Bikin Novel Dan Webtoon Dapat 500 Juta Dari Kwikku


[Lifestyle] Punya keinginan membuat novel? Tentu saja. Sebagai seorang blogger, saya punya keinginan untuk membuat sebuah novel. Sebenarnya 5 tahun lalu, saya membuat sebuah draft novel, yang mengangkat kisah perjalanan seseorang di masa lalu yang bertahan hingga usia 25 tahun karena penyakit jantung. Tapi, dirinya tidak pernah menyerah untuk menggapai sebuah mimpi, biarpun dengan kondisinya yang terus sakit-sakitan. Sudah buat hingga bab 6, sayangnya harus terhenti di tengah jalan, karena kondisi saya yang mengurus anak dan bekerja.

Sebenarnya pengen banget sekali saja punya novel yang diterbitkan. Sayangnya mimpi itu belum terwujud hingga kini. Semoga saja ya, suatu hari bisa menulis kisah ini di Kwikku.

Buat karya di Kwikku

Kalau punya karya, selalu pengen dilihat banyak orang. Begitupun dengan saya sendiri. Itu novel yang belum selesai pengen banget diterbitkan. Sayangnya ketika ingin melanjutkan, selalu saja ada rasa sedih untuk mengingatnya. Semoga saja nih, dalam waktu dekat bisa menulis novel juga di Kwikku. Apalagi membuat karya dapat 500 juta loh di Kwikku, benarkah? Lalu, apa itu Kwikku?

Kwikku ini adalah media sosial karya anak bangsa yang memajukan literasi media sosial yang telah menjadi bagian dari kehidupan masuarakat modern. Terutama para generasi millenial dan Gen-Z. Kwikku ini diinisiasi pada 26 September 2016 oleh anak bangsa yang berasal dari Malang Jawa Timur. Pada awalnya, Kwikku ini dirancang oleh Hamdi Musaad dan tim, untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi digital yang bisa bersaing dan dibanggakan anak negeri. Maka, sejak 2019, aplikasi ini kemudian dikembangkan untuk mamfasilitasi kebutuhan literasi para generasi millenial dan Gen-Z. Dan pada 23 April 2020 resmi diluncurkan secara online.

Dengan adanya aplikasi berbasis internet ini, generasi muda yang suka berkarya baik novel maupun webtoon bisa berbagi konten, berkomunikasi dengan cepat, serta mengembangkan kreativitas. Baik itu mau berkolaborasi ataupun secara individu. Semua balik ke diri masing-masing. Mau karya bersama temannya, atau ingin dikenal sebagai diri sendiri. 

Ilustrasi membaca (Photo by Canva)
Biarpun banyak yang menggunakan media sosial, sayangnya ada dampak negatif yang memang sudah dirasakan kita semua. Salah satunya adalah menurunnya minat baca. Seperti pada artikel yang ditayangkan news.detik.com pada 2019 lalu, bahwa menurut hasil Penelitian Program for International Student Assessment (PISA) yang menunjukkan rendahnya tingkat literasi Indonesia dibanding negara-negara di dunia. Ini adalah hasil penelitian terhadap 72 negara. Respondennya adalah anak-anak sekolah usia 15 tahun, jumlahnya sekitar 540 ribu anak 15. Indonesia berada di ranking 62 dari 72 negara yang disurvei.

Semoga saja ya di 2020 ini minat baca generasi muda semakin meningkat lagi. Padahal ya, kegiatan membaca itu bisa mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami informasi dan berpikir kritis. Jadi ingat deh dulu, sama alm Bapak, selalu dididik untuk rajin membaca. Dibelikan majalah anak, komik dan buku dongeng, sehingga sampai sekarang suka membaca. Karena membaca inilah, saya suka menulis.

Maka dari itu, dengan hadirnya Kwikku, bisa menjadi sebuah platform media sosial yang menunjang kebutuhan bacaan para millenial dan Gen Z. Mau baca novel maupun webtoon, semuanya gratis. Di Kwikku ini ada fitur baru yang bisa diakses dan dinikmati pengguna mulai 23 Apri 2020, seperti:


1. Media Sosial

Fitur awal ini merupakan bagian terpenting dari Kwikku. Media sosial Kwikku bisa menjadi tempat pertemuaan generasi millenial dan Gen-Z. Adanya fitur ini, pengguna bisa terhubung satu sama lainnya dan bisa berkomunikasi, serta bertukar informasi.

2. Novel

Suka baca novel? Di Kwikku pengguna yang membutuhkan bacaan, bisa banget melihat fitur ini. Apalagi sudah bekerjasama dengan penerbit besar, seperti Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group dan Falcon Publishing. 

3. Webtoon

Selain baca novel, bisa baca cerita seru di webtoon. Sekarang pasti pada suka komik digital. Dan di Kwikku ini bisa baca webtoon dan diakses pengguna setiap harinya. Ada cerita dari kreator lokal maupun luar negeri. 

4. KNOW (Kwikku Now)

Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan banyak info menarik yang sedang viral. Tak perlu khawatir soal kebenaran atau validitas beritanya, karena setiap berita dan artikel bersumber dari Official media partner yang telah bekerjasama dengan Kwikku.

Terus, keuntungan di Kwikku apalagi ya?

