Bank Indonesia Gelar Event Karya Kreatif Indonesia untuk Mendorong Pengembangan UMKM


[Lifestyle] Pasti tidak asing lagi dengan produk-produk UMKM tanah air seperti Sepatu Compass, Tulola hingga Sejauh Mata Memandang. Produk UMKM sekarang ini semakin berkembang. Produk-produknya selalu dicari. Seperti sepatu Compass yang desainnya kece selalu menjadi buruan generasi millenial. Saya juga termasuk yang suka dengan produk-produk UMKM, yang saat ini banyak pilihan, termasuk di bidang fashion.

Dalamm khazanah ekonomi, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merujuk pada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorang atau badan usaha. Sebagai generasi bangga, kita harus bangga dengan buatan anak bangsa. Salah satunya dengan menggunakan produk UMKM juga. Kualitasnya juga tidak kalah kok. Apalagi UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. 

Event Karya Kreatif Indonesia (KKI) Persembahan Bank Indonesia

UMKM sendiri bisa bertahan dalam segala kondisi, bahkan memiliki peranan yang cukup besar, seperti memperluas kesempatan kerja, mengetas kemiskinan hingga pemasukkan devisa bagi negara. Maka dari itu, penting sekali mendorong pengembangan UMKM, seperti yang dilakukan Bank Indonesia dengan menghadirkan Event Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016.

Menggunakan produk UMKM dan kain etnik (foto pribadi)

Bank Indonesia mendorong pengembangan UMKM. Mengingat ini dilakukan untuk mendukung fungsi, tugas dan kewenangan Bank Indonesia di bidang kebijakan moneter. Bahkan Bank Indonesia menyusun strategi Nasional (Stranas) yang menekankan pada 3 pilar kebijakan, yakni Korporatisasi, Kapasitas dan Pembiayaan. Bahkan Bank Indonesia juga menyusun strategi Nasional Ekonomi dan Keuangan Inklusif (SNEKI) yang juga memiliki 3 pilar kebijakan seperti pemberdayaan ekonomi, perluasan dan akses literasi.

Disini jadi tahu juga nih, bahwa dengan adanya Stranas dan Sneki dapat mengarahkan ekonomi nasinonal. Dimana salah satu programnya adalah pengembangan UMKM unggulan yang bertjjuan mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi baru di daerah secara berkelanjutan. Dengan tema ini tentunya bisa mendukung industri kreatif, kegiatan ekspor hingga pemberdayaan perempuan. Yang menarik nih di produk kreatif berbasis kain tradisional yang merupakan kekayaan budaya. Kalau soal kain tradisional aku paling suka, apalagi sekarang banyak UMKM yang memproduksi baju dan sepatu berbahan kain etnik. 

Maka dari itulah, untuk meningkatkan akses pasar UMKM, Bank Indonesia menggelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) sejak tahun 2016. Melalui KKI inilah, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara didorong secara kontinyu untuk melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai dengan selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital supaya bisa menembus pasar internasional.

Foto dari www.karyakreatifindonesia.com

Tentu ini sangat menarik, sehingga bisa melahirkan lebih banyak UMKM dan mendorongnya supaya lebih berkembang lagi. Bahkan sejak tahun 2019, konsep KKI ini menjadi sebuah festival dengan format resepsi atau selebrasi perayaan kesuksesan UMKM dari tahun ke tahun yang sudah dibina oleh Bank Indonesia. Untuk kegiatannya sendiri, dari mulai pameran produk unggulan, pagelaran karya kreatif, talkshow, hingga workshop. 

Mengingat sekarang ini sedang di masa pandemi, penyelenggaran KKI 2020 dilakukan secara virtual sebagai penyesuaian terhadap dinamika ekonomi nasional dan peradaban baru yang lebih digital. Tentunya dengan UMKM sebagai fokus pengembangan untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru menuju Indonesia maju. Selalu menarik kalau melihat pameran, apalagi sekarang dilakukan secara virtual, sehingga bisa diikuti oleh siapapun. Jadi pengen hadir juga, supaya bisa ikut keseruannya juga, dan tentunya belajar banyak disini.

KKI Virtual 2020

Event Karya Kreatif Indonesia (KKI) ini ada 3 seri.
  • KKI Seri 1 Sinergi untuk UMKM Ekspor sudah diselenggarakan dari 28 hingga 30 Agustus 2020.
  • KKI Seri II Sinergi untuk UMKM Digital, yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2020.
  • KKI Seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Millenial yang akan diselenggarakan pada bulan November 2020.
www.karyakreatifindonesia.com

Melihat informasi di situs Karya Kreatif Indonesia, akan ada banyak sekali agenda seru menanti, yang bisa kita ikuti juga:
  • Opening ceremony tanggal 7 Oktober 2020,
  • Pesta kuliner tanggal 7 Oktober 2020,
  • Webinar bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Kemenaker pada 8 Oktober 2020.
  • Edukasi Onboarding pada tanggal 7 hingga 9 Oktober 2020,
  • Temu Bisnis dari 8 sampai 9 Oktober 2020,
  • Konsultasi bisnis dari 8 sampai 9 Oktober 2020,
  • Pagelaran karya kreatif pada tanggal 9 Oktober 2020.
Saya sendiri jadi semangat buat ikutan, apalagi ada pangelaran karya kreatif dan webinar juga. Di tengah pandemi ini memang harus banyak belajar juga. Kali saja dari event KKI ini jadi terinpirasi untuk buka usaha, dan bisa membuka lapangan pekerjaan. Amin.

Dilaksanakannya event Karya Kreatif Indonesia ini bertujuan:
  • Mensosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran BI dalam pengembangan UMKM,
  • Memperluas akses pasar domestik maupun ekspir dengan mengenalkan produk UMKM berbasis kain tradisional da n kerajinan kepada calon pembeli (marketplace) yaitu masyarakat umum dan pihak-pihak terhubung dengan pasar ekspor.
  • Sebagai katalisator bagi pelaku usaha Industri Kreatif dalam meningkatkan kualitas produk sesuai trend pasar, sekaligus mendorong peningkatan nilai tambah melalui ekstensifikasi produk kain menjadi pakaian jadi bernilai jual tinggi.

Event KKI 2020 yang dilakukan secara virtual bisa diikuti melalui paltform Karya Kreatif Indonesia, yang mengangkat tema "Mendorong UMKM sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Nasional di Era Digital". Dengan hadirnya event KKI ini bisa memberikan wawasan dan pengalaman digita; bagi penggiat UMKM untuk mencintai produk karya anak bangsa, sehingga bisa mendorong pertumbuhan UMKM di era digital. Bahkan Bank Indonesia akan selalu berkomitmen utnuk mengembangkan UMKM agar menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional. Serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga.

Yang menariknya juga nih, ada Parade Kain Nusantara di KKI 2020, dalam rangka meningkatkan  nilai tambah kain tradisional karya UMKM binaan Bank Indonesia dan dilakukan kerjasama dengan desainer yang secara apik mengolah kain menjadi produk fashion. Bahkan hadir di 10 kantor perwakilan Bank Indonesia. Tentunya ada banyak kain Nusantara, termasuk batik Garut dan Tenun Sutera Garut. Bangga aku tuh sama kain dari kota Kelahiran.

Nah, gimana penasaran dengan eventnya Karya Kreatif Indonesia? Jangan sampai ketinggalan ya. Yuk ah kita gunakan produk anak bangsa. Dengan membeli produk UMKM, kita akan selalu bangga dengan produk buatan Indonesia.

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.