Dengan Isi Piringku Makan Sehat Tak Harus Mahal

isi-piringku

[Dunia Anak] Selamat pagi bunda. Sudah belanja apa saja dari pasar atau tukang sayur hari ini? Kira-kira keluar budget berapa?

Bun, di masa pandemi ini penting memperhatikan asupan makanan sehat, baik untuk anak-anak dan keluarga di rumah. Karena menjaga tubuh selalu sehat, dan imun juga kuat. Dan untuk selalu sehat itu, kuncinya, rajin bergerak, cuci tangan, pakai masker, selalu bahagia, makan sehat dan tidak lupa minum air putih dan susu juga. Tapi, makan sehat itukan mahal. Kata siapa? Karena dengan isi piringku makan sehat tak harus mahal.

Isi Piringku

Seberapa penting makan sehat untuk keluarga, terutama anak-anak?

Bagi saya penting sekali, karena hidup sehat berawal dari makanan sehat. Apalagi untuk bisa meningkatkan kesehatan dan mengajarkan anak pola hidup sehat, bisa dilakukan sejak dini. Itu berawal dari rumah dan piring makan kita juga. 

isi-piringku

Biarpun orangtua sibuk bekerja, sejak kecil selalu memperhatikan asupan nutrisi anaknya. Dulu saya masih ingat namanya 4 sehat 5 sempurna, nah orangtua sangat memperhatikan itu semua. Maklumlah badan saya dulu kurus banget dan sakit-sakitan, maka dari itu selalu memperhatikan makanan sehat. 

Semenjak memiliki kedua anak, saya mencontoh apa yang diajarkan orangtua kepada saya supaya mau makan. Ternyata kalau anak susah makan tuh rasanya bikin galau, mungkin itu yang dirasakan kedua orangtua saya dahulu. Apalagi kalau sudah sakit, cemasnya minta ampun. Semenjak anak sudah MPASI, saya sangat memperhatikan asupan nutrisinya, yang penting tuh jangan sampai anak GTM dan susah makan sayur dan buah.

Supaya anak gemar makan sayur, buah, protein dan karbohidrat, saya melakukan cara berikut sejak mereka kecil:
  • Membiasakan sejak dini, bisa dimulai dari rumah. Orangtua memperlihatkan asyiknya makan sayur dan buah.
  • Mendongeng tentang karakter sayur, buah, protein dan karbohidrat.
  • Mengajak anak belanja ke pasar. Dan mengajarkan serunya memilih sayur dan buah segar.
  • Mengajak anak gemar makan sayur dan buah dengan lagu.
Ternyata cara ini lumayan ampuh loh, sampai akhirnya saya beli mainan sayur, buah, ayam dan lainnya. Mereka pun selalu suka masak-masakan. Jadi ga terlalu susah untuk membuat mereka mau makan. Apalagi sekarang saya sudah mengenal apa itu yang namanya "Isi Piringku".

isi-piringku

Isi Piringku ini adalah rekomendasi diet seimbang untuk sekali makan, yang disederhanakan menjadi Tumpeng Gizi Seimbang (piramida diet seimbang). Program Isi Piringku memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya anak-anak dan lingkungannya tentang pentingnya gizi seimbang sebagai aktivasi promotif-preventif stunting.

Perlu bunda ketahui nih, program ini adalah kerjasam bersama para ahli, mitra, dan pemerintah, yang di dalamnya terdapat seperangkat buku, modul untuk anak-anak dan buku panduan untuk guru. Sehingga anak-anak usia dini dalam belajar mempunyai cara yang berbeda biasanya dengan bermain. Iya cara dengan bermain itu ampuh dan menyenangkan supaya anak mau makan sehat. Ini yang sudah saya lakukan kepada anak-anak. 

