3 Kebutuhan Pokok Seorang Freelance Keuangan


[Lifestyle] Semenjak memutuskan resign dari tempat kerja beberapa tahun silam , saya memutuskan untuk menjadi seorang freelance. Saya memutuskan untuk menerima jasa mengatur keuangan usaha. Yang pada akhirnya pekerjaan yang saya lakukan ini hampir sama dengan pekerjaan sebelumnya, yakni bikin pencatatan dan ngitungin duit orang. Untuk kelancaran pekerjaan, seorang freelance keuangan, tetap butuh perlengkapan, salah satunya calculator.

Bahagianya menjadi freelance keuangan yang selalu warnai hidup

Sebenarnya keputusn resign bukan tanpa alasan, itu karena saya pengen banget punya anak. Tapi, dilain pihak saya tetap ingin melakukan banyak hal dan bekerja, maka dari itu saya putuskan saja menjadi seorang freelance. Freelance (tenaga lepas) menurut wikipedia adalah seorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan / atasan dalam jangka waktu tertentu. 

Saat berhenti bekerja dan sedang hamil muda, saya sempat bingung mau mengerjakan apa, maklumlah sayakan biasa beraktivitas setiap hari. Setelah anak lahir, seorang teman mendatangi saya dan meminta bantuan untuk mengelola keuangan usahanya. Dan itu menjadi peluang buat saya untuk buka jasa mengelola keuangan usaha. Sejak saat itu teman saya ini menjadi klien pertama. Sedikit demi sedikit saya mulai ada aktivitas, biarpun hanya di rumah. Bahkan ada yang mengajak saya untuk mengelola usaha WO. Yang akhirnya membuat saya punya pengalaman baru dan kenal vendor-vendor ngehits di Jakarta. Biarpun uang yang saya dapatkan tidak menentu setiap bulannya, setidaknya uang yang dihasilkan melebihi gaji saya saat bekerja kantoran.


Itulah mengapa saya suka menjadi seorang freelance, karena bisa mengatur pekerjaan sendiri dan anak pun bisa saya urus dengan baik. Apalagi pekerjaan yang saya lakukan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki, jadi sesuai banget deh. Menjadi Freelance selama kurang lebih 7 tahun membuat saya bahagia banget, karena bukan mengelola keuangan saja, tapi ada banyak hal yang sudah saya lakukan. Sehingga mampu menambah pengetahuan dan pengalaman baru. Yang saya kerjakan mulai dari:
  • Melakukan pencatatan dan membuat laporan keuangan, hingga mengurus pengeluaran operasional bulanan.
  • Menerima konsultasi pernikahan, terutama dalam hal budget pernikahan dan vendor.
  • Mempersiapka event, baik ulang tahun,  dan lainnya.
  • Menulis di blog. 
Hobi menulis di blog, membawa berkah tersendiri, karena saya dapat bonus dengan menerima banyak job mereview, hingga ikut berbagai kegiatan. Tulisan di blogku juga ga jauh-jauh dari urusan mengelola uang. Hampir setiap hari aktivitas di atas saya lakukan. Semuanya saya jalani dengan penuh kebahagiaan dan penuh syukur. Menjadi freelance keuangan membuat saya menemukan banyak hal baru, yang pada akhirnya bisa melakukan banyak hal dan memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan. Mengelola keuangan memang sudah saya sukai sejak lama, bahkan sejak saya memutuskan mengambil jurusan Akuntansi di SMK dan Manajemen di kampus.

Dengan ilmu yang saya dapatkan ini. Bukan saja membantu teman-teman mengelola keuangannya dalam memajukan usaha, atau membantu pasangan calon pengantin mengelola budget pernikahan. Tapi saya bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menghitung anggaran bulanan rumah tangga supaya tercukupi. Sehingga masa depan anak terjamin dengan baik. Saya yang waktu masih bekerja sangat boros, menjadi lebih paham mana kebutuhan yang menjadi prioritas utama dan mampu menahan diri untuk beli ini itu yang tidak penting.

