Pilih Asuransi Kesehatan Cashless Astra Life Sebagai Solusi Perlindungan Untuk Pasangan Baru Menikah

asuransi-kesehatan-cashless

[Keuangan] Asuransi kesehatan menjadi salah satu pos keuangan penting dalam rumah tangga. Supaya lebih tenang untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa depan. Asuransi kesehatan cashless dari Astra Life sebagai solusi perlindungan untuk pasangan baru menikah yang sesuai kebutuhan bisa menjadi pilihan.

Komunikasi dan keterbukaan penghasilan menjadi kunci penting dalam sebuah rumah tangga, terutama saat mengelola keuangan. Mengatur keuangan itu memang tidak mudah, tapi dengan saling terbuka, semua bisa berjalan dengan baik. Apalagi pasangan baru menikah itu penting sekali punya tabungan, investasi, dan asuransi (salah satunya adalah asuransi kesehatan) untuk persiapan di masa depan.

Kenapa asuransi kesehatan sangat penting?

Semua masyarakat penting memiliki asuransi, termasuk pasangan baru menikah. Karena asuransi bisa menjamin kesehatan dan tujuan-tujuan keuangan yang ingin diwujudkan. 

Namanya sakit itu tidak pasti, bisa saja beberapa menit kemudian terjadi masalah kesehatan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Tapi, yang pasti itu mempersiapkan asuransi kesehatan di awal-awal pernikahan, akan memberikan rasa tenang di masa depan. Kini, Astra Life menghadirkan kemudahan kepada masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan online sesuai tagihan dan cashless, melalui produknya Flexi Hospital & Surgical Protection.

Pasangan baru menikah penting memiliki asuransi kesehatan

Apakah asuransi begitu penting untuk pasangan baru menikah?

asuransi-kesehatan
Ilustrasi saat sakit (dokumen pribadi)
Sangat penting sekali, untuk bisa menjamin kesehatan dan tujuan-tujuan keuangan, baik itu punya rumah, ibadah haji, hingga memiliki kendaraan. Apalagi nanti sudah punya anak, perlu mempersiapkan masa depannya juga.

Jangan pernah beranggapan, bahwa diri kita sehat-sehat saja, karena yang namanya sakit itu tidak pasti. Bisa hari ini, besok, atau lusa, sehingga perlu memproteksi diri. Sebelum mewujudkan tujuan-tujuan keuangan, seperti beli rumah, hingga kendaraan. Asuransi kesehatan bisa segera didiskusikan dengan pasangan, supaya menjadi prioritas utama. Sehingga saat sakit, dan sulit bekerja, tidak berdampak buruk pada keuangan keluarga. 

Pengalaman adalah guru terbaik, itu memang benar sekali. Pertama kali memutuskan punya asuransi kesehatan itu, karena ada pengalaman tidak menyenangkan saat sakit. Apalagi saat itu baru melaksanakan resepsi pernikahan yang menghabiskan banyak dana, lalu pindah rumah dan beli perabotan. Tabungan saya dan suami benar-benar menipis. 

asuransi-kesehatan
Padahal awalnya saya merasa sehat-sehat saja, sampai terjadilah masalah lambung. Rasa sakit di lambung itu terjadi 12 tahun lalu, saat posisi saya sedang di luar kota. Sehingga harus berobat dan rawat inap di Rumah Sakit yang ada di kota tersebut. Biarpun hanya 2 hari, tetap saja dana yang dikeluarkan tidak sedikit, dan saat itu asuransi juga belum punya. Akhirnya uang di tabungan yang seharusnya buat memenuhi kebutuhan lainnya, harus digunakan untuk berobat.

