Menyiapkan Rencana Anggaran Untuk Mewujudkan Mimpi Ke Raja Ampat


[Wisata Indonesia] Pesona Raja Ampat tak diragukan lagi. Keindahan alamnya mampu manjakan mata wisatawan domestik dan internasional. Raja Ampat menawarkan keindahan alam dari atas maupun bawah laut. Bahkan keindahan alamnya sudah diakui oleh dunia. Tidak salah banyak sekali wisatawan yang datang ke Raja Ampat. Saya termasuk yang memiliki impian untuk menorehkan jejak ke Raja Ampat. Sayang kesempatan dan dana yang disiapkan belum ada. Maka dari itu untuk mewujudkan mimpi pergi ke Raja Ampat perlu sekalu perencanaan anggaran yang matang.

Raja Ampat wisata impian sejak dulu

Setiap orang pasti memiliki wisata impian yang ingin dikunjungi. Apalagi bisa berkunjung bersama keluarga tercinta. Raja Ampat menjadi salah satu destinasi impian sejak lama yang ingin diwujudkan. Paling senang membaca berbagai berita, blog hingga vlog tentang Raja Ampat dengan keindahannya. Tapi sayang impian itu belum bisa diwujudkan hingga saat ini. Apalagi dengan harga tiketnya yang tidaklah murah. Tentu butuh banget rencana anggaran yang matang untuk bisa mewujudkan mimpi itu suatu hari nanti.

Ingin wujudkan impian ke Raja Ampat

Semua orang pasti ingin ke Raja Ampat, termasuk saya sendiri. Keinginan ke Raja Ampat sudah ada sejak lama, tapi uangnya belum terkumpul sampai sekarang. Yang namanya jalan-jalankan butuh banget perencanaan yang matang. Apalagi bisa berkunjung ke tempat yang indah, pasti banyak tempat yang ingin dikunjungi. Menurut beberapa teman yang sudah ke Raja Ampat Papua, wajib banget untuk bisa menikmati keindahan alam di sana sekali seumur hidup. Raja Ampat ini menjadi wisata Papua yang sudah sangat mendunia. Tidak salah dong, kalau teman-teman saya menyarankan untuk pergi kesana, mumpung badan masih sehat dan masih kuat buat jalan-jalan. Jadi, harus semangat menabung supaya bisa terbang ke sana.

Sumber foto Pixabay.com
Kenapa harus menabung segala, Raja Ampat jauh ya?

Jawabannya benar banget, jauh banget, seperti yang saya bilang di awal Raja Ampat ada di Papua. Menurut id.wikipedia.org Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Di Papua sendiri sebenarnya banyak teman-teman suami, jadi selalu cerita untuk kesana itu tiketnya memang lumayan banget, termasuk makannya. Belum lagi untuk menuju Raja Ampat pasti butuh biaya lainnya. Maka dari itu penting banget buat menabung dulu. Semenjak sering baca blognya traveller blogger dan menikmati keindahan di foto-foto yang ada di Instagram, semakin pengen kesana. Selain itu, Pa Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia juga senang sekali mengadakan kegiatan di sana. Seperti pada Hari Ibu di bulan Desember tahun lalu, Pa Jokowi dan Ibu merayakan hari Ibu di Raja Ampat. Bahkan Pa Jokowi pamer keindahan alam di Raja Ampat melalui Vlog.

Setidaknya sekali dalam seumur hidup, saya ingin sekali mewujudkan mimpi ke Raja Ampat, apalagi kalau bisa sama keluarga. Kalau bisa mewujudkan pergi ke Raja Ampat, ada beberapa hal yang ingin saya lakukan di sana, seperti:

Sumber foto: Pixabay.com
1. Menikmati keindahan alam

Hal pertama yang ingin saya lakukan tentu saja menikmati keindahan alamnya. Kalau melihat foto-foto traveller yang sudah ke Raja Ampat jadi pengen deh kesana. Karena seringnya baca blog yang sudah ke Raja Ampat ada beberapa destinasi yang ingin saya kunjugi dan mengukirkan jejak di sana. Sekaligus mewujudkan impian. Ada beberapa pulau kecil di Raja Ampat, yang ingin sekali dikunjugi seperti Pulau Waigeo yag terkenal dengan teluk indah dan termasuk pulau yang mudah dijangkau. Selain itu ada Pulau Batanta yang terkenal dengan air terjun dan goa, serta desa wisata. Tentu ini sangat menarik, karena selain saya suka melihat air terjun, bisa mengenal kebudayaan asli dari penduduk di sana, pasti seru banget.

