Kehadiran SEON Indonesia Solusi Lengkap untuk Manajemen Sekolah


[Dunia Anak] Sudah 9 bulan anak-anak lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, termasuk sekolah. Ada banyak sekali suka dan duka saat mendampingi anak sekolah online. Semenjak kegiatan sekolah dilakukan secara online, urusan absesnsi, tugas semuanya dilakukan secara online juga. Tapi tenang, semua ga bakal ribet lagi, karena kehadiran SeOn Indonesia solusi lengkap untuk manajemen sekolah.

Manfaat SeOn Indonesia

Di masa pandemi, kita diharuskan serba digital, termasuk sekolah. Disinilah tantangan dimulai. Orangtua juga diharuskan melek digital. Kalau sudah terbiasa dengan meeting online, pas anak sekolah online, tentu bukan masalah ya. Sudah tahu aplikasi mana saja dan cara menggunakannya. Nyatanya masih banyak orangtua yang kesulitan dalam menggunakan aplikasi seperti zoom, google meet dan lainnya. Belum lagi masalah jaringan dan handphone yang belum support juga. 

Ini yang aku rasakan ketika pindah ke daerah. Bayangan sekolah online seperti di kota itu ga ada loh. Padahal ya aku tuh terasa kesulitan banget dalam beberapa pelajaran sekolah anak. Jadi selama PJJ ini, tidak setiap hari juga menggunakan Google Meet ataupun Classroom, dan semua tugas dikirimkan via WA. Termasuk absesi dan kirim tugas semua dilakukan melalui whatsapp.

Kebayang saja gitu jadi Bapak dan Ibu gurunya, harus merekap tugas dan absesi dengan scrool whatsapp. Pasti ribet banget. Dan karena sekolah terus menerus tugas, tanpa ada interaksi, membuat anak-anak mulai ga semangat sekolah. Mungkin mereka merasa boring sekolah daring. Padalhal ya Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia di masa depan, kunci utamanya tentu adalah sekolah. 

Maka dari itu sekolah bisa beroperasi secara maksimal juga, terutama di masa pandemi yang semuanya dilakukan secara daring. Dan di era 4.0 digitalisasi sekolah bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas sekolah. 

Ngomongin tentang sekolah daring, kali ini mau mengenalkan tentang SeOn Indonesia yang hadir sebagai solusi lengkap untuk manajemen sekolah. Apa sebenarnya SeOn Indonesia ini ya?


SeOn persembahan PT. SEON Indonesia adalah platform digital berbasis website dan aplikasi yang didesain khusus untuk membantu memudahkan pengelola sekolah, KBM Guru, siswa dan orangtua. SeOn hadir sebagai solusi atas permasalahan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang dialami Guru, siswa,, orangtua dan lembaga sekolah. SeOn memadukan manajemen pembelajaran, manajemen informasi dan pengelolaan sekolah dalam satu aplikasi yang dirancang khusus menyesuaikan dengan sistem pendidikan Indonesia yang khas. 

Dengan SeOn Guru dan siswa bisa bverinteraksi secara optimal dalam 1 platform. Apalagi SeOn ini gratis untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Bahkan dengan hadirnya SeOn sekolah online semudah bermain sosial media juga loh. Banyak sekali kemudahan yang dirasakan, terutama dalam membantu siswa dan Guru dalam merekap nilai juga. Dan ada beberapa manfaat SeOn Indonesia, seperti: 

