5 Wisata Alam Garut Jawa Barat


[Wisata Indonesia] Lahir dan besar di Garut, tentunya memiliki banyak sekali kenangan indah. Ketika pulang ke kampung, tidak cukup menjelajahi sehari atau 2 hari. Karena selalu banyak tempat yang ingin dikunjungi, baik itu untuk kulineran, ataupun menikmati wisata alam. Garut yang juga sebentar lagi akan melaksanakan Pilkada Serentak, semakin ramai dengan munculnya tempat-tempat asyik buat kulineran. Jadi, saat datang ke Garut untuk jelajahi wisata alamnya, bisa sambil menikmati aneka kuliner yang lezat.

Wisata Alam Garut

Seminggu ini saya tinggal di Garut Jawa Barat, selain untuk menengok anak-anak, saya juga bekerja sambil berlibur di kota kelahiran ini. Setiap bulan saya memang pulang kampung, bisa sebulan sekali, sampai 2 minggu sekali, tergantung jadwal suami. Pulang ke Garut kali ini cukup berbeda, karena sepanjang jalan banyak poster dari calon-calon untuk Pilkada Garut, maupun Pilkada Jawa Barat. Tapi, kali ini saya tidak bakalan ngomongin Pilkada Serentak, melainkan bercerita tentang wisata alam yang ada di Garut Jawa Barat.

Mesjid Agung Garut
Semenjak kecil saya sudah diajarkan ayah untuk selalu menjelajahi alam di Garut. Maka dari itu, saya selalu ikut serta Pramuka. Ayah selalu mengajak saya kemping di alam bebas, dan mendaki gunung. Papandayan menjadi gunung pertama yang berhasil saya daki bersama ayah dan para remaja yang selalu dibimbingnya. Saat melakukan kemping, banyak sekali yang saya pelajari, salah satunya tentang mencinta alam dan lingkungan sekitar, kemandirian, berani hingga bertanggung jawab.

Wisata alam yang ada di Garut banyak sekali yang bisa dinikmati bersama keluarga, hingga lokasi yang cocok buat prewedding. Dan ada 5 wisata alam di Garut Jawa Barat yang bisa dikunjungi, seperti:

Baca juga: Kuliner Khas Manado

1. Gunung Papandayan



Wisata alam yang ada Gunung Papandayan sangat indah dan menarik. Tempat ini selalu jadi pilihan pasangan untuk lokasi prewedding di Garut Jawa Barat. Gunung Papandayan terletak di Cisurupan Garut Jawa Barat. Untuk masuk ke lokasi ini bisa menggunakan mobil dan motor, atau bisa juga menggunakan umum. Setiap pengunjung yang masuk kawasan Papandayan dikenakan biaya yang berbeda, dari tarif biasa dan hari libur, dari pengunjung nusantara dan mancanegara. Misalnya saja, pengunjung nusantara dikenakan tarif 20.000, belum termasuk kendaraan. Sedangkan untuk pengunjung mancanegara dikenakan tarif 200.000 belum termasuk kendaraan yang di bawa. Untuk shooting di lokasi ini juga dikenakan biaya sebesar 2.850.000, sedangkan prewedding 1.750.000.

Hutan Mati Papandayan

Di Gunung Papandayan pengunjung juga bisa kemping, menikmati pemandangan alam, melihat hutan mati, padang rumput, melihat kawah emas, dan tersedia juga pemandian air panas alami. Tentunya tiketnya itu berbeda lagi. Nah,, tinggal pilih deh tuh, kalau mau main ke Gunung Papandayan mau ngapain saja. Kalau saya seh sukanya kemping dan menikmati keindahan alam.

2. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark menjadi tempat bermain dan tentunya wisata alam baru di Garut Jawa Barat. Pesona Kamojang Ecopark ini bisa menjadi alternatif liburan buat keluarga, sekaligus alternatif liburan dan sekolah alam. Saat ini kawasan KAmojang Ecopark sudah dibuka untuk umum, dengan biaya masuk sebesar 10.000 perorang dan parkir 3.000. Di area Kamojang ecopark yang berada di kawasan hutan pinus, terdapat beberapa fasailitas, ada cafe, toilet, musholla, penyewaan ATV, camping ground, off road, hingga outbound.

