Aktivitas Ramadan Di Tengah Pademi Dan Pentingnya Menjaga Silaturahmi Setiap Hari


[Lifestyle] Untuk pertama kalinya, saya tidak bisa menjalankan ibadah puasa bersama suami, anak-anak dan keluarga. Dan ini menjadi tahun terberat buat saya, harus menahan rindu, karena harus jauh dari keluarga hingga idul fitri nanti. Tidak ada mudik dan pulang kampung, saya tetap sendiri merantau di Jakarta. Pertama kalinya sahur dan buka puasa hanya seorang diri, tidak seperti tahun kemarin, bisa kumpul bersama di kampung halaman. Biarpun begitu, tetap bisa silaturahmi setiap hari, supaya tidak merasa kesepian dan sedih. Perasaan sepi ini terwakili dengan kehadiran lagu Ramai Sepi Bersama yang diluncurkan IM3 Ooredoo.

Ramai Sepi Bersama

Bertemu kembali dengan ramadan adalah sebuah keberkahan dan kebahagiaan. Biarpun menjalani ramadan dengan berbeda, harus tetap semangat dan pentingnya menjaga silaturahmi. Entah itu silaturahmi dengan keluarga, teman dan rekan kerja.

Ramadan tahun ini, kita semua tidak bisa ngabuburit, buka bersama di luar, tidak bisa salat tarawih di mesjid, tidak ikut kajian dan tidak bisa mudik lebaran. Semua dijalankan di rumah aja, biarpun terasa begitu sepi. Tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa terhubung dengan keluarga tersayang, sehingga bisa silaturahmi setiap hari. Ramadan di tengah pademi Covid-19, bukan dirasakan saya sendiri, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Ada yang ga bisa mudik, sama saya juga. Tapi semua demi kebaikan, supaya memutuskan penyebaran Covid-19.


Ramai sepi ini milik bersama
Kita sama-sama takkan kemana
Selama kau ada, aku tak apa
Apapun yang terjadi tidak apa

Melihat tawa, tangis dan isak
Mendengar kabar berbagai macamnya
Kali ini kita belajar banyak
Yang runtuh kita ulangi nantinya

Ramadan sendiri di rumah, dan pertama kalinya mendengarkan lagu "Ramai Sepi Bersama" di TVC yang diluncurkan IM3 Ooredoo, membuat saya sangat terharu sekali, ini tuh seakan mewakili perasaaan saya dan kita semua yang menjalankan ramadan dengan berbeda dan jauh dari keluarga.  Dari video dan lagunya mengungkapkan perasaan yang sama dengan kondisi kita saat ini, jauh dari orang-orang yang kita sayangi. Apalagi lebaran nanti dijalankan tanpa sungkem, tanpa makan opor bareng-bareng, duh beneran sedih banget.


Betah banget saat nonton TVC yang full versionnya sudah ada di Youtube IM3 Ooredoo, apalagi dengan musik, dan suara ke 4 musisi juga enak didengar, saya sampai dihapalin liriknya. Kali ini IM3 Ooreoo membuat karya yang berbeda. Dimana untuk pertama kalinya, seluruh proses pembuatan iklan IM3 Ooredoo dibuat dari rumah. Dari mulai talent, musik, kru produksi hingga materi komunikasi, semuanya dilakukan secara remote, karena untuk bisa mematuhi aturan Physicall Distancing. 4 musisi tanah air seperti Baskara Putra (Hindia), Kunto Aji, Sal Priadi dan Yura Yunita yang memiliki karakter suara yang khas dan berkarakter ini, juga melakukan syuting di rumah saja. Dengan mengandalkan kuota dan koneksi, semua komunikasi selama proses produksi dilakukan melalui platform chat, video call, dan email.

Ramai Sepi Bersama dihadirkan untuk melengkapi kampanye ramadan, tentu saja ini menjadikan inspirasi buat kita semua yang menonton, sekaligus pengguna IM3 Ooredoo, bahwa adanya pademi ini tidak menghalangi kita semua untuk terus berkarya dan berkolaborasi dalam menciptakan karya positif di rumah aja. Lagu Ramai Sepi bersama menjadi penyemangat buat saya juga, biarpun sepi sendiri, bukan berarti bersedih terus, banyak hal bisa dilakukan. Dan tentunya menjadi pengingat buat kita semua, apapun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi.

