Asupan Sehat, Investasi Anak di Masa Depan



[Dunia Anak] Setiap ibu tentu ingin anaknya tumbuh dengan sehat dan kuat. Tidak ingin ada masalah yang menganggu kesehatannya. Percaya tidak, kesehatan seorang anak perlu perhatian penting di 1000 hari pertama kehidupannya, yang dimulai sejak dalam kandungan hingga 2 tahun. Sejak dalam kandungan, seorang ibu harus peduli asupan sehat dan bernutrisi, supaya pertumbuhan janin dalam kandungan selalu baik dan sehat.

Perjalanan kehamilanku yang penuh tantangan

Saya sudah merasakan kehamilan sebanyak 4 kali. Tapi, anak yang lahir dengan selamat ada 2, yang kini berusia 7 tahun dan 5 tahun. Kehamilan pertama dan keduaku tidak berjalan dengan baik, karena trimester pertama saya mengalami keguguran. Barulah di kehamilan ketiga saya bisa merasakan menjadi seorang ibu seutuhnya.

Saat mengandung anak ketiga, menjadi kehamilan yang penuh perjuangan. Karena saya harus melakukan bedrest selama 6 bulan atau saat janin dalam kandungan dinyatakan kuat. Karena menginginkan buah hati, saya pun memutuskan resign dari pekerjaan dan mengikuti arahan dokter untuk bedrest. Alhamdulillah anak pun lahir dengan sehat dan selamat. Saat kehamilan anak keempat, saya harus melewati banyak tantangan yang membuat saya harus dirawat beberapa kali selama hamil. Mulai dari berat janin dalam kandungan yang tidak normal, penyumbatan dan anak saya pun lahir dengan kondisi sakit.


Ilustrasi ibu hamil (photo by Canva)
Selama hamil anak ketiga dan keempat, saya sangat memperhatikan asupan makanan, tapi yang namanya orang ngidam ada saja makanan-makanan yang sebenarnya tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Yang pada akhirnya malah berakibat buruk pada kesehatan saya selama hamil. Sempat diperingatkan dokter untuk tidak konsumi banyak pedas, ataupun makanan yang dibakar, karena kondisi kehamilan saya tidak seperti yang lainnya. Kondisi kandungan saya memang sangat lemah sejak awal, makanya harus hati-hati.

Sejak saat itu saya mulai sigkirkan keegoisan saya dan tidak menuruti keinginan memakan sesuatu saat ngidam. Saya mencoba menahan diri. Biarpun di awal kehamilan asupan makanan susah masuk, saya coba ganti dengan buah-buahan dan sayuran yang saya suka. Setelah anak-anak lahir, saya jadi semakin sadar untuk tidak konsumsi makanan seenaknya, karena sedang menyusui. Saya ingin tetap sehat, supaya ASI semakin berkualitas untuk saya berikan kepada anak-anak.


Bersama anakku yang sudah sehat
Asupan sehat memang tidak berhenti sampai anak lahir, karena selama menyusui dari anak usia 0 sampai 2 tahun penting sekali memperhatikan makanan-makanan apa saja yang kita konsumsi. Apalagi asupan sehat sehat di 1000 hari pertama kehidupan, bisa menjadi investasi anak di masa depan. 1000 hari pertama kehidupan buah hati adalah masa yang berharga dan tidak akan terulang kembali. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa selalu memperhatikan asupan dan menjaga tumbuh kembang optimal Si Kecil selama 1000 hari pertama kehidupan.

Bunda Peduli Asupan Sehat

Melihat 4 kehamilan saya yang sempat bermasalah, semenjak itu saya banyak menggali informasi penting untuk ibu hamil dan menyusui, dengan mengikuti seminar, talkshow hingga workshop, supaya kalau kedepannya diberikan rezeki hamil lagi, tentu saya sudah siap dan tidak ada rasa trauma dan ketakutan akan kehamilan yang bermasalah. Seperti 9 Desember 2017 lalu saya mengikuti seminar edukasi Blackmores Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat), dengan tema kesehatan menyeluruh bunda menentukan kesehatan 1000 hari pertama kehidupan si Kecil.


