Kuingin Liburan ke Palembang


[Wisata Indonesia] Rasanya otak mau meledak dengan kerjaan yang tiada hentinya. Pengen rehat sejenak dan menikmati suasana yang berbeda dengan mengunjungi tempat wisata. Sebenarnya ada banyak wishlist di tahun 2019, termasuk liburan ke berbagai tempat. Mulai dari mengunjungi tempat wisata di Palembang, tempat wisata di Padang, hingga mengunjungi tempat wisata di Korea Selatan. Iya 3 tempat ini yang selalu ingin saya kunjungi sejak lama. Tapi belum ada teman buat kesana. Maklumlah saya termasuk tipe yang ga bisa solo travelling.

Kuingin jelajah kuliner dan kunjungi Tempat wisata Palembang

Sejak akhir tahun sudah merencanakan liburan ke Palembang, tapi pekerjaan ga bisa ditinggalkan. Malah suami yang selalu support, supaya ga kebanyakan kerja dan bisa menikmati hasil dari pekerjaan, biarpun liburannya ga bareng anak-anak. Tapikan, kalau ga sama keluarga pastinya tidak lengkap dan terasa hampa ☺☺☺. Intinya sih saya ga bisa solo travelling, pengen ada teman ngobrol dan teman selama perjalanan. Pas terbang ke Yogyakarta sendirian beberapa waktu lalu rasanya hampa banget. Cuma diem sendiri, ga ada teman ngobrol. Udah ah curhatnya.

Ekspresi butuh liburan banget
Sebenarnya banyak yang ngajakin ke Palembang, tapi suka bentrok dengan jadwal pekerjaan yang ga bisa ditinggal. Tapi, karena suami selalu mendukung apapun yang saya lakukan, malah dia yang selelu tanya "kapan mama ke Palembang? Katanya pengen jalan-jalan dan menikmati wisata di sana". Rasanya bahagia banget punya suami, yang selalu menyuruh liburan dan mejelajahi banyak tempat.

Malah seminggu lalu saya sakit lambung dan typus karena kebanyakan bergadang dan telat makan. Suami yang pulang pendidikan malah bilang begini "Mama sih disuruh liburan malah susah, jangan kerja terus biar otaknya ga lelah". Ada benernya sih, aku tuh memang lelah banget dan butuh liburan. Kan hidup itu harus dinikmati, betul ga? 

Kuingin liburan ke Palembang dan menikmati tempat wisata Indonesia yang indah. Aku tuh belum pernah ke Palembang sama sekali. Sebagai pengemar Pempek, harus mencoba Pempek Palembang di tempatnya. Pasti bedalah ya dengan rasa Pempek di Jakarta sini. Kota palembang yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Selatan dan menjadi kota terbesar kedua setelah Medan. Kuingin menjelajahi tempat wisata dan kuliner khas di Palembang. Termasuk mengenal kebudayaan disana. Kalau liburan ke Palembang terwujud, kuingin jelajah kuliner dan kunjungi tempat wisata, seperti:

Jembatan Ampera (Photo by www.pixabay.com)
1. Mengunjungi Jembatan Ampera

Berkunjung ke Palembang belum lengkap kalau tidak ke Jembatan Ampera. Dan tempat inilah menjadi destinasi pertama yang ingin sekali saya kunjungi. Bersumber dari Detik Travel  Jembatan Ampera sebagai landmark di Kota Palembang menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Dimana jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Sebeang llir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Dengan arsitektur yang cantik, Jembatan Ampera menjadi daya tarik wisatawan, dan asyik buat foto-foto. 