Sudah pasti banyak banget. Karena Kwikku membuka peluang yang sangat besar kepada para penulis dan kreator webtoon untuk menuangkan bakatnya dan mendapatkan penghasilan dari tulisan. Ga perlu takut untuk mengunggah naskahnya ke platform Kwikku, karena akan ada editor khusus yang membantu proses penulisan novel barunya. Begitupun dengan webtoon. 

Selain itu, baca novel dan webtoon di Kwikku juga gratis, kecuali untuk judul section pay for no delay dan premium. Untuk pembelian judul dalan section tersebut bisa dilakukan dengan mudah, bisa menggunakan dompet digital via Gopay, OVO, Dana dan Link Aja. Ada lagi nih keuntungan berkarya di Kwikku, yakni bisa dapetin 500 juta.

Kompetisi 500 juta


Buat para penulis dan kreator, ada kesempatan menarik buat mengikuti kompetisi "Berkarya di rumah aja", untuk memantik semangat para generasi muda untuk berkarya melalui kompetisi novel dan webtoon dengan mengusung tema #Berkaryadirumahaja.

Kompetisi ini bisa diikuti para millenial dan Gen-Z, karena ada total hadiah kompetisi 500 juta rupiah. Yang tentunya didukung oleh para juri yang sangat mumpuni, seperti:
  • Juri kategori Novel ada penulis bestseller, seperti A. Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Bayu Permana, Luluk Hf yang siap memberikan penilaian.
  • Juri kategori Webtoon yakni kreator berbakat seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDitta hingga komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana yang siap memberikan penilaian.
Kesempatan membuat karya di Kwikku jangan sampai ketinggalan ya. Suka gambar, suka bercerita, harus ikutan. Dengan hadirnya Kwikku beserta fiturnya bisa membantu mewujudkan budaya membaca yang baru. Sehingga kedepannya bisa mendorong kemajuan literasi negeri. Kwikku bisa diakses melalui aplikasi di playstore atau langsung saja cek www.kwikku.com.

Semoga semakin banyak millenial dan Gen-Z yang suka membaca dan ikut serta dalam kompetisi untuk dapetin total hadiah 500 juta.




Sumber materi tentang penelitian literasi membaca: 
https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini

14 komentar

  1. Hadiah nya bikin mata auto melotot yah ceu hehe, anw semoga ceu lis juga bisa buat Novel segera yah ceu dan bisa ikutan kompetisi ini juga. Semangat ceu ;)

    BalasHapus
  2. Ayo ikutan, juri dan hadiahnya keren banget.

    BalasHapus
  3. Wah enak neh sekarang berkarya sudah ada wadahnya. Mumpung banyak waktu luang di rumah neh jdi bisa ikutan.

    BalasHapus
  4. Initu berkarya di rumah aja tapi sambil dapetin hadiahnya yang bikin mupeng dan jurinya juga wow pisan. Mbangga deh sama anak bangsa yang bisa bikin kwikku dengan fitur2nya yang keren.
    Semoga sukses dan ramai yang ikutan kompetisinya

    BalasHapus
  5. Kwikku menghadirkan budaya baca baru dengan nuansa yang berbeda,yup semoga ini mendorong kemajuan literasi negeri.

    BalasHapus
  6. Duhh kabita hehehe pengen banget bisa bikin novel. Mudah2an semangat nya tetep stabil buat nulis.

    BalasHapus
  7. Duh aku langsung fokus sama hadiahnya teh gede banget wkwk. Keren yaa teh Kwikku ini, karya anak bangsa untuk memajukan literasi. Mau liat Kwikku ah hihi

    BalasHapus
  8. Pengin banget ikutan kalau misalnya menang, jadi portfolio bergengsi banget ini karena juri nya masterpiece semua.
    Segera pilih tema ah :D

    BalasHapus
  9. Dee lestari karyanya sudah tak diragukan lagi ya teh, mantap euy hadiahnya, lumayan~

    BalasHapus
  10. Wah, asyik banget sekarang mau bikin novel ada wadahnya kayak gini yah mbak jadi kita merasa semakin termotivasi.

    Aku kayaknya punya draft novel yang terbengkalai karena udah malas menyentuh dan mentok ide hehehe. Kayaknya asyik juga nih kalo ikutan di KWIKKU

    BalasHapus
  11. Saya penasaran sama karya-karya pesertanya, nih. Kayaknya bakal banyak yang bagus

    BalasHapus
  12. Hmmm belum pernah bikin novel saya teh. Tp gk ada salahnya belajar ya. Lihat hadiahnya smpi setengah M bikin mupeng ikutan lomba. Wkwk...mksh teh infonya

    BalasHapus
  13. Wah mantap ini satu platform bisa baca novel sekaligus Webtoon
    Apalagi terbuka peluang kompetisi dengan hadiah total 500juta. Fantastis hadiahnya

    BalasHapus
  14. Ya Allah, miris banget ya Teh. Kok sejak dulu kayaknya ranking dalam hal literasi ini selalu rendah. Apalagi ada gempuran media sosial jd anak-anak malah baca medsos aja. Sharingnya daging banget nih, aku jadi pensaran pengen punya akun kwiik juga ^_^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.