MiSSION Syariah Solusi Proteksi Untuk Wujudkan Hari Tua Yang Penuh Berkah


[Keuangan] Assalamualaikum. Sudah punya asuransi, supaya di hari tua penuh berkah?

Alhamdulillah sudah. Sebagai generasi milenial, salah satu tujuan keuanganku adalah di hari tua bahagia dan penuh berkah. Untuk mewujudkannya, tentu saja aku harus mengatur keuangan sebaik mungkin. Tak lupa juga memiliki asuransi, supaya bisa mengelola risiko, sehingga keuangan untuk masa tua tetap aman. Sekarang sudah hadir Solusi 3 in 1 dari manulife Indonesia, yakni MiSmart Insurance Solution (MiSSION) Syariah solusi proteksi untuk wujudkan hari tua yang penuh berkah.

Mengatur keuangan untuk wujudkan hari tua

Di hari tua nanti, cita-citaku dan suami punya sebuah toko kecil. Kami ingin berdagang seperti yang dilakukan Rasulullah SAW. Mungkin karena kami termasuk generasi milenial yang memang memiliki karakteristik aktif dan tertarik berwirausaha. Jadi di hari tua pun kami ingin tetap memiliki aktivitas, seperti berdagang.

Semenjak kedua anak kami lahir, tujuan keuangan kami pun bertambah, selain untuk rumah, naik haji, hari tua, tentu saja dana pendidikan anak. Ya namanya biaya pendidikan sekarang tidak sedikit ya, jadi harus semakin kencengin isi dompet. Supaya tujuan keuangan itu bisa terwujud, tentu saja aku sebagai menteri keuangan di rumah, harus bisa mengelola keuangan sebaik dan sebijak mungkin. Biasanya setelah dapat gaji, aku gabung tuh pendapatan kami, baru deh masukin ke dalam beberapa pos keuangan, seperti:

Ilustrasi mengatur keuangan (sumber foto: Canva)

  • Zakat, sedekah dan infaq
  • Biaya hidup (sudah termasuk listrik, makan, bayar sekolah dan asuransi)
  • Tabungan (dana pendidikan dan masa tua)
  • Asuransi
  • Investasi
  • Dana darurat
  • Gaya hidup

Dulu masih ada pos cicilan, sekarang sudah terbebas. Seneng pasti, karena uangnya bisa aku tabung juga. Dalam mengatur keuangan, aku pakai 3 rekening, seperti untuk kebutuhan sehari-hari, dana pendidikan anak dan hari tua. Kalau investasikan ada rekening yang khusus. Mengatur keuangan ini menjadi solusi untuk mewujudkan hari tua yang lebih bahagia.

Karena kehidupan itu seperti roda yang berputar. Kita tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi di depan sana. Bisa saja sakit, dan terjadi musibah yang tidak diinginkan. Maka dari itu, dalam pos keuanganku selalu ada asuransi. Ini penting bagi kami, karena bisa membantu dalam mengelola risiko juga. Kan kita tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa detik ke depan. Segalanya harus dipersiapkan sejak dini, supaya semua tujuan keuangan bisa terwujud.

Asuransi Syariah

Apakah memiliki asuransi itu penting?

Bagiku penting banget. Aku sering keluar masuk rumah sakit karena punya penyakit migrain, suamiku memiliki pekerjaan yang berisiko. Bahkan di masa depan banyak sekali risiko, dari kecelakaan, sakit, dan meninggal dunia. Aku jadi ingat, Ayahku yang meninggal di usia muda, yakni 45 tahun. Dan asuransi membantu sekali keuangan keluargaku pada waktu itu, sehingga kuliahku tetap bisa lanjut. Maka dari itu, penting sekali aku memiliki asuransi.

Setiap kali aku sakit, biaya obat, biaya rawat inap, hingga biaya terapi banyak mengeluarkan dana. Untungnya biaya perawatan selama di rumah sakit di cover asuransi. Jadi keuangan untuk pendidikan anak dan hari tua tetap aman.