2. Mengunjungi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang

Setiap berkunjung ke sebuah daerah, paling suka melakukan wisata religi dengan mengunjungi Mesjid-mesjid bersejarah. Kalau ada teman-teman yang sudah ke Palembang, memang harus datang ke Mesjid terbesar yang ada di Sumatera Selatan. Bahkan Mesjid ini bisa muat dengan kapasitas 15.000 jemaah. Lagi ngebayangin kalau Idul Fitri pasti rame banget ya. Bersumber dari id.wikipedia.org, Mesjid yang disebut juga Mesjid Agung Palembang dipengaruhi oleh 3 arsitektur yakni Indonesia, China dan Eropa. Mesjid ini didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikrama, yang terletak di kawasan 19 llir, dimana merupakan salah satu kampung asli Palembang dan Arab yang telah lama didiami.

Benteg Kuto Besak (Photo by id.wikipedia.org)
3. Benteng Kuto Besak

destasi selanjutnya yang ingin saya kunjungi adalah Benteng Kuto Besak, yang lokasinya dekat dengan Jembatan Ampera dan merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam.  Meurut id.wikipedia.org, Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi Pusat Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758 dan pelaksanaan pembangunannya diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Bahauddin. Bentek Kuto Besak saat ini ditempati oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya.

4. Kunjungi Museum Balaputra Dewa

Destinasi lainnya yang ingin aku kunjungi adalah Museum Balaputera Dewa yang merupakan Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan. Bersumber dari id.wikipedia.org, nama museum ini berasal dari Balaputra yang merupakan raja Sriwijaya abad ke 9 dan mantan kepala dinasti Sailendra yang berpusat di sekitar Palembang. Koleksi-koleksi yang ada di museum ini adalah kerajinan tradisional dan artefak yang ditemukan di Provinsi Sumatera Selatan, dari zaman prasejarah hingga zaman kolonial Belanda.

Kangen makan Pempek (Dokumen Pribadi)
5. Kuliner Pempek Palembang

Jelajah kuliner menjadi agenda yang ga boleh terlewatkan saat mengunjungi sebuah daerah. Itupun yang ingin aku lakukan saat berkunjung ke Palembang. Yang pertama ingin saya coba tentu saja adalah makan Pempek Palembang yang merupakan makanan olahan ikan dan tepung kanji yang dikasih kuah cuko. Emmm rasanya jadi ngiler ngebayangin. Selain kuliner Pempek, tentunya aku pengen mencoba makanan khas Palembang lainnya, dari mulai tekwan, martabak HAR, Laksan, hingga Mie Celor .

Kalau ngelist tempat wisata Indonesia yang ingin dikunjungi seperti ini jadi ga sabar buat liburan. Kangen juga jalan-jalan, hunting foto dan kulineran. Apalagi di Palembang itu kan banyak juga wisata lainnya selain yang aku list di atas. Tinggi ngitung budget nih, berapa buat tiket pesawat, penginapan, makan dann lain-lainnya. Semoga saja, Ayu temanku yang memang pengen ke Palembang juga secepatnya dapat izin, sehingga kami bisa secepatya terbang ke Palembang.

Photo by Traveloka
Kali saja setelah dari Palembang, bisa berkunjung juga ke Padang buat melanjutkan liburan dan menikmati tempat wisata di Padang. Apalagi buat ke Padang dari Palembang sangat mudah dan banyak angkutan yang bisa digunakan. Salah satunya dengan menggunakan bus. Salah satu trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) adalah PO Yoanda Prima yang tiketnya juga bisa dibeli dengan mudah di Traveloka. Kan asyik tuh bisa jalan-jalan naik bus lintas Sumatera, sambil menikmati pemandangan selama perjalanan. Apalagi PO Yoanda Prima ini juga melayani rute Palembang-Padang, Padang-Palembang, dan Palembang-Bukittinggi, Bukittinggi-Palembang dengan harga tiket yang sangat terjangkau.