Menikmati alam bebas
Mengingat menjadi freelance itu tidak terikat dengan waktu, maka dari itu saya bisa mengatur semua aktivitas yang saya lakukan, hingga semua pekerjaan dan urusan rumah tangga bisa diselesaikan dengan baik. Yang perlu jadi catatan penting sebagai seorang freelance adalah ambil beberapa pekerjaan sah-sah saja, yang penting sesuai kemampuan kita. Jangan lupa juga untuk selalu menuliskan pemasukan yang kita dapatkan. Supaya uang yang dihasilkan pun bisa dikelola dengan baik.

Menjadi freelance bikin senang dan bisa bekerja dimana saja sesuai hati (bisa di rumah, cafe, hingga alam bebas), yang penting ada koneksi internet. Kadang ke kantor juga cukup sebulan sekali, buat menyampaikan laporan dan planning sebulan ke depan. Saat ini untuk urusan mengelola keuangan usaha, saya hanya pegang 1 klien dengan 3 usaha. Sedangkan urusan wedding, alhamdulillah selalu ada. Menjadi freelance keuangan benar-benar mewarnai kehidupan saya, karena dengan aktivitas ini saya bisa belajar dari banyak orang, bertemu dengan orang baru, mendapatkan teman, hingga pengalaman yang luar biasa.

Biarpun begitu, pernah loh saya mengalami bad mood yang membuat saya malas melakukan aktivitas. Bahkan saya marah-marah ga jelas. Terkadang bad mood selalu datang tanpa adanya alasan yang jelas. Mood atau suasana hati memang penting bagi saya, karena bisa mempengaruhi produktivitas. Biarpun bad mood hanya berlangsung sementara, jangan sampai dibiarkan begitu saja, karena ga baik juga buat diri sendiri maupun orang-orang sekitar kita. Ga mau dong gara-gara bad mood, aktivitas terhambat. Maka dari itu penting buat menglola emosi. Saat bad mood datang, saya selalu punya cara untuk menghilangkannya dan ini menjadi little things to boost mood & productivity, yakni:


  • Mood booster yang pertama buat saya adalah ngemil. Kenapa? Karena ngemil itu buat saya bahagia. Biasanya saya ngemil cokelat, snack, dan makanan lainnya. Tapi, berhubung sekarang saya sedang menjalani diet sehat, cemilan pun diganti, dengan warna warni buah dan sayur. Biasanya seh wortel rebus dan ubi, jus buah segar, hingga salad.
  • Istirahat yang cukup sambil mendengarkan musik atau ayat-ayat suci Al-Quran.
  • Jalan-jalan ke alam bebas. Nah ini jadi mood booster saya yang paling ampuh, dengan datang ke alam bebas bisa membuat diri saya semakin rileks dan pikiran tenang. Karena di alam bebas bisa dapat suasana yang adem, udara sejuk, hingga dimanjakan pemandangan yang indah. Biasanya kalau habis ke alam bebas, saya langsung bersemangat lagi bekerja.
  • Membaca buku sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat, supaya semakin good mood. Dan akhir-akhir ini saya lagi senang baca buku tentang rencana keuangan dan juga bisnis. Kalau komik sebagai hiburan saja. Habis malu baca komik terus hehe.
  • Penuhi 3 kebutuhan pokok sebagai seorang freelance keuangan. Karena dengan 3 kebutuhan pokok ini, bisa semakin bersemangat dan produktif. Kebutuhan pokok harus tetap terpenuhi.

3 kebutuhan pokok seorang freelance keuangan

Salah satu mood booster saya adalah selalu penuhi 3 kebutuhan pokok sebagai seorang freelance keuangan. Sama halnya dengan manusia yang juga memiliki kebutuhan pokok (primer) yang terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Bagi seorang freelance keuangan saya juga butuh 3 kebutuhan pokok, untuk menunjang aktivitas. Tentunya ini bisa meningkatkan mood dan produktivitas. Bekerja pun semakin happy dan berwarna. 3 kebutuhan itu terdiri dari:

1. Laptop dan software akuntansi


Untuk membuat pencatatan hingga laporan, tentu saya membutuhkan laptop dan software yang lebih kece. Di awal-awal saya bikin manual tuh dengan Excel, maklumlah hanya satu toko. Tapi semakin ke sini, tokonya teman semakin banyak, otomatis pekerjaan saya bertambah banyak. Laptop yang mendukung software akuntansi itu perlu banget. Kalau pake laptop biasakan takutnya berat gitu. Untungnya jeritan hati seorang freelance ini di dengarkan juga oleh teman saya. Semuanya di fasilitasi, yang membuat saya semakin semangat bekerja, biarpun sampai larut malam.