Apalagi sekarang itu bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang selalu diperingati setiap 23 Juli 2021. Anak mempunyai hak untuk selalu sehat dan mendapatkan rasa aman. Sebagai orangtua, saya ingin anak selalu tumbuh dan berkembang dengan sehat, salah satu dukungan kita adalah memberikan makanan yang bernutrisi. Supaya anak mau makan itu tidak harus dipaksa, ajak saja mereka bermain sambil bernyanyi, seperti di lagu Isi Piringku.

Lagu Isi Piringku


Bunda punya anak susah makan sayur dan buah?

Coba deh cara berikut, dengan cara mengajak anak untuk nonton lagu "Isi Piringku" yang dikembangkan dan diluncurkan secara virtual pada 24 Agustus 2020 melalui youtube live dan zoom.

Dengan adanya lagu ini diharapkan anak-anak usia dini bisa belajar untuk semakin gemar makan sayur, buah, karbohidrat dan protein juga. Apalagi ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bisa mengajarkan dan melibatkan anak-anak tentang konsep gizi seimbang di era new normal. Di masa sekarang penting sekali anak diberikan makanan sehat supaya imunnya juga makin kuat. Apalagi dengan disertai minum susu, minum air putih, cuci tangan dan banyak bergerak. Batasi juga penggunaan gula, minyak dan garam ya. 

Aku anak sehat dan cerdas
Gemar makan sayur buah karbohidrat dan protein
Cukup minum air dan susu
Tak lupa cuci tangan pakai sabun
Ingat isi piringku....isi piringku

Itulah lirik lagu "Isi Piringku" yang penuh makna dan mudah untuk diikuti, begitupun dengan gerakannya. Dengan lagu ini anak diajak untuk gemar makan sayur, buah, karbohidrat dan protein. serta cukup minum air dan susu juga. Lagu tersebut juga dikembangkan menggunakan jingle SGM dan mendorong asupan susu, dan sekarang menjadi bagian dari program. 

isi-piringku

Menarik bukan?

Buat saya menarik sekali belajar sambil bermain dan bernyanyi akan pentingnya makan sehat dengan "Isi Piringku". Anak-anak saya saja suka sekali mendengarkannya. Sekarang sedang latihan gerakannya. Sampai akhirnya mereka memiliki banyak pertanyaan?
  • Mah kalau makan sayur aku bisa semakin pintar ya?
  • Mah nanti aku mau belajar masak buat menu dede bayi. 
  • Mah harus rajin cuci tangan ya, ingat 5M juga.
  • Masak itu kenapa jangan banyak pakai minyak dan garam ya mah?
Semenjak pandemi ini, selain memperhatikan asupan makanan sehat, saya semakin cerewet soal cuci tangan. Dari luar rumah mereka suruh cui tangan, kaki dan muka juga. Langsung minum dan ngemil buah aja, serta mengurangi jajan di luar.

Makan sehat tak harus mahal

Kalau makan mengikuti pedoman "Isi piringku" apakah makan sehat itu mahal?

dengan-isi-piringku-makan-sehat-tak

Tidak dong bunda, makan sehat itu tak harus mahal. Saya sendiri sudah membuktikannya. Yang penting tuh menu makan bisa beragam, supaya anak-anak tidak bosan. Nah loh PR bangetkan bunda? Tenang saja bunda, jangan panik dulu. Karena ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan, supaya tetap makan sehat sesuai "Isi Piringku", seperti:

  • Siapkan budget harian, ini disesuaikan jumlah keluarga di rumah.
  • Buat jadwal menu harian atau mingguan supaya lebih beragam.
  • Rajin cari informasi harga. Biasanya setiap pasar dan kota itu berbeda juga.

Yang paling penting diingat bunda saat membuat menu makanan dalam Isi piringku adalah:

  • 1/2 piring terdiri dari 1/3 buah-buahan dan 2/3 sayuran.
  • 1/2 piring terdiri dari 1/3 lauk pauk dan 2/3 makanan pokok.