Seminar Edukasi Bunda PAS
Seminar yang berlangsung di Pullman Thamrin ini juga melanjutkan edukasi oleh PT. Kalbe Blackmores Nutrition pada bulan Agustus 2017 akan pentingnya multi mikronutrien untuk ibu hamil dan menyusui. Kini, hadir kampanye Bunda PAS yang akan dijalankan di beberapa kota besar, dari Jakarta dan Surabaya, untuk dapat mengkampanyekan pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis bunda selama 1000 hari pertama kehidupan. Seminar ini sendiri akan diisi dengan rangkaian edukasi secara menyeluruh mulai dari, metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, cooking demo, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi Bunda dan Si Kecil selama masa kehamilan dan menyusui.

Setia bunda diharapkan bisa memahami pentingya asupan nutrisi yang sesuai Angka kecukupan Gizi. Dalam sebuah Data Nasional dari Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013 menunjukkan prevalensi risiko kekurangan energi krois (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2%. KEK adalah status gizi kurang yang disebabkan oleh kurngnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi KEK ini biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun.



Dalam acara ini juga hadir dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, spesialis Gizi Klinik, dr. Bram Pradipta, SpOG, Efranda Stefanus, dan cooing class dari Chef Muto yang membuat Ubi roll Fruits. Menurut dr. Raissa bahwa salah satu indikator status gizi adalah berat badan. Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin optimal.

Sedangkan menurut dr. Bram ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi saat hamil, mulai dari:
  • Defisiensi Zinc dan magnesium yang dapat menyebabkan preeklamsia dan kelahiran prematur.
  • Defisiensi zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia.
  • Defisiensi vitamin K dapat menyebabkan perdarahan yang brlebihan saat melahirkan.
  • Asupan yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati.
  • Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja.
Gangguan kesehatan ini beberapa saya alami saat hamil, seperti anemia. Itulah mengapa saat hamil saya sering sekali bermasalah. Dulu pemahaman saya akan pentingnya asupan nutrisi ini juga masih kurang. Padahal asupan bernutrisi sangat baik untuk anak di masa depan. Maka tidak salah kalau saat pertumbuhan putra saya Dimas bermasalah sejak bayi, sempat membuat saya menyalahkan diri sendiri, karena tidak bisa menahan diri dengan makanan-makanan yang ssebenarnya tidak baik dikonsumsi. Semoga saja kedepannya tumbuh kembang anak-anak saya bisa selalu sehat.

Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold, solusi masalah kekurangan asupan nutrisi


Ibu hamil dan menyusui memang penting memperhatikan asupan sehat, mulai dari sayuran, buah-buahan, susu, kacang-kacangan, hingga susu setiap harinya. Karena nutrisi tersebut yang dibutuhkan ibu dan anak, supaya tumbuh dan berkembang dengan baik. Sehingga bisa menjadi investasi kesehatan di masa depan. Dengan begitu, ibu hamil dan menyusui tidak akan kekurangan asupan nutrisi. 

Asupan sehat untuk ibu hamil dan menyusui bisa didapatkan dari suplemen. Seperti produk-produk unggulan dari Blackmores yakni Blackmores Pregnancy and Brest Feeding Gold yang menjadi solusi untuk ibu hamil dan menyusui. Karena produk ini merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang buah hati, dengan kandungan yang tinggi DHA, tinggi kalsium, zat besi yang membantu mengurangi risiko konstipasi, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan menyusui.


Produk Blackmores tidak diragukan lagi, karena kuallitasnya tidak tertandingi, dan sudah berpengalaman selama 85 tahun dalam menyediakan produk kesehatan alami yang telah didukung oleh fasilitas edukasi dan riset kelas dunia. Serta berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan. Sepertihalnya prdouk Blackmores yang memiliki keunggulan, seperti:
  • Kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat.
  • Kandungan odourless fish oil dari sumber alami Omega 3 dari laut terdalam yang tidak berbau.
  • Dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA.
  • Dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah.
Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold yang mengandung nutrisi esensial sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan buah hati. Apalagi nutrisi esensial ini sangat dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui. Kandungan asam folatnya dapat mengurangi spina bifida. Dengan kandungan tinggi kalsium sangai baik untuk perkembangan kesehatan tulang bayi dan mencegah risiko osteoporosis pada ibu. Selain itu tingginya DHA dari minyak ikan yang tidak berbau untuk mengurangi mual bagi perkembangan otak, mata dan sistem saraf bayi.



