Faber-Castell Colour To Life Kembangkan Kreativitas Anak di Era Digital


[Dunia Anak] Siapa yang tidak suka menggambar? Semuanya pasti senang menggambar dan mewarnai yang bisa mengasah kreativitas. Sejak kecil saya suka sekali menggambar gunung, rumah, dan binatang. Dari menggambar saya menjadi suka bercerita dan akhirnya bisa menuliskannya menjadi sebuah cerpen. Di era digital, menggambar dan mewarnai menjadi lebih hidup dan gambar yang kita buat terlihat nyata dengan Faber-Castell Colour To Life.

Manfaat menggambar dan mewarnai untuk melatih kreativitas

Saat duduk di bangku sekolah, kita diajarkan untuk menggambar dan mewarnai. Bahkan saat duduk di bangku SMP, ada pelajaran seni rupa. Sehingga saya bisa belajar menggambar, dan melukis. Kegiatan ini menjadi sangat menyenangkan. Karena dari menggambar saya belajar banyak hal, termasuk melatih imajinasi dan menjadikannya sebuah tulisan. Ya, sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, saya suka sekali menggambar pemandangan, dan akhirnya dari situ saya menceritakan gambar saya dan jadilah sebuah cerpen (cerita pendek).

Semenjak itu, selain menggambar dan mewarnai, saya juga suka menulis. Dengan gambar saya bisa membuat cerita hingga 2 sampai 4 paragraf. Karena banyak sekali manfaat yang saya rasakan dari menggambar dan mewarnai, semenjak memiliki anak, saya sudah mengenalkan pensil warna dan buku gambar sedini mungkin. Ya, biarpun pada akhirnya tembok di rumah saya penuh dengan gambar anak-anak dan coretan pensil warna. Tapi, saya senang, karena kini mereka pun senang mewarnai.

Kegiatan anak saat mewarnai dengan Colour To Life
Dimas yang baru masuk TK lebih suka menggambar mobil dan pesawat. Dia pasti senang, kalau mamanya langsung memberikan pujian, sehingga dia pun menjadi semangat untuk terus menggambar. Mau gambarnya tidak berbentuk sekalipun saya akan memberikan pujian sambil mendampinginya, supaya semakin pintar menggambar dan lebih kreatif. Kakaknya Dimas saat ini malah senang sekali mewarnai, mungkin karena dia pernah menang mewarnai, jadinya dia semakin giat belajar mewarnai dan menggambar. Biasanya setiap bulan saya akan membeli buku karakter dan dia pun mulai berimajinasi untuk mewarnainya. 

Bagi saya, menggambar dan mewarnai adalah media belajar yang sangat menyenangkan. Saat anak tidak suka buah dan sayur tertentu. Biasanya saya akan menggambar, mewarnai dan bercerita tentang sayuran dan buah tersebut. Sampai akhirnya mereka mau memakannya. Menggambar dan mewarnai sangat bermanfaat untuk anak-anak dalam melatih kreativitasnya. Selain itu ada manfaat lainnya, seperti:
  • Belajar mengenal warna. Dari gambar dan mewarnai, anak-anak bisa belajar tentang warna-warna. Anak jadi tahu mana warna biru, merah, hingga hijau. Dan mengenalkan warna itu harus bisa sedini mungkin. Sehingga anak bisa mulai membedakan warna-warna.
  • Mengembangkan bakat dan minat anak. Biasanya ketika seorang anak menyukai hal tertentu dia akan terus menggambarnya. Sama halnya ketika dimas menggambar pesawat, dan dia selalu menginginkan menjadi seorang pilot. Semoga saja.
  • Mengembangkan kemampuan motorik anak. Memiliki anak yang lahir prematur, membuat saya harus rajin melatih motorik halusnya. Dengan rajin melatihnya dalam menggunakan tangan dan mata. Dengan menggambar dan mewarnai, tentu saja itu bisa mengembangkan kemampuan tangan dan matanya. Dari memegang alat tulis, membuat coretan hingga mengenal warna.
  • Mengenal ekspresi anak. Dari gambar saya menjadi tahu bagaimana ekspresi anak saat menggambar, apakah dia sedih atau bahagia. Jadi kalau sedih, saya bisa bertanya dan memeluknya.
Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari menggambar dan mewarnai pada anak-anak. Bahkan bisa melatih konsentrasi dan fokusnya mereka. Dengan menggambar dan mewarnai anak tidak akan pernah bosan, karena dari waktu ke waktu kreativitas mereka akan semakin berkembang, begitupun dengan imajinasinya. Hari ini mungkin mereka menggambar roda, kedepannya bisa membuat sebuah mobil. Dan dari waktu ke waktu pensil warna yang selalu menjadi pilihan adalah Faber-Castell.

