Citra Maja Raya, Solusi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Untuk Memiliki Rumah Idaman

by - Minggu, November 19, 2017


[Keuangan] Semua orang ingin memiliki hunian yang nyaman untuk ditempat bersama keluarga tercinta. Tapi dana yang dimiliki belum cukup, yang pada akhirnya keinginan memiliki rumah harus tertunda. Apalagi di zaman sekarang semuanya serba mahal. Mau bangun rumah, harga tanah sudah melambung tinggi, belum lagi bahan-bahannya. Beli rumah harganya mahal sekali. Padahal masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki tempat tinggal.

Harga rumah sekarang ini memang sangat naik, sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi, mulai dari inflasi, pertumbuhan penduduk, hingga kesulitan mendapatkan lahan. Apalagi di Jakarta ya, sudah sangat padat sekali, harga tanah pun sangat tinggi. Yang pada akhirnya ini menjadi perhatian pemerintah. Maka hadirlah Program Pembangunan Sejuta Rumah. Yang pada akhirnya ini menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah, tapi dana tidak banyak, seperti halnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 


Menurut UU No. 11 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, MBR adalah masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli, sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah. Ada 3 segmen MBR yang perlu diketahui berdasarkan kemampuan mengakses kepemilikan rumah, yakni:

  • MBR yang telah memiliki tanah atau rumah, namun tidak mampu membangun/memperbaiki rumahnya.
  • MBR yang mampu membeli rumah namun kemampuan untuk mengangsur KPR masih rendah.
  • MBR yang sama sekali tidak mampu membeli rumah. 
Melihat 3 segmen di atas, tentu saja pemerintah melakukan cara yang berbeda dalam mencari solusi. Salah satunya bagi MBR yang mampu membeli rumah, namun kemamuan untuk mengangsur KPR tergolong rendah, pemerintah memberikan subsidi dalam bentuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Dan pemerintah pun tentu ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya. Maka dari itu pemerintah memberikan akses bagi MBR untuk memiliki rumah, dengan program Sejuta Rumah yang memberikan kemudahan dengan cicilan yang sangat terjangkau, serta uang muka yang ringan. 

Citra Maja Raya, Kota Baru Terpadu dan Lengkap


Program sejuta rumah ini, mejadikan pemerintah semakin serius dalam melaksanakan pemerataan pembangunan dengan menciptakan kawasan ekonomi baru dengan mencanangkan 10 kota baru publik di seluruh Indonesia. Dan kehadiran Kota Baru Maja, Lebak, Provinsi Banten yang menjadi salah satu 10 kota baru publik yang dicanangkan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang terus dikebut pembangunannya. Tentu saja ini akan semakin melengkapi beberapa akses infrastruktur jalan, kelengkapan transportasi, ketersediaan tenaga listrik, dan utilitas kotanya. 

Pada Sabtu, 18 November 2017 kemarin, saya berkesempatan hadir ke Kota Baru Maja, sekaligus peresmian Citra Maja Raya yang bisa menjadi solusi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Proyek Kota Terpadu ini menjadi proyek terbesar Ciputra Group di Kota Baru Maja, Lebak Banten. Dan merupakan proyek Joint Operation antara PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International Tbk, dan PT. Putra Asih Laksana, yang sudah memulai pembangunannya sejak 2015. 

Kota Baru Maja sendiri didesain dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) yakni pengembangan kawasan berbasis kepada system transportasi massal, yag didukung dan sudah dilengkapi dengan KA Commuter Line, Rel Double Track, dan sarana stasiun yang lebih modern dan nyaman. Dengan adanya KRL, tentu akan memudahkan kita semua menuju kawasan Kota Baru Maju tanpa lama-lama di Jalan. Dari stasiun Tanah Abang sampai Stasiun Maja, bisa ditempuh kurang lebih 1.5 jam. 

Dengan dengan Stasiun Maja

Peresmian Citra Maja Raya
Citra Maja Raya yang diresmikan dan dihadiri langsung oleh Bapak  DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Bapak Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia, memiliki luas pengembangan 2000 Ha. Dengan luas 2000 Ha inilah Ciputra Residence membangun perumahan untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tentunya ini menjadi salah satu upaya perusahaan dalam mendukung pemerintah dalam mewujudkan program sejuta rumah yang telah dicanangkan pemerintah sebagai program nasional.

