Sehat Bersama Halodoc Selama Bulan Ramadhan


[Kesehatan] Sehat bersama Halodoc selama bulan ramadhan. InsyaAllah beberapa hari lagi, umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Alhamdulillah masih dikasih usia untuk bisa menikmati indahnya ramadhan. Ramadhan selalu dinantikan umat muslim, karena ini adalah bulan penuh berkah. Selama sebulan penuh umat muslim akan berpuasa dengan menahan lapar dan haus sampai adzan magrib berkumandang. Berpuasa itu banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kesehatan. Tapi, banyak yang harus diperhatikan terutama dalam konsumsi makanan. Jangan sampai sakit karena salah makan, yang mengakibatkan puasa jadi terganggu.

Konsumsi makanan dengan tepat selama ramadhan

Penting sekali menjaga kesehatan selama ramadhan, dan memperhatikan asupan makanan sehat. Karena kalau tidak dijaga bisa menimbulkan banyak penyakit, seperti kontipasi, dehidrasi hingga sakit kepala. Apalagi kalau saat buka puasa, pengennya makan ini dan itu, pasti deh jadi masalah buat kesehatan. Saatnya untuk tepis kekhawatiran masalah kesehatan selama bulan ramadhan bersama Halodoc.


Tentu ingin sekali selama ramadhan selalu sehat dan bugar, maka dari itu Halodoc kembali berkomitmen untuk menyediakan akses kesehatan yang mudah dan nyaman digunakan. Tentunya layanan ini bersifat preventif dan kuratif untuk mendukung masyarakat agar tetap fokus dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Pada 30 April 2019 Halodoc mengadakan talkshow kesehatan "Sehat itu Berkah" yang berlokasi di Ocha Bella Restaurant. Acara ini menghadirkan narasumber seperti Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, selaku Dokter Ahli Gizi, Felicia Kawilarang selaku Vice President Marketing Communications Halodoc, dan Zivanna Letisha selaku selebritis dan seorang ibu.

Yang paling dikangenin saat ramadhan tentu saja bisa ngumpul bersama keluarga saat sahur dan berbuka. Apalagi bisa jalan-jalan bareng sambil ngabuburit dan berburu makanan berbuka. Padahal ngumpulin makanan saat buka, belum tentu kemakan semuakan? Apalagi saat sahur kudu pinter-pinter jaga kesehatan. Saat sahur saya paling menghindari gorengan dan mie instan. Pernah kejadian pencernaan terganggu, sehingga mengeluarkan darah. Padahal itu baru puasa beberapa hari, kan ga asyik ya kalau puasa terganggu karena masalah pencernaan akibat kita sendiri. Semenjak itu mulai deh memperhatikanan makanan, lebih banyakin sayuran dan buah segar selama sahur. Apalagi kita akan berpuasa selama lebih dari 12 jam. Tentu makanan saat sahur harus diperhatikan sebaik mungkin. 

Ilustrasi buah (sumber foto by Canva)
Konsumsi makanan yang tepat selama puasa sangatlah penting, supaya nutrisinya bisa terpenuhi. Ada beberapa dampak kesehatan yang timbul akibat konsumsi makanan yang tidak tepat selama berpuasa. Sebut saja dehidrasi, konstipasi, sakit kepala, sakit lambung, gula darah yang tidak seimbang, hingga obesitas. Duh ngeri banget ya. Iya sih dipikir-pikir bisa saja terjadi, apalagi kalau makannya selama puasa banyak makan yang manis, berlemak, dan karbohidrat yang berlebihan akan berbahaya buat kesehatan. Karena itu bisa meningkatkan jumlah kalori dan berpotensi obesitas.

Timbul banyak pertanyaan, kenapa hal itu bisa terjadi? Ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya penyakit tersebut. Mulai dari konsumsi makanan saat sahur yang berlebihan, tidak memperhatikan asupan nutrisi, makan sedikit saat buka dan sahur, hingga melewatkan makan sahur yang bisa berimbas nafsu makan menjadi lebih besar saat berbuka puasa. Tentu ini harus diperhatikan, semuanya harus seimbang. Apalagi saat sahur itu kita yang berpuasa membutuhkan asupan yang nutrisi yang tepat. Kalau asupan nutrisinya tidak seimbang, itulah yang akan terjadi mulai dari nyeri lambung, dehidrasi, konstipasi hingga stress karena kurang makan, minum dan istirahat yang cukup. 

Dipikir-pikir bener juga ya, pantesan selama puasa, berat badan bukannya turun, malah nambah, itu karena konsumsi makanan selama buka dan sahur asupan nutrisinya tidak tepat, dan sukanya gorengan dan manisan lagi. Perlu sekali mengatur strategi, supaya makan dengan baik dan benar, serta nutrisinya tercukupi. Dalam talkshow kesehatan ini, Dr. Jovita memberikan beberapa tips supaya puasa tetap sehat dan bugar.

Ilustrasi buah dan sayur (foto by Canva)

  • Memenuhi kebutuhan kalori harian.
  • Mencakup seluruh komponen makanan, dari karbohidrat 50-6-%, protein 15-20%, dan lemak 20-25%.
  • Cukup serat.
  • Cukup cairan 2 liter.
Saat sahur perhatikan komposisi gizi seimbang untuk bisa memenuhi kebutuhan kalori harian Gizi seimbang dalam piring makanku untuk porsi sekali makan, ada lauk pauk, buah-buahan, makanan pokok dan sayuran. Batasi juga garam, gula dan minyak, serta jangan lupa untuk minum air putih dan cuci tangan sebelum makan. Kebutuhan cairan dan zat besi juga sangat dibutuhkan saat sahur, untuk membantu distribusi oksigen tetap terjaga selama puasa, sehingga tubuh lebih bugar dan tidak mudah lemas.