Dengan keunggulan produk Blackmores Pregnancy and brest feeding Gold akan semakin melengkapi asupan nutrisi harian yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Sekaligus melengkapi asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan yang akan mempengaruhi kualitas kesehatan, intelektual dan produktivitas pada masa yang akan datang. Semua ibu harus tahu, bahwa nutrisi yang diperlukan pada saat kehamilan dan menyusui meliputi Asam Folat, Iodium, Zat Besi, Kalsium, Asam Lemak Omega 3.

Kehadiran Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Golg bisa menjadi salah satu opsi bagi para ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi asupan nutrisi yang sehat dengan kandungan yang lengkap dan berkualitas. Selain asupan makanan sehat dengan buah dan sayur, ibu hamil dan menyusui bisa penuhi kebutuhan dengan konsumsi produk dari Blackmores Preganancy and Breast Feeding Gold setiap harinya.



Dengan peduli asupan nutrisi yang sehat dan tepat, berarti bunda Peduli Asupan Sehat, dan sama-sama mendukung kampanye yang saat ini sedang diusung yakni Blackmores Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat). Maka dari itu, ibu pun semakin peduli dengan kesehatan janin dalam kandungan, dan kesehatan anak di masa depan. Karena asupan sehat investasi anak di masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Blackmores, seperti Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold, bisa langsung cek saja:

  • Website: www.blackmores.co.id
  • Instagram: @BlackmoresID
  • Facebook: Blackmores Indonesia
Saya Bunda PAS, kalau kalian gimana?

18 komentar

  1. Ibu itu memang hebat banget ya perjuangannya.
    Temen saya masih muda dan lagi hamil juga nih mba. Tapi dia tubuhnya kecil terus kemaren udah medical chek up dan hasilnya dia kurang nutrisi untuk bayi dan kurang minum air putih. mungkin vitamin blackmore bisa saya rekmendasikan nih buat temen aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boleh mba, suplemen ibu hamil ini bisa direkomendasikan

      Hapus
  2. Itu memang penting banget buat ibu hamil dan menyusui. :D

    BalasHapus
  3. aku juga minum blackmores tp yg multivitamin. baguss banget

    BalasHapus
  4. Ah, ternyata Liswanti malah mengalami keguguran dua kali. Bunda bisa merasakan kegundahan hati ketika mengalaminya. Bunda juga kehamilan yang pertama tidak terselamatkan di usia kandungan 6 bulan #curhat. Dulu, jamannya bunda gak pernah tuh kenal dengan vitamin Blackmores, mungkin juga tahun 68an belum di produksi kali, hehe...

    BalasHapus
  5. Nambah ah komentarnya, sekarang giliran tentang tampilan blog Liswanti nih yang kece badai. Bunda masih aja bingung setelah mengganti template karena koq tiba-tiba icon Follower (yg pake fotos) ilang tak tentu rimbanya, hiks... Sampe sekarang masih diburu nih. Sayang banget follower udah banyak, kecewa juga kan para follower kalo ke blog bunda koq gak ada icon follower. Huhuhuuu... #curcollagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mananya bunda, yang follower blog ya bun. Bisa ditambahkan bun.

      Hapus
  6. Wah baru tau mba Lis punya 4 anak ya �� sehat2 terus yaa mba

    BalasHapus
  7. lis sudah empat, aku baru satu, siap menyusul liswanti. nutrisi blackmorenya well noted banget

    BalasHapus
  8. Wah sepertinya produk blackmores ini recomended banget ya mak lis untuk bumil dan busui..

    BalasHapus
  9. Oh teh Lis ternyata udah 4x hamil ya. Tantangan hamil memang luar biasa.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.