Nutrisi Tepat Susu Soya Sebagai Solusi Alergi Protein Susu Sapi Pada Si Kecil


[Dunia Anak] Sewaktu kecil anak pertama mengalami gejala alergi susu sapi. Semua jenis makanan berbahan susu sapi paling saya hindari. Padahal saya ingin lengkapi nutrisi anak dengan minum susu juga, setelah dia lepas ASI. Tidak mau dong tumbuh kembang anak terganggu karena alergi. Pilihan saya adalah memilih nutrisi tepat susu soya sebagai solusi alergi protein sapi pada si Kecil.

Memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil, karena waktu tak bisa kembali

Dari kecil saya sudah punya alergi, terutama untuk kulit. Sejak usia 2 tahun kata Ibu, saya alergi susu sapi, kalau beli makanan yang mengandung susu, langsung diare dan kulit kemerahan. Saat masuk SD saya mulai alergi udara. Jadi setiap kali cuaca dingin dan berdebu, kulit akan kemerahan, kering dan yang paling parah, sampai bersisik dan berdarah. Jujur, kalau ini sudah kambuh membuat saya malu dan tidak percaya diri. Setiap kambuh saya pasti akan terus berobat, bahkan Ayah saya terus mencari obat alternatif supaya bisa sembuh.

Tapi ternyata tidak membuahkan hasil. Ayah tidak mau selama saya belajar terus terganggu karena alergi kulit yang sampai membuat saya tidak percaya diri. Semenjak itu ayah melakukan banyak pencegahan, salah satunya kalau udara mulai kemarau dan panas, pasti lebih banyak diam di rumah. Bahkan lotion khusus selalu Ayah sediakan biarpun harganya lumayan mahal pada saat itu. Alergi saya tidak kambuh lagi justru setelah menikah dan pindah ke Jakarta yang udaranya panas.


Semenjak memiliki anak, sudah pasti saya sendiri khawatir, bahwa anak berisiko alergi juga. Ketika anak pertama saya berusia 2 tahun dan sudah tidak ASI lagi, saya lengkapi nutrisi anak dengan memberikan susu. Tapi sayangnya setiap kali minum susu sapi, anak akan muntah, diare dan kulitnya selalu kemerahan. Setelah dicek ternyata memang memiliki alergi, dan dari situ mulai menghindarkan anak-anak dari susu maupun olahan makanan yang terbuat dari susu sapi. 

Untungnya saat usianya masuk 5 tahun, sudah tidak alergi lagi protein susu sapi lagi. Tapi, jujur saja setiap kali anak kambuh ada rasa sedih juga, karena ini menganggu tumbuh kembang anak. Saat kulitnya lagi memerah dan muntah-muntah, dia jadi ga semangat untuk belajar banyak hal, terlihat lemas mungkin karena efek muntah, dan sedihnya jadi ga bisa bermain bersama temannya. Alergi ini menghambat sekali.

Buat ibu dan ayah, penting sekali kenal tentang alergi, karena ini tidak bisa dianggap sepele. Alergi adalah reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Dan perlu diketahui juga, alergi protein susu sapi yang menjadi salah satu alergi makanan yang sering terjadi pada bayi maupun anak-anak. Bukan saja berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga berdampak besar pada konsentrasi Si Kecil saat belajar dan menjadi beban ekonomi. Karena, untuk cek anak dan beli obat, kerasa banget deh pengeluarannya. Dampak kesehatan yang sering terjadi seperti:
  • Gangguan kulit, seperti timbulnya bentol, ruam kulit dan eksim. Yang terjadi pada anak saya lebih ke ruam kulit, jadi ada bintik merah di badannya.
  • Gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, diare dan BAB berdarah. Nah ini terjadi juga sama saya sendiri dan anak ketika alerginya kambuh.
  • Gangguan pernafasan, seperti bersin-bersin, asma, dan tenggorokan gatal. Kalau ini terjadi sama keponakan saya yang juga alergi susu sapi. Langsung kena asma.
Terus apa saja yang dilakukan ketika anak kena alergi?