Sekarang ini banyak sekali pilihan produk asuransi yang sesuai kebutuhan, ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga unit link (perlindungan dan investasi). Asuransi ada yang konvensional dan syariah, jadi semua bisa jadi pilihan juga. Bahkan asuransi syariah terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk sesuai kebutuhan masyarakat dan keluarga Indonesia.

Virtual Blogger Gathering bersama Manulife Indonesia

Dan ngobrolin tentang asuransi syariah, pada 18 Desember 2020 lalu dapat kesempatan ikut serta Virtual Blogger Gathering bersama Manulife Indonesia, yang juga dihadiri beberapa narasumber, seperti:

  • Karjadi Pranoto selaku Director & Chief of EB & Unit Syariah Distribution.
  • Jeffrey Kie, selaku Chief Agency Officer.

Selain itu hadir juga dalam acara ini, Adinda Sharfina Rakhman yang merupakan nasabah Manulife Indonesia. Adinda sudah memilih asuransi syariah untuk proteksi diri. Tujuannya selain proteksi, tentu saja sebagai dana untuk pensiun nanti. Aku sepakat banget nih dengan Adinda, memilih asuransi selain proteksi, tentu saja untuk hari tua nanti supaya lebih tenang, dan keuangan tetap aman.

Sayangnya di luar sana masih banyak yang belum memiliki program pensiun. Seperti materi yang disampaikan Bapak Jeffrey, bersumber dari Manulife Investment Sentiment Index ke 6, di Indonesia sendiri terdapat 120 juta penduduk di usia produktif, tapi sayangnya hanya 3,3 juta atau 5,34% yang memiliki program pensiun. Dimana jumlah penduduk keseluruhan ada 33,75% yang merupakan generasi milenial.

Padahal hari tua itu bisa dipersiapkan sejak dini, seperti halnya memiliki asuransi. Keluarga Indonesia, terutama generasi milenial, bisa banget nih memilih asuransi syariah untuk proteksi diri. Karena asuransi syariah itu memiliki prinsip yang sesuai dengan syariat Islam, berdasarkan pada asas tolong menolong antar peserta (ta'awun), saling melindungi (takafuli) atau berbagi risiko (risk sharing) di antara peserta asuransi. Dalam asuransi syariah ada pihak ke 3 yang mengawasi kegiatan asuransi, yakni Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Dalam asuransi syariah ada akad atau perjanjian yang menjadi landasan yakni akad takaful (tolong menolong). Jadi. jika nantinya salah satu peserta terkena musibah, peserta lain akan membantu dengan dana tabarru’ (dana sosial). Maka dari itu, suka banget dengan konsep asuransi syariah yang penuh keberkahan, karena bisa tolong menolong.

Bagaimana perkembangan asuransi syariah?

Tentu saja semakin berkembang, nasabahnya juga makin banyak. Manulife Indonesia juga memiliki unit asuransi syariah sejak tahun 2009 yang terus berinovasi untuk bisa memenuhi harapan nasabah.


Dari materi yang disampaikan Bapak Karjadi, disebutkan bahwa pendapatan kontribusi pada asuransi jiwa syariah sebesar 9,76%, sedangkan pertumbuhan total aset asuransi syariah sebesar 8,74%. Hanya saja tingkat penetrasi asuransi syariah di Indonesia masih kurang dari 1%, ini berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juli 2020.

Selain itu, dalam survei Manulife terhadap asuransi di Indonesia yang dilakukan saat pandemi, menyebutkan bahwa ada 72% nasabah yang memiliki asuransi mengatakan bahwa mereka berencana membeli tambahan polis asuransi dalam 18 bulan ke depan. Ternyata angka ini jauh lebih tinggi hasil rata-rata terhadap negara kawasan survei lainnya di Asia, yakni sebesar 62%. Bahkan ada 30% responden di Indonesia mempertimbangkan untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan di tengah pandemi.

Sedangkan dari artikel yang aku baca di keuangan.kontan.co.id menyebutkan bahwa pada data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Maret 2020 kontribusi (premi) bruto asuransi jiwa syariah mencapai 3,31 triliun, nilai itu tumbuh 5,08% year on year (yoy) dibandingkan kuartal pertama 2019 senilai 3,15 triliun.

