5 Wisata Bali Baru Untuk Pilihan Travelling di Indonesia


[Wisata Indonesia] Sudah ada rencana travelling kemana tahun ini?

Kalau saya pengennya kunjungi Danau Toba, Labuan Bajo, hingga Mandalika. Jujur, saya belum pernah sekali pun jelajahi tempat ini. Dari dulu padahal pengen, tapi ada saja halangannya. Entah itu tabungan yang belum cukup atau bahkan belum ada teman buat diajak travelling bareng. Karena saya termasuk yang tidak bisa solo travelling.

Yang paling bikin nyesek, saya belum pernah ke Borobudur, duuh gimana coba? Padahal itu deket banget. Kalau ke Prambanan sih udah banget. Ini menjadi wishlist travelling saya di tahun depan. Harus bisa mengukirkan jejak di Borobudur yang juga termasuk destinasi super prioritas dan menjadi wisata Bali baru.

Kunjungi 5 wisata Bali baru yang semakin mudah


Namanya travelling tuh memang bikin ketagihan. Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang belum dikunjungi. Sedih? Tentu saja. Saya ingin mengukirkan banyak jejak di berbagai daerah di Indonesia. Tentunya dari Sabang sampai Merauke. Selama ini perjalanan yang paling berkesan adalah yang selalu membuat rindu untuk kembali lagi. Seperti Yogyakarta, Manado, dan Makassar. Saat mengenal kota baru dan menjalajahi tempat wisatanya, selalu ingin mendapatkan experience, sehingga selalu bisa saya tulis di blog ceritanya.

Siapa yang tidak kenal pesona Bali? Semua pasti suka keindahan Bali. Saya pengen banget menikmati keindahan Nusa Penida, yang belum saya jelajahi sampai sekarang. Pesona keindahan Bali mampu menarik banyak wisatawan asing dan domestik. Bahkan artis Korea banyak loh yang sudah ke Bali, sebut saja Rain dan Kim Tae Hee, Song Hye Kyo, Ji Chang Wook, Choi Siwon, hingga Yoona. 

Lagi ngebayangin kalau artis-artis Korea favoritku ini bisa berkunjung ke destinasi super prioritas, dan menjadi wisata Bali baru yang bisa menjadi pilihan untuk travelling di Indonesia. Bahkan bukan wisata asing saja yang datang, wisatawan domestik juga bisa menikmati keindahan Bali Baru. Iya, saya juga mau, doain dong tabungannya cepat terkumpul.

Terus 5 wisata Bali baru super prioritas itu dimana saja ya?


Pada 6 Desember 2019 lalu, saya ikut hadir dalam event bersama Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang mengangkat tema "Connectivity Makes Travelling Easy". Dalam acara ini juga dihadiri oleh Bapak Sesjen Kemenhub Djoko Sasono dan Bapak Setiadibudi. Pada hari itu juga bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan conference call dan menyampaikan bahwa pembangunan konektivitas guna mengundang turis domestik maupun internasional datang ke destinasi super prioritas.

Dan destinasi super priositas itu menjadi 5 Bali baru yang terdiri dari:
  1. Danau Toba yang merupakan danau alami berukuran dan memiliki panjang 100 kilometer. Serta lokasinya berada di Sumatera Utara.
  2. Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang Jawa Tengah.
  3. Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 19 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indoanesia.
  4. Mandalika merupakan sebuah kawasan wisata yang berlokasi di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.
  5. Likupang merupakan kawasan pesisir pantai di Sulawesi Utara.
Membaca beberapa artikel tentang Likupang, ini menjadi menarik perhatian saya. Jujur saya baru mendengar tentang Likupang dan ingin mengunjunginya. Padahal saya pernah ke Manado dan menikmati keindahan alam dan makanan khasnya. Tapi baru mendengar tentang Likupang, yang ternyata sangat indah.

Bersumber dari travel.kompas.com, bahwa Likupang bersama Tanjung Pulisan merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai Destinasi Super Prioritas. Sehingga pembangunan KEK harus segera diselesaikan dengan kerjasama berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat.


