Mobile Service Klinik Asiki untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi di Papua


[Dunia Anak] Kehadiran Mobile service  Klinik Asiki untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi di Papua yang merupakan kegiatan Corporate Social Contribution dari KORINDOKesehatan ibu hamil dan anak/balita sebagai generasi bangsa sangatlah penting. Sejak dalam kandungan sampai bayi lahir ke dunia, kesehatan dan tumbuh kembang anak harus diperhatikan. Di 1000 hari pertama kehidupan menjadi kesempatan emas untuk membangun kehidupan sehat di kemudian hari. Dimana nutrisi sangat berperan penting di masa ini. 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak awal kehamilan hingga 2 tahun, dan menjadi investasi kesehatan anak di masa depan.

Fasilitas Medis dari KORINDO

Di 1000 hari pertama kehidupan ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi dan rutin cek kesehatan juga, karena dengan nutrisi yang tepat bisa berdampak pada kesehatan jangka pendek dan jangka panjang buah hati. Karena ada banyak tantangan selama 1000 hari pertama kehidupan dan ini bisa mempengaruhi risiko penyakit tidak menular di masa mendatang seperti obesitas, stunting, diabetes, alergi, hingga penyakit jantung. Ibu hamil penting melakukan pemeriksaan kesehatan rutin selama hamil, sehingga bisa mengetahui pertumbuhan janin dan kesehatannya..

Ilustrasi by Canva
Saat hamil, kondisi ibu hamil tidak semuanya sama, begitupun saat anak lahir. Saat saya hamil termasuk yang lemah, dan harus mendapatkan perawatan ekstra, begitupun saat anak kedua lahir dengan kondisi prematur, yang membutuhkan perawatan khusus. Kalau di kota fasilitas kesehatan banyak dan aksesnya mudah, tapi tidak di daerah terpencil. Hamil anak pertama saya tinggal di kampung halaman, untuk ke dokter kadang harus dilakukan 2 bulan sekali, karena ga kuat dengan perjalanan dan kandungan yang lemah. Jarak dari rumah ke jalan utama butuh waktu setengah jam dengan jalan kali, kalau naik ojek bisa 10 menitan, itupun kalau ada. Dari jalan utama ke kota butuh waktu setengah jam. Dan dilanjutkan ke tempat praktek dokter atau rumah sakit 15 menitan. Biarpun butuh waktu yang lama, setidaknya saya bisa memeriksakan kehamilan.

Terus gimana kalau di daerah terpencil?

Kesehatan ibu hamil dan balita tentu saja harus menjadi perhatian khusus, bukan saja di kota, di daerah pun sama. Seperti halnya di Kabupaten Boven Digoel Papua ada yang namanya Mobile Service Klinik Asiki untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi/balita. Tingginya angka kematian bayi dan balita menjadi perhatian dalam pelayanan kesehetan di Klinik Asiki. Klinik Asiki dihadirkan KORINDO GROUP sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Contribution.

Ilustrasi by Canva
Tentu sudah kita ketahui bahwa salah satu program pemerintah adalah dengan mengajak pelaku usaha untuk berinvestasi di daerah perbatasan. KORINDO merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dan telah beroperasi selama 50 tahun. KORINDO membangun investasi kondusif di daerah perbatasan, yakni di Boven Digoel dan Merauke, Papua. Kawasan Papua menjadi salah satu daerah yang menjadi primadona dalam pengembangan industri kehutanan karena bentang alamnya yang luas dan subur.

Perlu diketahui nih, KORINDO sendiri telah mengembangkan konsep industri yang ramah lingkungan melalui pembangunan bidang kehutanan dan perkebunan kelapa sawit, serta menyerap 10.000 tenaga kerja di Papua. KORINDO juga mendirikan fasilitas medis, yakni adanya Klinik Asiki yang merupakan klinik modern yang berada di daerah pendalaman, dan mendapatkan predikkat klinik terbaik di tingkat Papua versi BPJS Kesehatan. Dan salah satu program Klinik Asiki inilah hadir Mobile Service Klinik Asiki yang akan mengjangkau daerah terpencil. Serta menjadi salah satu komitmen pelayanan kesehatan untuk daerah terpencil, seperti Papua, khususnya Kabupaten Boven Digoel dan sekitarnya.