Pembangunan apa saja yang ada di Citra Maja Raya?

Tentu ada beberapa pembangunan dan fasilitas yang dihadirkan di Citra Maja Raya, seperti:


Show Unit Citra Maja Raya (Photo by Lita Chan Lai)
  • Citra Maja Raya sedang membangun 10.000 unit rumah termasuk di dalamnya sekitar 8.000 unit rumah yang dikhususkan MBR.
  • Citra Maja Raya akan segera membangun 1.000 unit rumah MBR Subsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang disediakan pemerintah. 
  • Citra Maja Raya dalam master plan-nya sebagai kota baru terpadu, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas skala kota untuk memenuhi kebutuhan penghuni dan masyarakat sekitar.
  • Dalam perencanaan, kota ini akan dilengkapi dengan fasilitas komersial Eco Plaza, Pendidikan, kesehatan, sport club, water park, pasar modern, shuttle bus, sub terminal, Eco Park berupa ruang terbuka hijau, hingga fasilitas umum lainnya.
Tentu saja kehadiran Citra Maja Raya ini, bisa menjadi solusi tempat tinggal yang nyaman atau bisa juga dijadikan investasi di masa depan. Apalagi konsep pengembangan Kota Baru Maja dengan kemudahan akses terhadap fasilitas kota, perumahan, area komersial, ruang terbuka dan sarana publik dengan menghubungkan ke jalur pedestrian/pejalan kaki, jalur sepeda dan transportasi umum (kereta api dan bus).   


Citra Maja Raya telah mendapatkan pengakuan di bidang pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan diperolehnya sertifikasi EDGE (Excellent Design For Greater Efficiency) oleh lembaga Internasional IFC (International Finance Corporation) yang merupakan subsidiary dari World Bank.

Sertifikat EDGE diberikan kepada rancangan rumah yang memiliki kinerja penghematan energi dalam berbagai aspek. Tentu saja ini sebagai wujud komitmen korporasi dalam memberikan produk berkualitas kepada konsumen yang sejalan dengan program EcoCulture yang selama ini menjadi dasar dan konsep pengembangan kota yang dilakukan PT. Ciputra Residence.

EcoCulture sendiri adalah konsep pendekatan pengembangan berwawasan lingkungan yang brkelanjutan, secara khusus dikembangkan oleh PT. Ciputra Residence melalui peran serta aktif manajemen dan  masyarakat/penghuni dalam membangun produk serta membina gaya hidup ramah lingkungan. Dengan konsep ini tentu akan menjadikan lingkungan tetap nyaman dan aman.



Peresmian Citra Maja Raya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan tarian khas Banten yakni Rampak Bedug. Acara juga dihadiri oleh DR. IR. Ciputra yang memberikan laporan progress pembangunan Citra Maja Raya, Budiarsa Sastrawinata selaku Direktur Utama PT. Ciputra Residence, hingga Gubernur Banten Wahidin Halim.

Sekarang ini pengembangan tahap 1 sudah rampung dan sudah mulai diserah terimakan ke para pembelinya. Dengan begitu Citra Maja Raya sebagai Kota Baru Terpadu dan lengkap, akan menjadi pilihan tempat tinggal yang mengasikkan. Apalagi dengan dukungan infrastruktur yang baik, Maja akan menjadi destinasi pertumbuhan ekonomi baru di Lebak. Semoga saja Kota Baru Maja akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik, begitupun dengan perekonomian di tempat ini.

Memiliki penghasilan rendah dan memiliki mimpi mempunyai tempat tinggal yang nyaman, tentu bukan halangan lagi. Karena Citra Maja Raya hadir menawarkan rumah yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Apalagi ada 8000 unit rumah yang dikhususkan untuk Masyarakat Berpenghassilan Rendah (MBR). Tentu ini bisa mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman.

Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi:
  • Twitter: @citramajaraya
  • Instagram: @citramajaraya
  • Website: www.citramaja.com
  • Marketing Point Citra Maja Raya: Pasir Kembang, Maja, Lebak Banten. 