Untuk membuat makanan sehat saya tidak pernah mengeluarkan budget lebih dari 100 ribu rupiah untuk 3 kali makan, kecuali kalau beli makanan di luar beda ceritanya. Kalau masak sendiri justru lebih hemat bunda. Dan ini sangat membantu saya juga mengatur keuangan, tapi kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi. Mereka masih bisa minum susu setiap hari, air putih, dan makan sehat juga. Nah berikut cara saya dalam membuat jadwal menu makan sehat di rumah. Lebih baik memang masak sendiri.

menu-makan
menu-makan

Untuk harga itu tentu tiap daerah berbeda ya, ini harga di tukang sayur langganan saya. Dan memang ga terlalu mahal. Setiap hari hasil belanjaan tersebut saya masak 2 kali pagi dan sore. Kecuali kalau harus pepes ikan dan buah sayur asem atau sop sekali masak. Dengan menu berbeda, keluarga terutama anak-anak tidak mudah bosan. Biasanya saya buat satu hari itu libur masak juga, Ibu butuh istirahat juga bun hehe. Minggu kemarin tuh berkah banget deh, karena ada kiriman nasi box juga lumayan juga.

Bagaimana bunda makan sehat ga harus mahal bukan?

Yang terpenting setiap hari buat menu makanan beragam. Paling penting ada sayur, buah, protein dan karbohidrat juga. Biasanya sih untuk karbohidrat setiap hari saya ganti, kadang nasi merah, nasi putih, dan hitam. Itu sudah saya siapkan setiap bulan. Begitupun dengan susu, sudah disiapkan setiap bulan juga. 

Yuk ah bunda, ajak anak-anak makin suka dengan makan sehat. Serta gemar makan sayur, buah, protein dan karbohidrat dengan lagu Isi Piringku.

20 komentar

  1. Wah program in menarik sekali, sepiring sudah sama dengan makan satu piring gizi seimbang. Tidak perlu mahal pula, ini sehat dan praktis banget.

    BalasHapus
  2. jadi inget dulu waktu masih SD pelajaran 4 sehat 5 sempurna yang selalu disebut-sebut.
    sekarang pas udah gede, kayaknya kalau susu nggak tiap hari. tergantung mood malah
    padahal perlu juga sekali-kali

    BalasHapus
  3. Menunya nanti aku jadi referensi juga ah :D. Aku sih udah nyusun jadwal menu sebulan, tapi kdg2 berulang itu lagi itu lagiii hahahah. JD suka liat2 menu orang lain.

    Anakku yg kedua ga sudah makannya. Mau apa aja. Tapi yg pertama ini bikin pusing mba hahahhaa. Sukanya roti. Cuma aku ga saklek Karbo itu hrs dari nasi. Rotipun ga masalah, jadinya isiannya suka aku bikin telur,keju, daging giling, tomat dan broccoli kukus. Dia mau sih untungnya. Makanya yg penting kandungan karbo, serat dan protein ttp ada. Juga susu. Sayur mungkin mereka susah, tp mereka pecinta buah. Jadi aku banyakin di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak, Fan, anakmu demen sama roti yang diisi macam-macem gitu. Kalau anakku, roti itu maunya diisi meses melulu. Kalau diisi brokoli gitu, nggak mau tuh dia, fufufufu...

      Hapus
  4. Abis baca ini aku donlod lagunya dan kirim ke sepupu yang anaknya picky eater. Semoga pas liat lagunya jadi seneng dia dan mau makan yang sehat-sehat

    BalasHapus
  5. Isi piringku jadi konsep sehat sempurna, bukan lagi empat sehat lima sempurna. Wah mengatur anak menyukai sayuran dan buah2an harus punya strategi. Emaknya juga pening buat menu yang sesuai Isi Piringku

    BalasHapus
  6. Ya Allah ceu sneng banget deh lihat menu mingguannya hehe. Apalagi di sana harga nya murmer yah ceu. Mau aku contek ah menu mingguannya hehe ;)

    BalasHapus
  7. Keren sih ini, edukasi pola makan sehat melalui karya musik. Memang cara edukasi itu harus sesuai targetnya. Dan semoga makin banyak para orangtua yang bisa mengolah dan menyajikan menu makanan sehat untuk anak-anaknya. Karena sehat tak perlu mahal.