Biarpun hanya sebagai seorang freelance, tetap butuh software akuntansi untuk mendukung pekerjaan. Apalagi klien saya inikan satu, tapi usahanya banyak, maka dari itu software dibutuhkan banget. Software akuntansi juga banyak banget, ada Keysoft Accounting, Jurnal.id, Fina, Zahir Accounting, hingga Corcus. Tinggal dipilih seh sesuai budget yang dimiliki. Teman saya sendiri melengkapi laptop dengan software Keysoft Accounting. Bikin bahagia saja deh bekerja sebagai freelance begini, karena semuanya semakin dimudahkan dalam membuat laporan dan pencatatan.  Berasa di kantor saja, bedanya ini di rumah. Jadi ingat dulu saat masih bekerja di kantor, Software Akuntansi yang digunakan selalu yang terbaik.

2. Buku catatan keuangan



Biarpun zaman now sudah era digital, saya yang sedikit pelupa, mau ga mau tetap mengandalkan catatan. Ini sekaligus bisa menjadi bahan pembanding, takutnya ada yang ga balance dari laporan keuangan. Kan bisa di buka-buka catatan lagi, sekaligus di cek kembali kwitansi, struk, hingga nota. Memiliki buku catatan keuangan sebagai seorang freelance itu penting banget buat saya pribadi. Biarpun cara ini manual, tapi manfaatnya banyak banget. Misal ga sempet buka laptop, daripada lupa, mending di catat dulu. Biasanya setiap bulan sekali saya dikirimi buku baru dan alat tulis oleh teman buat mencatat pengeluaran maupun pemasukan usahanya.

Buku catatan keuangan juga saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran harian, dari belanja sayur, hingga jajan anak-anak dan kebutuhan lainnya. Dengan buku catatan keuangan, menjadikan kita konsisten dalam mengelola keuangan sebaik mungkin. Apa masih boros atau hemat. Begitupun dengan usaha, bisa terlihat deh catatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dan harian. Berapa barang terjual, hingga mengetahui barang yang sudah kosong.

3. Calculator



Di smartphone dan laptop memang sudah ada calculator, tapi ribet banget buat saya. Apalagi udah punya software akuntansi yang kece, pasti perhitungan udah rill. Tapi yang namanya ngitung keuangan itu kan harus detail banget, makanya saya suka hitung ulang menggunakan calculator. Mungkin ya ini efek dari zaman dulu, ngitung keuangan belum afdol tanpa calculator. Bahkan ngitung uang bulanan rumah tangga juga pake calculator. Di rumah saya selalu sedia calculator, baik untuk perhitungan uang pribadi atau rumah tangga dan juga ngitung uang usaha. Oh iya, calculator zaman now juga makin kece dengan warna warni yang mampu mengembalikan mood, sekaligus mendukung style kita loh. Mengitung keuangan makin happy. Apalagi saat menghitung belanja harian.

My Style Colorful Calculator

Percaya tidak bahwa warna itu bisa mempengaruhi mood kita. Kalau melihat yang warna warni, mata dan pikiran langsung lebih fresh. Seperti saat saya melihat alam bebas, banyak pohon dengan daun hiijau dan udara sejuk, bikin hati dan pikiran langsung tenang. Terus, kalau melihat bunga warna warni bikin bahagia banget, langsung deh selfie-selfie cantik dan upload. Apalagi kalau melihat sayur dan buah warna warni langsung pengen makan. Begitupun dengan calculator zaman now yang dihadirkan oleh Casio. Dimana pada tahun 2017 lalu menghadirkan seri calculator terbarunya yakni "My Style" dengan PT. Sahabat Utama TraCo sebagai distributornya.