Mobile Service Klinik Asiki

Dokumen by KORINDO
Mobile Services Klinik Asiki yang merupakan program dari Klinik Asiki dalam meningkatkan program "Zero tingkat kematian bayi balita dan ibu melahirkan". Dimana program ini menjangkau masyarakat-masyarakat di daerah terpencil dan perbatasan di wilayah sekitar perusahaan yang berada di Kabupaten Boven Digoel, Papua, yang jauh dari fasilitas kesehatan. Dalam melaksanakan kegiatannya, Mobile Service Klinik Asiki bekerjasama dengan Puskesmas dengan tujuan program:
  • Meningkatkan akses dan pemanfaatan layanan kesehatan.
  • Meningkatakan aksebilitas pelayanan medis untuk daerah.
  • Sasarannya untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi atau balita di Kabupaten Boven Digoel.
Adapun kegiatan yang dilakukan mobile service mulai dari penyuluhan, imunisasi untuk bayi dan balita, pemeriksaan ibu hamil, kunjungan rumah pasien nifas dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar. Selain itu, ada juga pembagian bantuan makanan tambahan yang diperuntukkan bagi bayi dan balita, serta ibu hamil. Perhatian Klinik Asiki ini dengan menghadirkan mobile service untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi di Papua. Sehingga ibu hamil dan bayi selalu sehat. 

Kegiatan penyuluhan Mobile Service Klinik Asiki bisa memberikan pengetahuan kepada ibu yang memiliki bayi dan balita, maupun ibu hamil. Salah satu penyuluhannya tentang hidup bersih dan sehat oleh dokter Klinik Asiki. Sehingga ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi bisa selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan, supaya terhindari dari penyakit. 
Dengan pengetahuan ibu dari mulai kehamilan, perawatan semasa kehamilan, literasi gizi dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan anak maupun saat hamil, bisa menurunkan angka kematian bayi. Saya jadi ingat, diawal kehamilan tidak tahu bagaimana merawat diri saat hamil, makan seenaknya, akhirnya sakit. Padahal asupan nutrisi yang tepat di 1000 hari pertama kehidupan sangat penting untuk investasi kesehatan anak di masa depan. Dengan mendengar informasi dari tenaga kesehatan, browsing di internet dan ikut workshop kesehatan, sedikit demi sedikit pengetahuan menjadi bertambah.

Photo by KORINDO
Dengan adanya Mobile Service Klinik Asiki ini bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan maasyarakat. Sehingga mereka mendapatkan informasi lebih banyak dalam menjaga kesehatan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan Mobile Service Klinik Asiki. 

Paling suka melihat perusahaan yang memiliki rasa kepedulian dengan menghadirkan program CSR dalam membantu masyarakat sekitar, khususnya di daerah terpencil, yang aksesnya pasti tidaklah mudah. Salut dengan para dokter dan  di pelosok yang selalu memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang membutuhkan. Dengan hadirnya Mobile Service Klinik Asiki ini, tentu saja menjadi memudahkan para ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi dan balita yang ingin memeriksakan kesehatan dan imunisasi. Serta masyarakat yang ingin berobat. 

"Karena dengan tulus berbagi, hidup jauh lebih berarti" CSR Tunas Sawa Erma.








Sumber:
  • https://korindonews.com/gallery/layanan-mobile-service-klinik-asiki/?lang=id

22 komentar

  1. Wah keren banget yah. Yang ada di daerah terpencil juga didatangi

    BalasHapus
  2. wah alhamdulillah, masyarakat di daerah juga bisa menikmati faskes yg memadai ya

    BalasHapus
  3. Bahagia rasanya kalau ada perusahaan yang peduli dengan kesehatan masyarakat. Korindo ini perusahaan udah lama berdiri, tapi baru tahu keberadaan dan baktinya.

    BalasHapus
  4. Kasihan juga sih para ibu hamil di daerah apalagi yang jauh dari fasilitas kesehatn ya. Allhamdulillah KORINDO Group bisa memfasilitasi ibu hamil di daerah ya jadi bisa lebih sehat lagi dalam menjalani kehamilannya. ASyiknya lagi masyarakat juga bisa menikmati fasilitas kesehatannya ya bukan cuma ibu hamil aja.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, ikut bahagia baca postingan iniiii. Semoga para ibu, bayi dan anak di Papua bisa semakin sehat dan terjaga kesehatannya dan semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan lewar layanan mobile service klinik asiki ininyaaa.. Aamiin

    BalasHapus
  6. Programnya bagus bangeeet. Emang perlu dan dibutuhkan banget sih untuk daerah pedalaman begini bagi ibu hamil dan ibu yang punya anak kecil.

