Cara Mudah Bisnis Makanan Online dengan Modal 2 Jutaan

cara-mudah-bisnis-makanan-online

[Keuangan] Biarpun selama pandemi di rumah saja, tetap bisa kreatif dan produktif. Beberapa bulan yang lalu kepikiran untuk mulai usaha online, salah satunya adalah makanan. Tapi ternyata, budget yang dimiliki belum seberapa. Tenang, ada kok cara mudah bisnis makanan online dengan modal 2 jutaan.

Jualan cilok dan siomay di masa pandemi

Semenjak resign kerja dari toko, saya sendiri memutuskan lebih banyak rehat, sambil mengerjakan kerjaan sosmed dan jadi koordinator influencer. Karena banyak waktu kosong akhirnya beberapa bulan kemarin kepikiran tuh buat mulai usaha lagi. Bukan usaha wedding seperti biasanya. Karena usaha ini lagi berkurang banget, kecuali yang konsultasi masih ada 1 sampai 2 orang. Alhamdulillah.

cara-mudah-bisnis-makanan-online

Karena waktu luang inilah, saya mulai lagi tuh jualan cilok di masa pandemi. Pemasarannya pun masih orang-orang sekitar. Dan mulai kepikiran saja buat bikin cilok dan siomay frozen juga. Supaya bisa kirim kelur kota. Soalnya sekarang masih sebatas PO (Pre-Order) di lingkungan terdekat, terakhir bikin itu buat teman kantor suami. Pengen banget menantang diri sendiri untuk bisa usaha online ini, tentunya dengan biaya pengeluaran yang tidak terlalu besar. 

Cara mudah bisnis makanan online

Yang namanya bisnis, biarpun rumahan tetap butuh modal. Apalagi di masa pandemi ini, orang-orang lebih banyak yang tertarik untuk bisnis online, termasuk di makanan. Karena ada banyak pilihan ide bisnis makanan online, seperti:
  • Kue (donat, roti, kue kering dan lainnya)
  • Frozen Food
  • Menu makanan sehat
  • Minuman kekinian dan kopi
  • Cemilan dan makanan ringan
Dan tentunya masih banyak lagi ide-ide bisnis makanan online yang bisa dicoba. Apalagi bisa disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki. Kalau bisanya masak makanan berat, bisa coba catering online. Apapun bisa dicoba yang penting ada kemauan, niat berusaha yang kuat, keyakinan, kemampuan mengolah makanan dan tentunya modal. Ga harus besar kok, dengan modal minim bisnis makanan online tetap bisa jalan. Kemarin aku cuma ngeluarin modal 150.000 untungnya sudah lumayan. 

Dan sekarang, karena pengen bisa antar makanan hingga keluar kota juga, tentu banyak yang harus dipersiapkan. Sedikit sharing saja nih tentang cara mudah bisnis makanan online dengan modal minim, seperti:

1. Menentukan makanan yang akan dijual

cara-mudah-bisnis-makanan-online

Jadi, sebelum memulai usaha, tentukan dulu nanti mau jualan makanan apa? Disini kita harus riset dulu, kalau keluar kota kira-kira itu makanan tahan berapa lama? Saya sendiri memulainya dari bumbu, kemarin sempat coba kirim ke tempat yang luamayan jauh, ternyata cuma tahan sehari saja. Riset ini masih terus saya lakukan, sehingga tetap aman. Maksimalnya tahan 2-3 hari. Lebih riskan dibumbu kalau untuk cilok. Jadi sebelum menentukan bisnis makanan apa, coba tentukan dulu mau jual apa saja ya.

2. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan 


Untuk memulai bisnis makanan online, tentu butuh yang namanya peralatan, apalagi seperti saya yang akan memulai usaha cilok. Dari mulai panci besar, penggiling daging, alat vakum dan kemasan kedap udara. Dihitung-hitung kemarin untuk keseluruhan aku anggarkan sejutaan. Ini pinter-pinter cari barangnya aja hehe.

3. Modal


Sudah tahu mau jualan apa saja, sudah hunting harga peralatan juga, saatnya siapkan modal, supaya bisa langsung direalisasikan. Untuk modal bisnis makana online ini saya menyiapkan modal 2 jutaan, terdiri dari:
  • Peralatan: 1.000.000
  • Bahan baku: 500.000
  • Biaya lain-lain: 400.000
  • Transportasi: 100.000
Untuk transportasi aku hitung, soalnya perlu biaya beli bensin dan lainnya juga.