Melakukan perjalanan dengan Bus selalu saya lakukan juga, baik itu liburan ke luar kota, maupun saat pulang ke kampung halaman sendirian. Apalagi PO Yoanda Prima ini sudah meraih penghargaan Wahana Adhigana 2017 untuk kategori AKAP Ekonomi Bintang Dua dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Dengan armada bus Mercedes-Benz dengan dua layanan kelas yakni AC dan non-AC. Kalau aku sudah pasti akan memilih kelas AC, karena sudah pasti tidak akan ada yang merokok, kan ada ruang khusus. Tentu membuatku semakin nyaman menikmati perjalanan dan bisa bobo nyenyak di bus.

Saat liburan di Karacak Valley buat hunting foto

Taman Bahowo (dokumen pribadi)
Semoga saja nih rencana liburan ke Palembang segera terwujud. Kangen juga jalan-jalan dan haha hihi bareng teman. Bisa hunting foto, kan bisa buat bahan konten tulisan juga. Udah lama juga ga nulis tentang liburan dan bercerita banyak hal, seperti sewaktu main ke Semarang dan Yogyakarta tahun lalu. Jadi kangen juga nih jalan-jalan seru sambil kulineran di Manado, dan bisa menikmati serunya eksplor pasar Tomohon dan Taman Bahowo.

Setiap perjalanan pasti banyak sekali cerita seru yang bisa ditulis dan banyak tempat untuk dijelajahi, serta banyak makanan yang bisa dinikmati. Mengunjungi setiap tempat baru akan membuat kita terus bersyukur bisa melihat keindahan yang Tuhan ciptakan dan mengukirkan jejak di tempat yang dikunjugi. Dengan liburan dan mengunjungi banyak tempat, akan membuat kita belajar dengan banyak hal, dari tradisi dan budaya sekitar. Serta bertemu dengan orang-orang baru. Kuingin liburan ke Palembang menjadi salah satu whistlist yang kubuat di tahun ini. Sebenarnya masih banyak tempat yang selalu ingin kujelajahi. Semoga Allah SWT merestui setiap langkah, diberikan kesehatan dan dilipahka rezeki untuk bisa mengunjungi banyak tempat lainnya di Indonesia.






Sumber wisata tentang Palembang:

  • https://travel.detik.com/travel-news/d-4366942/pilihan-destinasi-wisata-di-palembang-untuk-liburan-awal-tahun?_ga=2.86585624.1275533142.1550659290-1912067342.1550545531
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Palembang
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Kuto_Besak
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Balaputera_Dewa

44 komentar

  1. Teh lis pasti mau makan mpek-mpek sampe kuenyaaaang kan di palembang hahhh. Duhh kok mendadak jadi lapeerr yak.

    BalasHapus
  2. Kalo liburan ke sana jangan lupa buka Jastip Pempek yah, haha..

    BalasHapus
  3. Dekat kok Mak, dari jakarta, waktu harga tiket belum naik, pp k jkt aja ga sampai sejuta loh, bahkan bisa buat belanja oleh. yuk main ke Palembang, mampir ke rumah saya

    BalasHapus
  4. Keren banget pertanyaan sang suami... Hhehe...

    BalasHapus
  5. Jakarta-Palembang murah mak kayak seharga Jakarta-Malaysia, gih pergi giiih

    BalasHapus
  6. Yuk mari saya tunggu di Palembang, kita numpak LRT bareng

    BalasHapus
  7. Mungkin salah satu wishlist yang harus tercapai ke kota Palembang adalah mencari seller penjual pempek Palembang terasli dan terenak trus buka PO hihihi

    BalasHapus
  8. salfok sama pasr Tomohon jadi inget mendiang Bang Cumi waktu itu pernah posting tulisan ke pasar ini dan aku mual bacanya karena pas makan siang mba hahaha..

    BalasHapus
  9. Saya juga pengen liburan ke Palembang. Pengen makan pempek sepuasnya di sana hahaha

    BalasHapus
  10. Traveloka bisa pesan tiket bus juga ya? Ada fasilitas WiFi nya juga lagi,mantap!

