7 Beauty Stuff For Sensitive Skin

By Canva
[Beauty] Memiliki kulit sensitif ga enak banget. Pengen dong setiap kali dikasih makeup bagus dan skin care bisa digunain setiap hari. Tapi, dengan kondisi kulit yang sensitif, membuat saya harus banyak konsultasi ke dokter kulit sebelum menggunakannya. Tidak salah kalau pake bedak atau pelembab ga pernah ganti-ganti sejak dulu, daripada kulit langsung rusak. Saya memilih cari aman dalam menjaga kulit wajah dan seluruh badan.

Produk untuk kulit sensitif

Masalah kulit sudah saya rasakan sejak lama, bahkan sempat membuat saya tidak percaya diri. Ketika salah menggunakan produk kosmetik, wajah dan seluruh badan saya akan timbul bintik-bintik merah dan terasa sangat gatal. Bahkan kalau kambuh, bisa-bisa saya tidak berani keluar rumah. Maka, ketika ada yang kasih produk untuk bisa saya review, pasti deh hal pertama yang saya lakukan adalah mengunjungi dokter kulit saya, supaya tahu apakah produknya aman buat saya gunakan atau tidak.
Ilustrasi kulit sensitif (photo by Canva)
Memiliki kulit sensitif dan alergi, tentu membuat saya harus tetap menggunakan produk-produk yang sudah dinyatakan aman bisa saya gunakan. Contohnya saja untuk body lotion saja, saya dari dulu menggunakan Vaseline, karena terbukti ampuh membuat kulit saya tidak gampang kering, dan tetap lembab. Hingga alergi pun jarang kambuh. Alergi dan kulit sensitif sudah saya rasakan sejak lama, maka dari dulu ketika masih remaja dan serba ingin tahu dan ake, saya termasuk anak yang ga berani, daripada harus terus-terusan konsumsi obat. Maka dari itu dulu cukup pake haslin dengan merek seger snow dan bedak tabur. 

Saat mulai masuk kuliah, pengen juga kayak temen-temen yang lain dandan gitu, tetep harus tahan diri, apalagi kalau pergantian cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya, yang bikin kulit saya kering, pecah-pecah dan berdarah. Perih banget deh dan meyiksa. Akhirnya sejak saat itu saya memilih setia dengan produk-produk yang disarankan dokter. Untuk makeup, sebenarnya saya sederhana banget, maklumlah kulit sensitif. Dan ini adalah 7 produk kecantikan yang selalu saya gunakan, untuk si kulit sensitif. Mulai dari:


1. Pelembab: Viva Cosmetics

Dari dulu saya sudah menggunakan pelembab Viva Cosmetics. Pelembab Viva mengandung Moisturizer Complex yag bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit wajah. Diperkaya dengan Vitamin E sebagai antioksidan. Pelembab ini sangat ringan di kulit sensitif saya, dan selalu nyaman digunakan. Tidak salah kalau bertahun-tahun, saya memilih menggunakan produk ini.

2. Foundation: Viva Cosmetics


Untuk foundation dari dulu juga sama, menggunakan produk dari Viva Cosmetics. Bahkan sekarang pake CC Fundation SPF 35 PA+++ yang membantu melindungi kulit terhadap pengaruh sinar UV. Produk terbaru Viva ini menjadi inovasi baru yang menggabungkan make up dan perawatan dalam satu langkah mudah dan praktis. CC Foundation yang saya gunakan juga memiliki 10 manfaat, seperti mampu meratakan warna kulit wajah, menyamarkan garis halus, menyamarkan noda, wajah tampak halus, tahan lama, melindungi terhadap pengaruh sinar UV, membantu keremajaan kulit dan wajah tampak sehat berseri.

Produk yang satu ini juga dilengkapi dengan Super Botanical Extract yang telah teruji untuk membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, mempertahakankan elestisitas kulit, da menyamarkan flek. Selain itu dilengkapi juga dengan Vitamin E dan Honey Extract Collagen.

3. Bedak dan Eyeshadow: Wardah Beauty, Caring by Biokos


Untuk bedak sebenarnya saya pake 2, yakni bedak padat dari Wardah dan Caring. Ini sudah sejak lama saya gunakan, karena merasa enak saja saat digunakan. Untuk Caring saya menggunakan seri No More Shine DAC 03 Silky Beige yang cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan dari Wardah saya masih setia menggunakan Wardah Lightenig Two Way Cake 02 Golden Beige yang juga merupakan produk kombinasi antara bedak dan foundation. Bedak ini mengandung bahan Comedogenic yang tidak akan menimbulkan jerawat dan tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, mengandung Ekstrak Licorice dan vitamin E. Untuk eyeshadow saya juga memilih produk dari Wardah.

