Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga


[Review] Banyak sekali khasiat daun sirih yang sudah saya rasakan sejak dulu. Semenjak kecil saya sudah dikenalkan dengan tanaman obat yang satu ini. Apalagi nenek-nenek saya termasuk yang sering menggunakan daun sirih untuk menyebuhka berbagai penyakit, mulai dari sariawan, sakit mata hingga sakit gigi. Tidak salah kalau sudah turun temurun di kampung pasti wajib menanam daun sirih yang merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat. Karena banyak sekali manfaat daun sirih untuk kesehatan dan menjaga keharmonisan rumah tangga.

Daun Sirih untuk Kesehatan

Memiliki nenek yang perhatian sama cucu perempuannya memang bahagia banget. Banyak sekali nasehat yag diberikan. Biarpun suka bikin bingung, ga boleh ini dan itu, kadang dicerewetin juga, tapi itu adalah bentuk kasih sayang dan perhatian dari nenek tercinta. Semenjak kecil saya dikenalkan nenek dengan tanaman-tanaman obat. Mungkin nenek selalu lihat saya sakit-sakitan, jadi selalu cari cara buat menyembuhkan cucunya. Biasanya nenek menggunakan cara-cara tradisional untuk menyembuhkan penyakit tertentu, yang sudah dilakukannya secara turun temurun. 

Daun sirih di rumah
Ayah juga sangat rajin menanam tanaman obat di depan rumah, salah satuny daun sirih yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Saya masih ingat 2007 silam saat ayah meninggal, daun sirih yang sudah ditanamnya selama 7 tahun tiba-tiba saja mati, selang 1 hari setelah kepergian ayah. Daun sirih tiba-tiba saja menjadi layu dan kering. Padahal daun sirih yang ayah tanam selalu tumbuh subur, bahkan banyak orang-orang dari kampug sebelah yang suka ke rumah untuk minta daun sirih, baik itu untuk yang lahiran ataupun mengobati luka. Semua orang sangat menyayangkan sekali. Akhirnya dengan berat hati, saya dan paman membuang tanaman daun sirih yang telah mengering dan hanya menyisakan batangnya yang juga sudah mulai kering.

Akhirnya ibu memulai menanam kembali daun sirih, karena kami sekeluarga sudah paham betul dengan manfaat dari tanaman yang satu ini. Mengingat sudah turun temurun daun sirih digunakan untuk mengobati penyakit. Ada beberapa manfaat yang sudah saya rasakan dari daun sirih, terutama untuk kesehatan, mulai dari:

1. Menurunkan demam


Sejak lama atau zamannya nenek, daun sirih ini bisa brmanfaat untuk menurunkan demam. Itulah yang selalu kami lakukan, jadi kalau demam anak tidak turun-turun, kami lakukan melakukan cara tradisional untuk menurunkan demam. Dengan cara, ambil 3-4 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah parut, sedikit asem, dan sedikit minyak. Setelah itu remas-remas daun sirih dan campurkan semua bahan. Balurkan ke tubuh anak dan bedong anak dengan kain, untuk area wajah dan kepala jangan dibalur ya. Tunggu sampai daun kelihatan kering, buka dan bersihkan tubuh anak dengan air hangat. Insya Allah demam anak turun, dan tidur dengan nyenyak.

2. Mengobati bau mulut yang bikin ga percaya diri

Memiliki masalah gigi berlubang ssejak gadis, tentu sering juga bau mulut. Duuh, ini bikin saya ga percaya diri banget. Akhirnya nenek da ibu selalu merebuskan 3-5 daun sirih untuk saya pake berkumur-kumur. Setelah melakukan cara ini selama sebulan, bau mulut bisa teratasi. Apalagi saat sariawan cara ini juga selalu saya lakukan.

