Melupakan Mantan Tak Seindah Diucapkan

Photo by Canva
[Lifestyle] Semua orang pasti memilik masa lalu. Masa kecil yang begitu indah. Masa remaja yang seru, dan masa-masa memiliki kekasih. Semua orang pasti memiliki masa lalu tentang seseorang. Ya mungkin itu cinta pertama, kedua atau mungkin ke 5. Ya namanya juga masih labil, apalagi di masa remaja, BT sedikit sama pacara putus, pacar telat dikit putus, begitu seterusnya.

Tapi, tidak semua masa remaja main putus nyambung, ada juga loh yang mengalami hingga nikah. Itu adalah beberapa teman saya, yang berpacaran dari masa remaja, hingga akhirnya sekarang menikah. Salut bisa langgeng banget. Bicara tentang masa lalu, ya saya juga memilikinya. Memiliki kisah cinta yang lumayan tragis. Kisah cinta monyet yang ternyata pernah membuat saya patah hati.

Pernah mengalami galau? Pernah banget. Atau rindu yang tak berkesudahan saat kehilangan? Saya mengalami banget. Mungkin ya ini karma yang saya dapat, karena selalu pengen ketawa melihat teman yang patah hati saat putus cinta. Saya selalu kasih semangat ke mereka, lupakan mantan, hidup masih panjang, tinggal cari lagi. Dan jeng...jeng, akhirnya saya mengalami sendiri bagaimana rasanya patah hati.

Apakah patah hati membuat saya kurus? Tidak. Apakah patah hati membuat saya malas belajar?  Tidak, malah saya dapat ranking. Tapi patah hati membuat saya susah membuka hati untuk menerima laki-laki lain. Biarpun orang melihat saya pacaran dengan yang lain, bukan berarti saya suka, saya sedang mencoba melupakan seseorang yang ternyata begitu berarti. Sebelum melanjutkkan, saya pengen bercerita, jadi kisah ini hanya sharing saja ya, tidak ada maksud apa-apa. Saya sedang ditantang oleh mentor saya untuk bercerita tentang diri sendiri, dan kebetulan saya kebagian tema "Tips Melupakan Mantan". Duuh eggak banget ya, tak apa mari kita lanjutkan.

Melupakan mantan itu butuh waktu

Saat remaja saya puya cinta pertama, sebut saja dia Soo Hyun (Ini efek terobsesi ketemu Kim Soo Hyun) bukan nama asli. Kami mejalani cinta jarak jauh, surat menyurat sering kami lakukan. Saya ingat selalu mengirimkan surat dengan kertas berwarna warni. Dia berada di Ibukota sedangkan saya di Garut. Dia di calon arsitek, sedangkan saya masih seorang siswa. Pesan bapak memang ga boleh pacaran, karena takut menganggu sekolah. Ya akhirnya saya anggap laki-laki itu biasa saja, namanya juga masih abege. 

Dia sering datang ke Garut. Malah pernah bilang lulus sekolah kita nikah aja ya, kan kamu sudah 17 tahun. Hah nikah? Muda banget. Saya pikir itu hanya bercandaan saja, saya hanya bisa ketawa-ketawa. Maklumlah masih polos banget, pegangan aja takut. Soalnya bapak pernah bilang ga boleh pegangan tangan, apalagi pelukan, bahaya. Ya itu nasihat bapak selalu saya dengarkan. Kisah cinta saya memang tidak seperti anak zaman now, kami masih anak zaman dulu, yang sudah bahagia bisa surat-suratan. Kadang harus ke wartel untuk mendengar suaranya. Aiih jadul bangetkan.

Photo by Canva
Beberapa tahun berjalan, ternyata keinginannya untuk menikah semakin menjadi, dia sampai bilang, lulus sekolah saya ngadep bapakmu. Kebetulan dia pun sudah percaya diri dengan pekerjaan, dan mampu membiayai saya kuliah sampai S2. Tapi kami tidak berjodoh, karena di usianya yang masih muda, dia meninggalkan dunia ini. Terasa disambar petir, ya dia meninggal di usia yang masih muda banget, yakni mau jalan 26 tahun. Rencana tinggallah rencana, takdir berkata lain. Depan semua orang saya berlaga kuat, maka ketika ada yang nyatain cinta, saya terima. Eh bukannya bisa melupakan, malah sampai membuat patah hati dan ga nafsu makan beberapa hari.

Ya, melupakan mantan itu tak seindah diucapkan, Ada yang bisa melupakan dengan cepat, ada juga yang kesulitan seperti saya. Dan melupakan mantan butuh waktu, apalagi sudah menjalani sekian lama. Yang penting jangan pingsan saja saat mantan datang ke acara pernikahanmu #ehhh. Utuk melupakan mantan, ada beberaa hal yang saya lakukan. Karena saya berpikir, hidup ini masih panjang, saya ppunya cita-cita dan ingin bahagia. 

1. Perbanyak ibadah

Ini yang paling utama, untuk menyembuhkan rasa sakit di hati dan galau, hanya kembali kepada Sang Pencipta kehidupan Allah SWT. Bersujudlah memohon ampun, perbanyak ibadah supaya iman semakin kuat. Banyak mengaji dan dzikir, supaya hati dan pikiran semakin tenang.

2. Fokus dengan cita-cita

Waktu itu saya lebih fokus ke cita-cita saya untuk kuliah di STAN, biarpun gagal, ternyata semangat belajar membuat saya melupakan kenangan manis tentang dia.

