3 Kegiatan Seru Yang Menjadi Hobi Baru Selama Di Rumah Saja


[Lifestyle] Selama tujuh bulan ini lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah, dari mulai belajar dan bekerja. Awalnya terasa jenuh, stress dan suntuk. Tapi, lama kelamaan mulai terbiasa melakukan semua di rumah, sambil menikmati kebersamaan dengan keluarga yang tidak setiap hari dirasakan, karena sibuk bekerja. Untuk mengisi waktu senggang, ada kegiatan seru yang bisa dilakukan dan justru saat ini menjadi hobi baru selama di rumah saja.

Hobi baru selama pandemi

Menjadi seorang freelance memang tidak setiap hari datang ke kantor, tapi di luar itu ada kegiatan dan pekerjaan lain yang dilakukan. Jadi, setiap hari bisa keluar rumah. Tapi selama pandemi semuanya dikerjakan di rumah saja. Saya sempat merasa jenuh dan stress, apalagi jauh dari keluarga. Kalau malam terasa hening banget, sampai akhirnya suka nangis. Tidak mau terus-terusan seperti itu, saya mulai mencari kegiatan baru untuk mengisi waktu, supaya tidak merasa jenuh lagi. 

Setelah menyelesaikan pekerjaan kantor dan rumah, biasanya untuk mengisi waktu senggang mulai melakukan 3 kegiatan seru yang menjadi hobi baru selama di rumah saja. Tak terasa kegiatan inilah yang membantu saya keluar dari rasa sepi. 


1. Foto

Dari dulu sebenarnya suka banget foto-foto, tapi masih sebatas untuk melengkapi konten tulisan di blog. Selama di rumah saja, mulai deh tuh kepikiran belajar. Tapi saat ini belajarnya tentang foto makanan, kan tidak bisa keluar rumah. Jadi suka iseng memasak tuh dan langsung foto. Bahkan jadi lebih rajin beli properti foto. Maka dari itu saat pindahan, bisa sampai 3 dus besar isinya properti foto.

2. Membuat hantaran nikah


Kan selama pandemi usaha wedding saya terdampak nih, banyak banget resepsi nikah yang dibatalkan. Akhirnya kepikiran untuk kembali memulai kegiatan yang sudah lama ditinggalkan, yakni berkreasi dalam membuat hantaran nikah. Dan sering saya share di Instagram juga hasilnya. Eh ternyata malah bisa nambah penghasilan, karena suka ada yang pesan.

3. Live Instagram


Ternyata ya, sekarang ini live instagram jadi kegiatan seru loh. Ngobrolin banyak hal dengan narasumber, yang akhirnya bisa saya tulis juga di blog. Selain live dengan komunitas yang saya ikuti, di Instagram pribadi saya sengaja membuat program namanya adalah #NgomonginNikahan. Jadi membahas segala hal soal pernikahan bersama para vendor dan narasumber lainnya. Bahkan beberapa waktu lalu sudah masuk sesi 6.

3 kegiatan inilah yang sekarang menjadi hobi baru, ternyata kalau ditekuni seru juga loh. Kalau menulis sudah menjadi hobi sejak lama yang lebih menyenangkan. Bahkan selama pandemi ini, menulis menjadi terapi dan penyembuh buat saya yang sempat stress dan jenuh, karena di rumah sendirian. Dengan tulisanlah saya bisa mengungkapkan semua perasaan. Dengan belajar foto inilah, bisa melengkapi tulisan blog juga, supaya lebih bagus dan menarik.

Aplikasi Editing Foto Adobe Lightroom dan Inshot


Untuk foto yang menjadi hobi baru, biasanya saya langsung share hasilnya di Instagram. Tapi sebelum dishare tentu melalui tahapan editing foto. Dan ada dua aplikasi editing foto yang saya gunakan seperti Adobe Lightroom dan Inshoot. 

Dengan aplikasi editing foto ini tentunya membantu hasil foto saya lebih bagus juga. Ternyata editi foto itu tidak mudah juga loh. Bahkan saya butuh waktu lama untuk menghasilkan foto yang bagus dan bisa dishare ke Instagram juga. Tentu ini jadi tantangan baru juga, supaya lebih semangat lagi. Adobe lightroom dan Inshoot ini saya beli aplikasi di Google Play, malah sekarang lebih memilih untuk upgrade ke Premium juga, supaya lebih banyak fitur yang bisa saya gunakan juga.

