Cara Memilih Juicer Terbaik untuk Kebutuhan Anda


[Lifestyle] Jus adalah salah satu cara menyajikan buah dan sayur dengan tampilan yang menarik. Selain itu, menyajikan buah dan sayur dalam bentuk jus juga mempermudah anda dalam mengkonsumsinya, terutama bagi anda yang tidak terlalu suka mengunyah buah dan sayur dalam bentuk potongan. 

Anda juga dapat menggabungkan beberapa jenis buah dan sayur menjadi sajian jus dengan warna dan nutrisi yang lebih kaya, dan semakin menyehatkan tubuh.

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari jus segar, Anda membutuhkan juicer yang dapat diandalkan. Berikut ini tips memilih juicer terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda dan mungkin ingin melihat beberapa rekomendasi juicer juga.

1. Pilih sesuai kebutuhan

Secara umum, ada dua kategori juicer yang dapat anda pilih: fast juicer dan slow juicer.  Perbedaan mendasarnya adalah, fast juicer bekerja cepat sehingga hemat waktu, dan mudah dibersihkan. Tetapi, putaran mata pisaunya berkecepatan tinggi, sehingga menyebabkan panas dan jus teroksidasi. Hal ini dapat mengubah rasa dan mengurangi nilai gizi buah dan sayur. Selain itu, suara mesinnya cukup berisik.

Slow juicer bekerja pada kecepatan lebih lambat. Juicer ini memecah dinding sel berserat dan mengeluarkan sarinya, yang kemudian akan disaring. Anda akan mendapatkan lebih sedikit oksidasi dan lebih banyak nutrisi.

Jus yang dihasilkan juga dapat bertahan lebih lama asal dimasukkan ke toples atau gelas yang tertutup rapat dan disimpan di dalam kulkas. Biasanya, slow juicer digunakan untuk menghasilkan jus untuk kebutuhan diet atau detoksifikasi tubuh.

Mesin slow juicer tidak berisik, tetapi membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempri\oses bahan segar. Untuk membersihkan slow juicer juga dibutuhkan lebih banyak waktu, karena memiliki lebih banyak bagian yang perlu digosok dan dibilas. 

2. Berkapasitas 500 ml atau lebih

Biasanya, setiap orang minum 1 gelas jus (250-400 ml) setiap harinya. Karena itu, kapasitas juicer perlu dipilih yang minimal 500 ml agar dapat membuat setidaknya 1 gelas jus sekaligus.


3. Mudah digunakan dan dibersihkan

Juicer yang mudah digunakan dan dibersihkan akan cenderung lebih sering digunakan. Karenanya, masukkan ini dalam pertimbangan Anda. Juicer yang memiliki beberapa bagian yang bisa dilepas akan mempersingkat waktu dan mempermudah pembersihan setelah dipakai. Jangan sampai sisa-sisa makanan tertinggal di dalam juicer, karena saat disimpan dapat berjamur dan berbahaya bagi kesehatan jika tertelan.

4. Pilih corong juicer yang lebar

Corong juicer yang lebar (dengan diameter sekitar 5 cm) memungkinkan Anda memasukkan potongan besar bahan jus untuk diambil sarinya. Anda tidak perlu memotong-motong buah atau sayur dalam ukuran kecil, dan dengan begitu akan menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan Anda.

5. Ukuran dan penyimpanan

Pertimbangan selanjutnya adalah di mana Anda akan menyimpan juicer dan kemudahan untuk mengaksesnya. Slow juicer bertipe horizontal cocok digunakan untuk menghasilkan jus yang banyak dari buah dan sayuran yang berserat, namun ukurannya lebih memakan tempat. 

Slow juicer bertipe vertikal lebih ringkas dan ideal untuk dapur kecil dengan ukuran meja terbatas dan mudah dimasukkan ke dalam lemari. Pastikan model apapun yang Anda pilih dapat membuat volume jus yang Anda inginkan.

6. Pertimbangkan harga

Perlakukan juicer Anda sebagai investasi jangka panjang untuk kesehatan. Di pasaran tersedia banyak pilihan untuk berbagai macam anggaran, namun yang paling murah mungkin tidak selalu membuat Anda puas. Sesuai anggaran Anda, pastikan juicer yang Anda pilih mampu membantu Anda mendapatkan kandungan nuutrisi dalam buah-buahan atau sayur secara maksimal.

Catatan

Setiap orang memiliki kebutuhan dan anggaran yang berbeda. Sebenarnya, pilihan yang Anda buat bergantung pada tujuan dan gaya hidup. Jika, suka makanan mentah dan ingin berinvestasi pada mesin yang akan membantu Anda mendapatkan nutrisi maksimal, pilihlah slow juicer. 

Tetapi, jika Anda tak punya banyak waktu dan hanya ingin bisa membuat jus dengan cepat dengan juicer yang mudah dibersihkan, Anda dapat memilih model fast juicer. Juicer terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pembuatan jus Anda untuk mendapatkan hasil maksimal. Yang terpenting, pilihlah juicer yang benar-benar akan Anda gunakan!


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.