Sebagai pengguna calculator Casio sejak duduk di bangku SMK, saya sangat senang sekali ketika Casio menghadirkan produk terbarunya yang colorful banget. Sayakan dari dulu punya calculator Casio, warna yang saya miliki pasti hitam atau enggak abu. Tapi sekarang ada banyak warna yang bisa dipilih disesuaikan dengan my style colorful calculator.  Calculator terbaru yang dihadirkan Casio merupakan inspirasi baru yang dirancang dengan desain penuh warna, elegan dan berkelas disesuaikan dengan kebutuhan gaya hidup masa kini, dengan berbagai varian yang colorful dan stylish. Mau di bawa kemana saja tetap kece banget, karena desainnya udah kekinian banget. Mau di bawa ke sekolah bisa, atau mau di bawa jalan-jalan juga tetap ok kok. 

Seri calculator Casio Colorful Calculator hadir dengan pilihan warna yang fresh dan trendy. Dengan warna-warna yang indah dan unik tentu saja akan membuat hidup lebih ceria dan berwarna. Dan calculator baru dari Casio ini akan menemani perjalanan saya sebagai seorang freelance yang terbiasa bekerja dimana saja. Mau menghitung anggaran bulanan di cafe ngehits tetap asyikkan. Colorful Calculator ini juga ringan dan mudah buat di bawa kemana saja.

http://www.knowyourcolor.id
Saya termasuk orang yang suka warna cerah seperti biru, pink, hijau dan kuning. Pas melakukan tes warna di http://www.knowyourcolor.id ternyata hasilnya adalah warna favorit saya juga yakni hijau. Tapi untuk calculator Casio My Style, saya lebih suka dengan warna Yellow Green. Karena kuning itu melambangkan pribadi yang sangat menikmati hidup, dimana umumnya mereka sangat antusias, persuasif, spontan dan mudah bersosialisasi. Dan itu aku banget yang sangat menikati hidup, mau punya uang atau tidak tetap bahagia dan nikmati segala proses dalam kehidupan. Serta warna ini bisa menjadi mood booster, yang membuat saya semangat lagi bekerja, sekaligus meningkatkan mood dan produktivitas sebagai seorang freelance keuangan yang sehari-hari terus menghitung dengan calculator.

Warna memang menjadi hal kecil dan sederhana yang menjadikan mood semakin baik. Apalagi Casio Calculator selalu menjadi pilihan sejak dulu hingga kini. Produk terbaru Casio Colorful Calculator ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:


  • Daya: Sistem Daya Dua Arah, dengan sel matahari dan satu baterai gepeng LR54 (LR1130).
  • Masa pakai baterai: Kira-kira 3 tahun (1 jam pemakaian per hari).
  • Suhu Pengoperasian: 0 derajat celcius sampai 40 derajat celcius.
  • Dimesnsi (tinggi) x (lebar) x (panjang)/ Berat kira-kira (termasuk baterai): MS-7UC: 19.4mm x 85,5 x 120 mm/ 70gr. Serta berat 70g.
Casio Colorful yang saya miliki adalah seri MS-7UC-YG, merupakan mini desk type 10 digits. Dengan sistem daya dua-arah menyediakan daya meskipun dalam kondisi benar-benar gelap. Untuk daya mati otomastis, dimana sekitar 6 menit setelah pengoperasian tombol berakhir. Ada beberapa keuntungan yang dimiliki produk Casio Colorful Calculator, seperti:
Sumber: Facebook Casio
  • Dilengkapi dengan perhitungan pajak. Calculator ini benar-benar idaman banget, karena ada perhitungan pajak yang selalu saya butuhkan. Dengan Tax bisa melakukan perhitungan otomatis harga ditambah pajak, harga pajak kurang, diskon, harga jual, jumlah pajak, jumlah diskon dan jumlah margin.
  • Dilengkapi juga dengan perhitungan waktu. Dimana memungkinkan kita untuk input dan perhitungan mudah nilai jam, menit dan nilai dua.
  • Fungsi tanda perintah, dimana simbol +, -, x, pada layar menunjukkan status operasi yang sedang dilakukan.
  • Ada juga kunci rollover, dimana kunci operasi disimpan, jadi tidak akan ada yang hilang bahkan selama input berkesempatan tinggi.
  • Memiliki layar yang besar dan mudah di baca. Selain itu dengan kunci plastik yang dirancang untuk kemudahan pengoperasian.
Produk Colorful Calculator dijamin dari segala kerusakan dan kesalahan yang disebabkan oleh pabrik selama 1 tahun, terhitung dari tanggal pembelian, bebas biaya service dan sparepart. Untuk memiliki Casio Colorful Calculator gampang banget, tinggal kunjungi saja https://www.mataharimall.com/p-9604/colorful-casio-calculator, dan jangan lupa untuk masukkan promo code CASIOBLOGCU8377C