Sudah lama juga langganan aplikasi di Google Play, karena aplikasi editing foto ini memang selalu saya gunakan setiap hari untuk melengkapi foto di blog supaya lebih cantik dan saat share hasil foto ke Instagram juga lebih rapi feednya. Saat masu share hantaran nikah ke Instagram juga pastinya di edit foto dulu. Termasuk saat mau live bikin flayer tentu harus edit foto juga. Jadi memilih premium adalah pilihan tepat, karena bisa digunakan setiap hari. Dan harganya ga mahal kok, karena ada banyak promo dengan menggunakan GoPay di Google Pay.

Promo GoPay di Google Play


Buat yang suka aplikasi editing foto, seperti Adobe Lightroom dan Inshoot beralih ke premium itu banyak loh manfaatnya. Makanya saya sendiri lebih suka langganan aplikasi di Google Play. Dan pembayaran semakin mudah dengan menggunakan GoPay. Apalagi kini ada banyak promo Google Play dari GoPay. Buat yang baru tahu GoPay bisa digunakan di Google Play, jangan lupa aktivasi dulu ya, dengan cara mudah sebagai berikut:
  • Buat akun Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran".
  • Pilihlah "tambahkan GoPay" sebagai pembayaran.
  • Lalu klik saja "Lanjutkan".
  • Dan setelah itu akan muncul "Hubungkan Google ke GoPay", setelah itu klik "Lanjut".
  • Setelah itu masukkan Pin GoPay.
  • Sekarang sudah terpasang deh dan sudah bisa menikmati banyak promo GoPay di Google Play untuk langganan aplikasi favorit.

Setelah melakukan aktivasi GoPay di Google Play, kita sudah bisa upgrade aplikasi ke premium dengan cara yang lebih mudah juga. Karena membayarnya lebih mudah pakai GoPay. Ini saya kasih tahu cara upgrade premium, seperti Adobe Lightroom ya.

  • Buka aplikasi Adobe Lightroom, dan klik "Fitur Premium" di pojok kiri atas pada aplikasi.
  • Lalu klik "upgrade premium". Setelah itu akan diarahkan ke opsi paket. Dan kita tinggal pilih saja mau harga yang mana, pertahun atau perbulan. Setelah pilih, lalu klik saja "Beli Sekarang".
  • Setelah itu muncullah fitur pembayaran dan sudah tertera GoPay, tinggal klik saja "Langganan". Kita pun sudah bisa menggunakan aplikasi editing foto favorit setiap saat.
Di rumah saja itu ga bakal bikin mati gaya kok. Sekarang udah ga ada yang namanya jenuh, strees atau suntuk lagi. Karena ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu. Di rumah saja tetap bisa produktif dengan caranya masing-masing. Kalau saya dengan menulis dan membuat konten. Termasuk belajar foto, bikin kreasi hantaran hingga live. Apalagi setiap hasil foto bisa langsung diedit dengan menggunakan smartphone juga, supaya hasilnya lebih cantik.


Di Google Play ini banyak loh aplikasi yang bisa membantu pekerjaan kita di rumah. Apalagi buat yang suka foto dan bikin video. Saatnya buat upgrade ke premium untuk menikmati beragam fitur menarik. Jangan lupa nikmati juga Promo GoPay di Google Play biar hari-hari lebih seru, blog makin kece dan Instagram lebih rapi. Aplikasi editing foto Insot juga lagi ada promo seru loh. Langsung cek saja ya.

Teman-teman selama di rumah suka mengisi kegiatan apa saja nih? Dan suka aplikasi apa nih buat edit foto?

24 komentar

  1. Kegiatan-kegiatannya sangat menarik Mbak.
    Kalo saya selama pandemi ini lebih sering belajar fotografi sunset dan sunrise sih. Sesekali foto kuliner juga.

    BalasHapus
  2. Kalau mpo, 3 kegiatan selama tujuh bulan adalah nonton webinar, bikin konten kesehatan lewat canva dan main GIF lalu dimasukin tiktok.

    Lucu sih apalagi GIF. Banyak yang bertanya itu bikin gimana?
    Ya nikmati ajalah selama pandemi ini sampai nantinya berakhir

    BalasHapus
  3. masa pandemi masa yang mengharuskan di rumah saja dan aku malah tambah melar karena akhirnya aku coba masak , nbikin kue, camilan . dan akhirnay mau berkebun juga padahal amsak dan berkebun tadinya adalah pekerjaan yang aku hindari

    BalasHapus
  4. saya di masa pandemi tak ada bedanya mbak whehehe,,, tapi kaerna banyak dirumah, sekarang mendalami kegiatan belajar edit foto dengan editor foto.