3. Mengatasi mimisan

Semenjak kecil saya selalu mimisan, mungkin efek sakit migrain sejak kecil yang saya rasakan. Mimisan sudah biasa banget, tapi kalau keluar darah terus suka bikin saya pingsan. Tapi, nenek selalu bilang, kalau lagi mimisan buruan ambil satu daun sirih, cuci bersih dan gulung kecil, masukkan kehidung. Dan mimisan pun berhenti. Daripada dimasukin kapas, dengan cara ini malah lebih cepet berhenti darahnya.

4. Mengatasi masalah menstruasi

Saat gadis saya juga bermasalah dengan menstruasi yang tidak lancar, suka sedikit demi sedikit gitu, pokoknya ga lancar banget deh. Nenek pun selalu menyarankan saya merebus daun sirih 3 lembar saja dan itu menjadi satu gelas kecil. Ini bisa dilakukan selama haid dan setelah haid. Selain mengatasi masalah haid, minum rebusan daun sirih juga bisa membantu untuk menghilangkan masalah bau badan. 


5. Menjaga keharmonisan rumah tangga

Loh kok bisa, apa hubungannya ya? Tentu saja, karena menjaga keharmonisan keluarga bukan saja dengan saling pengertian, saling menghargai dan pandai merawat diri, tapi juga harus bisa memperhatikan dan menjaga kesehatan organ intim. Supaya suami pun menjadi betah di rumah. Merawat diri memang penting, apalagi merawat kesehatan organ intim. Dan daun sirih ini juga membantu untuk mengatasi masalah kewanitaan, seperti gatal, bau tak sedap, dan keputihan.

Daun sirih untuk menjaga keharmonisan rumah tangga

Dulu saya memiliki masalah kewanitaan, salah satunya adalah keputihan. Duuh ini neh yang sempet bikin saya deg-degan sebelum menikah. Akhirnya ibu selalu menyuruh saya meminum rebusan daun sirih, untuk bisa mengatasi masalah keputihan. Selain diminum, saya gunakan rebusan dau sirih untuk menjaga kesehatan organ intim. Daun sirih ini memang kaya akan manfaatnya, bukan saja untuk kesehatan, tapi juga bisa menjaga keharmonisan rumah tangga, salah satunya menjaga kesehatan organ intim.

Seorang wanita yang sudah menikah, tentu penting sekali untuk menjaga keharmonisan keluarga, jangan sampai masalah kewanitaan membuat rumah tangga bermasalah. Wanita yang sudah menikah ataupun belum pasti memiliki masalah yang sama, yakni sering keputihan. Baik itu, ada yang merasakan keputihan sebelum haid atau bahkan setiap hari. Saya sendiri saat gadis sering banget mengalami masalah keputihan. Saya pun sampai bertanya-tanya, kenapa sering banget keptihan, sampai akhirnya saya dikassih tahu saudara teman saya yang merupakan tenaga kesehatan. Penyebab keputihan itu banyak banget, bisa itu karena hormonnya tidak seimbang, stress, kelelahan, jarang ganti celana, hingga salah memiliki produk kebersihan organ intim.


Maka dari itu penting loh menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim, saat sedang menstruasi gantilah pembalut secara rutin, dan kalau sudah buang air kecil, usahakan organ intim juga dilap, supaya tidak basah yang bikin lembab dan jamur. Mengatasi keputihan yang pernah saya alami, salah satu caranya dengan menggunakan daun sirih, Karena daun sirih ini memiliki kandungan tanin yang bermanfaat untuk antiseptik. Apalagi sudah dipercaya keluarga juga secara turun temurun dalam menghilangkan keputihan.

Keputihan pada wanita yang selalu disertai dengan gatal, bau tak sedap tentu ini membuat tidak nyaman. Jangan sampai masalah inipun datang saat sudah berumah tangga. Maka dari itu saat keputihan, gunakan godokan sirih untuk membasuh organ intim, atau bahkan rebus 3-4 lembar daun sirih dan minum. Untuk menjaga kebersihan organ intim sekarang ada cara mudah dan Insya Allah halal dan higienis, yakni dengan Resik V.