Masih bersumber dari travel.kompas.com, pemerintah juga menetapkan rencana pengembangan infrastruktur jalan menuju kawasan KEK Likupang seperti pembangunan jalan tol Manado - Bitung sepanjang 39 Kilometer. Dan pelebaran jalan bypass dari Bandara Sam Ratulangi ke KEK Likupang sepanjang 31,5 kilometer.

Dengan begini, untuk menikmati kawasan wisata Likupang menjadi lebih mudah. Semuanya sudah terkoneksi. akses menuju tempat wisata menjadi semakin nyaman. Itu baru Likupang, begitupun dengan 4 destinasi lainnya, seperti Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba dan Borobudur. Akan semakin mudah, ada tol, pelabuhan dan transportasi yang semakin memudahkan.

Begitupun saat ingin ke Borobudur sekarang semakin mudah. Tinggal naik kereta saja atau mungkin mau naik pesawat juga bisa, kan di Yogyakarta sendiri akan dibuka Bandara baru, yang bisa memudahkan perjalanan menuju destinasi impian, seperti Borobudur. Pemerintah sekarang ini memang sedang membangun banyak kawasan wisata, tentunya fasilitas pendukungnya juga penting, baik itu infrastruktur sarana dan prasarana transportasi kemudahan aksesibilitas para wisatawan dari dan menuju tempat wisata yang ingin dituju di Indonesia. Termasuk destinasi super prioritas dengan 5 wisata Bali baru, mulai dari Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika dan Labuan Bajo.

Dokumen pribadi
Tentunya dengan percepatan pembagunan infrastruktur sangat diperlukan, supaya bisa segera mempromosikan 5 Bali baru pada dunia internasional dimulai tahun 2020. Dengan begitu pembangunan infrastruktur transportasi seperti pelabuhan, bandara, hingga fasilitas lainnya bisa selesai juga di tahun 2020, yang diharapkan dapat mendokrak pendapatan devisa negara. Semoga ya, semuanya cepat selesai, sehingga bisa menikmati 5 wisata Bali baru dengan mudah dan nyaman.

Jadi ingat, beberapa waktu lalu, Kereta Api saja ada yang baru, pas pesan tiket ke Madiun juga jadi banyak pilihan. Ini yang memudahkan saya sebagai pejuang LDM (Long Distance Marriage) untuk mengunjungi suami dan anak-anak. 

Transmate 


Pada acara ngobrol santai dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkenalkan Transmate, yang merupakan singkatan dari "Trans", kependekan dari kata transportation atau transportasi. Sedangkan "mate" diambil dari kata dalam bahasa Inggris yang secara harfiah memiliki arti teman atau partner. Jadi Transmate adalah teman transportasi dan Transmate penghubung Indonesia.

Seperti yang diungkapkan Bapak Djoko bahwa kontribusi Transmate sangat dibutuhkan dengan berkomunikasi di media digital untuk bersama-sama memajukan sektor transportasi Indonesia.

Saya sendiri sebagai pengguna transportasi tentu menyambut baik kehadiran Transmate ini. Apalagi saya termasuk yang suka travelling. Akhir tahun ini berencana mengajak anak-anak untuk travelling ke Yogyakarta dan Madiun, mengingat anak-anak selama ini belum pernah pergi jauh.

Dokumen pribadi
Kalau di Jakarta anak-anak sudah sering merasakan baik busway, Commuter Line, hingga MRT. Tapi belum pernah mencoba Kereta Api jarak jauh sekalipun. Dan akhir tahun ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan tempat-tempat indah kepada anak-anak yang sudah masuk liburan sekolah. Sudah booking tiket kereta jauh-jauh hari untuk berangkat maupun pulangnya, supaya anak-anak merasa nyaman dan bisa menikmati perjalanannya. 

Dalam acara ini diputarkan video, bagaimana perjalanan 3 influencer menuju Borobudur, dari perjalanan menggunakan kereta, Damri dan akhirnya bisa menikmati wisata di Borobudur. Bahkan ada 3 influencer juga secara simbolis disematkan pin Transmate.

