#SatukanSemangatmu di Hari Sumpah Pemuda


[Lifestyle] Sejak duduk di bangku sekolah kita belajar tentang sejarah bangsa. 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sebagai pemuda pemudi bangsa, harus selalu "SatukanSemangatmu untuk Indonesia.

Sumpah pemuda menurut versi kamu apa?

Kalau menurutku pemuda itu harus selalu bekerja keras, pantang menyerah, kreatif, mampu menjaga lingkungan sendiri, cinta budaya bangsa, dan tidak pernah mengeluh. Menjadi pemuda pemudi bangsa yang selalu terus semangat melangkah untuk menggapai segala mimpi. Banyak cara mencintai bangsa sendiri, termasuk dalam hal terkecil, misal membuang sampah pada tempatnya supaya lingkungan menjadi bersih dan nyaman. Sesama teman tidak saling bully dan memaki,
Banyak hal bisa kita lakukan sebagai pemuda dan pemudi bangsa, untuk selalu cinta tanah air Indonesia.

SUMPAH PEMUDA

Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia 

Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama IM3 Ooredoo dan Indosat Ooredoo


Semenjak kecil, di tanggal 28 Oktober diperingati dengan Hari Sumpah Pemuda, saya mengikuti upacara dan membacakan tiga butir ikrar Sumpah Pemuda. Ada kebanggan dan semangat ketika membaca teks Sumpah Pemuda.

Masih ingatkah tentang sejarah Sumpah Pemuda? 

Mari kita mengingat kembali Hari Sumpah Pemuda yang menjadi moment bersejarah bangsa, di tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, yang menegaskan akan cita-cita berdirinya bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan hasil rumusan dari kongres Pemuda kedua yang diselenggarakan 2 hari, yakni 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta), untuk menegaskan cita-cita akan tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia.


Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2019 bersama IM3 Ooredoo di Gedung KPPTI Jakarta. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober lalu, Indosat Ooredoo menghadirkan kampanye #SatukanSemangatmu. Dengan #SatukanSemangatmu mengajak para generasi muda Indonesia untuk selalu satukan semangat demi Indonesia yang lebih maju.

Disini Indosat Ooredoo mengajak kita sebagai anak-anak muda Indonesia untuk tidak pernah ragu dengan kemampuan diri sendiri, tetap semangat dan melakukan perubahan, serta bisa berkontribusi untuk negara. Satukan Semangatmu sejalan dengan Indosat Ooredoo yang selama 52 tahun berkomitmen mendukung generasi muda untuk terus berkreasi, berinovasi dan menyatukan semangat. Sekcil apapun peran yang kita lakukan, akan menjadi kontribusi besar untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

#SatukanSemangatmu

Melihat video yang satu ini, menjadi ikut bersemangat melakukan perubahan yang lebih baik untuk bangsa, sekecil apapun. Sebagai ibu muda, tentu saya harus bisa mendidik anak-anak menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi, hebat, cerdas, dan berguna bagi bangsa negara tercinta Indonesia.

Mengapresiasi langkah Indosat Ooredoo, IM3 Ooredoo mengangkat kisah generasi muda di sekitar lewat inisiatif #SatukanSemangatmu di hari Sumpah Pemuda. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Indosat Ooredoo dan IM3 Ooredoo menghadirkan anak-anak muda berprestasi. Dan disini jadi bisa berkenalan dengan 7 youth profile, seperti:

  • Dilla Fadiela yang merupakan Puteri Indonesia Perdamaian 2018 yang sangat peduli dengan lingkungan. Dilla menyebarkan semangat kepada generasi bangsa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, pantai dan laut dari sampah. Mengingat dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton pertahun. Dimana 3,2 juta ton diantaranya adalah sampah plastik. Dilla juga mengajak kita semua untuk tidak membuang sampah sembarangan, gunakan sedotan stainless dan tidak membawa kantong plastik ke kawasan pantai.
  • Wilona Arieta Gatraputri seorang pengajar online. Sebagai seorang pengajar, Wilona memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berbagi ilmu untuk anak-anak. Wilona akan selalu berusaha untuk membantu semua murid dengan pengetahuan yang dimilikinya, supaya apa yang dicita-citakan tercapai.
  • Devi seorang aktivis disabilitas. Devi mengajak generasi bangsa untuk selalu menyebarkan semangat. Keterbatasan tak seharusnya menjadi halangan dalam menginspirasi dan berkontribusi untuk lingkungan sekitar. Devi juga menjadi sosok yang inspiratif, yang selalu bersemangat untuk terus maju.
  • Alzha Assadjili dari komunitas bikers. Bagi Alzha untuk berkarya bisa dalam banyak cara, bisa lewat pekerjaan, komunitas bahkan hobi yang disukai. Bagi Alzha yang hobi touring dan jalan-jalan bisa memperluas sudut pandangnya untuk bertemu orang-orang dan terus berbagi di setiap perjalanan.
  • Christine Totahena seorang Rapper. Bagi Christine jangan pernah berhenti berkarya dan mewujudkan mimpi. Sosok anak muda yang satu ini suka sekali ngerap sejak duduk di kelas 2 SMA. Berkat adanya internet, dirinya bisa belajar dari rapper lain dan bisa menampilkan karya-karyanya. 
  • Renydin Yansiku seorang pelestari budaya Flores. Bagi Renydin akan selalu cinta dengan budaya sendiri, dengan menggunakan kain sarung atau kain tenun di rumah dan acara lainnya. Dengan hadirnya internet, Renydin ingin memperlihatkan kalau menggunakan pakaian tenun akan terlihat cantik dan percaya diri. 
  • Ayu Puput Alit seorang pengajar programming. Bagi Ayu belajar koding bersama programmer untuk menciptakan berbagai sistem yang memudahkan masyarakat. Dirinya  juga aktif dalam komunitas pengajar panti asuhan di Borobudur yang menjadi karya kecilnya untuk Indonesia. Hadirnya internet membuat Ayu tetap bisa up to date dalam perkembangan framework terkini.
Bagaimana setelah melihat video, sharing dan bertemu langsung dengan mereka?


Tentu bangga dan menjadi bersemangat untuk terus berkarya. Jangan pernah bilang kita tidak memiliki keahlian, karena banyak hal bisa dilakukan untuk sekitar. Dulu ketika duduk di bangku sekolah, sempat minder tidak memiliki keahlian apapun. Sampai akhirnya dunia seni mampu membawa saya untuk mengubah segalanya. Menjadi sosok yang percaya diri, membuat karya dan menyebarkan semangat kepada teman-teman untuk mencintai seni dengan cara masing-masing. Puis, tari, dan panggung teater menjadi awal saya untuk menjadi sosok yang percaya diri, bersemangat dan menghasilkan karya-karya yang bisa diakui semua orang, hingga mendapatkan kemenangan dan penghargaan.

Menjadi anak muda banyak hal bisa dilakukan, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Banyak anak-anak muda yang berprestasi dan menyebarkan semangat, seperti ke 7 youth profile yang akan terus didukung oleh Indosat Ooredoo. Acara peringatan sumpah pemuda juga diisi dengan membuat konten bersama, tentu ini menjadi salah satu cara mengisi hari Sumpah Pemuda, dengan bekerjasama menghasilkan sebuah karya terbaik. Mari terus #SatukanSemangatmu menebarkan posiitif vibes, terus berkarya, meraih mimpi dengan bantuan teknologi.

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.