Aktivitas selama ramadan

Ramadan tahun ini saya terpisah jauh dari suami dan anak-anak. Suami di Jawa Timur, anak-anak di Jawa Barat dan saya di Jakarta. Awalnya saya tidak akan kembali ke Jakarta, karena memang sudah work from home. Tapi ternyata ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah aja, dan mengharuskan saya datang dan cek semuanya sendiri. Terutama berurusan dengan dokumen, hingga urusan THR lebaran nanti. Saya punya tanggung jawab yang tidak bisa dilepas begitu saja.

Akhirnya minggu lalu saya mendapat izin dari suami untuk menyelesaikan pekerjaan di Jakarta. Setelah sampai ke Jakarta, saya memulai semuanya sendiri seperti biasa. Awalnya biasa saja, karena sudah 6 bulan lebih di Jakarta merantau sendirian juga. Tapi ketika masuk bulan ramadan, mulai terasa berbeda, sedih dan kesepian. Pertama kali sahur ga nafsu makan, dan sepi banget. Langsung video callan sama Ibu dan suami, mereka menguatkan saya. Saat menulis ini pun saya menangis, karena sedang rindu puasa sama keluarga.

Tapi jadi teringat lagi, bahwa saya tidak sendiri menjalankan ramadan yang berbeda di tahun ini. Tentu sajsa harus kuat dan semangat dalam menjalan ramadan. Insya Allah semua ini segera berlalu, dan bisa hidup kembali normal. Bertemu teman di kantor, dan melepaskan rindu dengan keluarga. Dengan kuota dan jaringan dari IM3 Ooredoo, saya bisa melakukan aktivitas selama ramadan, yang bahkan membuat saya banyak belajar hal baru, mulai dari:

1. Meeting dan kerja di rumah



Biarpun saya kerja freelance, tapi biasanya seminggu 3 kali ngantor juga. Karena lagi PSBB, jadi saat pulang ke Jakarta, tetap kerja di rumah. Semua berkas yang harus dikerjakan di kirimkan orang kantor ke rumah. Meeting sama bos saja semuanya online. Disinilah serunya, karena ternyata tidak semua paham bagaimana melakukan meeting online. Jadi harus sabar ngajarin orang-orang caranya pakai Google Hangout atau Zoom. Kalau meeting ber 4 sih paling enak udah pakai Whatsaap aja.

Kalau kerja sama teman-teman yang di bidang digital, memang sudah biasa. Jadi saat saya ada di luar kota bulan lalu, tektokan kerjaan dilakukan melalui chat, email, hingga meeting online. Alhamdulillah lancar banget semua kerjaan.

2. Berkarya di rumah

Selain bekerja, aktivitas ramadan saya dilakukan dengan berkarya di rumah. Selain ngeblog saya mulai mengisi waktu dengan membuat souvenir pernikahan. Lumayan deh buat stock nanti, kalau pademi sudah berlalu, bisa saya jual lagi buat nambahin uang dapur 😍😍.

membuat konten di blog, dan beberapa konten kantor semua saya lakukan di rumah. Makanan yang akan di foto dikirim ke rumah juga. Kan lagi jaga jarak juga. Jadi lebih baik saya kerjakan sendiri di rumah, biarpun tanpa model.

3. Dengerin musik dan nonton drama Korea



Kalau kerjaan lagi selow banget, biasanya saya habiskan waktu di rumah dengan dengerin musik dan nonton drama Korea. Lagi banyak yang rame juga dramanya. Jadi sayang banget kalau terlewatkan. Sekarang ini saya lagi nonton drma A World of Married, Hospital Playlist, Find Me in Your memory, Rugal, Memorist dan The King: Eternal Monarch.

4. Ngabuburit di rumah aja

Biasanya ngabuburit itu sambil jalan-jalan sore juga, tapi sekarang cukup di rumah saja. Ngabuburit yang saya lakukan cukup dengan masak. Kalau sudah selesai, saya biasanya isi dengan tadarus atau baca buku saja.

5. Silaturahmi setiap hari



Selama ramadan, tidak ada yang lebih penting menjaga silaturahmi setiap hari. Biarpun terpisahkan jarak yang jauh, dan tidak bisa bertemu karena ada pademi. Bukan berarti tidak bisa komunikasi. Yang bisa saya lakukan adalah tetap terhubung dengan keluarga, terutama anak-anak yang membutuhkan kehadiran ibunya. Hampir setiap hari saya dan anak-anak komunikasi. Yang biasanya hanya 3 kali sehari, sekarang jadi 5 kali sehari, karena sekaligus membimbing mereka belajar.