Dengan pengalaman yang didapatkan, akhirnya saya memiliki asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan ini, manfaat yang didapatkan banyak, dari mulai pertanggungan untuk biaya rawat inap, biaya pengobatan, rawat jalan, hingga kunjungan dokter. Saya jadi lebih tenang menjalani kehidupan, karena sudah memiliki solusi perlindungan diri.

asuransi
Seluruh masyarakat penting memiliki asuransi, termasuk pasangan baru menikah. Salah satu tujuan menikah adalah mendapatkan ketenangan hati dan memiliki keturunan yang shaleh dan sehat. Selain keuangan rumah tangga yang harus sehat, kesehatan diri juga harus dijaga. Awal-awal pernikahan itu pasti belum memikirkan asuransi untuk keluarga. Pasti ada keinginan beli rumah atau kendaraan dahulu. Seiring waktu berjalan,

Tapi, semenjak pandemi, asuransi kesehatan begitu penting. Kalau sudah memiliki asuransi sebelum menikah pasti lebih tenang, tapi buat yang belum punya, saatnya untuk memiliki asuransi kesehatan yang fleksibel dan sesuai kebutuhan.

Pasangan yang baru menikah, akan memulai kehidupan yang baru. Dan pernikahan itu, biasanya mempengaruhi neraca keuangan. Dari yang tadinya hanya membiayai diri sendiri, setelah menikah ada istri dan anak-anak. Jangan kaget ya melihat semua perubahan itu, karena pernikahan bukan hanya soal cinta saja. 

Banyak hal yang harus dipersiapkan. Pada awal pernikahan, asuransi kesehatan bisa menjadi prioritas supaya lebih tenang merencanakan masa depan. Setelah itu, pasangan baru bisa membuat tujuan-tujuan keuangan untuk diwujudkan, dan mengelola keuangan sebijak mungkin bersama-sama.

asuransi-kesehatan

Mengelola keuangan itu bukan hal yang mudah, pasangan baru sangat perlu melakukan komunikasi dengan baik, apa saja nih kebutuhan-kebutuhan, dan kalau perlu bikin tabungan khusus. Tapi, untuk memulainya pasangan baru perlu keterbukaan saat membicarakan penghasilan yang didapatkan, sehingga lebih mudah dalam mengatur keuangan. Itulah yang saya lakukan bersama suami di awal pernikahan, berapa gaji saya dan berapa gaji suami. Setelah itu kami gabung dan mulai mengaturnya dengan membuat pos-pos keuangan, seperti:
  • Pos keuangan untuk Zakat, sedekah.
  • Pos keuangan untuk biaya hidup. Ini pengeluaran rutin bulanan, dari bayar listrik, makan, hingga transportasi. 
  • Pos keuangan untuk cicilan tidak lebih dari 30%, dan hanya satu cicilan saja.
  • Pos keuangan untuk dana darurat, supaya bisa digunakan dalam keadaan darurat.
  • Pos keuangan untuk tabungan dan investasi (di awal nikah baru bisa investasi emas), kalau menabung rutin, biarpun belum bisa banyak.
  • Pos keuangan untuk entertainment/gaya hidup, jarang dipakai, karena hari libur buat istirahat saja, kalau masih utuh, langsung masuk tabungan.
  • Pos keuangan untuk asuransi kesehatann, awal nikah baru bisa bayar asuransi ini saja, karena disesuaikan dengan kondisi keuangan.
Dengan komunikasi dan saling terbuka soal penghasilan, membuat kami bisa merencanakan masa depan, biarpun waktu itu belum ada anak. Adanya asuransi inilah yang membuat kami lebih tenang mewujudkan masa depan.

Asuransi kesehatan Cashless dari Astra Life sebagai solusi perlindungan kesehatan masa kini

survei-ojk
Sumber: www.ojk.go.id
Bersumber dari ojk.go.id, bahwa menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38.03% dan indeks inklusi keuangan 76.19%. Angka tersebut meningkat dibanding hasil survei OJK 2016 yaitu indeks literasi keuangan 29.7% dan indeks inklusi keuangan 67.8%.

