Perhatikan 4 Hal Ini, Saat Pegantin Baru Pindah Rumah


[Wedding] Memulai kehidupan baru bersama pasangan hidup menjadi sebuah moment yang sangat berharga. Disini setiap pasangan akan memulai babak baru dalam kehidupannya. Mulai mengenal watak masing-masing, belajar mandiri, belajar disiplin, hingga belajar masak dan mengurus semuanya sendiri.

Bagi seorang perempuan, dia akan mulai terbiasa melayani suaminya, membereskan rumah, hingga menyiapkan makan setiap harinya. Bagi suami dia akan berusaha untuk kebahagiaan keluarga kecilnya, membimbing istri dan menjadikan kehidupan rumah tangga semakin berwarna. Keduanya saling mengisi satu sama lainnya, saling mendukung dan saling menyayangi. Tak sedikit cobaan datang menghampiri di awal-awal pernikahan, tapi itu akan membuat kita bisa saling memahami satu sama lainnya.

Ketika pasangan memutuskan untuk belajar mandiri dan membangun keluarga hanya berdua. Baik itu sudah punya rumah sendiri ataupun punya kontrak, semuanya akan dimulai dari nol. Saat memutuskan menikah dan pindah rumah, pasangan perlu sekali memperhatikan 4 hal ini, seperti:

Peralatan Rumah Tangga

Saat pindah rumah, bagi saya yang paling penting memiliki peralatan rumah tangga. Ini bisa dibeli bertahap, tidak harus saat itu juga. Kalau punya uang, dahulukan dahulu seperti kulkas, tempat tidur, dan lemari. Kulkas bisa digunkan untuk menyimpan makanan selama beberapa hari, ini bisa menghemat waktu dan anggaran juga.

Perabotan Rumah Tangga

Memulai berumah tangga, penting loh memiliki perabotan saat pindah rumah. Tidak usah banyak dulu. Misal neh piring selusin, mangkuk selusin, dan sendok juga selusin. Karena semua hal itu bisa bertahap. Perabotan lain yang dibutuhkan saat pindah rumah, seperti kompor, alat kebersihan rumah (sapu, pel, pengki, alat memasak dan tempat sampah), lemari piring mini.

Tabungan

Saat memulai rumah tangga, apalagi baru pindah rumah, pasti butuh banyak pengeluaran. Maklumlah inikan pertama kalinya ya buat pasangan. Tapi, yang perlu diingat neh, tabungan itu jangan sampai terlupakan. Biarpun belum ada anak, tabungan ini sangat penting, yang terkadang terlupakan. Pasangan harus punya tabungan khusus yang bisa mewujudkan keinginan pasangan, misal beli kendaraan dan masa depan anak nantinya. Dengan tabungan, keuangan selama berumah tangga juga bisa terkontrol dengan baik. Bisa dengan menabung 100 atau 200 setiap bulannya. Kalau sudah ada anak di rumah, semuanya sudah tenang.

Hindari membeli barang tak penting

Terkadang neh ada saja godaan saat mulai berumah tangga, pengen beli barang ini itu buat di rumah. Tapi perlu diingat, harus bisa mengontrol diri. Terutama membeli barang yang tak penting, sehingga lupa dengan kebutuhan yang utama. Misal, belum apa-apa udah pengen beli oven listrik, padahal jarang banget bikin kue. Ada yang jauh lebih penting, membeli perabotan rumah, seperti panci untuk memasak dan lainnya.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan saat pegantin baru mulai pindah rumah dan belajar mandiri. Ke 4 hal ini sangat sederhana sekali, dan bisa langsung diaplikasikan. Yang perlu diingat neh sebelum membeli sessuatu, usahakan untuk di list dulu, supaya bisa tahu, mana barang yang benar-benar dibutuhkan, mana yang tidak.

Selamat menjalani berumah tangga ya. 



37 komentar

  1. Yang masih jomblo jangan baca post ini ya. Hheehehehhe.... #efekngejomblo

    BalasHapus
  2. Betul tuh. Tabungan harus ada. Buat jaga2 kalau ada sesuatu.