Produk Casio yang selalu menemani saya (warna abu), dan kini punya yang Casio Colorful Calculator
Sebagai pengguna Casio sejak dulu, benar-benar dimanjakan banget dengan kehadiran colorful calculator yang menjadikan aktivitas dalam menghitung keuangan menjadi lebih berwarna. Dan CASIO My Style banget deh, serta menjadi produk pilihan yang akan saya turunkan kepada anak-anak saat mereka sudah masuk SMK. Produk Casio juga awet dan tahan lama, karena sejak SMK saya punya Casio, tapi setelah lulus kuliah saya wariskan ke adik, dan calculatornya itu masih ada sampai sekarang. Berarti dari saya SMK ke Kuliah saja 7 tahun, awet bangetkan. Kalau yang Casio warna abu di atas baru saya miliki kurang lebih 6 bulan. Dan sekarang punya yang colorful calculator, makin lengkap.

Kehadiran Casio Colorful Calculator sudah memenuhi 3 kebutuhan pokok saya sebagai seorang freelance keuangan, sekaligus mampu menjadi mood booster paling ampuh dalam meningkatkan produktivitas. Karena warna-warnanya mampu membangkitkan semangat, rasa percaya diri dan ceria. Untuk informasi lebih lanjut dengan produk dari Casio, bisa kunjungi:

  • Facebook: https://web.facebook.com/casiocalculatorindo/
  • Instagram: https://www.instagram.com/Casiocalculator.id/





Sumber tulisan tentang sesifikasi Casio dari beberapa sumber:

  • http://www.casio-intl.com/asia/en/calc/mystyle/
  • http://www.sahabatutama.com/news
  • Facebook Casio

53 komentar

  1. kalkulatornya cakep ya..
    casio gitu loh..hehe

    BalasHapus
  2. Astaga warnanya lucu lucu ya Mbak. Aku juga seorang freelancer, postingannya bikin aku jadi mikir gimana cara manage keuangan. Apalagi persoalanku kan tanggal payment fee yang enggak tentu. Emang harus dibikin laporan sih ya mbak hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibikin mba, jadi biar tahu pemasukan dan pengeluarannya berapa

      Hapus
  3. Warna favoritnya sama :)
    Benar banget, walau di laptop dan gadget ada kalkulator, rasanya kalau nggak pegang barangnya, belum maksimal hitung-hitungannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, soalnya pake kalkulator jadinya mudah ngitung jutaan juga

      Hapus
  4. Hayuk kita ngopi cantik, Teteh.

    Aku pakai casio colorful calculator buat itung2 belanja bulanan, Teh. Sama ngitung diskonan juga sih kalu lagi nge-mol... :D

    BalasHapus
  5. Mbak Lis selalu detil dalam bercerita. Sesuka saya :)

    BalasHapus
  6. Kapan-kapan saya berguru soal keuangan ya, mbak
    Ini kadang pas tutup buku penjualan ada minus wkwkwkw

    BalasHapus
  7. Lengkapp banget mbak hehe. Mkaasih sharingnya mba :)Btw aku juga pengen ikutaann lomba blog ini tp harus beli kalku nya dulu ya? hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat ya mba. Iya mba harus beli kalkulatornya, bisa pake kodeku itu hehe

      Hapus
  8. Warna pengaruh banget yah mbak, sama aktifitas utk menghitung2, apalagi utk kalkulatornya sendiri yg berwarna favorit kesukaan heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ngaruuh banget buatku, jadinya otak makin fresh klo lihat yang warna warni

      Hapus
  9. Baru tahu ternyata kelahiran 1986 ya Kak? Pantesan... :-D

    BalasHapus
  10. kemarin nemu pink terus ungu sekarang kuning
    wah jadi kayak upin ipi
    eh
    asyik ya casio ini emang juara

    BalasHapus
  11. Wah jadi inget ketika masih jafi freelance sewaktu kuliah pengen ngerasakan waktu waktu bebas tanpa terikat waktu, bisa nentukan pekerjaan dengan waktu yang kita mau

    BalasHapus
  12. Mba Lis keren banget ah, berani keluar dari zona nyaman dengan menjadi frelance. Sukses terus ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena semua ada pikihan mba, waktu itu pikihanku lebih ke anak

      Hapus
  13. Freelance menyenangkan ya...

