Investasi Emas, Salah Satu Cara Mempersiapkan Masa Depan Anak


[Keuangan] Memiliki dua orang anak yang masih sangat kecil, tentu butuh banyak persiapan di masa depan. Salah satunya adalah biaya pendidikan, yang setiap tahun terus meningkat. Sekarang anak masih SD dan TK, biaya pendidikannya belum terlalu pusing, tapi saat dia masuk SMP dan SMA tentu saja butuh banyak persiapan. Apalagi perbedaan usia anak pertama dan kedua hanya 2 tahun saja. Kebayang banget bagaimana kebutuhan untuk biaya pendidikan sangat tinggi. Maka dari itu, sejak mereka masih kecil dan kedua orangtuanya masih aktif bekerja, mulai menyiapkan semua kebutuhan mereka di masa depan. Baik itu dengan menabung, asuransi pendidikan dan investasi. Salah satu investasi untuk masa depan yang saya pilih adalah investasi emas.

Investasi untuk masa depan anak

Anak pertama saya usianya 7 tahun 5 bulan. Sedangkan putra kedua saya usianya 5 tahun 4 bulan. Biarpun kebutuhan mereka untuk saat ini belum terasa, tapi 6 sampai 7 tahun lagi pasti banyak sekali. Seperti biaya pendidikan, les pelajaran hingga kursus bahasa yang harus diikuti. Penting sekali mempersiapkan  kebutuhan masa depan mereka sejak dini. Karena biaya pendidikan setiap tahun semakin meningkat. Belum lagi, kalau di masa depan mereka punya kampus impian. Sebagai orangtua saya ingin sekali mewujudkannya. Dan untuk bisa mewujudkan itu semua, tentu saja peranan saya sebagai ibu yang memegang kendali penuh keuangan keluarga, harus cerdas mengaturnya. Karena anak-anak butuh dana sebagai bekalnya di masa depan.

Ilustrasi investasi (sumber foro www.canva.com)
Mumpung usia masih aktif bekerja, saya dan suami semakin giat mengumpulkan uang untuk kebutuhan anak di masa depan. Setiap bulan, uang yang saya dan suami terima sudah dimasukkan ke dalam pos-pos kebutuhan. Ini menjadi salah satu cara saya berhemat keuangan keluarga. Kalau tidak di atur semenjak menerima uang, hasilnya, malah akan berabe dan tidak tahu uang itu habis buat apa saja. Prioritas utama keuangan keluarga saya adalah untuk anak-anak. Ada beberapa cara yang saya lakukan mempersiapkan masa depan anak, mulai dari:
  • Tabungan khusus. Semenjak anak lahir, saya sudah membuat tabungan khusus untuk mereka. Setelah menerima gaji bulanan, biasanya saya mulai siapkan beberapa pos, dari mulai pos zakat, pos dana darurat, pos biaya hidup, pos tabungan, pos biaya investasi dan pos gaya hidup. Sebenarnya ada lagi pos cicilan, tapi ini dipotong dari kantor, jadi uang yang saya terima sudah bersih. Jadi, saat sudah ditangan tinggal dimasukkan ke dalam pos-pos tersebut. Pos tabunganlah yang digunakan untuk tabungan khusus anak. Terus, kalau ada bonus atau saya dapat job menulis, biasanya sebagian uang juga dimasukkan ke tabungan khusus ini, untuk bekal anak di masa depan.
  • Asuransi Pendidikan. Setiap bulan saya membayarkan biaya asuransi anak-anak dari pos gaya hidup. Karena buat kebutuhan gaya hidup saya sendiri, seperti beli pakaian dan lainnya, saya selalu menggunakan bonus atau uang dari kerjaan saya mengurus pernikahan. Lagian gaya hidup saya ga macem-macem kok. Cukup beli lipstik dan bedak aja udah tenang. Karena semua biaya selalu saya fokuskan untuk anak.
  • Investasi. Saya sadar betul menabung dan asuransi tidak cukup untuk kebutuhan pendidikan anak di masa depan. Apalagi semuanya sudah serba mahal. Maka dari itu solusinya adalah berinvestasi. Investasi itu banyak sekali macamnya, ada properti, obligasi, saham, reksadana, bisnis, hingga emas. Dan salah satu cara mempersiapkan masa depan yang sering saya lakukan adalah reksadana dan investasi emas. Apalagi setiap bulan sudah ada pos investasi.
Kenapa memilih investasi emas? Sudah pasti ini sudah tergolong aman, apalagi kalau baru belajar berinvestasi. Emas juga cukup banyak diminati oleh masyarakat luas. Emas itukan banyak banget bentuknya, dari perhiasan, batangan, hingga tabungan emas. Dan yang sedang saya sukai dalam investasi emas adalah melalui tabungan emas, karena ini untuk dana pendidikan anak. Kalau perhiasan, percuma juga saya beli, karena saya termasuk orang yang tidak suka perhiasan. Ngeri juga menyimpan perhiasan di rumah atau digunakan setiap hari, karena risiko kehilangan sangat tinggi.

Ilustrasi investasi emas (dokumen pribadi)
Maka dari itu beberapa bulan lalu, saya memilih menjual semua perhiasan, dan dialihkan ke tabungan emas, cukup sisakan satu cincin dan anting yang saya gunakan. Dengan memilih emas sebagai investasi, setidaknya bisa memberikan keuntungan kepada kita untuk mempersiapkan masa depan anak. Kan emas itu memiliki sifat yang mudah dicairkan dan bisa melindungi nilai kekayaan. Untuk berinvestasi emas sekarang juga banyak lembaga keuangan yang bisa menjadi pilihan. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah di AMITRA. 