Karena tingkat penetrasi asuransi syariah di Indonesia masih kurang dari 1%, maka dari itu, Manulife Indonesia terus mengembangkan dan menyediakan solusi proteksi syariah yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. Produk asuransi syariah Manulife yang bisa menjadi keluarga Indonesia, terutama generasi milenial untuk bantu wujudkan masa tua penuh berkah adalah dengan memilih MiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION).

Solusi 3 in 1 MiSSION Syariah



Keluarga Indonesia, terutama generasi milenial yang membutuhkan solusi proteksi dengan kontribusi terjangkau, MiSSION syariah bisa jadi pilihan, karena merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dari Manulife Indonesia untuk memprioritaskan karyawan, pelanggan dan komunitas pada tahun 2020, meski di tengah pandemi. Apalagi Manulife Indonesia juga berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia.

Apa itu MiSSION Syariah?

MiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION Syariah) merupakan produk asuransi syariah dari Manulife Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa, investasi optimal serta manfaat akhir masa program Asuransi Jiwa Syariah sesuai prinsip syariah. MiSSION Syariah ini menjadi sebuah jawaban untuk keluarga Indonesia, yang memberikan solusi 3 in 1 (Proteksi Jiwa, Investasi, dan Kesehatan), yang tentunya melengkapi kenyamanan dan ketenangan hidup yang aman, amanah dan penuh berkah.

Produk Asuransi Syariah Manulife Indonesia ini juga menyasar berbagai kalangan, seperti generasi milenial yang membutuhkan produk inovatif untuk perlindungan jiwa dan kesehatan, tentunya sesuai dengan prinsip syariah. Dengan memiliki asuransi yang memberikan solusi 3 in 1, menjadi sebuah solusi proteksi untuk kita semua. Apalagi bisa mempersiapkan hari tua dengan penuh keberkahan dan kenyamanan.

Perlu diketahui juga, bahwa tanpa persiapan hari tua yang matang, sama dengan generasi milenial berpotensi menjadi sandwich generation untuk anak mereka. Maka dari itu, setiap kali mendapatkan penghasilan, uang selalu aku atur sebijak mungkin, supaya bisa mempersiapkan hari tua dengan matang.

MiSSION Syariah akan memberikan rasa tenang, aman dan penuh berkah kepada para nasabahnya dengan 6 keunggulan, seperti:

  1. Kontribusi terjangkau. Bisa memilih sesuai kebutuhan, mulai dari Rp. 300 ribu per bulan.
  2. Santunan Asuransi dan Alokasi Investasi Optimal Berbasis Syariah. Dengan perlindungan jiwa seumur hidup bagi peserta hingga usia 110 tahun, serta 100% alokasi investasi sejak tahun polis ke 2.
  3. Manfaat Loyalitas Total 750%. 50% dari kontribusi dasar tahunan di akhir tahun polis ke 10 dan 700% dari kontribusi dasar tahunan di akhir tahun polis ke 25.
  4. Memiliki Beragam Asuransi Kesehatan sebagai Asuransi Tambahan. Terdiri dari MiSmart Health Care Syariah, MiSmart Critical Care Syariah, dan MiSmart Waiver Syariah.
  5. Tolong Menolong melalui Dana Tabarru'. Memiliki kesempatan tolong menolong terhadap sesama melalui dana tabbaru'.
  6. Surplus Underwriting. Surplus dari total kontribusi peserta ke dalam dana tabarru' setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi dan cadangan teknis dalam satu periode tertentu.


Dengan kontribusi terjangkau ini, sebagai generasi milenial, sudah bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Bayarnya saja mulai 300 ribu per bulan, sudah dapat banyak manfaat. Dengan solusi 3 in 1, sebagai nasabah kita akan merasa tenang, sehingga bisa mewujudkan tujuan keuangan dan masa tua dengan penuh berkah. 