    BalasHapus
  14. kalkulatornya warna warni ya.... ngitung ngitung aku juga lebih seneng pake kalkulaor. pencetnya tegas dan bisa fokus ngitung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahkan sama kesukaannya ngitung pake kalkulator

      Hapus
  15. wah sekarang berwarna warni ya, jadi kece

    BalasHapus
  16. Wah kalkulator kuningnya cakep, aku belinya yang warna hijau tosca.

    BalasHapus
  17. Pingin jadi Freelance, tapi belum punya nyali. naksir kalkulatornya euyyy

    BalasHapus
  18. Duuhhh ak nih lg galau. Bawaannya pengen resign mulu.

    BalasHapus
  19. Ak paling seneng kalkulator casio yg mystyle ini mbak. Selain bisa ngitung buat pajak, bisa juga ngitung buat waktu. Praktis banget

    BalasHapus
  20. Sukaaaaa sama warna kalkulator casio,,warnanya bikin mood banget deh.

    BalasHapus
  21. Casio sekarang banyak pilihan warna sesuai kesukaan para konsumen nya, aku juga pakai warna biru mba.

    BalasHapus
  22. penting bgt tuh kalkulator. bukan hanya pedagang, freelance juga perlu ya.

    BalasHapus
  23. Samaa kita kelahiran 86 hehehe... btw kalkulatornya lucu banget warnanya ya...

    BalasHapus
  24. Kalkultornya keren keren ya ceu

    BalasHapus
  25. Mbaa, kalkulatornya kece banget! Aku mau yang warna hijau <3

    BalasHapus
  26. Cantik banget yah kalkulatornya. Jadi pengen punya juga. 😱

    BalasHapus
  27. Ih enak banget jadi freelancer yaaa .. kangen freelance hiks hiks.. itu calculator warnanya segar bikin ngitung2 jadi hepi hahaha

    BalasHapus
  28. Emang keren banget nih calculator casino

    BalasHapus
  29. Warna-warnanya colourfull ya Mbak, bikin mood kita selalu on fire.

    BalasHapus
  30. Kalkulator casio bukan sekedar alat hitung ya tapi tampilan warnanya juga bikin semangat. Semangat jangan ampe salah itung ��

    BalasHapus
  31. waahhhh kebanyakan mood boosternya me time ya.. samaaaaa.. aku juga punya casio yang ungu

    BalasHapus
  32. suka Warna kuning ya mbak... hehe

    BalasHapus
  33. dulu juga pernah jadi freelance penerjemah tapi bosen karena ketika lagi gak ada order terjemahan jadi gak dapet uang hehehe.
    tapi emang enak jadi freelance lebih bebas daripada kerjaan saya yg sekarang.
    apalagi ngurusin keuangan kalo gak da kalkulator kayaknya gkbs wkwkwk. untung ada casio yang kece

    BalasHapus
  34. Warna kalkulatornya.. Bikin mata melek.. Sukaaakkk...

    BalasHapus
  35. klo kalkulatornya cute ginih bawaannya pengin ngitung2 mulu hahahaha eh, tapi gak bisa ngitungin duit bu dendy kali ya, udah poning duluan liat duit disawer2

    BalasHapus
  36. Itu kalkulatornya bikin gemes, kaya gulali abang-abang. Jadi pengen ngitung mulu dehh..

    BalasHapus
  37. kalau kalkulatornya warna-warni bisa dicocokin sama busana dan tas ya

    BalasHapus
  38. warnaku ternyata kuning. jadi freelance harus pinter ngatur waktu ya, aku sendiri saat gak kerja ngerasa terlalu santai, dan malah ada kerjaan yg trbengkalai, jdi bner2 harus menyesuaikan diri lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.