Saya dan suami juga sama-sama berkomunikasi dengan anak kami, supaya anak-anak juga tidak sedih, karena orangtuanya tidak bisa pulang untuk saat ini. Setidaknya sampai lebaran nanti. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan dengan selalu menjaga silaturahmi setiap hari.

#SilaturahmiSetiaphari dengan Freedom Kuota Harian


Ditengah pademi ini, salah satu upaya pencegahan penyebaran adalah dengan melakukan physical distancing. Itu juga yang harus kita lakukan semua. Jauh dari keluarga dan teman memang sedih. Apalagi kalau setiap hari selalu ketemu. dan sekarang harus berjauhan. Dan ini yang menginspirasi IM3 Ooredoo dengan membantun kampanye ramadan yang bertajuk "tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi". 

Dengan hadirnya kampanye ini, tentu saja memberikan semangat kepada kita semua untuk bisa silaturahmi setiap hari. Apapun yang terjadi saat ini, kita masih bisa silaturahmi selama ramadan, supaya bisa semakin mendekatkan diri dengan keluarga tercinta. Seberapa jauh jaraknya, komunikasi dengan chat, video call tetap akan terasa dekat.

Untuk menjaga silaturahmi setiap hari dan mendukung aktivitas internet harian, hadir dukungan paket Freedom Kuota Harian dari IM3 Ooredoo. Dengan paket terbaru ini, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan, terutama buat silaturahmi sama keluarga dan aktivitas harian, seperti:
  • Freedom Kuota Harian memberikan kuota dengan harga yang lebih terjangkau untuk digunakan internetan selama 24 jam (di semua jaringan).
  • #Tanpakhawatir, karena selalu ada kuota setiap harinya. Dengan benefit kuota utama 1GB per hari.
  • Dilengkapi dengan fitur Pulsa Safe yang membuat internetan setiap hari lebih nyaman dan pulsa tetap aman meski kuota utama sudah habis digunakan.
  • IM3 Ooredoo melawan Covid-19. Setiap pembelian paket Freedom Kuota Harian dan Paket Obrol, IM3 Ooredoo akan mendonasikan 2000 untuk penanganan Covid-19.
Untuk paketnya ada yang berapa saja ya? Tenang ada banyak pilihan masa aktif juga. Mulai dari :

  • Harga 19.900 sudah dapetin kuota 7GB dengan masa aktif 7 hari. 
  • Bisa pilih juga 39.900 sudah dapetin kuota 14GB dengan masa aktif 14 hari. 
  • Dan 74.900 sudah dapetin kuota 28GB dengan masa aktif 28 hari.
Dengan begitu pelanggan bisa menikmati kuota harian 1GB per hari, tak perlu khawatir pulsa terpotong juga. Freedom Kuota Harian tentunya bisa membantu aktivitas selama ramadan, biarpun sedang di rumah saja. Dengan memilih kuota harian dengan kuota 7GB saja, sudah bisa melakukan meeting, video call sama keluarga dan teman, buat konten di sosial media, ikut kajian online hingga aktivitas internet lainnya yang dilakukan selama ramadan.

Dengan membeli paket Freedom Kuota Harian keuntungannya juga berlipat, dari mulai harga yang jauh lebih terjangkau, bisa silaturahmi setiap hari, melakukan aktivitas berinternet selama ramadan, hingga ikut berdonasi juga. Untuk bisa membeli paket Freedom Kuota Harian juga cukup mudah, bisa langsung cek MyIM3 atau ketik *123#.


IM3 Ooredoo mendukung kita dalam menjaga #SilaturahmiSetiapHari dengan orang yang disayang atau mendukung aktivitas internet harian yang dijalani dengan menghadirkan paket Freedom Kuota Harian

Jangan sedih dan tetap semangat. Apapun yang sedang dihadapi saat ini, ramadan harus disambut dengan bahagia. Silaturahmi jangan sampai luntur, tetap harus dilakukan. Sekarang kita sambut ramadan dengan berbeda. Buka dan sahur bisa tetap dilakukan secara online. Aktivitas ramadan tetap bisa dilakukan di rumah saja. Yang penting kita selalu ikuti aturan pemerintah, diam di rumah, jaga kesehatan dan kebersihan. Dan tidak lupa untuk tetap menjaga silaturhmi setiap hari. Semoga pademi ini cepat berlalu. Amin.