Yang terakhir ada pulau Misool yang ingin saya kunjungi, dari beberapa blog yang saya baca, pulau ini memiliki air laut berwarna hijau toska dengan pasir putih. Pasti bikin penasaran ya, dengan berbagai wisata alam yang ada di Raja Ampat. Melihat berbagai tulisan dan foto yang saya baca saja sudah bikin terpesona, apalagi bisa mengunjungi langsung.

2. Mengenal kebudayaan lokal

Beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi sebuah daerah, tentu satu hal yang sering saya pelajari, kebudayaan di sana. Karena terbiasa belajar banyak hal tentang kebudayaan kelahiran sebagai anak asli Sunda, saya jadi selalu punya mimpi untuk belajar banyak hal tentang Budaya Indonesia. Kalau biasanya baca dari buku, tentu ingin sekali belajar dan melihat secara langsung. Terutama dalam hal tari, alat musik dan lainnya.

Tentu akan banyak sekali yang bisa dipelajari saat kita datang langsung ke suatu daerah. Dan pengen deh merasakan bermalam di rumah penduduknya, mengenal keseharian suatu daerah tersebut, pasti sangat seru. Dan itu juga yang ingin saya lakukan saat ke Raja Ampat.

3. Kulineran

Setiap kali berkunjung ke tempat baru, pasti deh yang ga boleh ketinggalan adalah kulineran. Indonesia ini bukan saja kaya dengan keindahan alam, keanekaragaman budaya, tapi juga cita rasa makananannya yang selalu enak. Setiap daerah punya ciri khas tertentu, termasuk rempah-rempah dan pengolahan. Selalu takjub saja gitu saat mengunjungi suatuu daerah di Indonesia, terus melihat secara langsung mereka membuat makanan, seperti saat saya mengujungi Menado. Nah ini juga yang ingin saya lakukan kalau impian itu terwujud buat berkunjung ke Raja Ampat. Pasti harus kulineran, menikmati makanan dan minuman khas sana. Kalau perlu belajar mengolah makanannya secara langsung.

Membuat rencana anggaran ke Raja Ampat

(ilustrasi membuat rencana anggaran) Sumber foto www.canva.com
Melaihat banyaknya destinasi yang ingin saya kunjungi dan kegiatan yang ingin dilakukan, pasti harus pinter neh mengatur keuangannya. Dana yang dibutuhkan bukan saja urusan tiket, hotel atau penginapan, tapi juga akomodasi lainnya serta makan sehari-hari, belum lagi kalau laper mata dengan kerajinan khas sana, pastikan keluar uang lagi. Maka dari itu, untuk bisa mewujudkan mimpi ke Raja Ampat alangkah baiknya menyiapkan rencana anggaran, supaya bahagia selama liburan. Menyiapakan rencana anggaran, dimulai dengan:

1. Membuat estimasi biaya perjalanan

Duuh berasa lagi ngerjain proyek ya harus ada estimasi biaya? Eh, jangan salah loh, setiap hari, setiap bulan bukannya bikin estimasi biaya supaya biaya-biaya rumah tangga terpenuhi. Untuk menghitung estimasi biaya ini kalau sudah tujuannya akan semakin mudah membuatnya. Tinggal kita pikirin berapa lama disana, berapa tempat yang akan dikunjungi, mau berangkat weekend atau weekday, hingga mau berangkat pake travel atau barengan ama temen, mulai di list deh tuh biaya-biayanya.