3. Ikuti kegiatan bermanfaat

Untunglah saya gabung di OSIS, Teater dan sanggar, sehingga aktivitas saya setiap hari selalu diisi dengan kegiatan bermanfaat. Mulai dari pementasan, oraganisasi sampai latihan.

4. Buatlah list untuk mewujudkan mimpi

Saya memiliki banyak mimpi yang ingin diwujudkan, salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan membuat list apa saja yang akan dilakukan supaya bisa mewujudkan mimpi itu. Seperti harus lulus dengan nilai bagus. Otomatis saya bikin jadwal belajar supaya selalu fokus mengejar masa depan yang lebih baik.

5. Pergi ke alam bebas

Lagi galau atau patah hati, obat mujarab adalah jalan-jalan. Kalau saya bukan ke mall atau belanja, melain daki gunung, atau kemping ke tempat yang kece. Biar otak makin fresh.

6. Belajar membuka hati untuk mulai memilih yang baru

Setelah poin 1 sampai dengan 5 dijalani, cobalah secara perlahan membuka hati untuk menerima cinta yang baru. Saya sudah coba menerima beberapa orang, tapi mereka ga bisa masuk ke hati saya. Sampai akhirnya saya bertemu dengan suami yang bisa meluluhkan hati saya. Biarpun suami bukan sosok romantis, tapi dia bisa menjadi sosok yang membuat nyaman.

Melupakan mantan yang sudah lama bersama memang sulit dan tak seindah diucapkan, kadang bikin patah hati. Tapi terlalu lama mengingat malah akan membuat kita tidak fokus. Jadi, cobalah berubah untuk melanjutkan kehidupan. Karena bisa saja, di luar sana ada seseorang yang lebih baik, yang bisa membuat kita bahagia, seperti yang sudah saya rasakan. 

15 komentar

  1. stuju banget nih mba Lis, tipsnya wajib dibaca terutama bagi anak muda ((((anak mudaaaa))) ;p

    BalasHapus
  2. Iya mba..apalagi mantannya cinta pertama.

    Susah.

    Waktu yang bisa. Tapi memang nggak sepenuhnya lupa.

    BalasHapus
  3. hahaha...banyak kok cara melupakan mantap! Stay active yaaa mbaa

    BalasHapus
  4. Mungkin move on itu lebih tepatnya mengikhlaskan bukan melupakan, karena melupakan orang yang pernah bahagia bareng itu susah 😅

    BalasHapus
  5. Sebenarnya bukan dia yang dikangeni..
    Namun lebih ke kenangan indahnya...

    BalasHapus
  6. Jadi inget, mantan saya Mbak malahan yang di posisi susah melupakan saya. Padahal nikahnya juga 10 tahun duluan dia. Tapi sampai sekarang, masih hobi stalking medsos saya. Beberapa tahun lalu pernah saya kasih tahu buat ngehapus perasaan dia. Eh, malah saya yang diomelin karena katanya itu hak dia. Ya sudah, saya milih meminimalisir komunikasi demi orang-orang di masa sekarang kami masing-masing. Padahal dia temen yang sebetulnya asyik buat diskusi.

    BalasHapus
  7. wah memang susah ya untuk move on, aku soalnya gak pernah merasakannya, jd pacaran sama suami selama lima tahun dan nikah dan berjodoh

    BalasHapus
  8. Soo hyun haha.. okehlah saya juga penggemarnya. Saya baca sampai habis Kirain endingnya soo hyun mutusin Tapi malah meninggal. Yan ampun kalo sy di posisi mba Mungkin sama patah hatinya, sampe menikah pun Mungkin suka terbayng mantan. Beda sama Cerita sy, sy patah hati 2 kali gra2 disakitin. Tapi itu lebih baik krn sy jd cepet move on. Tp kalo ditinggal selamnya kaya mba susah bgt movve on nya pasti. Hehe
    Tetep semangat.. 😁

    BalasHapus
  9. yuk lah move on jgn stuck disitu aja. masih byk yang lain dan yang lbh baik.
    belajar ikhlas..hihihi

    BalasHapus
  10. Mantan? Waduuuh. Harus move on deh soalnya mantan bisa jadi happy2 sama yg lain

    BalasHapus
  11. Suka kagum sama yang bisa pacaran bertahun-tahun bahkan sampe nikah. Hehe

    Move on emang harus produktif sih ya...
    Kalo niat move on tapi diem aja juga ga bakalan kesampean.

    BalasHapus
  12. hehehe untung gak pernah pacaran jadi gak punya mantan...

    kalo saya cukup kenal sebulan dua bulan langsung lamar gak bikin nyesek hehehe

    BalasHapus
  13. Kalo putusnya karena meninggal, ya memang lbh susah sih utk move on. Beda kalo krn ga jodoh, ato dia selingkuh. Itu lbh gampang utk dilupain. Pengalamanku krn dikhianatin, gampang utk menerima yg lain supaya cepet move on :D

    BalasHapus
  14. Hahaha saya senyum-senyum sendiri bacanya bun. Hahaha iya ya nggak banget kalau ngomongin mantan ya tapi trpksa karena di suruh mentor hihihi. Trus ternyata mba penyuka drakor juga ya. Hahha sama kita. Saya juga hihihi

    BalasHapus
  15. Mantaaan! enggak jadi jadian karena dia enggak kelar-kelar menata hidup. Ntar sok..ntar besok melulu. santai kayak di pantai. Padahal umur jalan terus. Ealah, ditunggu kok enggak merasa..Ya sudah saya tinggal saja...hiks
    Tapi kalau karena meninggal dunia pasti beda ya Mbak. Lebih susah move on nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.