3 Hal Yang Dilakukan Dengan Uang THR



[Keuangan] Cung ah yang THRnya sudah habis? Atau masih ada sisa? Biarpun lebaran sudah usai, boleh dong ya ngobrolin tentang THR (Tunjangan Hari Raya).

Sebelum lebaran kemarin, seneng banget THR bisa berlipat-lipat. Tapi, bukan berarti langsung dihabiskan, karena hidup bukan sampai lebaran saja, perjalanan masih panjang. Setelah lebaran, masih ada biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya sekolah anak, beli seragam dan alat tulis, biaya harian hingga biaya untuk kurban.

Maka dari itu, setelah mendapatkan THR, saya langsung atur sebaik mungkin, untuk masa depan yang lebih baik. Selama ini, uang THR bukan untuk dihabiskan, tapi digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Ketika THR sudah ditangan, tentunya saya akan menghitung dan mengaturnya. Adapun 3 hal yang dilakukan dengan uang THR, yakni:

Poskan uang THR

Untuk uang THR ini saya jumlahkan dulu dari THR saya dan suami. Barulah setelah itu, biasanya saya langsung poskan ke beberapa hal. Mulai dari:
  • Pos zakat
  • Pos tabungan
  • Pos investasi
  • Kebutuhan lebaran dan mudik
  • Dana darurat

Karena saya tidak ada cicilan, uang THR saya hanya untuk 5 pos keuangan. Kebutuhan mudik dan lebaran biasanya lebih besar, karena untuk memenuhi belanja baju anak, angpau, ongkos mudik, hantaran keluarga hingga masakan. Sedangkan tabungan ini ditujukan untuk kurban dan kebutuhan sekolah anak. Dana darurat tetap ada, karena ini sangat penting sekali. Mengingat saat mudik takutnya ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit dan lainnya. Tapi, mudah-mudahan selalu sehat. Kalau dana darurat tidak digunakan, biasanya saya masukkan ke tabungan.


Buat catatan

Setelah memposkan uang THR, jangan lupa untuk membuat catatan khusus, supaya uang yang telah di atur dengan sebaik mungkin, tidak habis percuma atau menjadi tekor. Semua uang dibelanjakan sesuai porsinya. Buatlah catatan pengeluaran setiap kali uang dibelanjakan atau digunakan, meskipun itu 10 ribu rupiah. Supaya bisa diketahui uang sudah dikeluarkan berapa saja dan ada sisa berapa.

Belanjakan uang THR dengan sebijak mungkin

Setelah diposkan, uang THR bisa dibelanjakan sebijak mungkin, tentunya untuk kebutuhan-kebutuhan selama lebaran. Sebelum belanja pastikan untuk di list dulu kebutuhan yang diprioritaskan. Sedangkan barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan bisa ditunda. Pos mudik dan lebaran yang saya belanjakan, biasanya digunakan untuk membeli:
  • Beli baju lebaran anak. Usahakan antara anak laki-laki dan perempuan sama. Misal perorang 1 juta untuk baju dan sandalnya.
  • Angpau dihitung untuk keponakan dan teman anak-anak. Biasanya saya hanya membuat angpau untuk 50 orang.
  • Ongkos untuk mudik, ini sudah termasuk benin, tol, dan kebutuhan lainnya selama mudik.
  • Hantaran untuk keluarga. Untuk yang satu ini, biasanya saya beli kue-kue dan bahan pokok lainnya.
  • Memasak untuk lebaran. Untu yang satu ini untungnya tidak berlebihan, karena di keluarga hanya beberapa orang saja Jadi menu yang dibuat pun tidak banyak, cukup opor, ketupat, rendang, sambel goreng kentang dan siomay untuk cemilan.


Setelah yang diprioritaskan terpenuhi. Dan uang masih ada sisa, bisa untuk membeli barang yang diinginkan. Misalnya membeli gadget idaman. Bisa banget membeli gadget idaman pakai uang THR, apalagi kalau gadget yang dimiliki sudah rusak. Kepikiran juga untuk membeli gadget, kebetulan handphone sudah sedikit eror. Pengen sih secepatnya ganti gadget baru, tapi uang belum cukup. Jadi, mau ga mau menunggu mudik selesai, jadi bisa digunakan dari sebagian dana darurat.

Saat ini lagi searching dulu dan mengumpulkan informasi tentang harga smartphone yang ingin dimiliki, mulai dari harga iPhone dan harga smartphone lainnya. Pengen dong sesekali bisa membeli smartphone dari hasil kerja, apalagi itu dari uang THR yang sudah saya sisihkan setelah sebelumnya diposkan untu kebutuha lainnya.

Memang bisa ya uang THR dibelanjakan gadget? Tentu saja bisa, selama kebutuhan yang diprioritaskan sudah terpenuhi dengan sebaik mungkin. Jadi, sebelum membeli sesuai yang diinginkan, pastikan gunakan uang THR sebaik dan sebijak mungkin, untuk masa depan yang lebih baik.

1 komentar

  1. alhamdulillah THR ku habis mba hehehe...
    coba postingan ini saya baca sebelum lebaran pasti THRku masih tersisa. wkwkwk
    yang penting sih harus ada untuk anpao sama ongkos buat mudik

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.