Aktivitas teman-teman selama ramadan ngapain aja nih?

50 komentar

  1. Disaat seperti sekarang ini silaturahim secara virtual itu memang menjadi obat rindu ya teh. Yang paling penting tuh buatku kuota sih, karena semenjak di rumah saja kebutuhan kuota sepertinya meningkat.

    BalasHapus
  2. Ramai Sepi Bersama itu terasa asyik kalau kita punya banyak kuota. Hm, postingan ini bisa jadi referensi ya.

    BalasHapus
  3. Di rumah aja aku lebih sering masak. Masak lagi dan lagi karena anak2 LFH dan suami WFH ga berhenti ngunyah 😁 pas puasa ramadan lebih senggang enak deh. Tapi lebih sering bebenah rumah eeh ternyata banyak sampah alias barang ga terpakai. Komunikasi dengan orang2 tercinta jjga harus dong, terutama sama orangtuaku 😁😁😁

    BalasHapus
  4. Memang kudu kreatif banget menyikapi pandemi ini ya Teh.
    Mungkin awalnya ngelangut dll. Makin ke sini ya mau ga mau kudu ikhlas
    Thanks God ada IM3 ooredoo ini ya

    BalasHapus
  5. Gegara wfh dan sfh kudu nambah nih jatah kuotanya, apalagi skrg anak2 juga butuh hiburan dgn nonton youtube, terus emak juga ngedrakor kan yaa

    BalasHapus
  6. Pernah dapat pesan terusan dari seorang ustad, bahwa pandemik ini mengajarkan banyak hal sama kita terutama soal kebersihan dan pentingnya silaturahmi.

    Setuju!
    Meski pandemik komunikasi mesti tetap terjalin ya, mba.
    Apalagi dengan terobosan paket provider yang menyesuaikan dengan pandemik ini, tentu sangat terbantu sekali.

    BalasHapus
  7. Penting banget memiliki kuota dan gadget yang memadai, karena WFH memungkinkan kita tetap berkarya ya Lis

    tetap sehat yaaaa

    BalasHapus
  8. Saya jadi bangga enggak punya kampung halaman di kondisi pandemi gini, karena keluarga masih dalam jarak yang dekat. Sering denger lagu Ramai Sepi Bersama itu di televisi,suaranya enggak asing kayak pengisi salah satu OST film NKCTHI.

    BalasHapus
  9. laguny abaguuus ya mba... dan jadinya menambah semangat kita di tengah pandemik ini yaaa

    BalasHapus
  10. Iya ya, emang ramadhan dan lebaran nanti bakal kerasa ngenes banget. NGgak bis akumpul ama keluarga. Aku kangen masakan ibu, kangen bikin kue bareng sodara2. Tapi ya emang kondisinya lagi gini, syukurin aja, toh masih bisa lepas rindu dengan video call

    BalasHapus
  11. Sabar ya mbak lis, Ramadhan jauh dari anak dan suami. Semuanya di provinsi yg berbeda lagi. Mudah2an pandemi ini segera berakhir. btw meskipun sya di kaltim, sya jga pakai im3 ooredoo. Murah dan bisa di pakai hotspot ke laptop buat post blog

    BalasHapus
  12. Yaa Allah Mbak, kayak apa sedihnya aku bayangin Ramadhan yang biasanya bareng anak tetiba harus sendirian. Semoga ujian covid 19 ßegera berlalu ya, sehingga aktivitas bisa kembali normal. Sehat selalu Mbak.

    BalasHapus
  13. Sekarang berati lagi di Jakarta ya, nanti boleh pulang ke Gatur gak Ceu? Wah ini LDR-an semua ya tapi tetap bisa bersilaturahmi ya Alhamdulillah

    BalasHapus
  14. Teh lis, salut banget sama teteh yang lagi menjalani kesendirian Ramadan di perantauan. Duh berat pastinya teh gak bareng keluarga tapi alhamdulillah ya teknologi saat ini udah canggih & mendukung kita untuk menjalin silaturahmi di mana saja & kapan saja. Tetap semangat teh Lis!