Resik-V Godokan Sirih


Selain merebus daun sirih, salah satu cara yang sering saya lakukan dalam menjaga kebersihan organ intim adalah dengan menggunakan Resik-V Godokan Sirih yang bisa mengatasi keputihan gatal. Resik-V Godokan Sirih ini merupakan antiseptik alami yang terbuat dari air rebusan daun sirih dan diperkaya dengan Ekstrak Rumput Fatimah. Produk ini berfungsi membersihkan dan memelihara kesehatan area kewanitaan. membantu dalam mencegah dan mengatasi keputihan, gatal-gatal, serta mengurangi bau tidak sedap. 

Resik-V Godokan Sirih produksi PT. Kino Indonesia sudah teruji secara MIKROBIOLOGI dalam membantu mengurangi jumlah jamur Candida Albicans yang menjadi penyebab keputihan. Produk yang satu juga halal dan sudah berlabe MUI dengan no. 0015005976111 dan harganya juga sangat terjangkau sekali. Saat menstruasi atau setiap hari bisa menjaga kebersihan organ intim dengan produk antiseptik.. Jadi kalau dulu harus rebus dulu daun sirih untuk obat keputihan, kini tidak usah ribet lagi, karena ada produk halal, yakni Resik-V Godokan Sirih.


Merawat organ intim kewanitaan itu penting banget, apalagi dengan menggunakan godokan sirih. Dalam memilih produk juga harus cermat, bisa dengan memilih yang halal dan higienis yang mampu mengatasi masalah keputihan dan mengetahui khasiat sirih sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Dan Resik-V Godokan Sirih menjadi salah satu produk pilihan yang cocok, terutama untuk para wanita Indonesia. 


Dengan kehadiran Resik-V Godokan Sirih di rumah, tentu ini menjadi sahabat terbaik yang juga bisa menjaga keharmonisan rumah tangga. Penggunaanya pun sangat mudah, tuangkan secukupnya ke telapak tangan, lalu usapkan ke area kewanitaan dan bilas hingga bersih. Gunakan setiap hari dan rasakan manfaatnya. Area kewanitaan semakin nyaman, bersih, bau tak sedap hilang, dan membantu mencegah serta mengatasi keputihan. Suami pun akan semakin senang dan betah di rumah. Dengan begitu dengan pintar merawat diri, saling pengertian, saling menyayangi, hingga rajin menjaga kebersihan organ intim supaya bebas keputihan dan menjadikan rumah tangga selalu bahagia. 

47 komentar

  1. Mbak itu yang dipakai minyak apa yang dibuat campuran untuk menurunkan demam? Berarti daun sirihnya diremas-remas sampai membentuk butiran-butiran itu ya?

    Baru tau daun sirih juga bisa menurunkan demam selain untuk mengatasi masalah kewanitaan hahhaa. Untungnya sekarang kok ada yang praktis kayak Resik V gitu ya mbak, soalnya susah juga nyari daun sirih di komplek sekarang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku biasanya pakai minyak. Kletik mba namanya. Soalnya nenek suka menyarankan itu.
      Jafi remas sampao berair gitu. Ini ramuan sejak dulu hehe.
      Iya bener ada Resik V memudahkan banget.

      Hapus
  2. kalo saya di kampung seminggu sekali pasti godok daun sirih, kata emak sih uapnya aja udah bagus untuk kesehatan kulit. zaman dulu sih nenek suka bikin daun sirih buat ngebersihin gigi.
    sekarang di jakarta jarang banget ada tumbuhan sirih, kalo beli produk daun sirih untuk kesehatan V masih ragu katanya sih justru malah ngundang kuman. Tapi kayaknya godokan sirih ini bener2 asli godokan sirih jadi gak bikin saya ragu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba daun sirih beragam manfaat banget ya.
      Di jakarta memang susah cari daun sirih, jarang ada yang nanem juga. Makanya klo pulang kampung aku selalu bawa.