    BalasHapus
  5. Selama di rumah saja, semua kegiatannya positif Mbak Lis. Nah memotret makanan dan edit itu emang keren. Selain menyalurkan hobbi bisa mendatangkan rezeki juga nantinya. Kalau saya dari dulu emang kerja dari rumah, jadi gak begitu banyak penyesuaian. Paling-paling lebih rajin update blog dan ikut BW :)

    BalasHapus
  6. Aku dulu sering diminta bikinin hantaran nikah tapi trus males promosi, haha. Padahal lumayan ya bisa jadi sumber penghasilan...
    Eh itu presetnya keren bangeet mbak. Jadi pengen coba juga

    BalasHapus
  7. selama pandemi suka ngurusi tanaman selain motret mbak, tapi belum pernah nih ngedit pakai adobe lighting room dan inshot. pernah instal adobe tapi malah bingung akhirnya balik ke snapseed hehehe

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ya mbak, tetap produktif meski di rumah aja :)
    Kalau saya apa yaa hobi barunya? Hmmm..kayaknya masih di ngeblog nih hahaha

    BalasHapus
  9. Kegiatan saya mengisi waktu di rumah selama pandemi, selain ngeblog juga berkebun sayuran dengan menggunakan sistem hidroponik. Cukup membantu mencegah kejenuhan

    BalasHapus
  10. 3 hobi yang sangat bagus Mbak.
    Yang live di IG, saya belum pernah. Tidak yakin ada yang mau lihat. Hihihi
    Saya lebih banyak berkebun dan bermain dengan Gi. Kurang produktif jadinya

    BalasHapus
  11. Senangnya di rumah untuk yang bukan kerja kantoran kayak aku juga banyak jeng Lies.

    Aku tambah rajin masak memasak, bikin aneka penganan cemilan berat karena anak anak doyan banget makan. Bikin aneka buku yang bisa dijual juga...

    Sukses Yo Jeng!

    BalasHapus
  12. aku malah salah fokus sama hantaran nikah itu bagus banget ya bisa bikin hantaran nikah secantik itu dan sebagus itu keren banget aku salut

    BalasHapus
  13. Sendiri tidak berarti terpuruk malah bisa tetap kreatif ya Mbak Lis. Penting banget memang mengasah kreativitas apalagi sekarang banyak hal bisa dilakukan dari rumah, termasuk install aplikasi bermanfaat.

    BalasHapus
  14. Selama pandemi aku juga jadi suka foto foto mbak, nah lightroom dan inshot ini juga aplikasi yang sering aku gunain.. Langganan pun mudah pake gopay ya

    BalasHapus
  15. Di rumah aja kalau dimanfaatkan dengan baik justru bikin kita lbh produktif ya karena mungkin waktunya lebih banyak.
    Wah aku belum pernah nih manfaatin Adobe Lightroom kyknya menarik juga yaa.
    Bisa beli juga appsnya pakai gopay makin gampang ya sekarang.

    BalasHapus
  16. Senangnya tetap berkegiatan seru yang bermanfaat ya Teh..IG Live-nya keren tuh temanya pasti bantu yang perlu info seputar pernikahan ya..
    Dan untuk aplikasi edit foto, mudah sekali bisa bebelian GoPlay via GoPay...Yeay!!

    BalasHapus
  17. Aku makin suka nulis mbak, optimasi blog dan mengurus tanaman...
    Btw gopay makin multifungsi ya, bisa buat bayar apa saja, termasuk di play store

    BalasHapus
  18. Kegiatannya keren nih. Kalau saya justru makin sibuk mengajar online, kerjaannya di depan laptop atau hp terus. Untungnya saya selingi dengan merawat tanaman.

    BalasHapus
  19. Seru banget Lis, jadi lebih happy dan nggak sedih lagi ya, aku sekarang suka berkebun dan kreasi canva tiap hari buat IG kelas nulis hihi..

    BalasHapus
  20. Enjoy the new hobby hobbies, including that Instagram live. I see so many life programs nowadays LOL sometimes we just have to choose which one that we like to see and interest us

    BalasHapus
  21. Udah kefikiran mau beli fitur premium yang Adobe lightroom ini biar banyak preset yang bisa digunakan. Ternyata bisa pakai gopay ya. Mudah banget berarti.

    BalasHapus
  22. Sekarang beli aneka app yang premium emang makin mudah mba dengan bantuan Gopay. Kapan hari aku juga udah nyobain untuk yang Canva. Senang sekali ketika semua fitur bisa dicoba.

    BalasHapus
  23. Wah aku lagi suka edit foto nih mbak baru nyobain inshot. Besok mau coba adobe light room juga deh, kayaknya asik untuk isi waktu selama di rumah aja.

    BalasHapus
  24. Aku juga baru nyoba edit-edit foto mba. Tapi belum pernah nyoba aplikasi yg disebutin di atas. Besok mau coba juga ah biar feed ignya jadi kece.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.