Tips Memulai Bisnis Kosmetik

bisnis-kosmetik
Sumber www.canva.com
[Keuangan] Memulai bisnis itu perlu banget perencanaan yang matang. Waktu memutuskan untuk buka usaha wedding, saya pun melakukan hal sama, apalagi namanya persaingan di industri ini tidaklah sedikit. Mau bisnis apapun tentu butuh sekali persiapan yang matang, apalagi buat para pemula. Nah buat yang mau bisnis kosmetik, ada beberapa tips untuk memulainya.

Tips Bisnis Kosmetik

Saat memutuskan untuk memulai bisnis, tentu butuh yang namanya modal usaha dan investasi juga. Termasuk pelanggan yang membeli produk, supaya bisa meraih keuntungan. Tapi namanya bisnis itu tidaklah instan, semuanya butuh proses yang tidak sedikit.

Bisnis itu ada banyak macamnya, dari mulai bisnis makanan, bisnis perdagangan, bisnis manufaktur, hingga bisnis kosmetik. Semua tergantung diri kita punya modal berapa dan mau memulai bisnis apa? 

Karena lingkungan usahaku di bidang wedding, dulu sama vendorku di Sanggar Pegantin pernah banget diajak buat bisnis kosmetik, tapi karena akhirnya masuk masa pandemi tidak jadi deh buat dilakukan. Padahal ya pengen banget punya bisnis dengan nama brand sendiri. Aku tuh kepikiran saja gitu bisnis kosmetik, apalagi pangsa pasarnya bagus dan bisnis ini tidak akan surut, karena banyak yang membutuhkan kosmetik. Lihat saja ada banyak artis yang sudah punya bisnis kosmetik dengan brand sendiri, dari mulai Felicya Angelista, Ussy Sulistiawaty, Sandra Dewi hingga Ashanty.

bisnis-kosmetik

Mau punya bisnis kosmetik brand sendiri?

Tentu mau ya, saya juga mau, apalagi bisa join sama teman di Sanggar Pegantin. Tapi tentunya untuk memulai bisnis itu sendiri butuh yang namanya proses. Berikut adalah tips memulai bisnis kosmetik, termasuk untuk pemula:

1. Siapkan modal

Hal pertama yang harus disiapkan dalam memulai bisnis kosmetik, tentu saja adalah modal. Modal sangat dibutuhkan supaya bisa memulai usaha.

2. Tentukan konsep yang jelas

Untuk memulai bisnis memiliki konsep yang jelas sangatlan penting. Dengan adanya konseo yang jelas, perusahaan bisa mencapai target yang diinginkan kedepannya. 

3. Menentukan target pasar yang jelas

Saat memulai bisnis kosmetik, coba tentukan juga target pasar yang jelas, misalnya kosmetik khusus remaja.

4. Pastikan untuk membuat izin usaha

Yang namanya bisnis kosmetik perlu mendapatkan kepercayaan dan rasa aman saat digunakan, seperti izin usaha ke BPOM. 

5. Perhatikan kualitas kosmetik untuk penuhi kebutuhan pasar

Supaya bisnis kosmetik berhasil, tentu penting sekali memperhatikan kualitas kosmetik itu sendiri. Tapi sebelum itu penting sekali untuk pahami kebutuhan pasar, sehingga bisa sesuai dengan target.

Memulai bisnis kosmetik bersama ADEV

bisnis-kosmetik

Sekarang ini untuk memulai bisnis kosmetik bukan hanya sekadar mimpi loh, karena bisa juga diwujudkan dengan sangat mudah. Salah satu solusi bisnis kosmetik adalah dengan memulainya bersama PT. ADEV Natural Indonesia.

Apa itu ADEV?

ADEV (PT. ADEV Natural Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada jasa maklon kosmetik dan personal care dengan mengusung slogan Solusi Kosmetik Legal. ADEV berlokasi di Bogor mampu memproduksi berbagai produk perawatan tubuh, mulai dari sabun batang sebagai produk unggulan, haircare, skincare, bodycare, men's corner (produk perawatan khusus pria), hingga kosmetik untuk bibir.