Selama anak alergi susu sapi, maupun saat ini alergi udara, yang paling saya dan suami perhatikan adalah nutrisi harian anak. Penting memperhatikan tumbuh kembangnya dengan baik, karena waktu tak bisa kembali. Adapun tips yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan anak yang memiliki alergi:
  1. Konsultasi ke dokter. Pertama kali yang saya lakukan, adalah mencari tahu masalah yang dialami anak. Setelah melakukan tes, saya lebih banyak konsultasi ke dokter, supaya lebih tahu tentang masalah alergi ini. Waktu itu juga sempat melakukan cek uji kulit dan tes eliminasi. Jadi tahu deh penyebab pasti alerginya. Sehingga bisa melakukan pencegahan dan alergi anak bisa diatasi dengan baik, tanpa menganggu tumbuh kembangnya. 
  2. Rutin baca artikel kesehatan. Dan ini beneran membantu banget buat para orangtua, apalagi waktu itu saya adalah orangtua baru. Membaca artikel kesehatan anak dengan alergi ini sangat membantu sekali. Nah buat yang pengen tahu tentang alergi, bisa langsung meluncur ke www.cekalergi.com atau bisa cek juga instagram @morinagaplatinum.
  3. Menghindarkan anak dari makanan yang berpotensi menyebabkan alergi. Karena anak saat kecil alergi susu sapi, jadi makanan yang mengandung susu paling saya hindari. Sedangkan saat anak mengalami alergi udara, biasanya saya akan memberikan lotion khusus supaya kulit anak tetap lembab.
  4. Memberikan makanan bernutrisi, seperti sayur dan buah, supaya anak tetap sehat dan tumbuh kembangnya selalu baik. Tak lupa ajak anak buat olahraga juga, biar fisiknya juga kuat.
  5. Lengkapi nutrisi tambahan untuk Si Kecil dengan memberikannya susu soya atau susu khusus alergi.

Solusi alergi protein susu sapi, dengan nutrisi tepat dari susu soya


Tentu saja kita sebagai orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik kepada anak-anak untuk tumbuh kembangnya. Apalagi untuk anak yang memiliki atau berisiko alergi, asupan nutrisi yang tepat itu sangat penting, karena waktu tak bisa kembali. Mengingat alergi protein susu sapi sering terjadi pada bayi, bahkan 1 dari 12 anak berisiko alergi. Maka, ketika anak mengalami alergi protein susu sapi, penting menghindari segala bentuk produk susu. Tapi kita bisa memiliki nutrisi tambahan lainnya supaya seimbang dan sesuai tumbuh kembang bayi atau anak. Yang bisa dilakukan seperti:

  • Menghindari protein susu sapi.
  • Mengganti nutrisi dengan formula hidrolisat penuh, formula asam amino atau formula isolat protein kedelai (soya).
  • Ibu yang sedang memberikan ASI, dan bayinya alergi protein susu sapi, bisa menghindari makanan sehari-hari yang mengandung susu sapi.
  • Paling penting, ASI tetap menjadi pilihan terbaik untuk bayi yang memiliki alergi susu sapi.
Waktu itu saya belum tahu banyak tentang merek susu soya. Jadi saya memilih untuk membuat sendiri susunya dari kacang kedelai, itupun berbekal resep dari teman yang anaknya juga alergi. Supaya nutrisi anak tetap terpenuhi. Apalagi pemberian nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan anak sangat penting. Bukan saja berdampak kesehatan di jangka pendek, tapi juga bisa menjadi investasi kesehatan anak di masa depan. Sampai akhirnya anak mulai konsumsi Susu Soya dari Morinaga persembahan Kalbe Nutritionals. Termasuk saya rekomendasikan juga kepada keponakan yang punya alergi protein susu sapi.

Konsumsi Morinaga Chil*School SOYA 


Ini kemasan yang baru dari Morinaga Chil*School SOYA dengan MoriCare+ Prodiges Σ (Zigma) yang dikonsumsi anak dengan rasa Vanila kesukaannya. Morinaga Chil*School SOYA ini bisa menjadi solusi tepat alergi protein susu sapi pada Si Kecil, karena diperkaya dengan Isolat Protein Kedelai tanpa Laktosa. Apalagi anak yang sudah sekolah biar tetap sehat, bisa mengkonsumsi nutrisi tambahan, seperti susu soya ini. Susu soya ini memang diperuntukkan untuk anak usia 3 sampai 12 tahun dengan kemasan 300 gram. 