Faber-Castell Colour To Life


Di era digital, menggunakan alat gambar faber castell bisa terlihat nyata. Gambar-gambar yang kita warnai menjadi lebih hidup dan tidak membosankan. Apalagi bisa bermain game yang menyenangkan. Era digital membuat semuanya menjadi lebih seru dan menyenangkan, apalagi dengan kehadiran Colour To Life dari Faber-Castell. Anak-anak menjadi lebih senang menggambar dan langsung menggambil smartphone untuk menjadikan gambarnya hidup dan memainkan gamenya.

Kehadiran Color To Life dari Faber-Castell ini membuat anak jadi hobi untuk menggambar, ada beberapa manfaat yang saya rasakan, mulai dari:
  • Kreativitas anak semakin berkembang melalui permainan warna dan memadukan warna supaya terlihat cantik.
  • Mengasah kecerdasan anak dan melatih imajinasinya supaya lebih berkembang.
  • Mampu membangkitkan mood anak.
  • Melatih kemampuan anak dalam bercerita dengan gambar yang telah diwarnainya.
  • Melatih konsentrasi anak.
  • Melatih motorik halus anak, terutama dalam gerak tangan dan mata.
  • Memperkuat bonding dengan anak.
  • Merangsang respon.
  • Melatih memori dan meingkatkan kecepatan berpikir.
  • Tentuya membuat anak senang bisa bermain game dengan aman dan tenang, serta memainkan karakter yang dibuatnya.

Menemani anak menggambar dan mewarnai dengan Colour To Life dari Faber-Castell akan membuat mereka semaki senang dan gembira. Apalagi saat memainkan gamenya dan menjadikan gambar yang sudah diwarnainya terlihat hidup dengan aplikasi Colour To Life dari Faber-Castell. Dan di era digital sseperti sekarang semuanya bisa semakin menyenangkan. Andai dulu sudah ada pasti lebih seru dan menyenangkan. Pada akhirnya menggunakan produk dari Faber-Castell ini, selain membuat senang anak-anak, membuat senang orangtuanya juga. Mohon dimaklum ya, kan dulu ga ada ☺☺☺.

Colour To Life dari Faber-Castell ini bukar permainan biasa loh, karena disinilah anak akan lebih kreatif dalam memadukan warna, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih keren dan cantik. Dan tentunya ini perpaduan sempurna antara aktivitas klasik dan digital, yang mengajak anak-anak atau penggunanya untuk terus berimajinasi dengan lebih kreatif lagi. Bahkan gambar yang sudah diwarnai bisa menjadi karakter game dan memasukkannya dalam permainan. Asyik dan serukan?

PT. Faber-Castell International Indonesia terus berinovasi dan menghadirkan Colour To Life yang diluncurkan pada awal Maret 2018 yang menghadirkan produk terkini dengan perpaduan mewarnai dan teknologi. Gambar yang sudah diwarnai, bukan saja bisa dijadikan game, tapi juga diajak untuk selfie, jadi terlihat lebih hidup dan tidak membuat bosan.

Ini dia Faber-Castell Colour To Life
Di dalam satu paket Faber-Castell Colour To Life ada satu buah Augmented Reality Colouring Book yang berisi 15 halaman dengan 5 karakter gambar. Setiap 1 karakter ada 3 gambar yang siap di warnai. Selain itu, ada 20  warna Connector Pen. Disinilah anak-anak sudah mulai berkreasi dengan warna, serta menghasilkan gambar-gambar yang indah. Dengan begitu bisa mengasah kreativitas anak dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan.