Dengan hadirnya jasa maklon kosmetik ini, tentu saja memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis untuk memulai bisnis kosmetik dengan cara mudah dan aman. Apalagi ADEV sebagai maklon kosmetik terbaik juga memiliki pabrik kosmetik grade A dan selalu mengembangkan produk-produk kosmetik yang berkualitas, berstandar BPOM dan mengikuti standar CPKB.

Selan itu, PT. ADEV Natural Indonesia juga sudah telah dipercaya lebih dari 15 tahun sebagai produsen kosmetik. Bahkan sudah ada ratusan brand kosmetik yang sudah sukses di pasaran dan puas dengan layanan jasa maklon kosmetik dari ADEV.

bisnis-kosmetik-adev

Kenapa harus memulai bisnis kosmetik dengan ADEV?

Karena ADEV memberikan banyak sekali kemudahann, seperti:
  • Respon cepat. Akses informasi layanan tanpa perlu menunggu lama.
  • Custom produk. Bersama maklon kosmetik terbaik, bisa wujudkan produk kosmetik impian dengan aneka macam bahan aktif, warna, aroma, kemasan dari pabrik maklon kosmetik terbaik.
  • MOQ Rendah. Untuk jumlah minimum pemesanan produk maklon yang rendah cocok untuk UMKM dan home industri skala kecil dan besar.
  • Benefit membership. Akan mendapatkan kemudahan dengan menjadi member eksklusif. Dimana biaya dan maklon skincare cukup terjangkau.
Selain kemudahan di atas, konsumen maklon di ADEV juga akan mendapatkan kemudahan dalam legalitas produk. Nantinya akan dibantu dalam hal pendaftaran izin edar produk ke BPOM, sertifikasi produk kosmetik halal ke LPPOM MUI, dan mendaftarkan merek (brand) ke Ditjen HKI, sehingga hak cipta konsumen terlindungi. Untuk alur proses maklon di ADEV juga ada 6 tahap, mulai dari:
  • Proses konsultasi antara konsumen dengan tim bussiness consultant.
  • Pembuatan sampel.
  • Pembuatan desain kemasan.
  • Pengurursan perizinan produk (BPOM, HKI dan Halal).
  • Proses produksi hingga pengiriman.
Bagaimana mudah bukan untuk memulai bisnis kosmetik dengan jasa maklon kosmetik di ADEV? 
Buat yang ingin memulai bisnis kosmetik, solusi mudah dan aman bisa dilakukan bersama maklon kosmetik terbaik bersama PT. ADEV Natural Indonesia. Bisnis kosmetik bukan mimpi lagi, karena sudah bisa diwujudkan dengan membuat brand sendiri.

21 komentar

  1. Asik punya usaha kosmetik. Mpo suka perfume kaya cocok bisnis seperti ini. Apalagi sudah di urus semua perizinan

    BalasHapus
  2. Well, memiliki bisnis kosmetik, perlu konsep yang jelas ,promosi dan packaging. Semuanya perlu konsultan. Nach cari konsultan yang tepat memang solusinya.

    BalasHapus
  3. Menarik banget bisnisnya mba, bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang berjiwa entreuprenuer. Tentu modalnya ga sedikit ya mb?

    BalasHapus
  4. Sekilas produksi maklonnya terdengar gampang. Menurut saya, tantangannya adalah pada marketing-nya. Perlu upaya lebih telaten untuk membuat suatu brand terdengar lebih unik daripada brand yang lain.

    BalasHapus
  5. pantesan banyak seleb punya brand kosmetik sendiri ya?

    rupanya mereka menggunakan jasa maklon kosmetik

    sebetulnya kita juga bisa, ditekuni aja. pasti sukses

    BalasHapus
  6. Bisnis kosmetik ini lagi hits banget beberapa tahun kebelakang, emang menjanjikan dan dunia perbiutian sangt digemari, untuk menunjang penampilan ya Lis.
    Tips2nya oke banget itu, dan salah satunya bisa ngemaklonin di PT ADEV yang udah terpercaya dan berkiprah 15 tahunan ini sebagai produsen kosmetik.
    Cuss ahhh bikin brand sendiri, Liisss...

