Kolaborasi Generasi Muda untuk Masa Depan Indonesia

idn-media
Masih ingat tentang sejarah, bagaimana dahulu pemuda Indonesia memiliki peranan penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia. Perjuangan pemuda Indonesia sangatlah besar untuk bisa merdeka, banyak menyampaikan ide dan gagasan. Bagaimana dengan sekarang?

Kini, pemuda Indonesia dihadapkan dengan berbagai tantangan, dari mulai ekonomi, persaingan dunia kerja, finansial, gaya hidup, hingga kesehatan mental.

Generasi muda sebagai agen perubahan, tentu bisa terus berjuang untuk menghadapi berbagai tantangan, sehingga bisa mewujudkan segala mimpi-mimpinya. Apalagi generasi muda memiliki peranan penting dalam menentukan masa depan Indonesia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) bisa menjadi wadah bagi generasi bangsa untuk bisa berkembang dan saling menginspirasi. Dengan kolaborasi generasi muda untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Kolaborasi generasi millennial and generasi Z

idn-media

Banyak sekali tantangan yang dihadapi generasi muda di masa kini, salah satu contohnya dalam hal pekerjaan, dimana persaingannya semakin ketat. Kalau belum mendapatkan kerja, terus menerus menjadi pembicaraan orang banyak. Sehingga bisa berdampak juga pada kesehatan mental.

Jadi ingat adik yang saat ini kuliah, selalu diingatkan bahwa lulus kuliah saja tidak cukup, harus bisa meningkatkan skill untuk bersaing di masa depan. Adik belajar banyak hal, dan berkolaborasi bersama teman-temannya untuk membuat sebuah kegiatan positif di lingkungan. 

Adik saya adalah generasi Z yang lahir di tahun 1998. Bagi generasi ini, kolaborasi itu menyenangkan. Pantas saja, dalam melakukan kegiatan, karya dan berkaya paling suka berkolaborasi. Mendidik generasi Z ini jangan banyak melarang ini itu, karena mereka juga belajar dari berbagai hal, apalagi di era digital, wawasannya juga semakin luas.

Untuk mengarahkan ke hal yang positif, generasi muda bisa berkolaborasi menghasilkan karya, tentu butuh yang namanya wadah, sehingga bisa produktif dan bisa saling menginspirasi. Seperti ikut serta dalam Indonesia Millenial and Gen-Z Summit, untuk terus gaungkan semangat kolaborasi generasi muda di seluruh Indonesia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit acara tahunan IDN Media

idn-media
Generasi millenial (generasi-Y) merupakan generasi yang dimulai tahun 1980 sampai dengan 1995, sedangkan Gen-Z itu dari kelahiran tahun 1995 sampai dengan 2010. Apakah millennial dan gen-Z bisa berkolaborasi? 

Tentu saja bisa. Sehingga hadirlah event tahunan yang diadakan oleh IDN Media, yakni Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS). Berbeda dengan event sebelumnya yang hanya menjangkau generasi millenial, kali ini IDN Media akan turut merangkul generasi-Z. Karena Gen-Z ini menjadi salah satu kelompok demografi yang terbesar dengan banyak potensi yang dimilikinya. 

Sebagai generasi muda, kolaborasi menjadi peranan penting generasi millenial dan Gen-z untuk masa depan Indonesia. Tapi semenjak masuknya Covid-19 ke Indonesia, menjadikan segala hal kegiatan itu terbatas, termasuk ruang gerak untuk terus berkarya jadi kurang maksimal.

Setidaknya itulah yang saya rasakan juga sebagai generasi millenial, ruang untuk terus berkarya semakin terbatas. Melalui acara IMGS inilah, IDN Media ingin membangkitkan semangat kolaborasi antara generasi Millennial dan Gen-Z. Indonesia Millennial and Gen-Z Summit ini akan dilakukan secara offline mulai dari 29-30 September 2022, yang bertempat di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

Tahun ini, IDN Media mengusung tema "Indonesia Fast Forward" yang bisa menjadi wadah bagi generasi Millennial dan Gen-Z untuk saling menginspirasi berbagai macam kontribusi positif yang bisa diberikan bagi masa depan Indonesia. 

Yang menarik dari acara IMGS ini adalah banyaknya pembicara keren yang akan mengisi sesi beragam sesi panel. Nantinya akan 3 panggung nih, mulai dari:
  1. Visionary Leaders, yang nantinya akan menghadirkan para pemimpin dari sektor publik, yang akan membahasisu-isu seputar politik, sosial, serta ekonomi.
  2. Future is Female, yang nantinya akan menghadirkan tokoh perempuan Indonesia yang inspiratif. Para tokoh perempuan ini akan bertukar cerita atau sharing akan pentingnya peranan dan kepemimpinan perempuan. 
  3. Talent Trifecta, akan diberikan kesempatan kepada public figure, dan anak-anak muda yang sukses di berbagai bidang untuk membahas mengenai isu terkini dan bagaimana kontribusi dari mereka untuk Indonesia.
Future is Female adalah panggung persembahan dari Popbela.com. Sedangkan Talent Trifecta adalah persembahan ICE. Pasti acara ini memberikan ilmu yang bergizi untuk generasi millenial dan Gen-Z. 

idn-media

Menurut CEO IDN Media, Winston Utomo yang mengungkapkan bahwa, generasi muda merupakan tulang punggung dan cerminan suatu bangsa. Sehingga di tahun ini IDN Media menghadirkan IMGS yang menjadi wujud komitmen untuk mendemokratisasi informasi.

Tentu saja diharapkan melalui platform IMGS ini, generasi muda semakin terinspirasi bisa berkolaborasi dalam berkarya, supaya lebih maju dan berkembang. Sehingga di masa depan menjadi lebih baik. karena generasi muda adalah masa depan bangsa.

Generasi muda itu harus kuat dan semangat. Kalau gagal dalam melakukan suatu hal, misal tidak lolos bekerja. Tetaplah untuk semangat dan pantang menyerah. 

Sebagai generasi millenial di era digital ini memang tantangan sekali, kalau tidak bisa mengembangkan skill akan kalah saing. Jangan berhenti untuk terus belajar, seperti di event tahunan IDN Media ini akan banyak sekali narasumber dan tokoh inspiratif. Kita bisa mempelajarinya dengan sebaik mungkin.

1 komentar

  1. Wah mantep ini, untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda dalam dunia literasi digital memang penting memanfaatkan media seperti IDN. Apalagi IDN menjadi referensi sih selama ini, banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.