Saat sahur penting sekali menghindari makanan seperti gorengan, karena makanan tersebut akan memperlambat pengosongan lambung, sehingga memicu naiknya asam lambung. Begitupun dengan minum tea dan kopi. Pasti saat sahur ada yang suka bikin teh manis supaya kuat selama puasa, ternyata itu tidak diperbolehkan. Saat sahur juga hindari konsumsi makanan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur, karena akan lebih mudah diserap dan dicerna tubuh, sehingga mudah lapar. Kalau ingin konsumsi makanan manis bisa memilih makanan yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti sayur, buah dan umbi-umbian. 

Terus gimana dengan olahraga? Tentu saja olahraga bisa dilakukan selama puasa, bisa sebelum atau sesudah berbuka dengan durasi pendek dan intensitas lebih rendah yang bisa menjaga kebugaran tubuh selama puasa ramadhan. Dengan nutrisi tepat dan komposisi makanan gizi seimbang, insyaAllah puasa lancar dan sehat itu berkah. Dalam talkshow ini, Zivanna juga sharing tentang dirinya yang memang sulit menjaga pola makan saat berpuasa. Bahkan kalau makan nasi, membuatnya sering mengantuk. Dengan makanan yang instan dan kurang bernutrisi, membuat tubuhnya juga mengalami kenaikan berat badan. Mau konsultasi, aktifitas selama ramadhan sangat padat. Untungnya ada Halodoc yang sangat membantu Zivanna untuk bisa berkonsultasi.

Sehat selama ramadhan bersama Halodoc


Saatnya Tepis kekhawatiran masalah kesehatan bersama Halodoc. Zivanna sendiri merasa sangat terbantu dengan layanan Halodoc, karena memungkinkan dirianya dan keluarga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi. 

Hadirnya Halodoc sebagai aplikasi layanan kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya dalam memenuhi kebutuha, selalu memudahkan siapapun untuk bisa berkonsultasi dengan para dokter melalui aplikasi, termasuk membeli obat. Seperti yang diungkapkan Felicia bahwa memahami kondisi kesehatan masyarakat Indonesia selama berpuasa di bulan ramadhan. Halodoc kembali berkomitmen untuk menyediakan akses kesehatan yang mudah dan nyaman digunakan. Melalui layanan dan fitur yang disediakan, Halodoc berharap dapat mempermudah masyarakat di Indonesia dalam mengakses fasilitas kesehatan selama ramadhan.

Sehat selama ramadhan bersama Halodoc dibuktikan dengan hadirnya layanan kesehatan yang sudah dilengkapi dengan fitur "Talk to a Doctor" yang sangat memudahkan penggunanya untuk bisa berkonsultasi setiap hari selama 24 jam. Untuk berkonsultasi, Halodoc sudah menghadirkan 150 dokter umum, 15 dokter ahli gizi dan 50 dokter spesialis kandungan. Dengan begini, ada masalah kehamilan, atau ingin diet sehat selama ramadhan, tentu semakin dimudahkan dengan konsultasi secara langsung di Halodoc. 

Saya sendiri memang selalu ingin banyak konsultasi tentang nutrisi, supaya selama ramadhan tidak mengalami lagi yang namanya konstipasi maupun sakit kepala. Perlu banget bannyak konsultasi nih, soalnya kalau puasa suka tergoda jajan makanan yang digoreng untuk berbuka, pantesan saja selama puasa berat badan malah nambah. Kali ini harus konsultasi dengan ahli gizi, supaya asupan nutrisi selama berpuasa tepat. Sehingga badan selalu sehat dan bugar. 


Selain layanan kesehatan dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis, ada juga layanan "Buy Medicines" yang merupakan layanan apotek antar yang memudahkan pengguna dalam membeli obat tanpa perlu repot pergi keluar rumah. Dengan layanan ini, dapatkan juga cashback 20% dengan metode pembayaran GO-PAY. Dimana promo ini berlaku dari 6 Mei hingga 20 Mei 2019. Bahkan di bulan ramadhan ini, Halodoc menghadirkan beragam artikel kesehatan yang bermanfaat untuk menjalankan kesehariaan dalam berpuasa, supaya tetap sehat dan bugar. 

Dengan hadirnya fitur dan layanan kesehatan di Halodoc, bisa memudahkan konsultasi dan pembelian obat hanya dengan smartphone. Apalagi bisa menikmati promo cashbacknya. Semua layanan dari Halodoc ini menjadi dukungan untuk masyarakat Indonesia, supaya bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan lancar dan maksimal. InsyaAllah selama ramadhan bisa selalu sehat bersama Halodoc. Menjaga kesehatan dan pola makan selama ramadhan penting sekali, jangan sampai bulan puasa malah sakit sampai menganggu ibadah. Semoga selama ramadhan kita selalu diberikan kesehatan, jangan lupa konsumsi makanan bergizi, banyak serat dan minum air putih supaya tubuh sehat dan bugar.

2 komentar

  1. Wah bener banget nih Mbak, masalah kesehatan menurut saya memang no 1

    BalasHapus
  2. Dengan halodoc jadi mudah konsultasi ya.., btw tetap kudu jaga kesehatan...saat puasa. Bagaimanapun mencegah lebih baik dari mengobati.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.