    BalasHapus
  15. Tetep ya ceu, ngadrakoran ya di rumah sendirian. APa aja sing penting tetep cihuy and anti mati gaya ya di rumah dengan Indosat Ooredoo :)

    BalasHapus
  16. Selama wfh ini kami boros kuota juga. Karena di rumah ga ada wifi..malah terpikir mau pasang. Tapi nanti kalo udah gal pandemi buat apa. Kami lebih banyak di luar rumah. Apa pakai im3 aja yah

    BalasHapus
  17. Waah freedom kuota harian ini membantu banget ya mbak buat yang LDR an seperti Mbak Lis. Harganya terjangkau dan bisa berkomunikasi tiap hari. jadi meskipun jauh dari suami dan anak-anak kangen tetap terlampiaskan.

    BalasHapus
  18. wahh..terpisah ga hanya dg suami tp jg dg anak ya mbak. beda2 provinsi pula. hari ini berat dijalani, tapi suatu hari akan jd cerita. semoga semua indah pd akhirnya ya mbak..

    BalasHapus
  19. Widiih berat banget nya Aceh menjalani Ramadan sampai Idul Fitri sendirian. Udah seperti anak kost aja. Tapi kesedihan agak berkurang manakala kita nggak sendirian. Ada banyak yang bernasib sama dengan kita.

    BalasHapus
  20. Duuh kenapa ini tombol keyboard lari-lari mau nulis Ceuceu malah berubah sendiri jadi Aceh Haha. Punten pisan. πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  21. Wah saya banget ini, teh. Ngabuburitnya masak atau berkrasi buat buka puasa. Me timenya nonton drakor. Btw, maaf nih saya agak salah fokus ama fotonya teh lis. Wajahnya kok sekilas mirip sama Mba Hani kacamata ya?

    BalasHapus
  22. Aku pake indosat ooredoo sejak SMA dan puas banget sih ini pas WFH ga ada gangguan,, mulai buat kerja, ngeblog, darkor, bucin KPOP aman dan lancar,, cuma semoga mereka punya promo yang lebih nampol sih biar aku ga boros hahahha

    BalasHapus
  23. Smua kerjaan sekarang butuh jaringan internet yang lancar ya mbak. Terasa banget pentingnya teknologi internet di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  24. Dengerin musik dan nonton drama korea.
    Toss dulu kita, Mbak Lis.
    Apalagi ongoing sekarang pada bikin baper, especially raja bucin. Hahaha.

    BalasHapus
  25. aduh gak bisa bayangin nih mbak kalau puasa nggak sama suami dan anak. Bakal melow banget nih.. pasti tiap hari videocallan yak, lumayan mengusir kangen di hati

    BalasHapus
  26. Sedih ya mbak, ramadhan malah jauh dari anak dan suami. Alhamdulillah sekarang teknologi sudah tinggi dan internet mendukung bisa tetap keep on touch meski berjauhan.

    BalasHapus
  27. Wah iya ya untung skrg udah ada internet, ga kebayang kalau pandemi gini terjadi di 10 tahun lalu.

    BalasHapus
  28. Di saat pandemi seperti ini, silaturahmi online udah lumayan mengobati rasa rindu dengan keluarga dan teman-teman.


    diah
    diahestika.com

    BalasHapus
  29. Meski Ramadhan berbeda tetep ya harus menciptakan kebahagiaan sendiri. MAsih bisa silaturahmi onlen, bukber virtual bahkan ngobrol sama keluarga tetep jalam. Biasanya pas buka puasa suka nelpon si mama,nanyain makan sapa apaa, hihii..

    Tetep semangat buat kita semua, semoga bia melewati Ramadhan tahun ini dengan penuh keceriaan.

    BalasHapus
  30. Nah ini ya pilihan paket ya harganya istilah aku aturable sama dompet haha. Jadi pun dirumah aja nggak mati gaya deh apalagi mati pendapatan ya karena wfh didukung juga internet yang cepat.

    BalasHapus
  31. Semoga kita selalu sehat...,jika harus keluar karena hal penting..tetap berhati2 dan sesuai protokol.

    BalasHapus
  32. Tetep semangat teh. Ada internet dan kuota hp, Insya Allah silaturahmi ttp terjalin. Memang rasanya ttp beda, tapi asal semua sehat banyak hal bisa tetap bikin kita bersyukur.