Hidup juga penuh keberkahan, karena adanya Manfaat Dana Tabarru’ yang menjadi cara kita bisa saling tolong menolong antar sesama. Dengan prinsip tolong menolong dan risk sharing, nantinya saat terjadi klaim dari nasabah, maka klaim itu dibayarkan dari dana tabarru’ yang dikelola dan diadministrasikan oleh Manulife.

Menurut Jeffery Kie, dengan pengelolaan dana yang profesional, produk ini akan membantu masyarakat Indonesia dalam merencanakan dan melindungi masa depan mereka, sehingga mereka dapat mencapai impian dan melindungi kesejahteraan mereka.

Alokasi investasinya seperti apa?

Untuk alokasi investasi dan manfaat loyalitas MiSSION Syariah, di tahun pertama 50% akan dialokasikan ke Investasi. Barulah di tahun ke 10, akan mendapatkan manfaat loyalitas sebanyak 50%. Dan di tahun ke 25, manfaat loyalitas yang didapatkan sebesar 700%.


Dalam pemaparan Pak Jeffery, ada ilustrasi MiSmart Insurance Solution Syariah, dimana usia pertama masuk 30 tahun dengan kontribusi tahunan 14 juta rupiah akan mendapatkan santunan asuransi sebesar 500 juta rupiah. Dan di usia 99 tahun, nilai polisnya akan mencapai 37 miliar, tapi nilai polis ini tidak dijamin, karena bisa saja meningkat atau menurun tergantung kinerja dana investasi yang dipilih oleh nasabah. Dan tentunya tidak terlepas dari risiko investasi.

Kan kita gatau nih kehidupan beberapa menit kemudian, lebih baik memiliki asuransi itu sedini mungkin. waktu itu pertama kali aku punya asuransi saja di usia 26 tahun. Soalnya aku tuh berpikirnya mumpung usia masih aktif bekerja juga, jadinya harus mengatur uang dengan sebaik mungkin, dan asuransi ini untuk solusi proteksi.


Adanya produk asuransi syariah Manulife Indonesia, seperti MiSSIOn Syariah bisa menjadi payung dari segala risiko yang tidak diinginkan. Apalagi di masa pandemi ini memiliki proteksi diri menjadi sangat penting sekali, supaya lebih tenang. MiSmart Insurance Solution Syariah juga bisa menjadi salah satu cara mewujudkan hari tua yang aman dan penuh berkah. Karena hari tua yang bahagia itu adalah keinginan semua orang. Dan setiap orang juga memiliki cara tersendiri untuk mewujudkannya.

Seperti yang kulakukan, untuk bisa mewujudkan hari tua yang penuh berkah, selain mengatur keuangan rumah tangga sebijak mungkin, harus semangat menabung dan investasi. Untuk mengelola resikonya, tentu saja dengan memiliki asuransi. Kehadiran MiSSION Syariah bisa menjadi solusi proteksi untuk wujudkan hari tua yang penuh berkah dengan beragam keunggulan, serta solusi 3 in 1 (proteksi, investasi dan kesehatan).

Untuk informasi lebih lengkap tentang produk MiSmart Insurance Solution (MiSSION) Syariah, bisa langsung cek:

  • Website: https://www.manulife.co.id/
  • Twitter: @Manulife_ID
  • Instagram: @manulife_id



Sumber tulisan:

  • https://www.manulife.co.id/id/produk/proteksi-dan-investasi/premi-berkala/mismart-insurance-solution-syariah.html.
  • www.keuangan.kontan.co.id
  • Pemaparan narasumber di Virtual Blogger Gathering.
  • Pengalaman pribadi.

75 komentar

  1. wah ini udah dapet 3 benfit ya asuransinya, boleh juga nih mba aku jadi tertarik deh pengen tau lebih jauh ah, apalagi asuransi syariah memang sistemnya bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ini dapat benefitnya banyak banget. Selain proteksi tentu saja ada investasi dan kesehatan.