    BalasHapus
  7. suka banget program CSR-nya mobile service klinik menjangkau daerah pelosok utamanya pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan smeoga program begini banyak ditiru ya mba :)

    BalasHapus
  8. Masalah kesehatan memang jadi problem bat daerah - daerah terpencil seperti ini ya. Makanya salut banget deh sama layanan semacam mobil service Klinik Asiki ini. Mudah - mudahan berkah dan bermanfaat bagi masyarakat disana :)

    BalasHapus
  9. Nggak kebayang klo jadi ibu hamil di pelosok ya mba. Programnya bagus, mdh2an bnyk yg aware dan punya program utk bumil di pelosok juga..penting karena mempengaruhi masa depan bangsa

    BalasHapus
  10. Keren ya salah satu CSR KORINDO ini. Tepat sasaran dan tepat programnya. Di Papua, faskes kayaknya masih kurang. Dengan adanya CSR ini, masyarakat di sana jadi bisa menikmati kemudahan dalam hal kesehatan. Semoga bisa dicontoh corporat lain. Bikin CSR kesehatan di tempat2 terpencil.

    BalasHapus
  11. MasyaaAllah, Alhamdulillah semoga makin banyak mobil service seperti ini. Jemput bola ke daerah-daerah yang ada di pelosok. Barakallah...

    BalasHapus
  12. Belum pernah ke Papua, tapi temen2 kantor ku sering dikirim ke sana buat ngerjain proyek. Denger-denger dari cerita mereka, memang daerah timur itu lumayan terpencil dan akses kendaraan umum pun lumayan sulit.

    Alhamdulillah ikut seneng denger ada perusahaan yang mau membantu masyarakat di daerah terpencil kayak di Papua ini. Semoga mobile service ASIKI ini bisa terus berjalan dan memberi manfaat seterusnya..

    BalasHapus
  13. Syukur alhamdulillah ada fasilitas mobil service klinik seperti ini. Kebayang ya, kalau yang namanya orang udah mau lairan, trus masih harus perjalanan jauh ke klinik ibu dan anak, ya kalau dekat, kalau jauh bisa berabe. Kelahiran anak pertama aku sempat mengalami kontraksi dalam perjalanan menuju RS di kota tetangga. Waktu itu RS di tempatku emang belum menerima secar, akhirnya aku dirujuk pada saat2 terakhir. Rasanya nano-nano, tapi alhamdulillah penangannya cepat. Semoga mobil service klinik kayak gini semakin banyak di daerah pedalamana atau nggak kota-kota kecil.

    BalasHapus
  14. Program CSR dari KORINDO Grup bagus sekali ya.. membidik masalah kesehatan masyarakat terpencil.
    Semoga programnya bisa terus dilaksanakan dan menjangkau ke seluruh pelosok negeri

    BalasHapus
  15. Semoga makin banyak klinik kesehatan di daerah terpencil ya. Kadang kusebel sama bumil yang malas periksa padahal tempat dekat sementara di luar banyak banget Ibu2 yg gak bisa periksa karena tempatnya gak ada. Semangat2 dengan progam ini

    BalasHapus
  16. Bagus banget program CSR Korindo ya jadi menjangkau masyarakat yang kekurangan di pedalaman agar dapat pelayanan dan fasilitas kesehatan juga

    BalasHapus
  17. Kadang suka mikir, ibu hamil yang dipedalaman gitu gimana ya kalau mau periksa kandungan? Lha yang tinggal di kota malah bingung mau pilih rumah sakit yang mana saking lengkapnya fasilitas kesehatan. Hihi. Berharap banget sih fasilitas kesehatan bisa merata ke seluruh daerah khususnya untuk ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

    BalasHapus
  18. Korindo? Jadi ingat iklan kalau nonton KBS Korea hahaha. Iya...masalah kesehatan masih menjadi isu sentral pembangunan manusia di Indonesia apalagi di daerah terpencil, merupakan sebuah keberuntungan jika ada csr yg fokus mengangkat masalah kesehatan ini terutama di Papua seperti mobile service klinik Asiki ini.

    BalasHapus
  19. Lazimnya ibu hamil yg tinggal di daerah terpencil lebih percaya pada dukun beranak dan informasi seputar kesehatan juga kurang. Dengan adanya mobile service Klinik Asiki tentu sangat membantu terutama mengurangi jumlah kematian Ibu melahirkan.

    BalasHapus
  20. Mereka pasti senang bisa mendapatkan pelayanan terpadu seperti itu
    Jadi ingat teman saya yang dokter juga sering ke Merauke untuk sekadar relawan bagi penduduk yang kurang beruntung

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ya mba. Meskipun di dqerah terpencil tapi sudah ada Korindo yang peduli dengan mereka. Bisa mengedukasi juga ini biar menjaga selalu kehamilannya mereka masyarakat Papua

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah ya mba. Meskipun di dqerah terpencil tapi sudah ada Korindo yang peduli dengan mereka. Bisa mengedukasi juga ini biar menjaga selalu kehamilannya mereka masyarakat Papua

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.