Sehingga bisa dilihat dari hasil survei tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman keuangan (literasi). Bahkan melihat dari datanya menunjukkan peningkatan juga untuk sektor jasa keuangan, seperti:
  • Perbankan 36.12%
  • Perasuransian 19.40%
  • Dana pensiun 14.13%
  • Pasar modal 4.92%
  • Lembaga pembiayaan 15.17%
  • Pengadaian 17.81%
Dengan melihat hasil survei tersebut, terutama tentang asuransi, itu artinya di masa kini masyarakat mulai merasakan betapa pentingnya memiliki asuransi. Mau itu di masa pandemi atau tidak, asuransi penting dimiliki, termasuk untuk pasangan baru menikah. 

Menikah itu bukan soal cinta saja, tapi bisa selalu berjuang bersama-sama. Berjuang mewujudkan masa depan yang lebih indah, berjuang membesarkan anak, hingga bisa saling memahami satu sama lainnya. Di awal pernikahan banyak biaya-biaya yang harus dipersiapkan, dari biaya persalinan, biaya anak, hingga dana pendidikannya. Kalau sampai sakit, jangan sampai mengambil dari dana tabungan, tapi bisa dari dana darurat dan asuransi kesehatan. 
Terus asuransi kesehatan seperti apa yang bisa jadi solusi perlindungan kesehatan di masa kini untuk pasangan baru menikah?

asuransi-kesehatan
Jawabannya adalah Asuransi Kesehatan Online Sesuai Tagihan dan Cashless dari Astra Life, yakni Flexi Hospital & Surgical Protection. Di era digital seperti sekarang, banyak kemudahan yang bisa didapatkan, termasuk dalam memiliki asuransi kesehatan, seperti dari Astra Life

Sebelum pasangan baru memilih asuransi, simak dulu tips yang pernah saya lakukan:
  • Pahami dulu kebutuhan, sehingga bisa memilih asuransi kesehatan yang sesuai.
  • Pelajari dahulu kredibilitas perusahaan asuransi yang dipilih.
  • Pastikan memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga.
  • Pilih asuransi dengan jaringan Rumah Sakit bisa di seluruh Indonesia.
  • Pastikan klaimnya mudah.
Dari tips di atas, asuransi kesehatan online dari Astra Life ini bisa menjadi jawaban dan solusi perlindungan kesehatan yang cepat, fleksibel, premi terjangkau, sesuai tagihan dan cashless. Dan yang paling penting aman, karena Astra Life (PT. Asuransi Jiwa Astra) sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Astra Life memiliki beragam produk, salah satunya dengan memperkenalkan perlindungan kesehatan sesuai kebutuhan. Produk asuransi kesehatan ini memberikan manfaat perawatan di rumah sakit, mulai dari biaya kamar dan akomodasi hingga perawatan pasca rawat inap dengan fasilitas cashless. Jadi, semuanya bisa dilakukan secara digital, tanpa menggunakan uang tunai. 

Seperti sekarang ini, saya lebih suka belanja secara cashless, soalnya suka lupa bawa dommpet, yang penting ada handphone lebih tenang mau bayar apapun juga.

Apa saja keunggulan dari asuransi kesehatan digital dan cashless ini, sehingga bisa jadi solusi?

asuransi-kesehatan

Di masa kini, apapun jadi lebih mudah, termasuk saat memiliki asuransi kesehatan yang sudah berinovasi menjadi lebih digital dengan memberikan fasilitas cashless. Adapun keunggulan dari produk Astra Life ini, mulai dari:
  • Tanpa cek medis
  • Klaim secara cashless dengan e-card
  • Kelas rawat inap hingga 2 juta per hari
  • Fasilitas medical check up setiap 2 tahun
Dengan memiliki asuransi kesehatan digital dan cashless ini, kita bisa atur sesndiri sesuai kebutuhan untuk memiliki perlindungan.

