan dokter di lebih daari 90 negara. Bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit sebagai terapi bayi lahir prematur. Ada beberapa manfaat interlac, seperti:
  • Menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi, dan distensi abdomen.
  • Terapi dan pencegahan infeksi candida.
  • Terapi dan pencegahan kolik infantil.
  • Terapi dan pencegahan NEC, penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur.
  • Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mendukung perkembangan neurologi yang optimal pada bayi.
  • Terapi functional abdominal pain pada anak-anak.
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik.
  • Terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter pylori.
Interlac bukan saja menjadi sahabat baik untuk saluran cerna anak, tapi juga bisa menjadi pilihan untuk terapi diare. Asosiasi Dokter Anak (ESPGHAN) merekomendasikan penggunaan Interlac untuk terapi diare pada bayi dan anak. Tidak salah kalau saya pun akan selalu sedia Interlac di rumah, karena:



  • Penyembuhan lebih cepat. Interlac terbukti memberikan efek penyembuhan lebih cepat. Dimana 74% bayi yang memakai interlac sembuh dari diare pada hari kedua.
  • Mengurangi frekuensi diare. Penggunaan Interlac bisa mengurangi frekuensi diare per hari.
  • Mengurangi risiko terkena diare. Pada uji klinis selama 12 minggu pada 201 bayi, pemberian Interlac menurunkan angka kejadian diare sebesar 74,6%.
Interlac ini cocok digunakan untuk semua usia, dimana efektivitas Interlac meliputi:
  • Interlac untuk bayi prematur. Menjaga kesehatan saluran cerna, regurgitasi, distensi, konstipasi, diare, terapi dan pencegahan infeksi candida. Serta mencegah NEC.
  • Interlac untuk bayi dan anak-anak (0-3 tahun). Menjaga kesehatan saluran cerna (diare, konstipasi, dan regurgitasi), terapi dan pencegahan kolik infantil, menaikkan sistem imun seperti mencegah alergi dan menaikkan daya tahan tubuh, serta mengurangi efek samping antibiotik.
  • Interlac untuk anak-anak dan remaja (4-18 tahun). Menjaga kesehatan saluran cerna (diare, konstipasi, dan abdominal pain), menaikkan sistem imun, dan mengurangi efek samping antibiotik.
Interlac mempunyai range produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi sejak baru lahir, anak-anak, hingga orang dewasa dan lansia. Beberapa produknya sepeti:

1. Interlac Oral Drops 



Produk yang satu ini sangat cocok untuk bayi 0-3 tahun. Untuk aturan pakainya dengan 5 tetes 1x sehari atau sesuai aturan dokter. Saat memberikan Interlac oral drops ini mulailah dengan mengocoknya terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah itu gunakan sendok. Interlac ini memiliki rasa netral untuk bayi dan anak. Dalam 1 botol sama dengan 125 tetes yang bisa digunakan untuk 25 hari.

2. Interlac Sachet

Interlac sachet ini bisa untuk anak 1-5 tahun. Setiap 1 sachet bisa digunakan 1x sehari atau sesuai anjuran dokter. Cara penggunaannya cukup larutkan dalam sedikit air, dan gunakan sendok. Memiliki rasa netral untuk bayi dan anak. Dalam 1 box berisi 30 sachet.

3. Interlac Tablet Kunyah Strawberry


Interlac Sachet
Interlac tablet kunyah ini bisa dikonsumsi 1x sehari atau sesuai anjuran dokter. Tablet kunyah ini memiliki rasa strawberry dan cocok untuk anak usia 2 sampai 12 tahun. Dalam 1 box berisi 30 tablet kunyah.

4. Interlac Tablet Kunyah Lemon



Untuk rasa lemon ini bisa digunakan untuk anak di atas 12 tahun. Pemakaiannya cukup 1 kali sehari. Dalam 1 box ada 30 tablet kunyah. 