    BalasHapus
  33. Masya Allah ya Mbak...silaturrahmi harus tetap dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun ya? Provider yang kece pastinya menunjang kinerja WFH kita juga.

    BalasHapus
  34. Tetap semangat ya TEH, berkarya dari rumah tidak menyurutkan produktivitas. Pas banget lagi dengerin Ramai Sepi Bersama.

    BalasHapus
  35. Musisi yang mengisi tvc ini adlaah musisi favorite banget! senang lihat hasil karya mereka nihhh

    BalasHapus
  36. Semoga covid cepat berlalu dan masa sekarang,kita manfaatkan saja kuota terjangkau dari IM3 Ooredoo supaya tetap terhubung kapanpun dan di mana pun.
    Terharu Lis dengar lagu kolab mereka sampai pengin nangis.

    BalasHapus
  37. aku lebih sering nemenin suami dengerin vidio , dia nyanyi2 , aku ketawa2 , habis suaranya jelek, kadang live streaming dg anak2, yg laki2 main gitar, yg perempuan main ukelele, lalu nyanyi deh

    BalasHapus
  38. freedom kuota emang wajib banget nih supaya bisa freedom silaturahim dan tetep kerja sepanjang social distancing ini...
    apalagi utk jaga silaturahim ramadan dan lebaran kelak

    BalasHapus
  39. Huhuhuu....berasa banget ya neng Ramadhan kali ini, Ramadhan paling sedih seumur hidup. Berasa juga sepinya harus jauh2an sama keluarga. Demi sehat semuanya. Disabar2in sampai waktunya tiba nanti, bisa kumpul lagi sama keluarga.

    BalasHapus
  40. suka sama videonya... apa pun yg terjadi tidak apa.
    yes semoga tetap semangat terus untuk kita semua. semoga pandemi segera berlalu

    BalasHapus
  41. Yang sabar ya teh, semoga ramadhan ini menjadi berkah. Dan selepas Idul Fitri semua nya bs berkumpul kembali seperti semula. Amin

    BalasHapus
  42. Semangat teh walau jauh dari keluarga. Insya Allah soon berkumpul kembali. Aamiin. :') Btw aku udah nonton videonya. Keren banget emang musiknya Pu

    BalasHapus
  43. Ditengah sepi ramai bersama ini, IM3 menjadi penyelemat sepertinya yah ceu, dengan kuota yang aduhai jadi bisa lancar silaturahmi dengan keluarga dan juga sahabat2. Sehat2 selalu yah ceu ;)

    BalasHapus
  44. Keep strong Sist, akan tiba waktunya kalian ngumpul terus setiap hari yaaa, syukurlah kecanggihan Teknologi membantu supaya bisa tetap silaturahim, apalagi ada kuota dari IM3 Ooredoo yang membuat jarak terasa lebih dekat :)

    BalasHapus
  45. Sekarang aktivitas sebagian besar pindah ke internet. Termasuk bersilaturahmi juga lewat dunia maya. Alhamdulillah, setidaknya masih banyak yang bisa dilakukan

    BalasHapus
  46. Nggak ada alasan nggak produktif yaa teh dan tetap bisa silaturahmi setiap hari dengan Im3 Ooredoo. Solusi banget deh saat pandemi kayak gini hihi

    BalasHapus
  47. Dirumah Aja jadi nyaman kalau jaringan internet lancar ya. Mau kerja, main, nonton semuanya terpenuhi. Video nya keren tuh bisa kolabs walau social distancing

    BalasHapus
  48. Aku juga sebenernya setelah ada PSBB ga jauh beda sih sama sebelumnya karena kalo jadi blogger banyakan kerja dari rumah juga. Hehe bedanya udah ga bisa ngemall lagi aja. Btw aku setiap denger jingle Im3 yang itu rasanya terharu, untung ada teknologi video call agar silaturahmi tatap muka ga putus ya..

    BalasHapus
  49. Meski pandemi covid 19 alhamdulillah msh bisa silaturahim ya teh dgn kluarga via online. Apalagi ada im3 ooredo yang ciamik.

    BalasHapus
  50. Saluuut! Para musisi dan kru dengan keterbatasan harus physical distancing tapi tetep berkarya. Cakep pula videonya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.