Pohon Pinus di Kamojang Ecopark


Di tempat ini bisa juga menyaksikan pemandangan Darajat. Lokasi ini terletak di Jl. Samarang Garut Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan antara Garut dan Bandung. Biarpun sebagian masih dalam proses pembangunan, tempat ini bisa menjadi alternatif yang seru buat berlibur bersama keluarga ataupun pasangan, sambil menikmati pemandangan dan alam Garut yang indah.

3. Gunung Cikuray


Samudera awan dari Gunung Cikuray
Wisata alam selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Gunung Cikuray yang berada di Kabupaten Garut. Aksesnya sediri ada 2, yakni bisa melalui Kecamatan Cilawu yang selalu populer untuk melakukan pendakian(via pemancar), dan bisa juga dilalui dari Kecamatan Bayongbong, namun track pendakian dari tempat ini lebih ekstream. Ya tinggal pilih saja, mau mendaki lewat mana, Kecamatan Cilawu atau Kecamatan Bayongbong. Kalau mendaki melalui hatiku seh udah ga bisa #eaaah, *ga nyambung. Di Gunung Cikuray bisa menyaksikan hutan yang lebat, Samudera Awan dan pemandangan indah dari ketinggian 2.821 MDPL.

4. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Ada juga wisata alam Gunung Guntur yang terletak di Tarogong Kaler Garut Jakarta. Disini juga terkenal dengan kawasan pemandian air panas (Cipanas). Pintu masuk Gunung Guntur ada di Tanjung. Pemandangan indah bisa disaksikan saat mendaki Gunung ini, terutama saat malam hari. Masuk jalur pendakian Gunung Guntur hanya 12.500.

Baca juga: Pasar Tomohon Manado

5. Karacak Valley

Wisata alam selanjutnya yang bisa dikunjungi di Garut adalah Karacak Valley yang terletak di Sukanegla, Margawati Garut Jawa Barat. Karacak Valley menjadi lokasi wisata baru yang bisa dikunjungi, tempat ini menawarkan wisata alam yang sejuk dan indah. Di area ini menawarkan keindahan alam, seperti kawasann pohon pinus, curug ngebul, hingga camping ground. Sepanjang jalur menuju curug sudah tersedia toilet, tempat istirahat dan musholla.

Karacak Valley
Bahkan ada juga area selfy, area outbound, area hammock, area kebun kopi, road tracks, hingga warung. Saat hari libur tempat ini ramai dikunjungi, yang kebanyakan para remaja. Bahkan saat datang ke tempat ini, ada banyak remaja yang asyik berkumpul, baik sekedar berfoto, maupun jalan-jalan menikmati alam. Untuk menjangkau tempat ini memang lumayan ekstream, karena berada di area perkebunan. Biasa masuk ke Karacak Valley sebesar 10.000 rupiah.


Curug Ngebul Karacak Valley (abaikan wajah kelelahan habis naik turun jalan menuju Curug) 
Selain 5 wisata alam di atas, masih banyak lagi wisata alam lainnya yang bisa dinikmati. Ada pemandian air panas, hingga curug dan situ. Bahkan di Cilawu dekat area Gunung Cikuray, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya kebun teh. Sedangkan Cisurupan ada taman kopi, sedangkan dekat dengan Papandayan ada camping ground. Ada juga Bukit Kecapi di Salawu yang berbatasan dengan Tasikmalaya. 

Jadi, jangan bingung kalau ke Garut, wisata alamnya banyak pilihan. Mau ke pantai juga bisa di Pameungpek ada Pantai Sayang Heulang dan Santolo Garut. Nah, buat yang  pengen ke Garut naik umum juga bisa, dari Jakarta cari saja bus Primajasa atau naik kereta turun di Stasiun Cibatu, sampai deh. Jelajah Garut memang ga cukup sehari saja, banyak tempat yang bisa dikunjungi. 5 wisata alam Garut Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan, pulangnya bisa sambil kulineran atau belaja produk kulit dan dodol khas Garut.

