Dulcolax, Solusi Atasi Susah BAB Saat Berpuasa


[Kesehatan] Dulcolax, solusi atasi susah BAB saat berpuasa. Pernah ga ngalamin yang namanya sembelit atau susah BAB atau kontipasi saat berpuasa? Itu mah sering banget. Bahkan bukan bulan puasa saja, tapi hari biasa juga sering banget mengalaminya. Solusi saya pasti minum Dulcolax.

Karena konstipasi anak harus di rawat

Di bulan ramadan tahun 2012 lalu dengan kondisi yang waktu itu sedang hamil besar anak kedua, saya harus merasakan kembali masuk rumah sakit untuk menjaga anak pertama yang waktu itu usianya masih 22 bulan untuk rawat inap, karena tidak bisa BAB (Buang Air Besar) selama 5 hari. Putri pertama saya tidak bisa BAB, demam tinggi dan kalau mengejan malah menangis, mungkin saking kerasnya. Tidak BAB selama berhari-hari itulah dan demam yang terus tinggi, membuat anak harus menjalani rawat inap. Entah kenapa anak saat itu sampai mengalami susah BAB, padahal makanannya dijaga banget.

Kalau lagi sembelit atau konstipasi memang ga enak ya
Konstipasi atau biasa disebut juga dengan sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan. Sehingga sulit sekali untuk dikeluarkan dan akhirnya menyebabkan bisa mengakibatkan kesakitan pada penderitanya. Efek konstipasi yang diderita anak, ternyata sempat membuat trauma ketika dia ingin BAB. Apalagi saat dirawat tim dokter berusaha anak bisa BAB dengan lancar. Beberapa tes juga dilakukan, karena anak sampai demam berhari-hari. Sampai di hari ke 3 di rumah sakit, akhirnya anak bisa BAB. 

Setelah anak pulih, ternyata saya yang harus mengalami kontipasi, mungkin efek ga makan teratur saat di rumah sakit, apalagi dengan kondisi sedang hamil. Rasanya memang nano-nano dengan sembelit ini, perut sakit, tapi susah sekali BAB. Ternyata mengalami konstipasi atau sembelit ini sempat membuat anak trauma, kalau saya sendiri karena sering mengalami jadi biasa saja. Berbeda dengan anak-anak yang usianya belum genap 2 tahun. Ramadan 2012 memang jadi pengalaman berharga sekali, bahwa sembelit atau kontipasi ini tidak bisa dianggap enteng. 

Puasa lancar perut nyaman dengan Dulcolax


Pengalaman ramadan di tahun 2012 tidak mau terulang lagi, semenjak itu saya selalu usahakan anak untuk bisa lancar BAB setiap harinya. Saya semakin banyakin anak konsumsi buah dan sayur, sehingga perut anak selalu nyaman. Begitupun yang saya lakukan, karena selama hamil saya tetap puasa, pasti ingin perut juga nyaman. Saat anak di rawat jadi tahu nih obat-obat yang bisa mengatasi susah BAB. Salah satunya adalah Dulcolax. Jadi mau itu lagi puasa atau hari biasa mengalami sembelit, pasti pilihannya selalu Dulcolax.

Menjelang puasa ramadan pada tanggal 3 Mei 2019 saya berkesempatan untuk ikut serta blogger gathering bersama Dulcolax X Fimelahood dengan mengangkat tema "Puasa Lancar Perut Nyaman". Dalam acara ini hadir beberapa narasumber seperti dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Sanofi Medical Expert, Debi Widianti selaku Senior Brand Manager Dulcolax dan Nycta Gina selaku selebritis dan mom. 

Dalam acara ini banyak dibahas tentang menjaga kesehatan saat berpuasa dan tips mencegah sembelit. Di bulan puasa, sembelit sering menjadi masalah. Banyak yang mengalami, termasuk saya sendiri dan anak-anak. Di bulan puasa, saat buka dan sahur sering bangetkan makan yang digoreng hingga pedas ternyata bisa loh bikin sembelit. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga kesehatan, termasuk di bulan puasa ramadan. 