    BalasHapus
  11. Banyak ya destinasi wisata plus kuliner nikmat di Palembang. Yang jelas empek-empeknya jangan sampai lupa yaa.. hehe.
    Btw naik bus untuk transportasi antar kota antar propinsi emang praktis, sih. Tapi kalau aku sayangnya mabuk kalau naik bus. Huhuhu.

    BalasHapus
  12. Kalau suami nyuruh liburan, saya pasti segera ambil cuti dan berangkat hehe...

    Semoga kesampaian ya liburan ke palembangnya, biar puas makan mpek mpek tiap hari. Makan malam di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan jembatan ampera asyik juga lho

    BalasHapus
  13. Bener banget. Dirimu harus ke Palembang dan nyobain pempek asli sana. Dijamin gak mau pulang 😄 Cukonya tuh beda sama cuko di sini. Enak banget!

    BalasHapus
  14. Ayo istirahat dulu & liburan biar fresh lagi nanti kerjanya. Aku juga pingin banget ke Palembang ceu, pingin ketemu temen-temen juga di sana. Selain mengunjungi tempat wisata pastinya pinign kulineran juga di sana :-D
    Dari Palembang lanjut Padang boleh juga ya naik bis asalkan bisnya nyaman.

    BalasHapus
  15. Pengen juga ke Palembang.. pengen makan pempek asli nya, hihihi. Alhamdulillah sekarang udah ada transportasi yang nyaman dan lebih murah dari harga tiket pesawat yaa. hehehe

    BalasHapus
  16. Hiks hiks.... Aku mupeng lihat foto foto kerennya Liz...

    Selama ini aku bisa fotoin orang dengan keren, giliran akunya minta fotooooooo... Wakwaaaaw

    BalasHapus
  17. Teh Lis kayaknya langsung makan pempek sampe sana. Trus tekwan. Duhhh ... ayo liburan ke sana Teh. Biar kubisa baca cerita jalan-jalannya nanti.

    BalasHapus
  18. Mo ngomporin neng Lis aaah
    Daku kmrn hbs dr Palembang lho hahaa
    Meski bukan yg pertama tp hunting kuliner mmg ttp hrs jd agenda klo ke Palembang

    BalasHapus
  19. Bener bangettt, liburan tanpa bawa anak2 memang hampaaa. Btw, semoga bisa ke Pelembang tahun ini yaaaa. Bisa makan pempeek di sana.

    BalasHapus
  20. Wah aku jadi pengen makan pempek nih Teh.. Meskipun di Jawa ada, tapi mesti tetep beda ya sama yang asli?

    BalasHapus
  21. Mupeng ke Palembang jugaaa.Pasti seru kalau pakai bis, sepanjang jalan bisa menikmati pemandangan. Terus sampai sana puas-puasin makan pempek sama tekwan...waaah!

    BalasHapus
  22. Aku juga ingin banget bisa ke Palembang. Mengunjungi sahabat-sahabat saya di sana. Tambah lagi, baca tulisan ini,makin mupeng deh. Wisatanya cantik2

    BalasHapus
  23. Aku juga sama pengen jalan2 kepalembang ke jembatan ampera ama makan pempek asli sana langsung

    BalasHapus
  24. Mau juga dong ikutan liburan ke Palembang. Belum pernah sama sekali ke Sumatera.

    BalasHapus
  25. Berwisata kemana saja, khususnya Palembang kalau nggak cicip Kulinernya pasti kurang afdol

    BalasHapus
  26. Aku jadi pengen banget ke Palembang teh
    pengen naik LRT
    BTw makasih pencerahan busnya
    bisa aku coba ini

    BalasHapus
  27. Jadi kangen ke Palembang juga. Kebetulan ada saudara sih di sana. Apa aku ikut bikin wishtlist juga yaa supaya bisa liburan di sana sebelum lebaran. haha*

    BalasHapus
  28. Ceuuu... aku diajak dong kalau ke Palembang, pengen banget liburan kesana karena memang belum pernah. Kebayang ini hunting fotonya pasti cakep deh, hahahahaa