40 komentar

  1. Untung saya warga lokal, tarif masuknya murah untuk ke Papandayan yaa :D

    BalasHapus
  2. kayakny di Garut lebih banyak gunung ya ceu ^^

    BalasHapus
  3. Pingin banget ke Papandayan, curug dan Cikuray.. Garut tunggu aku ya

    BalasHapus
  4. Teh Lis, ajak akuuu ke Garuuuut doooong, belum sempat eksplor sana hohoho

    BalasHapus
  5. Wisata di garut keren-kere semuanya euy, saya penasaran sama Karacak Valley. Dari semuanya saya aja baru denger nih. Kayaknya potensi wisata di tiap daerah sedang ngehits nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karacak vallet, ecopark termasuk wisata baru di Garut

      Hapus
  6. Langsung pengin banget ke Kamojang Ecopark! Thank you rekomendasinya :)

    Visit me on www.justianedwin.com

    BalasHapus
  7. Kapan hari nonton taygn traveling,katanya Garut punya 90an curug,masih ada puluhan yang belum terekspos...banyak gunung berarti ya Mbk di Garut. Semoga suatu saat bisa ke Garut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget mba gunung di Garut, makanya banyak curug

      Hapus
  8. Pingin ke Garuuut.. Penasaran sama Gunung Papandayan, suka liat foto-fotonya di sana bagus ya Mba Lis.. :)

    BalasHapus
  9. bagus banget
    aku pingin ke gunung cikuray
    kereen

    BalasHapus
  10. Keren-keren ternyata ya, Teh. Save dulu, siapa tahu ada waktu untuk menjelajah gunungnya.
    Next time bahas kulinernya dong, Teh..he

    BalasHapus
  11. Garut ini underrated ya karena pada sukanya ke Bandung. Padahal sama-sama di Jawa Barat dan ngga jauh dari Jakarta. Thanks for sharing, mbak.

    BalasHapus
  12. Sering ke Garut tapi gak tau sama tempat wisatanya. Paling kalau kesana main kerumah saudara trs pulang. Kapan-kapan mau piknik sekalian ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak kalau sering ke Garut, cobain piknik dong biar seru

      Hapus
  13. Ngiler deh sama pesona Garut. Keren-keren banget, semoga tetap bisa dijaga dengan baik, ya!

    Ngeliat banyak gunung-gunung gini keingat dengan vlog-vlog Fiersa Besari dan bukunya juga "Konspirasi Alam Semesta".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak keren banget, semoga selalu terjaga dengan baik

      Hapus
  14. Ajak saya ke Garuuutt hehehe. Udah kangen sama yang adem-adem :)

    BalasHapus
  15. Papandayan!
    Keren banget, ya. Apalagi untuk pengunjung nusantara tarifnya lumayan murah. Semoga bisa ke sana suatu saat. Hehe

    BalasHapus
  16. Penasaran sama Kamojang Ecopark, lagi pingin ngajak anak berkemah. Seru kayaknya ya mbak buat liburan bareng keluarga :)Aku belum pernah ke Garut, baru sampai Bandung, mbak.

    BalasHapus
  17. wahhh bagus banget referensinya, aku save ahhh, kebetulan pengen banget ke papandayan, salah satu wish list aku yg belum kesampean heheheh

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  18. Karacak Valley yg saya belum pernah.... Kayaknya ok juga buat foto2 di situ ya

    BalasHapus
  19. Garut emang sejuta wisata ya Teh...

    BalasHapus
  20. Trakhir ke garut itu thn 2011 akhir. Liat nikahan anak buahku :) .malamnya kita jalan2 tp cm sempet ke pemandian air panas :D. Kurang banget sih ke garutnya.. Hrs nya lebih lama ya mba. Aku suka tempatnya ini krn sejuk :)

    BalasHapus
  21. Aku tambahin mbak, wisata di Garut yang tidak boleh di lewatkan,wisata religi dan budaya, candi cangkuang garut yang merupakan candi Hindu satu-satunya di tatar sunda dan makam mbah kampung pulo (penyebar agama islam),kampung adat yang kental akan sejarah budaya nya yg lokasinya berada berdampingan dengan candi cangkuang,tepatnya berada di tengah danau/situ cangkuang Leles garut

    BalasHapus
  22. wah seru, aku ke garut cuman jajan batik sama makanan aja paling :|

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.