Mantan Nikah, 5 Hal Ini Yang Perlu Dilakukan


[Wedding] Menjadi wedding organizer itu memang seru, dan selalu membuat terharu. Apalagi saat momen akad nikah. Ga pernah terpikirkan sebelumnya, bisa merencanakan sebuah pernikahan. Banyak hal yang saya rasakan. Mulai dari bertemu orang baru, sharing tentang kehidupan, hingga mendengarkan kisah cinta yang begitu indah.

Setiap kali ada yang konsultasi pernikahan, saya ingin sekali pernikahan itu sangat berkesan, sesuai keinginan manten dan berjalan dengan lancar. Bantunikahan siap banget kok membantu merencanakan pernikahan.

Kalau ngomongin pernikahan, jadi ingat dengan momen yang tegang, seru dan bikin ketawa. Karena ga setiap orang mau cerita masa lalu, jadi terkadang ada saja momen mengejutkan di acara resepsi, terutama tentang mantan. Pernah banget ada tamu yang minta nyanyi, kupikir ya itu tamu biasa. Dia nyanyi tuh lagunya Judika berjudul Mama Papa larang. Setelah di colekin salah satu keluarga bahwa itu mantan sang pengantin, langsung deh kuajak turun. Karena wajah sang pengantin udah pucet juga. Untungnya keluarga dan pengantin memahami ketidaktahuan saya, karena banyak juga tamu yang datang. Kalau ga salah ingat, waktu itu memang ada 800 undangan.

Mantan Nikah datang atau enggak?


Sebenarnya kalau diundang mantan, enaknya datang atau tidak ya? Atau kalau mau nikah, perlu undang mantan atau tidak?

Saya sendiri sengaja kok ngundang mantan di hari pernikahan, pikir saya namanya juga baru pacaran doang dulu. Jadi, ya undang saja. Tapi ternyata, di hari pernikahan ga ada satu pun yang muncul 😂😂😂. Lagian saya punya niat baik, putus juga dulu baik-baik, jadi ya sudah diundang. Biarpun para mantan, ga ada satupun yang datang.

Tapi, saat mantan itu nikah, dan saya diundang, tentu saja datang. Pas datang ya ketawa-ketawa aja, toh saya juga sudah punya kehidupan sendiri. Anggap saja mereka teman. Tapi, tidak semua orang pemikirannya sama dengan saya. Ada yang ga pernah mau datang, ada juga yang mau. Dan jadi ingat, 12 Januari lalu, saya pernah bikin polling di Twitter tentang "Kalau mantan nikah, pada pilih mana nih?". Dan ternyata hasilnya adalah:
  • 29% memilih datang sama pacar baru.
  • 14% memilih datang sendiri.
  • 0% untuk cukup kirim kado.
  • 57% memilih ga usah datang.
Bisa dicek hasilnya, memang banyak yang memilih untuk tidak datang ke nikahan mantan. Sebenarnya ada banyak alasan dari setiap orang untuk tidak datang ke nikahan mantan. Semua kembali ke diri masing-masing. Entah di masa lalu ada cerita yang tidak enak, kita tidak akan pernah tahu?

Misalnya saja di masa lalu ditinggalin mantan, mantan dijodohin, disakiti mantan yang selingkuh, mantan diambil teman, atau bahkan jagain jodoh orang. Cerita semua orang berbeda-beda. Saya sendiri memilih putus, karena memang ga dapat restu dari orangtua, dan saya memilih laki-laki yang memang diridhai oleh orangtua. 

Pernah banget dengar cerita teman yang memang udah bertahun-tahun jagain jodoh orang, sedih dengarnya, apalagi kalau ingat perjuangannya. Tapi semua balik lagi soal jodoh. Karena yang namanya jodoh merupakan rahasia Illahi. Ternyata kisah cinta teman saya itu berakhir dengan bahagia. Dia mendapatkan jodoh yang lebih baik dan sudah bahagia dengan anak kembarnya.


Balik lagi tentang mantan nikah. Kalau diundang mantan di hari pernikahannya dan memilih untuk datang. Bisa baca dulu nih 5 hal yang perlu dilakukan saat ingin datang ke nikahan mantan, seperti:
  1. Banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, supaya semua tidak ada lagi perasaan kepada mantan. Dan didekatkan dengan jodoh.
  2. Pastikan hati dan pikiran kamu sudah move on dari mantan, maupun kisah cinta sama mantan di masa lalu ataupun kenangan indah bersamanya. Bebaskan semua hal itu, supaya tidak terasa menyakitkan saat melihatnya berada di pelaminan.
  3. Persiapkan semuanya sebelum datang ke pernikahan mantan, dari mulai baju, aksesoris dan riasan. Sehingga bisa tampil secantik atau setampan mungkin. 
  4. Bawa kado buat mantan, yang penting jangan kado yang berisi kenangan masa lalu kamu. Bisa jadi kamu disebut belum bisa move on. Berikan ucapan setulus mungkin ya kepada mantan supaya berbahagia. Dengan mendoakan yang baik, semoga kebaikan juga datang kepada diri kita.
  5. Bawa temen kondangan. Entah itu mau bawa teman sendiri, atau mau bawa pasangan baru juga boleh banget. Biar seru aja gitu pas dateng ke nikahan mantan.