Jadi, untuk anak usia 3 sampai 12 tahun yang memiliki alergi protein susu sapi, bisa konsumsi susu soya yang sudah diformulasikan dengan Isolat protein kedelai berkualitas. Inovasi unggulan terbaru dari Morinaga Research Center Japan berupa sinergi nutrisi antara faktor Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal, yang dilengkapi dengan Prodiges Σ, kombinasi Probiotik Triple Bifidus, dan Prebiotik GOS untuk mendukung daya tahan tubuh dan mencegah alergi Si Kecil. 

Sumber www.cekalergi.com

Tentu saja kita ingin melihat anak menjadi generasi platinum yang multitalenta. Jangan sampai alergi menghambat tumbuh kembangnya, termasuk ketika Si Kecil belajar. Apalagi Morinaga Chil*School SOYA yang 100% Protein Soya dengan kualitas protein setara susu sapi, diperkaya L-Metionin, Karnitin, Asam Amino Esensial, serta Vitamin dan Mineral. Selain itu memiliki kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung:
  • Kecerdasan Multi Talenta: Didukung dengan nutrisi Kolin, asam lemak nesensial AAL & AL (Alfa -linolenat & linolelat), dan Zat Besi.
  • Pertahanan Tubuh Ganda: Kombinasi Probiotik 536 & 16 V (bakteri baik) dan Prebiotik GOS (makanan bakteri baik), bersinergi untuk kesehatan saluran cerna dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Tumbuh Kembang Optimal: Kombinasi Vitamin D dan Kalsium dalam susu pertumbuhan Morinaga membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.
Perlu diketahui juga, Morinaga Chil*School SOYA sudah berlabel halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan susu soya dengan formula pertumbuhan protein soya sudah diakui BPOM (BPOM RI MD 832010072281) dan dilengkapi juga dengan kandungan AA dan DHA. Untuk mendukung anak generasi platinum yang multitalenta, Morinaga mempersembahkan 6 Langkah Aktivasi Multitalenta, seperti tampak pada gambar di bawah ini. 

sumber www.cekalergi.com

Selain ada kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal. Dengan adanya dukungan pola asuh yang tepat, gaya belajar dan kecerdasan emosi bisa mendukung tumbuh kembang anak untuk menjadikannya generasi platinum yang multitalenta. 

Reaksi alergi pada Si Kecil tentu sangat menghambat tumbuh kembang dan menganggu aktivitas hariannya. Kita sebagai orangtua harus tetap tenang, dan jangan lupa untuk rutin konsumtasi soal alergi. Dan berikan nutrisi tepat agar tumbuh kembang Si Kecil tidak terganggu. Sehingga bisa mencegah dan mengatasi alergi sedini mungkin. 


Buat Ayah dan Ibu, apabila anak alergi protein susu sapi jangan khawatir lagi, karena Si Kecil bisa mengkonsumsi Morinaga Soya, dimulai dari usia 1 tahun. Mari berikan nutrisi tepat susu soya sebagai solusi alergi protein susu sapi pada Si Kecil untuk menjadikan tumbuh kembangnya semakin berkualitas dan menjadi generasi platinum yang multitalenta. Chantika juga masih kok minum susu ini, buat pencegahan juga. Biarpun sekarang sudah tidak alergi susu sapi, tapi dia punya alergi udara juga. Saya selalu ingin penuhi nutrisi Chantika dengan Susu Soya dan tentunya makanan yang bergizi setiap harinya, supaya fokus belajar, berprestasi dan menjadi generasi platinum.

Untuk info lebih lanjut soal produk Moriga Chil*School SOYA bisa langsung cek di:
  • Instagram: @morinagaplatinum
  • Twitter: @morinagaid
  • Facebook: Morinaga Platinum





Sumber tentang Morinaga Soya dan tulisan tentang alergi
  • www.cekalergi.com
  • Tulisan di blog saya www.liswantipertiwi.com

22 komentar

  1. Sekarang brand susu pada ngeliatin produk Soya anti alergi susu sapi ya. Waktu putra saya usia 2 tahun ia juga minum susu Morinaga tapi saat itu blm ada rasa Soya nya

    BalasHapus
  2. Kasian ya kalau anak alergi susu sapi. Sampai muntah gitu. Padahal asupan gizi penting buat pertumbuhan. Untung sekarang ada version susu soya supaya kebutuhan nutrisi terpenuhi, aman dari alergi

    BalasHapus
  3. Setuju kalau waktu gak bisa terulang. Makanya harus memberikan yang terbaik bagi anak. Termasuk memberikan susu soya karena anak alergi susu sapi

    BalasHapus
  4. Susu soya ini solusi banget ya bagi anak yang alergi susu sapi. Wah ternyata bisa kambuh lagi ya Alerginya, meski udah sembuh.
    Kasian banget soalnya kalo lihat anak yang alergi ini, kadang suka langsung efeknya.