      Hapus
  2. Aku tertarik banget sama mission syariah ini dengan Manfaat Dan Tabbaru, dengan prinsip tolong menolong dan risk sharing antar sesama orang lain yaaa. Semoga saja, makin banyak yang terbukakan pikirannya akan pentingnya proteksi diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin teh, semoga makin banyak ya yang memiliki Asuransi Syariah

      Hapus
  3. halo kak Lis,
    saya malah kepikiran punya asuransi setelah sekarang berkeluarga. agar ada jaminan untuk anak - anak ngaanti kalo ada apa - apa dengan saya. agak telat ya, taoi lebih baik di mulai sekarang daripada gak sama sekali. invetasi dan asuransi jadi pilihan tepat.

    BalasHapus
  4. Skema MiSSION syariah merupkan long term investasi yang bermanfaat untuk pensiun. Semoga masih bisa bayar premi jika jangka panjang untuk bisa menikmati benefitnya.

    BalasHapus
  5. Dalam satu asuransi bisa langsung dapet tiga manfaat sekaligus, wow..!! Proteksi, Investasi, dan Kesehatan. Millennial mana coba yang nggak tergiur? Terjangkau banget lagi. Mau aku infoin juga nih ceu ke temen-temen ku ;)

    BalasHapus
  6. Asuransi Manulife ini keren ya, produk Mission ini kudengar cukup laris juga diambil sama orang-orang buat investasi aman jangka waktu panjang.

    BalasHapus
  7. Terima kasih teteh informasi nya sangat bermanfaat apalagi buat aku yang sangat awam tentang asuransi syariah ini

    BalasHapus
  8. Alhamdullilah dalam agama Islam setiap transaksi harus jelas ya?
    Juga mewajibkan umatnya untuk mempersiapkan masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba. Sekarang Syariah udah jadi pilihan banget.

      Hapus
  9. Kelola keuangan untuk masa depan di hari tua yang lebih baik harus sudah dilakukan sejak remaja lah ya minimal, pengaturan pos-pos keuangan dan hal-hal apa yang perlu untuk beli sebagai investasi misalnya dengan memiliki asuransi salah satunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, hari tua bisa dilakukan semua rencananya sejak dini

      Hapus
  10. menarik ini model asuransinya teh.. memang nggak dipungkiri saat ini perlu banget yaa asuransi ini, terutama yang bisa mengkover kebutuhan kita. proteksi, investasi dan kesehatan ternyata ada satu paket dalam mission syariah ini yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ada satu paket yang memudahkan dan memberikan solusi buat kita.

      Hapus
  11. Alhamdulillah di masa kini ada pilihan proteksi syariah dengan aneka benefitnya. Komplit lho produk asuransi syariah dari Manulife Indonesia ini ada perlindungan jiwa, investasi optimal serta manfaat akhir masa program Asuransi Jiwa Syariah sesuai yang sesuai dengan prinsip syariahnya. Jadi lebih tenang kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang lebih tenang, apalagi dengan keunggulan dan solusi 3 in 1nya

      Hapus
  12. Waaw...bneran kaget dpet loyalitas 700% di thn ke 25, smoga ke depan rejeki ku makin lancar biar bsa alokasikan dana utk asuransi syariah sperti ini

    BalasHapus
  13. Pengen banget gak ngulangin kesalahan yang sama dan membebaskan anak dari gen sandwich. Makanya lagi cari investasi yang pas dan pastinya harus syariah

    BalasHapus
  14. Wah bener sekal mbak hari gini mah wajib banget mempunyai produk asuransi terlebih yang syariah ya karena biar bagaimanapun kita harus berikhtiar melindungi diri jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan Asuransi Manulife Proteksi syariah nih bisa jadi solusi nya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, apalagi lagi pandemikan ya. Penting punya asuransi

      Hapus
  15. ternyata skema keuangan asuransi syariah tuh agak beda ya teh, dan aku baru tau, semakin banyak nih opsi proteksi buat milenial kaya aku karena manulife ini preminya lumayan terjangkau apalagi dapet investasinya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mmba antara konvensional dan syariah beda skemanya. Kalau Syariah lebih ke tolong menolong juga.

      Hapus
  16. Dulu waktu suami sakit berat sangat merasakan manfaat asuransi syariah. klaim asuransi sangat cepat, diberikan dalam bentuk cash, bisa buat biaya hidup selama sakit dan pemulihan.