Sumber informasi seputar definisi MRB dan segmen bersuber dari:
1. Kajian peranan APBN dalam mengatasi Cacklog Perumahan:  
http://www.anggaran.depkeu.go.id/content/Publikasi/Kajian%20dan%20artikel/Kajian%20Peranan%20APBN%20dalam%20Mengatasi%20Backlog%20Perumahan.pdf

You May Also Like

45 komentar

  1. Oh lokasinya nggak begitu jauh dari stasiun Maja ya mba. Mau ah kapan2 ke sana :)

    BalasHapus
  2. ahh keren Citra Maja ini ya.., lengkap juga fasilitasnya dan yg paling penting terjangkaunya itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget sangat terjangkau banget

      Hapus
  3. Lokasinya jauh banget ya, kayaknya lebih cocok buat yang kerja di sekitar Tangerang dan Banten.

    BalasHapus
  4. Strategis banget y cuma 500 meter dr stasiun Maja.

    BalasHapus
  5. pertambahan penduduk yang melonjak, mindset harus punya landed house bikin semua kebon, sawah, daerah resapan dan lahan kosong habis diembat buat perumahan. Dibuat tempat hunian vertikal malah dianggap gak nguntungin. Dilematis hidup di kota besar di Indonesia.

    Semoga kehadiran Citra Maja bisa menjawab kebutuhan tempat tinggal murah bagi penduduk yang membutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga ya bisa menjawab kebutuhan hunian yang terjangkau

      Hapus
  6. Kalo developernya ciputra, sepertinya nggak perlu diragukan lagi ya kualitas bangunannya :) Yang penting sih fasilitas penunjang yang lengkap kalo pengen beli rumah ya kak, dan dekat dengan KRL atau tol biar makin mudah mobilitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, kalau Ciputra mah ga diragukan lagi. Kalau dekat stasiun strategis banget

      Hapus
  7. Semoga dengan hadirnya Citra Maja ini bisa memudahkan semua orang yang ingin memiliki rumah ya.

    BalasHapus
  8. Dan saya pun mupeng, pengen punya rumah di kawasan Maja ini. Deket banget ke stasiunnya, pas banget saya rombongan angker.

    BalasHapus
  9. Kapan kapan mampir pengen lihat rumahnya

    BalasHapus
  10. memang di maja masih tergolong murah. terjangkau lah ya..
    mau ngambil perumahan disana tapi galau sama lokasi kerja. jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Tanah Abang seh 1.5 jam. Iya disana masih murah, jadinya ini bisa buat investasi mba

      Hapus
  11. Mauuuu :D Langsung kepo ke Citra Maja Raya deh. :D

    BalasHapus
  12. Enak nih yaa, rumahnya dekat dengan stasiun, jadi akses ke Jakarta pun mudah.

    BalasHapus
  13. Wah kabar bahagia nih utk yang saat ini blm mampu beli rumah. Alhamdulillah ada peogram seperti ini.

    BalasHapus
  14. Perumahan ini bisa dijangkau dengan kereta ya? Asyik juga kalau tidak sulit dari segi transportasi.

    BalasHapus
  15. Wah lokasinya deket stasiun. jadi gampang kemana-mana

    BalasHapus
  16. Cari rumah itu memang yang dekat dengan pusat transportasi ya juga publik. Harga juga terjangkau ya. Bisa jadi solusi pilihan nih yg lagi cari2 tempat tinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, kalau dekat dengan fasilitas publik, jadi aman kemana-mana ya

      Hapus
  17. Enaknya kalo deket ama stasiun kalo mau kemana-mana enak.

    BalasHapus
  18. deket dengan sarana transportasi bisa jadi pilihan nih!

    BalasHapus
  19. Aku tertarik sama perumahannya karena deket stasiun.
    Sekarang tuh kalau cari hunian, akses kendaraan umum memang jadi faktor pertimbangan utama ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, cari hunian nyaman bisa deket sarana transportasi

      Hapus
  20. Aku tertarik sama perumahan ini karena lokasinya dekat stasiun.
    Sekarang tuh, akses kendaraan umum jadi faktor pertimbangan utama kalau cari rumah.

    BalasHapus
  21. Saya pernah ke maja dua kali, lumayan lama perjalanannya kalu naik kereta dari jakarta. 1,5 jam buat blogger bisa sambil ngedraft selama diperjalanan hehe.

    BalasHapus
  22. Aku pernah ke daerah maja sekali, trun di st. Maja pas mau ktempat kakak di rangkas. Daerahny masih bnyak lahan kosong, buat yg mau invest cocok nih beli rumah Citra maja Raya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes bener banget peluang buat investasi

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.