Membuat estimasi biaya ini memang harus lengkap dan detail banget, kalau berencana pergi tanpa travel, berarti kita harus punya informasi banyak tentang biaya apa saja yang dibutuhkan. Mulai dari biaya tiket, biaya kapal, biaya dari bandara ke pelabuhan, hotel, biaya makan, biaya selama eksplore Raja Ampat, biaya transportasi dan biaya tidak terduga yang tentunya harus tetap kita punya untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Siapkan rencana liburan dengan matang termasuk biaya hotel, tiket pesawat dan lainnya (dokumen pribadi)
2. Cerdas mengatur uang saat saat memilih pergi sendiri

Saat memilih pergi sendiri atau bareng teman tanpa travel, tentu harus cerdas mengatur uang selama perjalanan. Jangan sampai memilih pergi sendiri, akhirnya malah membuat pengeluaran semakin bengkak. Usahakan untuk terus mengumpulkan informasi saat memutuskan pergi ke Raja Ampat. Misal baca blog traveler, berita, atau bahkan tanya sodara, kerabat, teman atau pacar kalau memang pernah pergi ke tujuan liburan favorit.

3. Membuat list destinasi yang akan dikunjungi

Untuk menghemat anggaran, jangan lupa buat list destinasi apa saja yang akan dikunjungi, dan perhitungkan waktu sebaik mungkin. Jangan sampai malah saat sampai disana malah banyak bingungnya. Jadi perhitungan semua sebaik mungkin, supaya waktu tidak terbuang dengan percuma, dan destinasi impian di Raja Ampat bisa dikunjungi.

4. Menabung beberapa bulan sebelum berangkat

Supaya tidak merusak pos tabungan buat masa depan, usahakan untuk membuat pos liburan setiap kali mendapat bonus, honor atau gaji bulanan. Supaya tabungan untuk masa depan tetap aman, liburan pun tetap menyenangkan. Karena saya sudah punya tujuan liburan, yang entah kapan bisa diwujudkan, sejak jauh hari mulai menabung untuk liburan dari bonus-bonus menulis yang saya dapatkan. Jadi tidak mau menganggu pos bulanan buat masa depan anak.

5. Buat anggaran belanja selama liburan

Saat sudah memikirkan liburan, untuk menghemat anggaran dan pos liburan yang sudah ditabung tercukupi. Maka dari itu, usahakan untuk membuat anggaran belanja selama liburan, supaya saat mengunjungi destinasi impian belanja tidak berlebihan.

6. Cari tiket dan hotel


Ilustrasi tiket pesawat (dokumen pribadi)
Tabungan sudah siap, persiapan sudah dilakukan. Dan tranportasi sudah ditentukan. Berangkat tentu saja menggunakan pesawat. Maka dari itu, usahakan untuk cari tiket pesawat jauh-jauh hari, kali saja dapat promo menarik. Begitupun dengan hotel harus dicari jauh-jauh hari. Jangan sampai pesan hotel dan pesawa dadakan, yang akhirnya malah kemahalan. Sekarangkan banyak sekali promo-promo menarik daari berbagai maskapai atau bahkan promo dari penyedia tiket dan hotel. 

Cari tiket dan hotel sekarang makin mudah dengan Tiket.com. Tiket.com adalah salah satu perusahaan OTA (Online Travel Agent) terbesar di Indonesia yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online. Produk yang ditawarkan lebih bervariasi, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan perjalanan, tetapi juga waktu luang. Dengan Tiket.com kita bisa mendapatan informasi brbagai produk yang dibutuhkan, baik itu tiket pesawat maupun hotel. Saat memilih produk yang sesuai kebutuhan, kita bisa melakukan pemesanan, pembelian sekaligus pembayaran secara online dan aman melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran yang disediakan.

