Sharinghappiness.org Mudahnya Berbagi Kepada Sesama


[Lifestyle] Di luar sana  banyak sekali orang yang tidak seberuntung kita. Terkadang untuk makan saja susah. Sering sekali melihat berbagai berita tentang orag-orang tidak mampu yang ada di Indonesia. Mulai dari penyakit yang tidak bisa ssembuh, tinggal di kandang ayam, hingga kelaparan. Jangan pernah sedikitpun, karena di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita. Kalau masih sanggup beli mobil, beli rumah, anak-anak bisa makan enak, harusnya banyak bersyukur dengan apa yang didapatkan. Kalau memiliki rezeki berlebih, saatnya berbagi kepada sesama dengan kemudahan dari SHARINGHappINESS.ORG.

Rumah Zakat hadirkan aplikasi untuk kemudahan berbagi

Beberapa waktu lalu saya menghadiri acara di daerah Cikini bersama Rumah Zakat. Ternyata saya baru tahu, bagaimana rumah zakat targetkan untuk bisa membina 1.234 Desa Berdaya di seluruh Indonesia. Apa itu Desa Berdaya? Desa berdaya adalah proses pemberdayaan wilayah berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. Dengan kehadiran desa berdaya seperti ini, semakin memberikan peluang kepada siapapun untuk lebih kreatif dan maju. 


Adanya Desa Berdaya ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup individu dan komunitas masyarakat. Tentunya untuk merealisasikan ini semua, butuh sekali bermitra dengan berbagai steakholder lokal hingga nasional. Biasanya nih fasilitator desa berdaya itu adalah pemuda pelopor wilayahnya yang menjadi mitra rumah zakat untuk menjadi pendamping, surveyor program, hingga penggerak lingkungan. Ini seru banget, ingin deh menjadi salah satu mitra yang bisa memberikan sharing dan pendampingan kepada masyarakat. 

Dan hadir salahsatuya adalah ibu Hikmah Fitria yang menjadi fasilitator Desa Purworejo, Kendal. Sharingnya ibu Hikmah ini tentu membuat saya penasaran dengan desa berdaya. Apalagi Desa Berdaya memiliki berbagai produk unggulan, ada kopi, tas hingga dompet. Dan semuanya bagus banget. Jadi terinspirasi dengan ibu Hikmah nih.



Ternyata program rumah zakat ini tidak berhenti sampai Desa Berdaya, karena menjelang Ramadhan1439H telah mempersiapkan sejumlah program istimewa dengan tajuk utama Ramadhan Berdaya, Rumah Zakat memiliki target untuk mendistribusikan program 124.000 paket berbagi buka puasa (BBP), 14.300 paket kado lebaran yatim (KLY), 6200 bingkisan lebaran keluarga (BLK), 8.850 paket syiar Quran (SQ) dan 300 penerima manfaat program janda berdaya (JB).

Kehadiran program-program ini bisa berjalan berkat bantuan para donatur, dimana rumah zakat sudah membukukan lebih dari 217.000 donatur berdonasi di tahun 2017. Dengan porsi 38% donasi dilakukan di bulan ramadhan saja. Untuk menghimpun dana dari para donatur ini, tentu sangat mudah sekali, dengan kehadiran sharinghappiness.org., atau bisa unduh aplikasinya sharinghappiness di playstore. Sharinghappiness.org ini merupakan platform donasi crowdfunding yang diluncurkan oleh rumah zakat pada Februari 2016 lalu. 

Ada peningkatan hingga 130% untuk berdonasi dengan mudah di sharinghappiness.org sejak awal diluncurkan. Ini terbukti kepercayaan masyarakat dan mudahnya untuk berdonasi kepada sesama. Di era digital ini memang butuh sekali kemudahan, termasuk dalam berdonasi. Untuk semakin mempermudah donasi, fitur kemudahan berbagi rumah zakat meluncurkan aplikasi sharinghappiness.org 3.0 di bulan ramadhan. Semoga semakin banyak lagi masyarakat dan desa berdaya yang bisa terbantu.


sejak diluncurkan shariinghappiness telah menghimpun 24 milliar dari 25.000 donatur dan telah berhasil mendanai 280 projek sosial hingga Maret 2018. Tidak salah kalau sudah banyak yang terbantu. Respon positif pun didapatkan dan tentunya sangat memotivasi rumah zakat untuk terus melakukan perbaikan. Salah satunya perbaikan fitur kemudahan berbagi bagi para pengguna sharinghappines.org diantaranya adalah banyaknya pilihan program sosial kemanusiaan, dashboard untuk melihat perkembangan program, proses donasi yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja, serta ada wish list yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan cek daftar program favoritnya.

Dengan kehadiran aplikasi sharinghappiness.org ini siapapun akan semakin mudah untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Karena di luar sana banyak sekali yang tidak seberuntung kita. Daripada ngeluh ini itu, saatnya untuk bisa berbagi kepada sesama dengan kemudahan yang dihadirkan sharinghappiness.org. 

6 komentar

  1. Jadi pengen nyiccip kopinya ya, coba produk-produknya itu dipajang juga di SharingHappiness ya, kan bisa dibeli langsung

    BalasHapus
  2. Sharinghappiness keren ya lis, memudahkan kita yang mau berbagi sekaligus membantu saudara2 di desa yang di berdayakan oleh Rumah Zakat

    BalasHapus
  3. Tas sama kopinya edaaaannnn :))))

    BalasHapus
  4. Aplikasi yang benar-benar manfaat buat semua orang yang ingin berbagi ya mba. Jadi lebih mudah dan jelas

    BalasHapus
  5. Loh, sharinghappiness udah ada aplikasinya juga ya? Buat android udah bisa kah?

    Alhamdulillah beberapa tahun ini saya juga sering ikut program-program di sharinghappiness. Saya sukanya karena rumah zakat mengemas dengan tujuan/penerima donasi yang bisa kita pilih sendiri. Bisa beasiswa, bisa pemberdayaan masyarakat, pembangunan masjid, dll

    BalasHapus
  6. rumah zakat mah sdh banyak memberikan manfaat bagi banyka orang ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.