    BalasHapus
  29. Masjid cheng hoo jangan ketinggalan mba. Meskipun ada juga sih di beberapa daerah lain tapi araitekturnya beda2 :)
    semoga kesampaian ya impian perjalanannya

    BalasHapus
  30. memang palembang mengesankan kotanya

    BalasHapus
  31. Artikel ini sukses bikin aku pengin ke Palembang juga. Pertama kali dulu ke Palembang cuma mampir aja, tahun 1995 kalau nggak salah. Yawlaaa...lamanyaaaa :))
    Sekarang mah Palembang udah cantik banget ya, Jembatan Amperanya juga udah makin oke dan banyak wisata kuliner ketika senja menjelang hingga malam di sekitar situ.

    BalasHapus
  32. Aamiin mbak moga bis ake Palembang. Pengen juga eui ke Palembang, pengen liat jembatannya dan makan pempek asli :D
    Pasar Tomohon dan Taman Bohowo? Baru denger kedua tempat itu di sana ya. Haha mainku kurang jauh #tutupmuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting emang sehat dulu ya mbak, baru kemdudian nabung buat jalan2 hehe.
      Aku pun pengen banget ke Palembang, moga2 tahun ini bisa ke sana aamiin

      Hapus
  33. Cantiknya Palembang ini. aku suka makanan Palembang karena pedasnya pas. Kerupuk Kemplang dan Pempek itu favoritku.

    BalasHapus
  34. Aku juga pengen liburan ke Palembang, belum pernah sama sekali, padahal kalau pulang kampung ke Medan, lewat jalur darat, pasti ngelewatin Palembang. Penasaran sama daerahnya.

    BalasHapus
  35. Dari awal tulisan kak Liswanti, aku uda pingin nyanyi lagunya si Jennie.
    "Naneun Solo....Solo...lo....lo..."

    Sambil ngebayangin jalan-jalan sendiri di Palembang.
    Beneran kak...ga asik.

    Asikan sama pasangan.
    Ehm...ehm...hahahah~

    BalasHapus
  36. Aku dong udah pernah ke Palembang 3 kali. Hihihi. Palembang terutama kulinernya itu ngangenin banget

    BalasHapus
  37. Katanya nihh pempek di Palembang lebih enak daripada tempat lain, karena ikannya lebih berasa. Pengin juga ke Palembang,nyicipin pempek langsung.

    BalasHapus
  38. Teh bener banget yaa kalo kerjaan bertubi-tubi tapi ga ada jeda refreshing, rasanya mau meledak haha. Impian banget nih k Palembang buat ngicipin pempek dan mie celor asli dan makan langsung disana

    BalasHapus
  39. naksir jembatan amperanya, kayaknya kalo ke sananya pas sore gitu lihat sunset sepertinya romantisya mbak

    BalasHapus
  40. Aku belum pernah ke Palembang Mbak Lis, hiks hiks. Kasian banget akutuh. PAdahal udah mupenggg banget pengin ke Jembatan Ampera. Kemudian mencicipi Empek-empek langsung dari asalnya. Duduk sore di pinggir sungai sambil nyocolin empek-empek ke cukonya. Ahh, semoga dengan Traveloka bujet bisa ditekan ya.

    BalasHapus
  41. Jembatan Ampera, Taman Bahowo dan Mesjidnya agungnya adalah 3 tempat pertama yang akan saya kunjungi kalau ke Palembang. Kalau kulinernya yakin banyak pilihan pastinya

    BalasHapus
  42. wah sama kayak suami saya pengen bener ke palembang. pengen tahu daerah yang sering diceritakan sama nyai (nenek) dia dulu. Soalnya suami saya lahir di lampung tp masih keturunan palembang juga.

    BalasHapus
  43. belum pernah ke Palembang, kok jadi pingin ya ... Jembatan ampera tuh keliatannya kalo malam hari buat foto-foto terlihat romantis gitu ya mbak hhehe ...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.