    BalasHapus
  3. Dulu, hal2 seperti itu luput. Jadinya emang agak 'kepontalan'. ^_^ Ahamdulillah sudah tertata

    BalasHapus
  4. Aku peralatan rumah tangga nyicil beli mba, lama2 keisi rumahnya yaa ^^

    BalasHapus
  5. Nah iya tuh penting banget untuk tidak membeli barang2 yang nggak penting. Dulu awal2 nggak tau, jadi suka beli barang karena lucu. Ujung2nya mubadzir -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, makanya saya catatan beberapa hal ini, supaya selalu diingat.

      Hapus
  6. aku waktu menikah dan pindah ke rumah kontrakan yang besar di kuningan, akhrnay beli kursi tamu dan makan yg besar, nah pindha ke cirebon punay rumah dengan tipe 54, bingung tuh barang terlalu besar. mau dibuang sayang, akhirnya kursi tamu bisa diatur dan bagus dan meja makan terpaksa aku berikan orang lain, aku cari meja makan yang ukuran kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sayang banget ya akhirnya ya mba. Jadi doubel pengeluarannya.

      Hapus
  7. Wah pas saya lagi mau pindahan, mantab tips2nya.

    BalasHapus
  8. tips keempat yang susah-susah ngampang, biasanya di mata istri semuanya penting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahah, menjadi istri memang harus selalu cerdas memilih ya. aku pun begitu, tapi mencoba menahan diri.

      Hapus
  9. Makasih sharing nya mbaaa. Bisa buat persiapan besok kedepan nya nanti.. Hehe

    BalasHapus
  10. Blogwalking ke sini dan postingan bahas pernikahan #tutupmuka. Wah, aku harus catat nih poin-poin di atas. Makasih mak Lis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba, semoga aja sebentar lagi ketemu jodohnya, kan ga ada yang tahu ya.

      Hapus
  11. Wahh bener tuh, belilah yg benar2 emang dibutuhkan bukan diinginkan. Abis kan suka lapar mata, beli aja ehh trnyata gak kepake, hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh memang selalu begitu masalahnya mba. Dan kita memang harus pintar menahan diri

      Hapus
  12. Waaah iyaaa dulu ngerasain pas pertama pindah ke apartemen, printilan kecil macem sendok garpu mangkok sup jadi penting banget ya dimiliki di hunian baruuuu. Hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, justru itu yang paling penting banget, soalnya buat sehar-hari.

      Hapus
  13. terimakasih banyak atas ilmu 4 hal yang sangat penting diatas, kebetulan istri kedua saya 3 hari ini berniat pindah dari rumah lama ke perumahan yang rada mahal sedikit, sebab itu nanti setelah selesai (tanda kutip), mau tak kasih artikel ini untuk juga dibacanya.....nuhun pisan nyak

    BalasHapus
  14. Dulu sebelum menikah sudah dipesanin agar sering baca artikel seperti ini... and it works!

    Sampai sekarang juga di rumah kagak ada isinya. Tabungan suka dipakai buat... traveling, kakaa... karena aku percaya travelling adalah satu-satunya cara kita mengeluarkan duit tetapi malah tambah kaya.

    Setuju?



    BalasHapus
  15. Saya paling bete klo paksu membeli barang tak penting dengan dalih suatu hari nanti penting, lalu rumah kami penuh barang.
    Untung orangnya pintar dagang, dan dijual kembalilah barang-barang itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh itu lebih mantep, enak dijual lagi kalau ga kepake ya

      Hapus
  16. Persiapan nih kalau nanti nikah.hehe

    BalasHapus
  17. tabungan emang paling penting ya, toh materi di jaman sekarang jadi faktor penunjang bertahannya sebuah hubungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertahannya sebuah hubungan bukan saja materi mba, ada yang lebih penting kepercayaan dan kesetiaan. Materi berlipah kalau tidak setia, gimana tuh hehehe

      Hapus
  18. Setuju Mbak Lis, menghindari membeli barang yang nggak penting tapi pingin itu kadang susah.. ntar udahannya gakk ke pake barangnya.. artikelnya bagus buat newlywed mba Lis :)

    BalasHapus
  19. berhubung masih ngontrak saya masih pake barang seadanya, ribet ntar pas pindahan.
    Nah ini bisa jadi referensi saya ntar kalau pindahan, insya Allah tahun ini. TFS ya Lis^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.