4. Lipstik: Wardah, Maybelline, Viva Cosmetics


Untuk lipstik sebenernya paling aman, karena ga bikin bibir saya sensitif hehe. Jadi produk apapun selalu cocok. Untuk saat ini saya menggunakan produk lipstik dari Wardah, Maybelline dan Matte Lip Color dari Viva Cosmetics.

5. Pembersih make up: Garnier Micelllar Cleansing Water

Kalau dulu neh buat membersihkan bekas make up saya pake produk Viva juga, tapi sekarang saya sudah ganti menggunakan produk dari Garnier Micellar Cleansing Water yang ampuh menghapus makeup, sekaligus membersihkan dan menyegarkan kulit. Saya yang memiliki kulit  sensitif otomatis pilih yang pink (cocok untuk kulit sensitf).


Produk yang satu ini selain bisa membersihkan wajah, juga bisa untuk mata dan bibir. Dengan sekali usap, kotoran di wajah bisa hilang. Tekstur yang ringan seperti air, diperkaya juga dengan micelles yang dapat mengikat dan mengangkat kotoran dari wajah, mata dan bibir. Menggunakan formula yang tidak lengket di wajah, tidak berminyak dan tanpa parfum. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif seperti saya. Kulit pun menjadi bersih menyeluruh, terasa halus, tampak cerah dan sehat.

6.  Perawatan kulit: Bio Oil

Untuk merawat kulit saya yang selalu sensitif ini, saya pake Bio Oil. Selain bisa dipake buat kulit wajah, juga bisa digunakan untuk mengobati bekas luka. Bio Oil ini sangat cocok untuk ulit saya, karena mengandung 4 minyak, yakni:


  • Minyak Rosemary yag membantu untuk menjaga dan menenangkan kulit serta menjadi antiseptik ringan.
  • Minyak lavender dikenal sebagai penyejuk kulit, dapat melembtkan dan mengencangkan kulit.
  • Minyak Kalendula, meregenarasi sel kulit dan dapat digunakan untuk merawat kulit sensitif, rusak atau terbakar sinar matahari.
  • Minyak Kamomil adalah anti peradangan yang memberikan manfaat menenangkan kulit dan sangat bermanfaat untuk kulit yang sensitif.
Selain itu, Bio Oil mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, dari Vitamin A yang memacu pembentukan kolagen baru dan mambantu peremajaan kulit, Vitamin E yang membantu dalam pemeliharaan kulit tampak sehat dan melindunginya dari efek radikal bebas. Serta mengandung PurCellin Oil yang bisa mengurangi kepekatan formulasi hingga terasa ringan.

7. Brush Set


Biarpun makeup sayaa sederhana banget, tetep butuh dong yang namanya brush set. Ya, sambil belajar makeup juga. Brush set ini selalu saya bawa kemana-mana, maklumlah sering ada kondangan mendadak di kampung hehe.

Tas Kosmetik

Itulah 7 beauty stuff  yang selalu saya gunakan dan bawa kemanapun. Baik saat pulang kampung, dan menginap untuk urusan pekerjaan. Ya daripada saya dimakeupin orang uang produknya belum cocok, jadi saya bawa sendiri saya produk kecantikan sendiri. Kalau ada beauty classneh, biasanya saya pilih-pilih juga, itu produk darimana, kalau dari produk-produk yang selalu saya pakai pasti aman, nah kalau beda biasanya saya bawa obat buat persediaan.


Membawa kosmetik buat pulang kampung, urusan pekerjaan, hingga travelling, tentu butuh banget yang namanya tas kosmetik. Ga perlu yang mahal, tas kosmetik murah juga ga apa-apa, yang penting semua barang kecantikan kita masuk semuanya. Sebenarnya ada beberapa jenis tas kosmetik yang bisa menjadi pilihan, kalau saya lebih memilih yang multifungsi, biar semuanya muat semua kebutuhan selama bepergian, dari alat makeup, kapas dan lainnya. Sekarang seh udah mudah banget tas kosmetik yang di jual secara online, salah satunyanya bisa cek di www.mataharimall.com.


Buat yang memiliki aktivitas di luar rumah setiap hari seperti saya, memiliki tas kosmetik penting banget, supaya kebutuhan kita ada dalam satu tas. Udah beberapa kali di kasih temen, awet banget tasnya dan muat buat saya simpan lotion dan parfum. Memiliki kulit sensitif memang ga bebas buat pinjam makeup puya orang, daripada akhirnya kulit bermasalah, mau ga mau biarpu berat, peralatan kosmetik penting di bawa. Maka dari itu, saya biasanya kemanapun bawa ransel, selain isinya laptop dan kamera, ada juga tas kosmetik.