Berinvestasi emas di AMITRA

Sekarang berinvestasi bisa melalui pembiayaan emas di AMITRA. Dengan pembiayaan kepemilikan emas melalui AMITRA menjamin masa depan yang lebih baik. AMITRA ini merupakan platform syariah yang dikelola FIFGROUP untuk menciptakan dan menggarap potensi market syariah. Yang memiliki visi menjadi perusahaan pembiayaan syariah yang dikagumi secara nasional. Sedangkan untuk misinya membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat. Produk yang ada di AMITRA ini juga banyak, salah satunya pembiayaan kepemilikan emas ini.

AMITRA sebagai syariah financing dan salah satu layanan pembiayaan FIFGROUP yang merupakan anak perusahan ASTRA tentu saja sudah aman. Karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan tentunya Dewan Pengawas Syariah. Selain itu perkembangan ekonomi syariah saat ini di Indonesia juga semakin meningkat. Tidak salah kalau sekarang ini semakin banyak sekali orang-orang lebih memilih keuangan syariah, termasuk dalam berinvestasi. Karena untuk investasi, syariah ini lebih banyak di bidang yang halal. Apalagi dalam syariah tidak ada bunga, karena ada prinsip bagi hasil, jual beli atau sewa. Semua hal dalam keuangan syariah itu sudah sesuai syariat islam, akad perjanjian transparan.

Sumber AMITRA
Dan berinvestasi emas untuk masa depan anak menjadi pilihan cerdas karena prosesnya cepat, margin ringan dan syarat mudah. Untuk skema akad investasi emas (Logam Mulia) di AMITRA yakni Murabahah, dengan syarat cukup KTP degan tenor 3 sampai 36 bulan. Dengan syarat yang mudah ini, masyarakat sudah bisa menabung dan berinvestasi logam mulia di AMITRA. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan masyarakat saat menabung emas melalui produk pembiayaan Emas dari AMITRA, yakni:
  • Margin dan biaya administrasi yang ringan dan kompetitif khususnya terhadap produk sejenis.
  • Nasabah juga diuntungkan dari sis penyimpanan emas logam mulia, karena di AMITRA yang merupakan brand dari FIFGROUP adalah lembaga keuangan platform syariah yang sudah terpercaya akan membantu melakukan penyimpanan emas logam mulia selama masa pembiayaan berlangsung.
  • Memberikan kemudahan persyaratan yang hanya menyertakan KTP sejak awal pengajuan.
  • AMITRA melayani proses pembiayaan cepat, dimana proses pengajuan hingga pemesanan ke ANTAM dilakukan di hari yang sama. Sehingga menggunakan harga di hari yang sama.
  • Tenor pembiayaan hingga 3 tahun, sehingga angsuran yang harus dibayarkan customer menjadi lebih ringan.
Dengan perkembangan ekonomi syariah saat ini di Indonesia, dengan kehadiran pembiayaan syariah seperti AMITRA turut serta membantu membawa kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui menabung dan berinvestasi emas, khususnya logam mulia yang menjadi produk terpercaya dari PT. Aneka Tambang, Tbk. Melalui investasi emas ini, bukan saja menjadi cara tepat mempersiapkan masa depan anak, tapi juga menjadi solusi terbaik bagi siapapun yang baru mulai berinvestasi. 

Keuangan syariah bisa menjadi pilihan untuk saat ini, yang semakin berkembang di Indonesia. Keuangan syariah juga bukan saja diperuntukkan muslim saja, karena semua orang bisa. Apalagi buat masyarakat yang ingin berinvestasi emas, melalui pembiayaan syariah, semuanya akan membuat tenang dan nyaman. AMITRA bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi emas, dalam mempersiapkan masa depan anak.



Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis #AMITRA #AMITRAWritingCompetition



Sumber tentang AMITRA dan investasi emas:

http://www.fifgroup.co.id/amitra/articles/detail/15/Cukup-Dengan-KTP-Konsumen-Bisa-Berinvestasi-Emas-di-AMITRA

11 komentar

  1. Ooo, ini merupakan brand dari FIFGROUP ya, Mbak, mantaps nih...

    BalasHapus
  2. wah bener banget nih Lis, aku pun kepikiran utk investasi emas buat keperluan sekolah anak2 dll. Thanks infonya soal amitra yaa...

    BalasHapus
  3. saya juga sudah investasi emas mbak, cuma ya masih disalah satu bumn warna hijau itu, ternyata kini ada opsi lain ya, nampaknya lebih banyak kemudahan nih yg ditawarkan oleh Amitra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sekarang makin dimudahkan investasi, di Amitra juga lengkap

      Hapus
  4. kalau mahasiswa kayak saya, bisa gak ya buat investasi emas kayak gitu??

    BalasHapus
  5. Kayaknya lebih menguntungkan jika membeli emas batangan ya mba. Asyik ah langsung meluncur ke Amitra nih mba buat cari tahu banyak hal

    BalasHapus
  6. Emas buat investasi emang menguntungkan, apalagi kalau di dukung dengan post tabungan . pastinya emas bisa backup kalau terjadi sesuatu misalnya biaya pendidikan swasta, padahal udah yakin anak dapat negri. bisa jual emas .

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.