Suka bertanya-tanya, apa ada kaitannya puasa dan sembelit? Dari acara ini jadi tahu nih bahwa ada fakta pada saat berpuasa lebih dari 2 minggu itu meningkatkan tingkat kejadian sembelit menjadi 2 kali lipat. Fakta ke duanya ada 70% orang-orang yang mengalami sembelit saat bulan puasa, mereka sangat enggan untuk mengkonsumsi obat pencahar. Karena banyak yang beranggapan minum obat pencahar bisa bikin diare, badan lemas, cairan kurang dan akhirnya minum yang banyak.

Event Dulcolax X Fimelahood


Pada bulan Mei tepatnya tanggal 29 Mei 2019, akan diperingati sebagai World Digestive Health Day. Dimana ini adalah kampanye global, supaya masayarakat memperhatikan pencernaan, Dulcolax sebagai brand terpercaya ikut support acara ini. Dengan kamapanye ini, ramadan juga menjadi moment yang tepat untuk Dulcolax dalam mengedukasi masyarakat Indonesia supaya pentingnya menjaga kesehatan pencernaan saat puasa.

Sembelit itu diartikan sebagai BABnya itu kurang dari 3 kali dalam satu minggu. Jadi sembelit itu bisa seminggu 2 kali, bisa disertai masalah keluhan medis lain, kadang harus mengejan. Dan tentunya butuh waktu lama untuk mengeluarkan. Ini yang bikin mengganjal dan bahkan kalau kondisi sudah berat sampai harus dibantu dengan jari untuk mengeluarkannya. Perlu diketahui juga nih, wanita itu cenderung gampang kena sembelit, karena faktor hormonal. Selain itu dalam kondisi tertentu, seperti wanita hamil paling sering mengalami sembelit. Apalagi para orang tua yang aktivitasnya lebih banyak tiduran dan diam saja, pasti akan berisiko kena sembelit. Begitupun dengan orang yang kurang konsumsi sayur, kurang serat dan kurang gerak bisa berisiko mengalami sembelit.

Terus, kenapa ya orang yang berpuasa sering terkena sembelit? Itu karena orang berpuasa metabolismenya berubah. Yang tadinya makan teratur dan ngemil, jadinya hanya 2 kali saja yakni saat buka dan sahur. Dengan begitu asupan makanan berkurang, metabolisme tubuh berubah dan aktivitas orang-orang di bulan puasa jadi berkurang, seperti orang-orang yang suka berolahraga jadinya berkurang. Nycta Ghina juga pernah mengalami sembelit, yang bikin ga enak perut, belum lagi kalau kondisinya lagi hamil.

Konsumsi makanan sehat penting sekali
Adapun beberapa tips supaya tidak susah BAB saat berpuasa, seperti:
  • Minum air putih, bisa 8 gelas setiap harinya. Kalau perlu 2 liter setiap hari.
  • Kandungan serat harus banyak, bisa dengan konsumsi buah dan sayur.
  • Olahraga yang ideal kurang lebih 150 menit dalam seminggu, jadi sehari sekitar 30 menit.
  • Kurangi stress, karena bisa berpengaruh pada susah BAB. Stress itu ada faktornya juga ke usus.
  • Dari makanan dan gerak sudah, tapi tetap sembelit, bisa juga gunakan obat pencahar seperti Dulcolax supaya perut nyaman, puasa lancar.
Sembelit itu jangan dianggap enteng, karena bisa terjadi sumbatan di usus, ada benjolan, hingga membuat jadi ambeien. Sembelit bisa terjadi pada anak-anak hingga orang tua. Maka dari itu ketika memilih obat pencahar harus yang tepat dan terpercaya. Dulcolax, solusi atasi susah BAB yang bisa menjadi pilihan dan jangan biarin numpuk