Flexi Hospital & Surgical Protection

Flexi Hospital & Surgical Protection (Flexi Hospital & Surgical) adalah asuransi kesehatan dengan manfaat penggatian biaya perawatan di Rumah Sakit di Indonesia. Produk asuransi dari Astra Life ini bisa menjadi solusi kesehatan yang memberikan berbagai manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit, dengan keunggulan:
  • Penggantian biaya perawatan lengkap di Indonesia di Rumah Sakit dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan.
  • Penggantian biaya rawat jalan kanker (radioterapi dan kemoterapi) dan cuci darah.
  • Penggantian biaya fisioterapi termasuk terapi okupasi dan terapi wicara.
  • Penggantian biaya rawat jalan darurat.
  • Fasilitas cashless dengan e-Card di Rumah Sakit rekanan di Indonesia.
Setelah memilih produk Flexi Hospital & Surgical Protection, akan banyak sekali manfaat yang didapatkan. Apalagi, produk ini preminya terjangkau, bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Saya sudah mencoba cek premi dengan mengunjungi website di ilovelife.co.id, untuk mencoba langsung kalkulator premi dan mengetahui manfaat apa saja yang akan didapatkan.

asuransi
Dari perhitungan kalkulator di atas, saya atur sesuai kebutuhan. Mengisi harga kamar rawat inap yang 1 juta, kenapa? Karena, di tempat tinggal saat ini harga kamar paling bagus itu di angka 1 juta. Sehingga didapatkan limit tahunannya 200 juta rupiah. Setelah itu, didapatkanlah jumlah premi bulanan untuk produk Flexi Hospital & Surgical sebesar 415.800 rupiah (Plan C). 

Untuk manfaat yang didapatkan dari Flexi Hospital & Surgical ini sama, baik itu Plan A, B, C, D, dan E. Yang membedakan hanya adalah harga kamar dan biaya premi yang dibayarkan sesuai kebutuhan. Berikut manfaat yang saya dapatkan saat menghitung dengan kalkulator premi:
  • Wilayah pertanggungan seluruh Indonesia
  • Kamar & Akomodasi 1.000.000 rupiah
  • Kamar Perawatan Intensif 2.000.000 rupiah
  • Biaya pembedahan sesuai tagihan
  • Kunjungan Dokter (umum dan spesialis) sesuai tagihan
  • Aneka perawatan rumah sakit sesuai tagihan
  • Santunan tunai harian (BPJS Kesehatan) 500.000 rupiah
  • Biaya ambulans (darat) sesuai tagihan
  • Perawatan sebelum rawat inap sesuai tagihan
  • Perawatan sesudah rawat inap sesuai tagihan
  • Fisioterapi 1.000.000 rupiah
  • Rawat jalan darurat 3.000.000 rupiah
  • Rawat jalan gigi darurat 2.000.000 rupiah
  • Perawatan kanker rawat jalan (radioterapi dan kemoterapi) sesuai tagihan
  • Perawatan cuci darah/dialisis rawat jalan sesuai tagihan
Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan nasabah yang memilih asuransi kesehatan digital dan cashless dari Astra Life. Manfaat yang didapatkan tentu saja jadi solusi perlindungan yang tepat, bukan hanya saya sendiri yang sudah punya 3 anak, pasangan baru juga bisa mendapatkan solusi perlindungan kesehatan sesuai kebutuhan juga dengan harga terjangkau, fleksibel, klaim mudah, dan manfaat perlindungan yang sangat banyak.

Untuk menggunakan fasilitas Medical Check Up Flexi Hospital & Surgical terhitung sejak tanggal polis aktif. Sedangkan untuk registrasi Flexi Hospital & Surgical ini cukup 5 menit saja, mulai dari pilih paket, isi data diri sesuai KTP, dan lakukan pembayaran. 

asuransi-kesehatan
Proses klaim gimana?

Ini yang sering ditanyakan banyak orang. Ribet atau tidak kalau klaim? Berapa lama? Dan lain sebagainya. Tenang saja, untuk proses klaim bisa menggunakan e-Card Flexi Hospital dan Surgical. Dimana e-Card ini akan dikirimkan ke email maksimal H+2 hari kerja dari tanggal pembelian polis. Jadi, pastikan email yang digunakan selalu aktif ya. 

