Prestasi ICar Asia Indonesia di Industri Online Otomotif

 

[Lifestyle]  Prestasi ICar Asia Indonesia di Industri Online Otomotif. Sebagai pemilik jarigan nomor satu di ASEAN, ICar Asia menunjukkan prestasi terbarunya, dimana pada hari ini (23/02) mengumumkan hasil pencapaian tingkat pertumbuhan pada tahun 2017. Dimana laju pertumbuhan pendapatan sebesar 87% Year on Year (YoY) dan adanya peningkatan 21% EBITDA Loss flat YoY pada paruh kedua 2017 di Indonesia yaitu Mobil123.com dan juga Otospirit.com.

Dengan prestasi ini tidak salah dong kalau pengunjung website juga semakin meningkat signifikan, ini terlihat pada paruh kedua tahun 2017 dan meningkat 38% YoY di bulan Desember 2017. Ini jelas bahwa masyarakat sangat percaya dengan portal otomotif. Seperti yang diungkapkan Regia Glamouria selaku Country Manager iCar Asia Indonesia bahwa hasil yang dicapai merupakan indikasi yang jelas bahwa pembeli mobil memilih website Mobil123.com untuk mencari, membeli atau menjual mobil mereka. Pengunjung website dan jumlah leads menguat sepanjang tahun dan masing-masing mencapai 38% dan 16% YoY pada bulan Desember 2017.

Bahkan, hal ini juga membantu memberikan pertumbuhan pada jumlah dealer berbayar setiap bulannya untuk mempromosikan iklan mereka, yang melonjak sebesar 77% di bulan Desember 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Pendapatan bertumbuh 87% YoY seiring berjalannya strategi monetisasi. Perbaikan pada EBITDA di 2017 dimana flat YoY, namun menunjukkan perbaikan pertumbuhan sebesar 21% pada paruh kedua 2017 dibandingkan periode yang sama pada 2016.

Regia Glamouria (photo by Mobil123.com)
Selain itu, pertumbuhan YoY tahun 2017 telah menempatkan Mobil123.com pada posisi terdepan. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan jumlah listing Mobil23.com 4,3 kali lebih banyak dari pesaing vertikal terdekat dan 1,1 kali lebih banyak dari pesaing horizontal terdekat di industri ini. Dan hasil YoY juga menunjukkan bahwa 19% produsen mobil dan 14% dealer mobil baru saatini telah berbayar untuk beriklan dengan iCar Asia di Indonesia.

"Kami melihat pertumbuhan pelanggan pemasang iklan yang kuat karena beriklan digital menjadi komponen utama strategi pemasaran pelanggan dan kami berada di garis terdepan untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan beriklan di Mobil123.com, produsen mobil dapat menjangkau spektrum yang lebih luas dari target pasar mereka dan hasilnya dapat diukur,“ ujar Regia.

Momentum Hebat dan Jalur Pertumbuhan yang Jelas

Tentunya di tahun 2018 akan ada momentum yang hebat dengan jalur pertumbuhan yang jelas. Seperti yang diungkapkan Hamish Stone, selaku CEO iCar Asia Limited bahwa dengan hasil akhir yang baik di 2017, di tahun 2018 Perusahaan telah siap untuk memperoleh keuntungan dari kondisi ekonomi yang positif di kawasan ASEAN dan pemulihan industri otomotif di semua pasar dimana iCar Asia beroperasi.

Hamish Stone (Photo by Mobil123.com)
Bahkan secara Grup iCar Asia Limited juga memiliki hasil YoY yang membanggakan. Dimana hasil keuangan dicapai bersamaan dengan memberikan pertumbuhan yang baik di semua metrik operasional utama Perusahaan di semua negara. Ada beberapa pencapaian dari seluruh Grup iCar Asia Limited untuk bulan Desember 2017 meliputi:

  • 42 % pertumbuhan YoY leads dengan menghasilkan lebih dari 1 juta total leads.
  • 23% pertumbuhan YoY total akunberbayaryaitu lebih dari 5,900 akun berbayar.
  • 52% peningkatan jumlah sundul iklan di seluruh Perusahaan.
  • Total jumlah iklanaktifbertumbuhYoY 12%  menjadi 479,000 iklan aktif.
Selain itu, iCar Asia akan terus mengembangkan core busines, yaitu sebagai marketplace mobil bekas dan media beriklan digital, serta memanfaatkan posisi kami sebagai market leader untuk berkembang lebih jauh memberikan pelayanan untuk industrimobil baru, events danhal-hal lain yang berhubungan layananjual beli kendaraan. Sebagai marketplace yang terbesar dan terpercaya di kawasan ASEAN, iCar Asia berada di dalam posisi yang bagus untuk meraih keuntungan karena kawasan ini terus berkembang di dalam transformasi dunia digitalnya. 

Dengan prestasi iCar Asia Indonesia di Industri Online Otomotif bahkan mampu menempati posisi teratas, bisa semakin berkembang. Dan memberikan kemudahan kepada para masyarakat yang ingin mencari mobil impiannya.

7 komentar

  1. wah makin mudah dong ya nyari mobil bekas sekarang. btw, sukses buat iCar Asia !

    BalasHapus
  2. Dunia otomotif ga ada matinya, itu salah satu alasan kenapa iCar muncul dan berkembang di Indonesia.

    BalasHapus
  3. iCar terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat era digital dan pasar industri ya, keren.

    BalasHapus
  4. membantu banget nih informasi tentang iCar Asia. teryata sangat berpengalaman ya mba dan tentunya membantu banget saat menemukan mobil impian

    BalasHapus
  5. Baca tentang iCar Asia, jadi ingat punya impian untuk beli mobil, hiks.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.