1. Manfaat untuk Sekolah. SeOn bermanfaat untuk sekolah, diantaranya:
  • Meningkatkan Brnad Value sebagai sekaolah yang menerapkan teknologi 4.0.
  • Efesiensi pelayanan di sekolah.
  • Paperless, hemat biaya ATK.
  • Database sekolah menjadi lebih rapih, mudah di akses dan aman.
  • Mudah berkomunikasi dengan pihak orangtua.
  • Memudahkan pelaporan administrasi sekolah ke Disdik.
2. Manfaat untuk Guru. SeOn juga bermanfaat untuk Guru, diantaranya:
  • Mengajar lebih mudah dengan live video tanpa keluar platform.
  • Lebih mudah memberikan tugas atau ujian kepada siswa.
  • Penilaian otomatis tugas dan ujian sehingga lebih mudah dan cepat.
  • Input/rekap RPP dan silabus.
  • Presensi siswa lebih cepat dan mudah.
  • Lebih mudah dan realtime menyampaikan informasi kepada siswa.
3. Manfaat untuk Orangtua. Adapun yang menjadi manfaat untuk orangtua, seperti:
  • Dapat memantau proses pendidikan anak secara real time.
  • Mudah berkomunikasi dengan guru.
  • Dapat mengetahui teman sekelas anak lengkap dengan nomor handphonenya.
  • Informasi dari sekolah bisa lebih cepat dan lebih mudah di akses.
  • Mudah melakukan transaksi pembayaran biaya pendidikan tanpa harus datang ke sekolah.
4. Manfaat untuk Siswa. SeOn juga bermanfaat untuk siswa, dimulai dari:
  • Belajar online menjadi lebih menyenangkan.
  • Informasi lebih cepat di akses.
  • Akses mudah, dilengkapi fitur personalisasi akun seperti di sosmed.
  • Bisa langsung berkomunikasi dengan guru tanpa keluar masuk platform.
  • Dapat melakukan virtual konseling bersama guru BK secara pribadi.
  • Bisa membuat grup realtime chat dan forum virtual antar siswa atau komunitas eskul.

Fitur SeOn Indonesia 


Dengan aplikasi berbasis web, fitur SeOn memiliki konsep One Stop Solution hadir memberikan berbagai fitur yang dibutuhkan sekolah tanpa harus keluar masuk aplikasi berbeda. Ada banyak sekali fitur yang dihadirkan di SeOn mulai dari live meeting, jualan online, presensi, bank soal, dapodik, statistik, E-rapor, PR, permohonan izin, virtual konseling hingga grup untuk orangtua bisa memantau pendidikan anak-anaknya.

Dengan SeOn sistem informasi sekolah menjadi lengkap dalam satu aplikasi web.  SeOn yang merupakan learning management system akan membantu Guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini. Sudah banyak juga sekolah-sekolah di Indonesia yang menggunakan SeOn, dalam mulai SMP maupun SMA. Selain itu apabila ingin mengubahnya menjadi premium juga bisa banget. 

SeOn bisa digunakan sekolah tanpa batasan waktu. Dengan keunggulannya meliputi:
  • One Stop Solution. Satu platform untuk segala kebutuhan sekolah.
  • Branding sekolah. Nama website menggunakan nama dan karakter sekolah masing-masing (customize domain).
  • Up to Date. Menyesuaikan dengan perkembangan kekinian dan kedisinian serta mengikuti perkembangan regulasi kemendikbud.
  • High Security. Database tiap sekolah tersimpan di server terpisah, lebih aman dan dibackup setiap hari.
  • E-Raport. Hasil penilaian siswa melalui format digital berupa transkip nilai dan rapor mengikuti format dari disdik (kurtilas).
  • E-Payment. Payment system yang terintegritasikan dengan rekening sekolai mulai dari tagihan, pembayaran dan validasi otomatis notifikasi dikirim oleh sistem langsung ke whatsapp dan email orangtua.
  • Free Support. Kru Help Desk kami selalu siap melayani dan membantu anda.
  • Parental Supervision. Orangtua dapat mengikuti perkembangan proses pendidikan putra putrinya dengan mudah, cepat dan realtime.
  • E-Learning. Fitur untuk kegiatan belajar mengajar, live classroom, live chat, forum diskusi, PR online hingga ujian online.
  • Multi Akses. Bisa dibuka melalui komputer PC/Laptop atau dari smartphone.
  • Easy & Simple. Mudah digunakan oleh semua yang terlibat di sekolah, darimana dan kapan saja semudah bermain sosmed.
  • Multi User. Bisa diakses secara bersamaan baik oleh admin sekolah, Guru, Konselor BK, Siswa, Osis dan pengurus eskul juga orangtua.
Dengan keunggulan serta fitur yang dihadirkan oleh SeOn, benar-benar memberikan solusi lengkap untuk manajemen sekolah. Tanpa harus download aplikasi lainnya untuk interaksi antara murid dan siswa juga. Orangtua juga semakin dimudahkan memantau perkembangan pendidikan anak-anaknya.

Dengan begini sekolah online jadi ga bikin boring lagi ya. Apalagi SeOn dirancang khusus sesuai dengan pendidikan di Indonesia juga. Ada fitur pengembangan berupa SeOn Connected yang bisa memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bisa terkoneksi dengan jutaan siswa lainnya. SeOn juga gratis, jadi tidak ada biaya apapun. Menariknya server setiap sekolah juga berbeda, bahkan setiap sekolah bisa menggunakan nama domain juga, contohnya https://namasekolah.online. Nah buat sekolah yang ingin mendaftar bisa langsung kunjungi saja https://seonindonesia.com. Dan kalau ingin fitur lebih, bisa memilih layanan premium. Dengan begini sekolah online jadi mudah dan aman ya.