    BalasHapus
  17. pas banget untuk teman-teman yang memilih layanan syariah. mission syariah ini bisa jadi solusi tentunya yaaa

    BalasHapus
  18. Lengkap banget teh pengantar dan isi soal asuransi Syariah hehe. Soal prpduyp keuangan Syariah akupun sejak menikah udah hijrah ke Sharia financial, alhamdulillah lebih tentram ngerasanya.

    Pankapan aku tanya tanya soal asuransi boleh ya teh? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah udah ke Syariah ya. Boleh banget mba kalau mau tanya-tanya

      Hapus
  19. Bagus bgt tulisannya mba sangat menyeluruh, ada story telling dan penjelasannya detail tanpa berbelit2, cocok utk orang awam yg ga terlalu paham ttg asuransi spt saya haha jd ngerti juga asuransi syariah itu disebut syariah salah satunya krn pakai sistem tolong-menolong. Terima kasih mbaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bisa membantu ya penjelasannya.

      Hapus
  20. proteksi penting, syariah pula ya mak
    aku lagi cari2 yang syariah ini mau ubah semua biar berkah tapi tetap terllindungi. hiduppun tenang aman nyaman

    BalasHapus
  21. Proteksi jadi hal yang penting ya, bahkan semakin penting dengan adanya pandemi. Aku baru tahu ada produk asuransi yang bisa menggabungkan 3 manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ini solusi 3 in 1 bisa bantu kita banget yang perlu kesehatan inves dan ptoteksi juga

      Hapus
  22. Wah tenang ya kalo model syariah gini, apalagi kalo udh komplit gini produknya, keren deh ;)

    BalasHapus
  23. bicara soal risiko, semua orang tentu memiliki risiko kehidupan. Mengapa? Karena selalu ada ketidakpastian akan masa depan.
    Itu sebabnya kita WAJIB PUNYA ASURANSI ya jeng, tapi bentuknya ya beda beda sesuai dengan kemampuan masing masing - terutama yang berbasis syariah, ini solusi untuk muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget. Semua balik lagi ke kemampuan dan kebutuhannya apa saja

      Hapus
  24. Mengatur keuangan salah satu cara supaya di masa tua bisa hidup lebih nyaman ya. Mengatur keuangan termasuk bisa menyisihkan dana untuk tabungan, investasi & proteksi ya. Ada asuransi syariah dari Manulife yang bisa dijadikan pilihan

    BalasHapus
  25. dengan adanya produk asuransi syariah seperti ini setidaknya merasakan aman dalam hal perlindungan keluarga

    BalasHapus
  26. hari tua memang perlu dipersiapkan dengan matang ya, Mbak. Alhamdulillah beruntung bagi yang berkecukupan dan berkelebihan mampu untuk menyisihkan dana untuk membeli asuransi. banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih ya, salah satunya yang syariah. Dari jenisnya pasti akan mendapat banyak keuntungan dan ketenangan setelah memilihnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, hari tua bisa dipersiapkan sedini mungkin, supaya di masa depan bisa lebih tenang

      Hapus
  27. Proteksi Jiwa, Investasi, dan Kesehatan dalam satu produk asuransi, menarik nih. Apalagi berbasis syariah, bagi muslim pasti lebih tenang kalau memilih yang syariah

    BalasHapus
  28. Iya, harus persiapkan masa depan pas pensiun ya dengan asuransi syariah biar tetap hidup nyaman dan berkualitas, tidak merepotkan anak-anak apalagi ini syariah jadi lebih yakin dan tenang..

    BalasHapus
  29. Setuju jika, hari tua itu bisa dipersiapkan sejak dini, seperti halnya memiliki asuransi. Penting banget memilih asuransi syariah untuk proteksi diri. Karena asuransi syariah itu memiliki prinsip yang sesuai dengan syariat Islam, jadi lebih tenang hati.

    BalasHapus
  30. Premi bulanannya cukup terjangkau ikut asuransi ini. Manfaatnya juga banyak. Aku juga ngerasain punya asuransi itu meringankan biaya pengobatan.