Dengan hadir di acara ini jadi semangat buat travelling dan menabung lebih banyak, supaya tahun depan bisa menikmati wisata 5 Bali baru dengan menggunakan transportasi yang semakin aman dan nyaman. Dengan 5 wisata Bali baru bisa menjadi pilihan travelling di Indonesia.




Informasi tentang Labuan Bajo, Likupang dan 5 Bali baru  bersumber dari:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Labuan_Bajo,_Komodo,_Manggarai_Barat
  • https://travel.kompas.com/read/2019/08/24/200000127/mengintip-wisata-tersembunyi-di-destinasi-super-prioritas-likupang?page=all
  • http://dephub.go.id/post/read/kemenhub-siap-dukung-kemudahan-aksesibilitas-destinasi-wisata-super-prioritas-5-bali-baru

14 komentar

  1. ee tak kira tadi di bali sudah ada kreta. eee tak baca lagi di jogja ternya hwhwhwhaa.

    BalasHapus
  2. Aku lihat tempat duduknya kok kayak nyaman banget ya mbak, kelihatan bersih juga. Pasti betah deh meskipun perjalanan memakan waktu lama

    BalasHapus
  3. terakhir ke bali tahun 2012..
    rinduuuuu

    BalasHapus
  4. sudah lama gak jalan2 jauh, maunay sama anak2, tapi sekarang susah setelah yang satu nikah, dan yg bungsu susah dapat cuti dr kantornya, mau berdua saja , kangen bareng anak2

    BalasHapus
  5. Asiknya nih, nabung..nabung..nabung buat liburan bareng lebih seru yaa, transmate..travelmate ahh happy pisan atulah, mengunjungi tempat idaman .

    BalasHapus
  6. Transmate ini kereta api jarak jauh gitu ya? Wahh samaan nih destinasinya, aku jg rencana pgn bgt ke Jogja. Tau nih kesampaian apa gak. Ada bayik gini repot gak yaa..

    BalasHapus
  7. Wah MasyaAllah, aku malahan baru ke Borobudur Mbak, belum ke tempat lain. Hahaha semoga kita ada kesempatan buat menginjakkan kaki di 5 wisata Bali Baru ya

    BalasHapus
  8. Likupang kayaknya seru ya teh Lis. Mau masukin ke list jg ah hihi..Indonesia tuh ya luar biasa indahnya, masya Allah keren. Transportasi skrg jg makin memadai

    BalasHapus
  9. Sekalipun saya belum pernah ke Bali dan selalu berdoa semoga suatu saat bisa main ke Bali bareng suami dan anak-anak, hehehe. Sekarang hanya bisa baca-baca artikel tentang Bali aja nih untuk penyemangat sekalian nabung dulu.

    BalasHapus
  10. Likupang dan Mandalika aku belum terlalu familiar, yang lainnya udah :D
    Iya nih transportasi publik snagat dibutuhkan yaa, apalagi kkita negara kepulauan, ngarepnya transportasi udara dibenahi dan ada penurunan harga tiket jd lbh memudahkan masyarakat buat berwisata ke Bali Baru jg

    BalasHapus
  11. Senang ada campaign seperti ini untuk mendongkrak jumlah wisatawan nusantara mengunjungi negeri sendiri. Saya sudah berkunjung ke nomor 1-3, nomor 4 dan 5 belum. Semoga bisa juga ke Mandalika dan Likupang nantinya:)

    BalasHapus
  12. Labuan Bajo, Mandalika, Likupang...destinasi wisata yang bikin termimpi-mimpi. One day, semoga bisa menjejakkan ke destinasi keren tersebut.

    Turut mendoakan, semoga Mbak Liswanti tahun depan bisa menikmati wisata 5 Bali baru ya. Senengnya kalau saya diajak juga (modus)

    BalasHapus
  13. aamiin teh semoga cepat terlaksana dr 5 itu baru Borobudur yg aku kunjungi ,,semoga aja nih tambah maju pariwisata Indonesia dng 5 Bali Baru..

    BalasHapus
  14. semoga berjodoh dan dicukupkan rezeki untuk berkunjung ke 5 Bali baru di Indonesia..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.