Dulcolax atasi susah BAB


Dulcolax bisa menjadi pilihan obat pencahar yang bisa digunakan dan terpercaya lebih dari 60 tahun. Dulcolax merupakan obat dengan kandungan bahan aktif bisacodyl yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Ada 3 varian produk Dulcolax, yakni:
  • Dulcolax Bisacodyl 5mg dalam bentuk tablet untuk mengatasi konstipasi dengan cara diminum sesuai aturan. Ada yang kemasan 4 dan 10 juga. 
  • Dulcolax Bisacodyl 10mg supositoria untuk mengatasi konstipasi yang berupa kapsul dan dimasukkan melalui dubur.
  • Dulcolactol Lactulosa memabantu melancarkan BAB dalam bentuk sirup yang bisa digunakan semua usia, baik anak-anak, dewasa dan lansia.
Dulcolax bukan saja hadir di Indonesia, tapi juga internasional, sehingga di percaya untuk atasi susah BAB. Untuk khasiat dan keamanannya juga sudah teruji. Cara kerja setiap varian juga berbeda. Untuk Dulcolax tablet bisa ditelan langsung atau dikunyah, dengan waktu kerja 6-12 jam sampai akhirnya rasa ingin BAB. Sedangkan Dulcolax Supositoria bisa gunakan dengan keadaan berbaring menyamping dan masukkan kapsul, diamkan 15 sampai dengan 30 menit sampai akhirnya muncul keinginan untuk BAB. Pastikan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat. Selain itu, untuk Dulcolactol mengandung lactulosa yang bekerja menaikkan tekanan osmosa dan suasana asam sehingga feses menjadi lunak. Konsumsi Dulcolactol bisa dicampur dengan sari buah, air dan susu.

Semenjak anak rawat inap, dan apabila susah BAB selam 2 hari, pasti langsung beli Dulcolax. Memang manjur banget dan aman. Kecuali kalau susah BAB semakin sulit, langsung berkunjung ke dokter. Nycta Ghina juga kalau memilih obat pencahar, pasti pilihannya Dulcolax, dan sudah coba yang tablet juga. Dalam sharingnya Ncyta Ghina juga menyampaikan bahwa yang tidak boleh dilupakan adalah stres, sebanyak apapun makan sayur, sebanyak apapun makan buah-buahan, dan minum air putih yang cukup, kalau stress tidak terkontrol, karena menganggu metabolisme di saluran cernah, karena aku sudah mengalaminya. Dengan pikiran tenang, ditunjang dengan makanan yang benar dan asupan yang cukup serta aktivitas yang cukup, bisa berpengaruh pada pencernaan jadi lancar.


Setuju banget, karena ternyata stress bukan saja berdampak pada kesehatan dan kulit wajah yang jadi kusam, dampak stress bisa ke pencernaan juga. Saya sudah alami itu, soalnya kalau pikiran lagi santai dan fresh, pasti deh ga ngalamin sembelit. Tapi sebaliknya kalau lagi banyak kerjaan, pasti deh sembelit terus. Makanya kalau sembelit solusi saya minum Dulcolax dan tidak lupa konsumsi makanan bergizi. Jangan biarin numpuk yang bikin perut ga nyaman.

Konsumsi Dulcolax saat berpuasa bisa digunakan setelah buka puasa. Jadi kalau lagi puasa susah BAB, buruan deh atasi dengan Dulcolax yang juga sudah jadi solusi saya sejak lama. Dengan perut yang nyaman, puasa menjadi lancar. Jangan biarkan sembelit menganggu puasa, pastikan konsumsi makanan dengan banyak serat, minum air putih, rajin berolahraga, dan sedia selalu Dulcolax untuk atasi susah BAB.

24 komentar

  1. Baru tahu kalau stress bisa jadi pemicu susah BAB nih mbak, pantesan kalau jelang periode haid, pas mulai sensitif dan maunya marah, stress suka sembelit. Mesti sedia dulcolax nih ya

    BalasHapus
  2. Anak saya dulu pernah ngalami sembelit parah mbak. Beberapa hari nggak BAB, pas kerasa BAB nggak bisa keluar. Sampai dia nangis-nangis dan saya juga bingung. Mau kasih obat pencahar, si bocah nggak bisa minum obat.

    Terus ingat iklan di tentang dulcolax yang dimasukkan via anus. Langsung deh ke apotik.

    Setelah dimasukkan dulcolax lewat anusnya, nggak berapa lama dia bisa BAB dengan lancar. Abis itu dah bisa ketawa-tawa lagi.