Terus bagaimana cara menggunakannya?

1. Beli dulu produk Faber-Castell Colour To Life

Pertama yang harus dilakukan tentu saja membeli produk Faber-Castell Colour To Life di Gramedia dan toko buku terdekat. Selain itu, tempat pembelian produ Colour To Life juga bisa secara online di Tokopedia, dengan harga 103.500. 

2. Download dulu aplikasinya


Setelah membeli produknya, sudah pasti download aplikasinya di play store atau app store. Pastikan dulu smartphone yang digunakan bisa mendukung aplikasi ini.

3. Mulailah mewarnai gambar


Ambil bukunya dan mulailah untuk mewarnai. Kemarin anak-anak suka sekali mewarnai kesatria berkuda ini. Bisa loh sambil bercerita dengan anak-anak. Ini nama kesatrianya siapa ya? Terus kudanya juga kita beri nama ya? Dari situ anak-anak senang sekali. Saat mewarnai bersama temannya, mereka banyak bercerita  dan menciptakan karakter sesuai imajinasi mereka. Saat anak-anak bingung menentukan warna, akan mulai bertanya kepada saya akan warna yang cocok, sehingga bisa menghasilkan warna yang indah pada gambar yang dibuatnya.

4. Mulailah bermain game




Mulailah bermain games, dengan cara buka dulu aplikasi Colour To Life, lalu bisa scan barcode yang ada dalam kemasan. Setelah itu scan gambar sesuai dengan karakter yang dibuat. Dalam gambar itu ada bingkai, itulah yang digunakan untuk scan, jadi pastikan posisi scan gambar itu benar dengan cara posisi smartphone dari atas, yakni jaraknya minimal 30 cm. 

Ada 5 permainan sesuai karakter yang sudah diwarnai, mulai dari Giddy Up, Pogo Boy, Dress-Up Challenge, Balance Your Brain, dan Safe Flight. Dari 5 games ini, anak-anak lebih menyukai Dress-Up Challenge, sedangkan saya lebih suka bermain Giddy Up, merasa tertantang gitu untuk melewati rintangan.

5. Selfie seru bersama Colour To Life dari Faber-Castell




Selain bermain game, dengan Colour To Life dari Faber-Castell bisa ajak gambar 3D yang sudah kita warnai untuk selfie seru. Karena terlihat gambarnya menjadi hidup, anak-anak jadi senang bermain dan langsung minta selfie dengan karakter-karakter yang sudah mereka warnai. 

Memiliki Colour To Life dari Faber-Castell weekend besok jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan berada di rumah. Anak akan menjadi senang dan happy. Bermain games makin seru dengan karakter yang sudah mereka buat. Selfie makin asyik dan tentunya daya ingat, imajinasi dan kreativitas anak menjadi semakin berkembang. Ibu juga semakin bahagia, karena melihat anak-anak bermain dengan bahagia. Seharian beraktivitas di sekolah, terkadang mood anak juga makin menurun, belum lagi ada PR yang menumpuk. Biarkan mereka untuk istirahat dan bermain sejenak sambil berkreasi dengan warna dari Colour To Life di rumah.



Di era digital, kita tidak bisa melarang anak-anak untuk tidak menggunakan smartphone, karena orangtuanya saja setiap hari menggunakan smartphone. Menggunakan dengan bijak saat anak menggunakan smartphone adalah pilihan tepat, dan tidak lupa mendampingi mereka saat menggunakannya. Anak-anak sekarang juga semakin digital. Maka dari itu, saat anak bermain smartphone, pilihlah permainan yang aman dan ramah anak. Kehadiran Color To Life yang merupakan kolaborasi antara Faber-Castell dan AR & Co. dalam mengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality bisa menjadi pilihan bagi para orangtua memberikan permainan yang aman dan menyenangkan. Sekaligus mengasah kemampuan dalam berimajinasi dan mengembangkan kreativitas anak di era digital.

Bisa simak video serunya bermain dan kembangkan kreativitas anak di era digital bersama Colour To Life persembahan dari Faber-Castell berikut ini.