    BalasHapus
  7. Sekarang banyak sekali maklon seperti ini ya mbak ,..tertrik sih tapi kayaknya harus join ama teman ya soalnya butuh modal yang lumayan besar juga ya tampaknya

    BalasHapus
  8. Pengen banget punya bisnis kosmetik sendiri, tapi dulu mikirnya bakal susah banget karena kukira harus bener-bener menjalankan tahap dari A sampe Z nya sendiri termasuk produksinya. Ternyata ada jasa maklon kosmetik yang pastinya memudahkan para pebisnis ya mbak.

    BalasHapus
  9. Ternyata ga sesulit dan seribet yg dibayangkan ya prosesnya, makanya byk brand kosmetik baru skrg2 ini..
    Dgn adev jdi lbih mudah

    BalasHapus
  10. Ini peluang besar buat yang berbisnis di bidang beauty. Apalagi juga bikin sendiri sehingga lebih aman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi banget ya mak, buat yang pengen punya branding sendiri. Udah gitu pabriknya terpercaya lagi

      Hapus
  11. Wah menarik nih.. Jadi meski kita nggak menguasai kosmetik bisa diserahkan kepada ahlinya di Adev ini ya. Bisa nih manfaatkan badan herbal lokal buat diolah jadi kosmetik bareng Adev ya

    BalasHapus
  12. Para pecinta kosmetik pasti pengen ya bikin brand kosmetik khusu perempuan sendiri, aku sih kurang kepikiran. Tapi menarik nih kalo menyoal kosmetik cowok, kayanya jarang ya. Bisa jadi peluang juga. Sebagai langkah awal menggunakan jasa maklon nih sambil beajar soal kosmetik cowok yang lain

    BalasHapus
  13. Sekarang ini perkembangan bisnis kosmetik emang sedang pesat ya mbak
    apalagi dengan adanya PT ADEV ini bisa membantu setiap orang punya bisnis kosmetik nya sendiri

    BalasHapus
  14. Sekarang bisnis kosmetik kian menjamur ya Mbak, harus selektif memilih partner bisnis karena rentan juga. TIps ini sangat membantu bagi yang ingin berkecimpung di bisnis kosmetik dengan lebih serius

    BalasHapus
  15. Wahh mencari maklon yg terpercaya dan terbaik memang susah2 gampang bagi calon pemilik brand kosmetik ya mba, tapi Adev memberikan bnyk kemudahan yg mau buka brand kosmetik, thanks infonya mba Lis...

    BalasHapus
  16. Berbisnis jadi lebih mudah termasuk bisnis kosmetik dengan brand sendiri. Kali ketiga aku baca artikel soal jasa maklon ini, ternyata memwg membantu banget yah.

    BalasHapus
  17. wah seru juga ya kalau punya brand kosmetik sendiri, apalagi punya partner berkualitas gini bisa jadi pilihan nih :)

    BalasHapus
  18. Semakin banyak lho brand skincare lokal. Aku kok lgsg mikir, apa brand2 itu kerja sama dgn ADEV ya? Kudu cari2 info nih

    BalasHapus
  19. Konsepnya bagus,dan bersertifikat halal lagi. Padahal pabrik dengan sertifikat halal itu nggak mudah pencapaiannya.
    Bisa dicoba buat yang punya impian brand kosmetik sendiri.
    Tapi rate-nya pasti mahal, ya teh.

    BalasHapus
  20. peluang untuk menjalankan bisnis sekrg jadi lebih mudah ya, apalgi produk kecanitkan banyak yang butuhkan anak2 milenial dan gen z srkg sangat open minded dg hal2 baru . maka adanya brand baru bukanlah hal masalahb agi mereka asal worth it

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.