    BalasHapus
  8. Isi piringku ini menarik banget yaa, dan bener banget makanan yang sehat tak harus mahal yang penting pintar2 kita mengolahnya dengan aneka ragam.
    Dan salut banget sama program Isi Piringku apalagi dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya anak-anak dan lingkungannya tentang pentingnya gizi seimbang.
    Smoga makin aware terutama ibu2 dalam menyajikan makanan buat keluaganya.

    BalasHapus
  9. walau udah gak ada anak kecil, saya kembali ke prinsip isi piringku sesudah menonton petunjuk dr Tan Shot Yen
    Menurut beliau, gak usah bingung beli vitamin ini itu untuk menjaga imunitas selama pandemi

    patuhi aja isi piringku, pasti imunitas akan bagus

    BalasHapus
  10. Aku juga dulu taunya 4 sehat 5 sempurna. Lalu saat anakku lahir baru tahu 4 bintang hehe. Intinya harus lengkap ksrbo, sayur, prohe, prona dan buah ya teh

    BalasHapus
  11. Keren banget mba bikin daftar mingguannya dirincikan jadi tau juga tau pengelolaan keuangan dan pengeluaran kita perminggu ya mba. Meskipun aku blum punya anak, tapi kita dan keluarga juga mesti diperhatikan isi piring yg kita makan sehari2 ya mba dengan begitu jadi kita tau 4 sehat 5 sempurna terpenuhi juga, hehehe

    BalasHapus
  12. Lucu lagunya, anak-anak juga pada joget lucu. Kampanye isi piringku memang perlu digaungkan agar anak-anak nggak kekurangan gizi. Di sini masih banyak banget anak-anak yang saat makan cuma sama sayur bayam aja. Tanpa prohe, padahal kalo masih anak-anak, prohe sangat diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat sekali ini tulisannya, dan saya sangat tertarik dengan program isi piringku, karena memang kita sebagai ibu harus selalu memperhatikan nutrisi dari setiap makanan yg dimakan si Kecil, semuanya harus seimbang, dari makanan pokok, sayur hingga buah2an

    BalasHapus
  14. hehehe iyah kalau dulu slogannya 4 sehat 5 sempurna. Saya beruntung ikut seminar isi piringku bbrapa bulan lalu jadi tau tau porsi makanan sehat berimbang

    BalasHapus
  15. Bener banget mbaaak...makan sehat gak harus mahal karena bisa disiasati dengan pemiliham menu yg tepat tapi kaya akan nutrisi seimbang. Aku juga pake lagu isi piringku nih mbak buat memprrkenalkan anak dengan makan sehat sesuai kaidah isi piringku..dan mereka enjoy bangett dengan lagu nya dan bikin semangat makan

    BalasHapus
  16. Idealnya memang sesuai anjuran gizi ya, isi piringku atau 4 sehat 5 sempurna. Tapi effornya luar biasa klo anak gak suka sayur, hehehe. Tapi ya pr semua ibu sih, pinter pinter nyiasatin caranya gimana

    BalasHapus
  17. Isi piringku ini membuat kita untuk selalu makan sehat ya mbak
    makan dengan gizi seimbang
    bahan makanan gizi seimbang itu nggak harus mahal

    BalasHapus
  18. Sekarang sudah banyak yang menyajikan menu sehat ya. Aku lagi kepikiran buat katering makanan sehat deh, soalnya kalau pesan online delivery gitu suka bingung pilih menu sehat

    BalasHapus
  19. Teteh makasih ya itu menu mingguannya. Aku suka males nyusun menu jadi kebantu banget :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.