Manfaat Pohon Mangga dan Peluang Kerja di Masa Depan

[Lifestyle] Kalau ada yang tanya apa mimpimu di masa depan? Aku bakalan jawab pengen jadi petani mangga dan menghasilkan beragam produk berbahan dasar mangga. Dengan begitu bisa membuka peluang kerja untuk anak muda di Desa kelahiranku. Karena menanam mangga itu banyak sekali manfaatnya.

Menanam pohon mangga

Aku tinggal di sebuah Desa di Kabupaten Garut. Sejak kecil hingga usia 21 tahun. Sampai akhirnya berangkat ke Ibukota untuk belajar tentang kehidupan dan bekerja. Saat itu cita-citaku punya banyak uang, dan buka usaha di kampung halaman, terutama untuk anak muda yang masih menganggur, dan single mom yang sudah tua untuk menambah penghasilan. 

Aku pengen produksi cemilan khas yang nantinya aku jual. Sampai akhirnya 5 tahun lalu, pulang ke Kampung dalam kondisi sedang kemarau. Nyesek banget melihat orangtua yang harus kembali ngambil air dengan cara tradisional, karena air di sumur tinggal sedikit. Sedangkan mesin air sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, karena airnya berkurang.

Ya, di kampungku masih tergantung dengan air sumur. Setiap kemarau, pasti mengalami yang namanya kekurangan air. Jet pump saja tidak akan berfungsi kalau airnya tidak ada atau tinggal sedikit. Ada sumur yang penuh air selalu menjadi rebutan, akhirnya tetap habis juga. Dan itu harus berbulan-bulan dirasakan. 

Udah ga bisa lagi membayangkan orangtua satu-satunya ambil air untuk konsumsi sehari-hari, karena sumur di rumah sudah tidak bisa memenuhi saat kemarau datang. Sampai akhirnya seorang teman berkata, coba kamu bikin sumur di ladang dan tanami pohon mangga, karena akannya berfungsi menyerap air dan unsur hara yang ada dal tanah.

Semenjak itu kepikiran bikin sumur lagi di kebun sebelah rumah Ibu. Sehingga bisa menjadi cadangan air di musim kemarau. Dan 5 tahun lalu suami mengajak untuk menabung supaya bisa membeli kebun di sebelah rumah Ibu, termasuk menanam pohon mangga. Ternyata harganya sudah lebih tinggi yakni 100 meter sebesar 2.100.000. Sedangkan untuk menanam pohon mangga yang banyak, otomatis harus beli semua. Dan tabungannya belum cukup saat itu.

Udah kepengen banget beli tanah itu, karena dengan begitu bisa mewujudkan mimpi mengajak anak muda melakukan kegiatan positif yang lebih bermanfaat dan tentunya menghasilkan. Serta membuat sumur baru dekat tanaman pohon mangga.

Pohon mangga sebagai peluang green jobs

Apa yang bisa dilakukan dengan pohon mangga, selain akarnya menyerap air?

Banyak banget. Seperti memproduksi makanan dengan bahan dasar mangga. Karena pohon mangga juga memiliki banyak manfaat, seperti:


  • Pohon mangga itu sangat mudah tumbuh di Indonesia, dan merawatnya ga terlalu ribet kok. Soalnya di halaman rumah juga ada.
  • Buah mangga ini yang akan aku proses menjadi sebuah produk, sekaligus membuat peluang kerja untuk anak muda Indonesia, khususnya di Desa kelahiran.
  • Melindungi pekarangan atau sekitar dari polusi dan membuat suasana jadi lebih adem dan teduh.
  • Pohonnya kuat dan berumur panjang.
Manfaat pohon mangga sudah aku rasakan sendiri, karena di depan rumah Alm Ayh menanam mangga. Bikin udara disekitar rumah selalu sejuk, apalagi kalau pas musim mangga, pasti buahnya lebat sekali. Pernah kubuat asinan dan jual juga. 

Selain itu daun mangga yang sudah kering bisa diolah menjadi pupuk organik untuk tumbuhan lainnya juga. Jadi pohon mangga dari akar hingga dauh memiliki banyak manfaat.

Harapannya selain bisa membuka peluang kerja untuk anak muda sekitar, semoga saja tidak ada kekeringan air saat kemarau. Dan udara menjadi semakin bersih.

Menanam pohon mangga ini juga termasuk Green Jobs loh. Soalnya jadi teringat saat webinar dan selasa sharing 9 Februari lalu. Dengan Green Jobs berarti bisa ikut berkontribusi melestarikan dan memulihkan lingkungan, baik itu di sektor tradisional

Pekerjaan ramah lingkungan adalah pekerjaan layak yang berkontribusi untuk melestarikan atau memulihkan lingkungan, baik di sektor tradisional seperti manufaktur, maupun di sektor hijau baru seperti energi terbarukan.

Tanpa disadari pekerjaan yang dilakukan saat ini juga termasuk Green Jobs, seperti menulis. Ada beberapa contoh green jobs yang diinfokan saat selasa sharing, mulai dari pertanian dan kehutanan, efisiensi energi, hingga transportasi rendah karbon.

Mimpiku juga sudah masuk green jobs, iya aku mau jadi petani mangga, sekaligus memproduksi hasil buahnya menjadi produk berkualitas dan dijual secara online saja. Semoga beberapa tahun lagi, semua bisa terwujud menanam mangga dan bisa memanfaatkan pohon mangga, serta menjadikannya peluang kerja di masa depan . Amin.

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.