Dengan Tiket.com, kita bisa memesan #TiketKemanapun dengan cara mudah dan cepat, sekaligus membeli tiket pesawat impian ke Raja Ampat. Karena apapun yang dicari di Tiket.com semuanya ada, dari transportasi seperti pesawat yang sudah berpartner dengan berbagai maskapai mulai dari Garuda Indonesia, Citylink, Malaysia Airlines, Air Asia dan masih banyak lagi. Jadi mau melakukan perjalanan dengan pesawat makin mudah. Bukan itu saja, di Tiket.com selain pesawat, ada juga Tiket Kereta Api dan sewa mobil untuk liburan makin mudah. Jadi mau Tiket Kemanapun makin gampang di Tiket.com. 

Selain menawarkan produk transportasi, Tiket.com juga memudahkan kita untuk memesan akomodasi seperti hotel dan hostel, sekaligus menyediakan tiket untuk berbagai event dan atraksi. Ada beberapa alasan dan tentunya ini menjadi keunggulan kenapa harus beli di Tiket.com, yakni:
  • Pesan tiket pesawat, hotel, kereta api, sewa mobil, entertainment terlengkap.
  • Lebih hemat dengan TIX Point.
  • Jaminan pembayaran online aman dan mudah.
  • Layanan pelanggan 24 jam.
Transaksi di Tiket.com juga aman, apalagi saat menggunakan kartu kredit. Di Tiket.com tidak menyimpan nomor kartu kredit customer, karena semua sudah sesuai ketentuan PCI-DSS, yang hanya memperbolehkan menyimpan kode bank (BIN Number), yaitu berupa 6 angka pertama dan 4 angka terakhir dari kartu kredit. 


Terbang dengan membeli tiket kemanapun di Tiket.com semuanya makin mudah. Mewujudkan impian semakin dekat. Ada banyak promo menarik yang dihadirkan Tiket.com. Semoga saja neh ada banyak promo menarik juga untuk menikmati liburan dan mewujudkan mimpi ke Raja Ampat.

Mempersiapkan anggaran menjadi salah satu solusi tepat untuk bisa mewujudkan mimpi ke Raja Ampat, biarpun harus menabug cukup lama. Setidaknya seperti yang teman saya bilang sekali seumur hidup datanglah ke Raja Ampat. Semoga saja apa yang diimpikan terwujud, dengan merencanakan rencana anggaran sebaik mungkin. Dengan membuat anggaran, liburan makin menyenangkan, tanpa harus menggesek uang dari pos bulanan rutin.



Sumber tentang Raja Ampat dan Tiket.com:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat
  • https://www.rappler.com/indonesia/gaya-hidup/179260-pulau-kecil-raja-ampat-rekomendasi
  • https://www.tiket.com/faq

21 komentar

  1. Iya nih raja ampat kudu lah didatengin secara masih di Indonesia, masa di luar dikejar, di dalam negeri ditinggalkan

    BalasHapus
  2. Estimasi biaya itu menurutku penting banget mbak, harus punya perencanaan yang bagus dulu sebelum plesiran.

    BalasHapus
  3. SAMA!
    Raja Ampat juga jadi salah satu destinasi impianku yang entah kapan akan terwujud.
    Moga aja suatu saat nanti ketiban rejeki buat main kesini heuheu

    BalasHapus
  4. Satu lagi Mba, cari sponsor hehehehehe

    BalasHapus
  5. raja ampat oh masih di angan-angan, andai saya bisa berenang. Ke raja ampat akan lebih menarik...

    BalasHapus
  6. Pergi kesana itu kenikmatan yang hqq 😂😂 ongkosnya juga nikmat.
    But. Nice post tho

    Visit juga ya blog ak di : catch-the-feels.blogspot.co.id

    BalasHapus
  7. Setuju nih, soal anggaran itu nomor satu!!!

    BalasHapus
  8. wah kalau ke sini juga aku mau

    BalasHapus
  9. aku juga pingin ke sini
    harus menabung dan merencanakan nih
    apalagi beli tiket dan pesen hotel

    BalasHapus
  10. Semoga tercapai impiannya ke Raja Ampat. Semoga tabungannya cepet cukup untuk piknik ke Raja Ampat. Amiiiin.

    BalasHapus
  11. Impian saya banget! Pengen bisa ke Raja Ampat :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.