    BalasHapus
  31. aku udah lama banget tahu manulife dan memang mudah banget pengklaiman asuransi ini. dan alhamdulillah sekarang sudah ada asuransi syariahnya juga ya mba

    BalasHapus
  32. Makin tenang kalo pakai proteksi yg berbasis syariah.
    Karena memang kita kudu mempersiapkan masa depan mulai dari sekarang ya
    semangaatt!

    BalasHapus
  33. Jadi tenang sebagai nasabah Manulife
    Apalagi ada yang syariah
    Saya coba ajukan pemindahan dulu
    Siapa tahu bisa

    BalasHapus
  34. Tenang yah kalau ada proteksi yang berbasis syariah seperti ini. Makasih sharingnya. Lis. Cukup mencerahkan nih saya yang ingin tau lebih banyak tentang Manulife ini.

    BalasHapus
  35. Betul banget, asuransi merupakan proteksi jangka panjang yang sangat bermanfaat saat dibutuhkan. Maka memilih asuransi yang tepat menjadi prioritas yang utama..

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah ya, sudah ada asuransi syariah dari manulife, jadi lebih tenang... Manfaatnya pun banyak ya...

    BalasHapus
  37. Sekarang untuk asuransi syariah sudah banyak pilihannya ya, Mba seperti Manulife ini. Jadi buat kita yang mayoritas muslim sangat terbantu banget yaa untuk jaga2 keuangan kita kalau kelak ada apa2. Berdoa sih jangan sampe dapet celaka, tapi ikhtiar tetap harus dijalankan.

    BalasHapus
  38. wah manulife ada syariahnya ya
    aku jadi tertarik, karena emang lagi mau cari asuransi di hari tua khususnya
    pake asuransi syariah jadi tenang

    BalasHapus
  39. Maish belajar nih mba soal asuransi syariah, dan kalau dipilih memang kalau dari awal niatnya udah beda jadi nanti menjalaninya juga lebih tenang ya mba. Dengan adanya asuransi syariah ini jadinya kita ga was2 becampur lagi.. Bagus ya konsepnya..

    BalasHapus
  40. Perlu banget ya Ada asuransi tambahan karena kondisi kesehatan tidak ada yang tahu Semoga di hari tua tidak menyusahkan anak-anak

    BalasHapus
  41. Jadi diingatkan tentang persiapan hari tua kalau nanti udah ga bisa produktif lagi. Makasih pencerahannya mba.

    BalasHapus
  42. Perlu banget ya kita merencanakan untuk hari tua agar tidak merepotkan anak anak nantinya

    BalasHapus
  43. Kalau sudah ada ujian keluarga yang sakit ini sungguh berat.
    Semoga senantiasa sehat dan memayungi keluarga dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  44. Dulu masih banyak yang ragu-ragu ya mba untuk punya asuransi. Biasanya yang bikin ragu tuh karena akadnya yang condong ke arah untung rugi. Dengan asuransi syariah gini, khususnya bagi muslim, bakalan lebih tenang karena prinsip akadnya lebih ke tabarru'.

    BalasHapus
  45. Syukron, informasinya Teh Lis..

    Alhamdulillah, aku juga sudah punya perlindungan dari asuransi syariah.

    Tapi, aku lihat 6 keunggulan dari Mission Syariah ini berfaedah sekali untuk ke depan. Bisa jadi solusi buat hari tua nanti nih. Aku coba kepoin via medsosnya deh, siapa tahu ada produk asuransi plus investasi yang cocok*

    BalasHapus
  46. Asuransi syariah sekarang lagi naik daun ya, Mbak. Bisa memenuhi kebutuhan keluarga muslim yang memerlukan proteksi dengan cara yang sesuai syariah.

    BalasHapus
  47. Menjelang umur 30 ini aku udah mulai mikirin asuransi jangka panjang untuk hari tua nanti Mak. Kayanya Mission Syariah ini bisa jadi opsi yang aku cari tau lebih lanjut dulu untuk dibandingkan dengan jasa lainnya. Cukup menarik sih penawarannya :))

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.