      Hapus
  3. Daun sirih sudah jadi tanaman wajib di rumah ibu saya. Sayangnya ketika saya pindah ke Jakarta sangat susah menanamnya. Posisi rumah yang tidak mendapat sinar matahri pagi secara langsung membuatnya berkali-kali ditanam tapi mati lagi. Untungnya sekarang ada Resik V Godokan Sirih. Jadi amanlah meskipun nggak bisa nggodok sirih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, entah kenapa saya bawa ke Jakarta malah selalu mati. Mungkin panas ya cuacanya gitu.
      Resik V solusi banget ya

      Hapus
  4. ibu saya juga menyarankan pake daun sirih, ternyata kasiatnya berguna juga yaa mbak :)

    BalasHapus
  5. Yup penting banget nih apalagi yang sudah nikah hehe tapi saya baru tahu manfaat lainnya mba tfs ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba daun sirih ini banyak sekali manfaatnya

      Hapus
  6. Banyak ya manfaat daub sirih, andalan ibu saya nih

    BalasHapus
  7. Kalo aku mimisan pasti langsung disuruh ibu untuk pakai daun sirih. Daun sirih banyak juga ya mbak manfaatnya. Terimakasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
  8. Kalau kataku daun sirih itu obat alami, banyak banget ya manfaatnya.

    BalasHapus
  9. Daun sirih memang punya khasiat besar bagi wanita, dan sekarang dipermudah dalam botol yang kaya akan manfaat daun sirih

    BalasHapus
  10. ini product pembersih kewanitaan favorite aku sampe skrg.. wanginya smriwiiiing banget ya... syegeer..

    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  11. Aku belum pakai nih Resik V, tapi tahu manfaat godokan daun sirih banyak khasiatnya. Coba pake ahh biar tambah disayang sama suami...😉

    BalasHapus
  12. samaan nih Lis.., aku juga pake ini.. simple n praktis.

    BalasHapus
  13. Aku juga pakai Resik V Godokan Sirih di rumah karena emang enak wanginya dan busanya nggak nempel di Miss V. Rasanya keset2 gemes gitu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau habis pake terasa banget kesetnya, busanya juga ga banyak ya

      Hapus
  14. Banyak nih manfaatnya daun sirih buat kehidupan.

    BalasHapus
  15. Aku suka banget pakai Resik V ini jadi nyaman area kewanitaan dan bersih.

    BalasHapus
  16. yupz mimisan pake daun sirih.. tapi kalo yg ini khusus wanita aja ya mba? nice infoh

    BalasHapus
  17. Aku juga pernah tu jaman SMP. Direbusin daun sirih trus airnya diminum supaya gak bau badan.

    BalasHapus
  18. Saya taunya, daun sirih utk hidung mimisan sama nguyah tembakau (buat nenek)
    Ternyata, banyak bgt manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget mas manfaatnya, cowo juga bisa hehe

      Hapus
  19. Memang banyak banget manfaatnya, bisa juga utk arsitektur taman lis, dan skr enggak usah repot ya rebus daun sirihnkarena sdh ada ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jadi arsitektur taman bagus ya karena pohonnya merambat. Iya neh ga usah repot godok sirih, udah ada Resik V

      Hapus
  20. Ibuku sering saranin pakai daun sirih gini, tapi males ya kalau rebus sendiri hahaha. Untungnya ada produk olahan daun sirih yang praktis gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau males, tinggal beli Resik V saja, parktis dan mudah

      Hapus
  21. Wah jadi pengin nanam sirih karena banyak manfaatnya. Kalau di pot bisa tumbuh nggak ya di Jakarta Timur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pot aku pernah coba malah mati, mending ditanam di tanah mba

      Hapus
  22. duh masalah keputihan emang mengganggu banget, aku biasanya sebelum haid. aku penasaran sma produk resik v godokan daun sirih, dan kemarin sudah beli saat dipakai wanginya daun sirih banget, ngingetin sma nenek tetangga yang suka nyirih.

    BalasHapus
  23. Ternyata banyak manfaat dari daun sirih ya

    BalasHapus
  24. Saya waktu remaja juga pakai godokan daun sirih yang rebus sendiri mbak, sekarang teknologi udah canggih kebantu banget ya dengan adanya Resik V ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.