4. Pemasaran

Karena namanya usaha supaya dikenal orang tuh, harus bisa menentukan strategi pemasarannya. Apalagi dengan saingan di luar sana yang semakin banyak. Tentu harus ingat, kualitas makanan yang akan dijual supaya berbeda dari yang lain. Selama ini kalau soal makanan, aku masih melakukan promosi dari mulut ke mulut. Awalnya tester dulu ke beberapa orang, kalau mereka suka, pasti beli. Jadi saya lebih mengutamakan rasa dan kualitas makanan tersebut supaya orang suka.

5. Media Sosial

cara-mudah-bisnis-makanan-online

Yang pasti kalau nantinya bisnis makanan online ini sudah jalan, promosi yang bisa dilakukan adalah melalui media sosial. Untungnya sudah belajar juga soal strategi jualan di medsos dari para senior, mungkin nanti bisa diaplikasikan juga.

Tantangan yang masih jadi pikiran hingga saat ini adalah pembuatan logo hingga label kemasan. Masih terus belajar nih, supaya dapat hasil yang cakep. Yang pasti tidak pakai jasa orang lain, karena saya yakin bisa mengerjakan semua, yang penting alat pendukungnya ada. Laptop baru sudah ada, tinggal printer buat cetaknya nih. Dan kepikiran deh mengajukan proposal pembelian printer multifungsi ke pak suami. Semoga saja di approved, jadi bisa beli printer yang bisa scan, cetak dan copy juga. Mantep ga tuh. Dan habis ceki-ceki printer kece di Era Supplies Indonesia, nemu deh printer yang saya ajukan di proposal itu, yakni HP Deskjet Ink Advantage 2336 All in One Printer.

Spesifikasi Printer Multifungsi HP Deskjet Ink Advantage 2336

Kenapa pilih produk ini? Karena pertama adalah harganya yang terjangkau banget, tidak sampai 800 ribu. Bahka di Era Supplies saja harga promonya 658.000. Iya hari gini tuh, selain cari barang berkualitas, harganya juga harus ramah kantong. Jadi harus pintar-pintar cari yang sesuai isi dompet ya. Kalau cari yang terjangkau dan bagus seperti produk HP, kan suami jadi bisa cepat setuju juga. Biarpun belum wireless tidak apa, karena spesifikasi HP Deskjet Ink Advantage 2336 ini sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis dan kerjaan saya juga. Spesikasi dari Printer Multifungsi ini sebagai berikut:

printer-multifungsi
sumber foto: www.erasupplies.com
  • Printer Inkjet Colour
  • Bisa print, scan dan copy
  • Print kecepatan warna up to 5.5 ppm
  • Print kecepatan hitam up to 7.5 ppm
  • Kapasitas bulanan 50 sampai 100 lembar
  • Scan size 216 x 297 mm
Printer dri HP terbaru ini, memiliki desain yang menarik juga. Selain itu tipe ini sudah menggunakan cartridge tipe 682 black dan 682 color. Untuk mengoperasikan printer multifungsi ini juga terbilang mudah, karena bisa menggunakan USB, jadi tinggal menyambungkan kabelnya juga. Sehingga proses cetak bisa berjalan dengan baik.

Perlu diketahui juga nih, semakin tinggi resolusi yang ditawarkan, maka akan menghasilkan cetakan dengan kualitas bagus juga. Untuk resolusi black dari printer ini 1200 x 1200, sedangkan untuk colornya 4800 x 1200 dpi. Kalau begini, nantinya hasil cetakan buat logo juga semakin bagus nih. Bisnis makanan online jadi semakin percaya diri, selain dari kualitas makanan, logo dan kemasan juga.

Bagaimana sudah siap untuk bisnis online?

Jangan lupa persiapkan dulu kebutuhan, peralatan hingga modalnya juga. Tidak usah banyak, bisa kok meminimalisir modal. Apalagi saat membeli peralatan. Harus rajin-rajin membandingkan harga saja, dan cari informasi sebanyak mungkin. Itu menjadi cara mudah saya bisnis makanan online, biarpun dengan budget 2 jutaan.

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.