30 komentar

  1. Isi ransel saya juga selain laptop adalah seperangkat alat make up dan skincare hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya makeup dan skincare ga boleh ketinggalan ya teh

      Hapus
  2. Nggak yang kulit sensi, nggak yang bandel. Garnier Micellar Water itu kayaknya segala umat yaa, banyak banget yang pake!
    Tapi emang enak sih produknya, adem-adem gitu pas dipake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba enak dan nyegerin pas dioake, kayak aer

      Hapus
  3. Bio Oil saya belum pernah coba. Untuk pengaplikasiannya apakah bisa sebelum pelembab ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakenya sebelum tidur mba. Diolesin ke wajah.

      Hapus
  4. Alhamdulillah kulitku ga sensitif jadi perawatan nya lebih simpel.. tapi perlu juga nih info begini, takut tiba2 sensitif udah tau harus pake produk apa .. makasih mbak lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget mba wajahnya ga senaitif ya. Lebih gampang berarti.

      Hapus
  5. Mesti pinter2 cari benda yang sekiranya Buat Kulit sensi. Ga mau rusak juga kan karena kosmetik.

    BalasHapus
  6. Sama mbak, saya juga udah gak percaya lagi klo di-makeup-in orang. Dulu sempet waktu masih mahasiswa, dipaksa pakai makeup bareng2 karena nikahan sepupu. Beuh, pulangnya muka saya langsung parah. Sampai gatel nggak karuan dan terpaksa periksa ke dokter

    Kalau selain Bio Oil, pakai apa lagi untuk perawatannya mbak? Apa ada yg dikasih khusus dari dokter gitu?

    BalasHapus
  7. Aku pun pakai Bio Oil ceu yang praktis bisa buat banyak hal termasuk keluhan kulit kering.

    BalasHapus
  8. Tas Kosmestik, aduh saya tidak berani memilikinya. Takut gimana gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar saya panggilnya bukan mas lagi, tapi mbak wkwkwkwkwk

      Hapus
  9. Alhamdulillah kulit aku sih ga sensitif jadi cuma pake pembersih muka aja.
    Tapi makasih banget yah mba lis udah share sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Sayangnya saya gak cucok pakai garnier ini, muka tambah makin kusam huhu. Btw saya juga blm nemu nih pouch make up yang nyaman kalau buat travelling, kayaknya di Matahari Mall pilihannya banyak ya mbak.

    BalasHapus
  11. Ulasannya bisa jd panduan buat istri nih, TFS Ceu Lis :)

    BalasHapus
  12. Brush Set-nya bagus, warnanya, apa itu mba? Jadi kepo hahaha

    BalasHapus
  13. Suka sama Bi Oil nya cocok untuk kulit kering aku ini.

    BalasHapus
  14. Salah satu alasan kenapa dandannya cewek bisa berjam-jam : kosmetik. hehehe

    Berasa ribet sih nggak mba kalo dandan? Itu beauty stuff nya banyaak banget, cowok mah simple soalnya,,,

    BalasHapus
  15. Krn kulitku jg sensitiv banget, utk skin care dan kosmetikpun ga bisa sembarangan mba.. Salah sedikit lgs breakout :( .. Ini aja baru pulih dr salah pake skin care.. Jd smntara aku pake produk cetaphil yg albamdulillag cocok dan ga bikin purging. Buat kulit sensi mah, kalo udh nemu yg cocok, sudahlah yaaa, setia ama itu aja :)

    BalasHapus
  16. Bio-Oil udah andalan banget dari kepala-kaki. Bisa juga buat mengurangi penampakan bekas jerawat.

    BalasHapus
  17. Hal yang sensitif memang butuh produk khusus ya mbak...

    BalasHapus
  18. Akhirnya skrg aku pake bio oil utk pengganti krim malam, mba. Lumayan ampuh utk melembabkan wajah.

    BalasHapus
  19. Wuah..saya termasuk pemiliki kulit sensitif nih. Note dulu perlengkapan make up nya
    Kali aja ada ug sesuai. Tinggal browsing dah di marketplace :D

    BalasHapus
  20. Wah baby oil nya cocok tuh. biar baby face terus ...he..he...

    BalasHapus
  21. wahh jadi inget dulu aku suka pake viva punya nyokap, jadi pengen beli lagi deh...

    BalasHapus
  22. Ah jd inget mau beli bio oil bs sbg serum kan yah itu fungsinya eh apa pelembab?

    BalasHapus
  23. Emang untuk kulit sensitif, ga boleh sembarangan pake produk ya, apalagi utk bagian muka hehe. Bisa-bisa malah jadi kering kerontang kulitnya, atau jerawatan

    BalasHapus
  24. Dari semuanya sebenernya yang paling penting itu skincarenya, karena kulit sensitif itu nggak bisa langsung ketimpa sama makeup sekalipun pelembab, yang ada malah jerawatan :')

    BalasHapus
  25. Dari dulu penasaran sama bio oil, tapi tiap kali liat cuma dipegang2 dan akhirnya aku kembalikan ke tempatnya hahhahah

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.