Sumber tentang Colour To Life: https://www.ar-innovation.com/en/faber-castell-colour-to-life/

26 komentar

  1. Bisa menambah kreativitasan anak dan juga menghibur nih ...

    BalasHapus
  2. Saya juga sudah punya, tinggal download aplikasinya aja:)

    BalasHapus
  3. Anak-anak jadi lebih betah mewarnai :)

    BalasHapus
  4. Gambarnya juga jadi 3D gitu ya....

    BalasHapus
  5. Permainan game yang aman buat anak-anak :) Bisa dicoba juga nih...

    BalasHapus
  6. Faber-Castell emang inovatif banget menciptakan colour to life dengan teknologi AR kayak gini, anak-anak jadi kreatif

    BalasHapus
  7. Seru ya mba inovasi colour to life faber castell ini, aku aja yang udah segede ini nagih mewarnainya, apalagi anak-anak ya.. hehe

    BalasHapus
  8. Teteh, nama kudanya siapa?asik ya teh main di colour to life

    BalasHapus
  9. Keren banget ya teknologinya. Bikin tetep kreatif dan juga seru dengan AR-nya

    BalasHapus
  10. Rame yaa maen colour to life, manfaatnya bukan cuma buat yg lg make, saya liatnya juga jadi ikutan happy :)

    BalasHapus
  11. Mainan baru buat ibu-ibunya juga nih. Jadi bukan sekedar mewarnai aja, tapi juga setelah itu bisa memainkan dengan smartphone.

    BalasHapus
  12. Fahmi bakal suka nih. Secara selain menggambar ia juga suka main games. Langsung ceki2 di toped :)

    BalasHapus
  13. aplikasi Colour to Life nya Faber Castell keren ya. sesuai buat generasi Alpha yang sedang dalam masa bermain sambil belajar nih.

    BalasHapus
  14. Aplikasi ini wajib banget dipasang di hape trus memainkan seru ama anak. Aku bahkan sampe foto foto buat mengusir rasa bosan. Hehehe

    BalasHapus
  15. Anak2ku suka banget, excited pas gambarnya hidup.
    Setiap hari mewarnainya ya pakai ini, terutama si bungsu :D

    BalasHapus
  16. Anakku aja suka apalagi connector pen-nya ga cuman buat warnain aja sama anakku suka dibikin rumah2an dirakit gedung tinggi gitu seru pokoknya :)

    BalasHapus
  17. waah seru banget ya mbak. makin seru gambar samvil. bermain sekarang. anak2 have fun ibunya juga seneng

    BalasHapus
  18. asyiknya kalau dimainin sama anak umur 5 tahun ya..biar lebih fun mewarnainya

    BalasHapus
  19. Aku suka mewarnai bareng adikku, sayang banget deh pas klik mau beli di Tokopedianya stok habis,hikss,, padahal ini lucu banget yah bisa keluar gambarnya gitu.

    BalasHapus
  20. Saya juga punya ini.. lucuuuu gambarnya bisa gerak gerak... buat anak mah bikin tambah doyan berkreasi ... tapi buat emak cocok banget buat ngilangin setres hehehe

    BalasHapus
  21. anakku kudu pasang aplikasinya nih. kami di rumah pake produk faber castle soalnya. udah lama banget pakai merk ini

    BalasHapus
  22. Tanpa AR saja Faber Castel sudah menarik apalagi dengan AR ini. Imajijatif babget dan kreatif

    BalasHapus
  23. Dengan kualitas macam itu worth it lah ya harganya sesuai. Makin berinovasi aja ni faber castell, jadi pengen beliin buat anak2 juga

    BalasHapus
  24. Seru bangeet gambarnya bisa jadi "hidup", jangankan Alfath, Mamanya aja pasti keasyikan main warna dengan Faber Castell ini, jadi pengen ke Gramed deh pengen punya juga, haha

    BalasHapus
  25. Bisa mengalihkan gadget utk belajar sambil bermain jg ya. .

    BalasHapus
  26. wah kece banget yaaa udah menggunakan teknologi terkni aja faber castell, semoga makin kreatif yah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.