Setelah menerima e-Card ini, bisa langsung digunakan dengan cara:
  • Tunjukkan e-Card ke petugas pendaftaran rawat inap di Rumah Sakit
  • setelah menjalani Rawat Inap dan dinyatakan sudah boleh keluar dari Rumah Sakit, maka bisa mendapatkan layanan cashless.
Mudahkan? Dengan begini siapapun bisa memiliki asuransi kesehatan dengan mudah, tanpa ribet, sesuai tagihan, cashless, hingga free medical check up.

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung klik, cek dan follow saja:
  • Website: ilovelife.co.id
  • Instagram: @astralifeid dan @ilovelife.co.id
  • Facebook: AstraLifeID
  • Twitter: @AstraLifeID
  • Youtube: Astra
Pasangan baru menikah sudah bisa menentukan pilihan pada Astra Life dengan pilih asuransi kesehatan cashless sebagai solusi perlindungan kesehatan dengan tenang. Sehingga bisa mewujudkan tujuan keuangan di masa depan, tanpa rasa khawatir. Karena sakit itu tidak pasti. Kita juga tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi beberapa menit kemudian. 

Yuk cek kalkulator premi juga di ilovelife.co.id?

 

Sumber tentang survei:
  • https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx
Sumber tentang produk asuransi kesehatan Astra Life:
  • https://ilovelife.co.id/products/product-flexi-hs/5275

10 komentar

  1. Wah, mengingat masa sekarang yang sering terjadi penyakit tak terduga pastinya asuransi sangat penting untuk menjamin kesehatan kita. Tak hanya BPJS, asuransi juga diperlukan. Banyak banget keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi kesehatan ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Oh, asuransi juga penting untuk yang baru menikah apalagi asuransi kesehatan. Memudahkan banget cashless astra life ini untuk membuat asuransi, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  3. Udah lama ga berkunjung ke blognya Teteh, apa kabarnya sekarang? Alhamdulillah masih eksis ngeblog ya. Memang kesehatan menjadi satu hal yang harus dijaga dan dipersiapkan karena kita ga tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan adanya asuransi setidaknya meminimalisir resiko jika terjadi apa-apa, setidaknya demi keluarga tercinta.

    BalasHapus
  4. Mengingat pernikahan udah 20 tahun nih, banyak hal2 yang tak terduga, bener banget untuk menikah ga cukup soal cinta tapi akan banyak kesepakatan untuk hal2 yang penting setelah menjadi pasutri, termasuk masalah asuransi kesehatan atau lainnya.

    Dan, bisa menjadi pilihan jaman now kalo asuransi kesehatan online sesuai dengan tagihan dan cashless dari Astra Life kek Flexi Hospital & Surgical Protection yang memberikan kemudahan.

    BalasHapus
  5. Astra Life jawaban bagi mereka yang mencari asuransi surgery , cashless dan mudah reimbursement . Di era kesehatan adalah nomer satu, pasti harus punya asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  6. Sejak pendemi jadi ngerasa kalau asuransi kesehatan sangat perlu, apalagi waktu kena covid, pengeluaran paling besar ada di obat obatan

    BalasHapus
  7. wah bikin terobosan keren nih Astra Life
    Udah lama saya meminta anak2 untuk memproteksi keuangan
    mereka tahu tapi malas ngurusnya
    dengan website di ilovelife.co.id, semua jadi mudah

    BalasHapus
  8. Yang paling penting dalam memilih asuransi memang sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. Dengan inovasi dari Astra Life, kini malah lebih mudah untuk menentukan asuransi yang tepat.

    BalasHapus
  9. Sebagai pasangan yang baru menikah aku menyadari ternyata jaminan kesehatan itu penting sekali untuk mengamankan keuangan kita. Kita nggak pernah tahu kapan sakit itu datang bahkan gak kita duga separah apa.

    BalasHapus
  10. Metode cashless ini praktis banget, lebih baik daripada kerepotan membawa segepok dokumen pro-asuransi ke rumah sakit, hanya karena mau berobat encok saja.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.