Temen Kondangan

Datang ke nikahan mantan baiknya sih jangan sendiri, tapi bisa bawa temen kondangan. Seperti film Temen Kondangan yang bakal tayang 30 Januari 2020 nanti nih. Beneran penasaran bagaimana kocak dan rusuhnya nikahan mantan. Apalagi kalau bisa move on di kondangan, biar mantan juga tahu, sudah melupakan masa-masa dengan dirinya, setuju ga?

Film Temen Kondangan menjadi film terbaru persembahan MNC Pictures  yang menghadirkan 2 pemain piala citra, yakni Gading Marten dan Prisia. Film bergenre komedi ini yang berlatar rusuh di kondangan. Seperti apa ya ceritanya? Mending lihat dulu trailernya ini yuk.


Film dari Iip S Hanan ini, selain diperankan Prisia Nasution dan Gading Marten, juga ada Reza Nangin, Samuel Rizal, Kevin Julio, Olivia Jensen, Feby Febiola, diah Permatasari, Imelda Therinne, Pierre Gruno, Iszur Muchtar, Chika Waode, hingga ada yang kocak dengan penampilan couple Preman Pensiun Kang Pipit dan Kang Murad.

lihat trailernya suka banget, apalagi lihat loga sunda dari Prisia yang berperan sebagai Putri seorang selebgram yang sangat menjaga image. Ini menjadi penampilan Prisia di film komedi, asli lucu banget. Apalagi ada Olivia Jensen yang sudah lama nggak muncul, hadir di film ini sebagai Fitri yang menjadi pasangan Samuel (Dheni). 

Nah, bulan Februari 2020 itu bakal banyak banget yang nikah, apabila mantan ada yang nikah. Boleh loh nonton film ini dulu supaya lebih santuy gitu datang ke kondangan mantan. Bisa jadi inspirasi buat para bucin supaya ga ambyar dan gagal move on kalau mantan nikah. Tenang, masih banyak yang lain kok, setuju?

Sumber: Trailer Temen Kondangan


Tapi kalau mantannya berkesan banget gimana dong? Harus yakin, bahwa dia bukan jodoh yang dipilih Tuhan, sekalipun sangat berkesan. Saya pernah ada di masa itu, memiliki mantan yang baik banget, tapi meninggal dunia. Sempat patah hati, tapi akhirnya mendekatkan diri sama Allah SWT, bahwa dia bukan jodoh saya. Dan Alhamdulillah dua tahun kemudian dipertemukan dengan Ayahnya anak-anak yang mendampingi saya dalam suka dan duka. 

Film Temen Kondangan, bisa jadi hiburan di awal tahun 2020 nih. Apalagi kalau mantan nikah, eh malah rusuh. Kan kasihan sama pengantinnya ya. Biarpun datang ke kondangan mantan, santai aja ya. Jangan lari dari masalah, begitu quote dari Film Temen Kondangan. Seperti kata Putri (Prisia) jaman begini, jangan baperan. Mantan nikah biarkan saja, harus move on. Mau sendiri atau bawa temen kondangan, datang saja, kali saja ketemu jodoh di nikahan mantan. Seperti Prisia yang di lamar gitu.

Mantan nikah, mari datang saja, mau bawa temen kondangannya ade sendiri, gebetan atau pasangan bisa dong. Harus bisa tunjukkin sudah bisa move on, seperti Putri di film Temen Kondangan yang bakal tayang 30 Januari 2020.

6 komentar

  1. Kalau ngomongin mantan emang ehmmm sesuatu..tp kl aku sih gk smpe gini sih jd emang biasa aja walaupun agak kikuk gimana pas salaman di nikahan nya 🤣🤣

    BalasHapus
  2. Kalau dekat lokasinya diusahakan datang itupun kalau diundang, ehehhe. Tentu datang kalau hati sudah benar-benar iklas dan terima kenyataan. Ajak sahabat dekat atau pacar baru. Dandan dengan versi terbaik dan jangan lupa berburu makanan biar hati tetap happy.

    BalasHapus
  3. Jujur, aku termasuk yang “datang ke nikahan mantan”. Sudah ada beberapa mantan yg nikah, dan aku selalu datang. Pernah datang sama pacar baru (pacar setelah mantan), pernah datang sendiri, pernah datang sama temen. Semua tergantung diri kita sendiri, niatnya datang ke nikahan mantan itu apa? Kalo aku sih niat untuk terus menjalin komunikasi sebagai teman. Bagaimana pun dulu aku dan mantan pernah berawal dari seorang teman. Hihi

    BalasHapus
  4. Yesss, kalo mantan nikah dan udah diundang ya datang aja, bawa saudara atau gebetan juga boleh.

    By the waym aku belum sempat juga nih ke bioskop buat nonton. Film ini termasuk yang menggoda aku buat nonton karena trailer-nya yang lucukkkk banget.

    BalasHapus
  5. Saya belum pernah sih mengalami. Ternyata, kalau baca pengalaman orang-orang, datang ke pernikahan mantan kadang-kadang gak sederhana, ya. Apalagi kalau masih ada rasa di hati kitanya

    BalasHapus
  6. Mantannya yang mana dulu? kalau mantan yang saya sendiri yang mutusin biasanya saya datang dan biasa aja, nggak ada sedih-sedihnya. Tapi kalau mantan terindah yang mana dia yang memutuskan saya, duuuh cadu kata orang Garut mah haha. Cadu pisan moal datang aing mah. Wkwkwk.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.