    BalasHapus
  5. Reaksi alergi yang muncul pada tiap tiap anak berbeda. Anak saya lebih ke gangguan pernapasan atas. Ibu juga harus bijak memilih susu soya yang cocok Dan tepat untuk anak. Seiring pertambahan usianya alergi terhadap susu sapi dapat berkurang.

    BalasHapus
  6. sekaarng sih sduah banayk produk lokal, ya jaman aku dulu masih impor semua dan harganya mahal

    BalasHapus
  7. Untung sekarang ada solusinya ya Teh, semoga kita semua sehat selalu... Anak juga bahagia bisa minum susu favorit ini

    BalasHapus
  8. Kemasan barunya sangat eyecatching, Teteh makin pinter ya pantesan bisa masakin telur dadar buat Mama :)

    BalasHapus
  9. Susu soya jadi alternatif jika anak punya alergi susu ya. Jadi anak tetap bisa optimal perkembangannya. Kalau soal rasa apa ada perbedaan dengan susu sapi?

    BalasHapus
  10. syukurlah masalah alergi susu sapi teteh udh tertangani ya ceu. Sedih aja kalau asupan nutrisinya jd terhambat gegara ga bs minum susu

    BalasHapus
  11. Sekarang udah banyak banget ya brand susu yang kasih alternatif buat anak yg alergi susu sapi. Ibu2 jadi gak perlu takut lagi anak2nya kekurangan nutrisi susu.

    BalasHapus
  12. Teh fotonya bagus #eh jadi salfok hehe .Btw beneran alergi susu sapi bisa menurun ya teh. Untungnya udah banyak sekarang susu pengganti susu sapi

    BalasHapus
  13. wah sekarang morinaga ada susu soyanya. semakin banyak ya alternatif pilihan susu untuk yang alergi susu sapi..btw keren bgt si foto2nya mom

    BalasHapus
  14. Setuju Teh. Waktu tak bisa kembali jadi perjuangan banget saat ini membersamai si kecil (apalagi yang alergi susu sapi) kelak in syaa Allah paling nggak berbuah kenangan manis untuknya hingga dewasa. Seperti kenangan Teteh atas perjuangan Ayah biar alergi udara Teteh dulu nggak kambuh.

    BalasHapus
  15. Bener banget teh, kita harus bener-bener perhatikan susu untuk si kecil, karena kalau salah bisa alergi dan yang lainnya. Bukibuk wajib banget baca artikel ini nih teh hehe

    BalasHapus
  16. Anak sulung saya dulu juga alergi, setiap minum susu yang umum diminum anak lain, anak saya diare
    Sayangnya dulu ilmu kedokteran ngga seterbuka sekarang
    Dan belum ada Morinaga yang menyediakan susu khusus untuk anak alergi

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah ya sekarang kita gak perlu sekhawatir dulu saat Anak sensitif dengan alerginya. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, alergi bisa berkurang dan bahkan hilang. Makin sehat dan cerdas Teteh Cantika sayaaang :*

    BalasHapus
  18. Dari kandungan nutrisi, susu soya ternyata gak kalah sama susu sapi ya. Jadi bisa buat alternatif jika anak punya alergi terhadap susu sapi

    BalasHapus
  19. susu soya Morinaga ini jadi aman buat anak-anak yg memiliki kecenderungan terhadap alergen ya teh Lis..Jadi anak-anak akan aman untuk serapan nutrisinya

    BalasHapus
  20. Untung ada Morinaga Chil School Soya ya teh , kebutuhan anak akan protein tetap terpenuhi nih tanpa khawatir kambuh alerginya .

    BalasHapus
  21. Teteh, dulu aku juga alergi susu sapi loh. Sampai muntah-muntah. Coba udah ada Morinaga susu soya ya :D

    BalasHapus
  22. Aku termasuk alergi susu sapi pas kecil alhamdulillah pas gede udah ga dengan berjalannya waktu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.