Beragam produknya bisa menjadi pilihan untuk selalu menyediakannya di rumah. Interlac Probiotics memang pilihan tepat yang akan menjadi sahabat anak untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Dengan sehatnya saluan cerna, berarti sehat juga badannya. Maka dari itu untuk mendukung kesehatan saluran cerna pada anak, Interlac meluncurkan kampanye Healthy Tummy Happy Baby. Karena Interlac paham betul, sebagai orangtua, kesehatan anak selalu menjadi kepentingan utama. Salah satu langkah awal dalam merawat kesehatan anak adalah menjaga kesehatan saluran cerna. 

 
Interlac sendiri sangat mudah ditemukan, karena bisa dibeli di apotek terdekat, Guardian, Halodoc, Go-Med App, dan Lazada.co.id. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek langsung:
  • Website: www.interlac-probiotics.com
  • Instagram: @interlacprobiotics
  • Facebook: Interlacprobiotics 
Kesehatan anak sangatlah penting, jangan pernah menganggap sepele penyakit diare ataupun masalah saluran cerna lainnya. Karena bisa menganggu tumbuh kembang anak. Saluran cerna harus tetap di jaga, baik saat anak bayi hingga sudah tumbuh besar. Dengan saluran cerna yang sehat, healthy tummy happy baby. Dan sedialah Interlac Probiotics di rumah, karena Interlac Probiotics, sahabat anak untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

You May Also Like

20 komentar

  1. waaaah ada aku������ hihihihiiii. aku jg udah cobain dan ngasi luna yg chewable tabletsnya, rasanya enak dan anak anak suka. inshaaAllah kl kita bisa ngejaga saluran cerna, imunitas tubuh jg terjaga ya teh Lis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, ini bagus banget buat saluran cerna anak ya.

      Hapus
  2. Saya termausk yang peduli banget sama urusan pencernaan anak-anak. Apalagi untuk Keke karena beberapa kali pencernaannya terganggu. Bahkan dia udah pernah kena typus sampe 2x. Makanya saya jaga banget deh supaya pencernaannya gak terganggu lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba. Apalagi udah ada pengalaman begitu ya, penting banget menjaga saluran cerna anak ya.

      Hapus
  3. Prebiotik penting banget ya mba, dulu anak2ku pakai susu khusus juga. Ini baru kayaknya ya mba, anak2ku udah dewasa semua. Coba ntar aku sarankan untuk ponakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mba ini udah lama ada kok. Coba cari di apotik deh

      Hapus
  4. Anak saya juga pernah mengalami masalah pencernaan, yang pertama kena diare sedangkan yang kedua kena konstipasi. Syukurlah kini bisa bernafas lega karena sudah berkenalan dengan Interlac yang aman buat lambung anak-anak yang masih sensitif itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah anak-anaknya juga pernah kena masalah pencernaan ya. Sehat selalu anaknya ya mas

      Hapus
  5. foto ilustrasinya sakit kok tersenyum hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe itu ekspresi anak klo sakit perut emang begitu hehe

      Hapus
  6. tambah satuuu referensi untuk saluran cerna anak.
    tapi mudah-mudahan anak kita sehat selalu yah ceu lis

    BalasHapus
  7. Kemarin anakku pas lagi diare mbak. Dan aku pas banget baru tau tentang INTERLAC ini. Dan bener banget, kualitas nya ga bohong...

    BalasHapus
  8. saluran ceran anak yg sehat sangat penting. saya pernah mengalami, anak saya susah BAB nya, sepertinya memang ada masalah pada saluran cernanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus terus jaga kesehatan saluran cerna anak ya

      Hapus
  9. Sekarang interlac gampang ya dapetnya. Harus sedia nih dirumah buat bayi dan si abang Gie.

    BalasHapus
  10. Mbak, berarti nggak harus dikulkas ya menyimpannya?

    BalasHapus
  11. perdana nih aku berkunjung ke blog nya mba lisna, salam kenal...
    anyway, selamat mba jadi JUARA... kerennnn :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.