    BalasHapus
  3. Dulcolax ini selalu ada di rumah! Andalan banget, apalagi aku punya anak kecil dan pernah ngalamin Raya susah BAB waktu umur 8 bulan.. hadeeeeuh sedih banget, akhirnya pake dulcolax langsung lancar, dan BAB yg susa keluar itu jadi gampang banget :D Cocok lah pokoknya dulcolax buat anak or dewasa, top pisan

    BalasHapus
  4. Anak perempuanku juga pernah mengalami sembelit. Ya Allah mbak, kalau mau BAB< bisa 3 jam sampai seharian tuh dia merasakan ingin BAB tapi gak keluar keluar, sampai nangis, itu waktu usia dia 2 tahunan gitu. Ya Allah, aku lihatnya sampai kasihan bener dech. ALhamdulillah setelah ganti sufor, BAB lancar dan masalah pencernaannya berkurang, semoga gak keulang

    BalasHapus
  5. Salam kunjungan dan follow :)

    BalasHapus
  6. aku sedia dulcolax di rumah. dulu malah jualan dulcolax :D

    BalasHapus
  7. Ga enak banget kalau udah sembelit itu ya mbak. Huhuhu. Apalagi yang sampe harus dirawat, kasian itu sakit nya pasti ga nyaman banget.
    Harus sedia dulcolax ini mah buat jaga jaga.

    BalasHapus
  8. Duh kasian y klo liat anak susah BAB. Anak2 saya juga sering konstipasi saya kasih bnyk minum air putih aja. Ternyata Dulcolax bisa buat anak juga y

    BalasHapus
  9. Iya banget nih, ceu.
    Kadang kalo puasa, proses ke belakang agak sedikit mengalami kendala :D
    Thanks Dulcolax!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Dulcolax ini andalan aku deh. Walopun banyak makan sayur dan buah, tetep aja suka sembelit. Dengan Dulcolax jadi lancar tanpa perut melilit. :D

    BalasHapus
  11. Terimakasih buat tipsnya mbak. Bener banget untuk perbanyak serat, tp baru tahu kalau stress ternyata ngaruh juga ya

    BalasHapus
  12. sembelit memang mengganggu banget ya mbak. perut jadi "sebah", terasa penuuuh. saya jarang sih sembelit, tapi suami : seriiing hihihi. Tapi entah deh, dia belum mau coba obat2 begini. padahal kalo memang sudah mengganggu banget kan bisa terbantu yak...

    BalasHapus
  13. Baca artikel ini jadi kepikiran, dari kemarin udah BAB belum ya? Jadi takut sembelit.

    BalasHapus
  14. Saya jg sering sembelit, udah biasa hihihi... Tapi paling horor itu waktu sembelit setelah melahirkan, padahal bisa diatasi dengan dulcolax ya...

    BalasHapus
  15. Tersiksa ya rasanya kalau sembelit, mau ngapai-ngapain mager..harus makan serat dan minum air putih yang banyak ya...

    BalasHapus
  16. Saya suka konsumsi buah tiap hari, bahkan sahur cuma makan buah. Jadi nggak pernah sembelit selama ini. Konsumsi air putir ini juga penting banget, sehari saya bisa abis sedikitnya 2 liter

    BalasHapus
  17. Sembelit emamng enggak enak ya, pernah soalnya, susah BAB gtu.
    Akhirnya introspeksi emang minumnya kurang, apalagi selama puasaan ini.
    Dulcolax emang obat paling tokcer utk susah BAB

    BalasHapus
  18. Masalah yang paling sering dihadapi waktu puasa itu konstipasi bener banget, apalagi kalau makannya kurang serat. Untung deh skr ada dulcolax yang bisa membantu mengatasi konstipasi

    BalasHapus
  19. Reaksi muka gak bisa bab dapet banget ya ceu, hahaaahhhaaaa... Tapi emang paling gak enak banget kalau susah buang air besar ya ceu. Emang kudu sedia dirumah nih ya.

    BalasHapus
  20. Klo udah sembelit pasti gak enak bngt rasanya yakk. untung sekarang udah Tau Cara pncegahan nya dan obatnya juga

    BalasHapus
  21. Iya Dulcolax memang efektif mengatasi sembelit yang mengganggu. Sudah coba dan cocok buat jadi solusi saat sembelit tiba
    Dan yakin rerata saat bulan puasa konsumsi serat dan air putih berkurang jadilah sembelit datang

    BalasHapus
  22. Bahkan karena stres pun bisa memicu sulit BAB yaa...
    Huhuu...
    Betapa aku tidak rutin BAB dan selalu merasa begah.
    Kayanya aku perlu Dulcolax deeh..

    BalasHapus
  23. ini juga andalan saya kalau susah BAB huhuhu tersiksa deh kalau susah BAB

    BalasHapus
  24. Obat yg cukup ampuh. Saat anak ketiga kami usia 1-2 tahun sempat ngalamin susah pup. hampir tiap minggu saya harus membelikan ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.