Permasalahan-permasalahan sekolah daring yang dirasakan selama ini, tentu sudah mendapatkan solusinya dengan kehadiran SeOn sebagai solusi lengkap untuk manajemen sekolah. Dan siswa bisa bersemangat lagi sekolah online. Karena kita sampai saat ini belum tahu, kapan covid 19 akan berakhir. SeOn hadir membantu untuk manajemen sekolah, sehingga urusan absensi, nilai anak, konseling, hingga PR ada dalam satu platform.

13 komentar

  1. SeOn jadi solusi PJJ yang dianggap boring oleh anak . Masalah-masalah boring itu karena tidak adanya interaksi antar guru dan murid. Semoga dengan SeOn, ada ruang guru dan murid yang interaktif untuk bisa menyelesaikan pelajaran atau tugas yang belum dimengerti oleh anak.

    BalasHapus
  2. Mirip seperti ruang guru ya, mbak. Cuman di seon ini ada webinarnya dan seperti belajar daring seperti umumnya. Keren banget nih aplikasinya

    BalasHapus
  3. Wah yang kaya gini nih yang di butuhkan banget sekarang ya. Aku sejujurnya banget dengan adanya aplikasi SeOn ini beneran jadi lebih jelas ya hubungan pendidikan anak-anak dengan sekolahnya. Orangtua jadi gak bingung.

    Oya salam kenal ya. Kalau berkenan followback. Makasih 😊

    BalasHapus
  4. Hebat ya SeON langsung paham dan segera menyajikan aplikasi agar aktivitas ajar mengajar lebih efektif dan efisien
    Karena penting banget, jangan sampai kemampuan anak anak tereduksi hanya gara gara tools

    BalasHapus
  5. Kayak mirip ruang guru gitu ya, mbak. Tetapi seon ini juga sama-sama lengkap fasilitasnya dan juga punya tools webinar kyk zoom untuk memudahkan belajar online bersama guru

    BalasHapus
  6. Fiturnya banyak juga dan lengkapnya ya SEON ini. Dan multi akses itu salah satu kelebihan sih. Lebih dari sekadar aplikasi belajar tapi juga manajemen sekolah.

    BalasHapus
  7. wah ada aplikasi sekolah online ini jadi praktis bgt. aku teringat ibuku yang guru, kadang pake zoom meeting dangoogle form memang ga praktis dan ribet. senengnya kalau ada 1 aplikasi sekaligus gini. ini bayar apa gratis teh lis?

    BalasHapus
  8. wah, sekarang sekolah daring gak akan ribet lagi ya teh. berkat SEON, melihat fiturnya lengkap mulai dari presensi, live meeting, bank soal sampai PR dan ujian.

    BalasHapus
  9. Bagus sekali inovasi yang diberikan oleh seOn ini. Kmrn aku liat keponakanku jg sama mbak kayak gt, tugas dikirim WA dan materi kadang WA juga, bahkan jarang bgt pake gmeet. Nggak kebayang bosannya ya anak2 yaa.. Dengan aplikasi ini memusat bgt nih, semoga bnyk org yg tahu seOn ini nih

    BalasHapus
  10. wah baru tahu nih, aplikasi baru yang udh mendukung aktivitas belajar anak jd lebih mudah ya. Keren deh :)

    BalasHapus
  11. Fitur Seon ini lengkap banget, wajib buat sekolah untuk menjembatani pembelajaran daring yang banyak drama. Semoga apps ini mempermudah buat pihak sekolah, siswa dan orang tua.

    BalasHapus
  12. Keren ya aplikasi SeOn ini. Gratis, tapi fiturnya lengkap. Bisa diakses semua stakeholder yang berhubungan dengan sekolah pula. Bahkan hingga ke orang tua. Semoga deh bisa dimanfaatkan semua sekolah, terutama sekolah negeri. Sayang banget, ini kesempatan semua sekolah maju ke level digital ya.

    BalasHapus
  13. Salah satu aplikasi yang dibutuhkan dan asyik nih untuk membantu anak-anak belajar. baca poin-poin keunggulannya jadi pengen coba

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.